10 Kebiasaan Buruk yang Bikin Anda Cepat Lelah

0
Kurang tidur membuat tidur siang berlebihan

ANDA sering merasakan kondisi lelah saat sedang sehat? Mungkin hal itu disebabkan berbagai aktivitas dan rutinitas yang kita lakukan. Sebab, ada 10 kebiasaan yang bisa membuat tubuh terasa lelah yang kadang tidak kita sadari, sebagaimana dikutip Seruni dari Health.com, Rabu (23/11/2016)

1. Tidur larut di akhir pekan 

Tidur siang untuk ibu baru melahirkan
Tidur siang untuk ibu baru melahirkan

Terjaga sepanjang malam di hari Sabtu mungkin sering dilakukan banyak orang. Nah, untung mengganti “utang tidur” itu, tak jarang kita tidur sepanjang hari di hari Minggu. Kondisi inilah yang membuat kita kesulitan untuk tidur di malam harinya. Imbasnya, kita akan terasa lelah di Senin pagi.

Untuk menyiasati kelehahan itu, tidurlah kira-kira selama 20 menit saat rehat di kantor. Namun, jangan sampai kita memasuki tahap tidur yang terlalu dalam. Sebab hal itu malah membuat kita bangun dengan kondisi badan yang semakin lelah.

2. Memeriksa email sebelum tidur 

nyinyirCahaya yang dipancarkan handphohe atau komputer dapat mengganggu ritme sirkadian tubuh. Menurut para ahli, cahaya itu dapat menekan produksi hormon melatonin dalam tubuh. Padahal, hormon itulah yang dapat mempermudah kita untuk tertidur.

Kepekaan tubuh seseorang terhadap cahaya memang berbeda-beda. Namun, tidak menggunakan handphone atau benda sejenisnya sekitar satu atau dua jam sebelum tidur, merupakan ide yang amat baik agar kita mudah terelap.

3. Sering mengonsumsi junk food 

Gambar via: onedio.co
Gambar via: onedio.co

Makanan sarat dengan gula dan karbohidrat sederhana seperti junk food dapat meningkatkan gula darah dalam tubuh. Nah, tingginya kadar gula darah ini tentu akan diikuti dengan rasa lelah sepanjang hari.

Untuk menjaga agar gula darah tetap stabil, sebaiknya konsumsilah makanan berpotein dan gandum. Protein itu bisa kita dapatkan dari ayam dan beras merah, salmon dengan ubi jalar, atau salad dengan ayam dan buah.

4. Meja kantor yang Berantakan

Jangan menyimpan dokumentasi pribadi atau menginstall aplikasi chat di komputer kantor. Gambar via: www.shutterstock.com
Gambar via: www.shutterstock.com

Menurut studi dari Princeton University study, meja atau ruang kantor yang berantakan, akan menyulitkan kita untuk fokus dan membatasi kemapuan otak untuk memproses informasi. Alangkah lebih baik bila kita merapikan meja kontor sebelum pulang. Hal ini akan membantu pikiran jadi lebih positif ketika kita tiba di kantor keesokan paginya. 

5. Kurang minum 

Mengantuk di siang hari akibat kurang tidur

Sebagian tubuh kita terdiri dari cairan. Tulang yang terkesan “kering” pun, terdiri dari banyak cairan. Nah, kehilangan cairan sering menjadi penyebab tubuh terasa lelah. Menurut  Amy Goodson, RD, ahli gizi di Texas Health Ben Hogan Sports Medicine, dehidrasi dapat menyebabkan pengurangan volume darah. Bahkan, ia juga bisa membuat darah lebih tebal.

Kalau sudah begitu, kemampuan jantung untuk memompa darah jadi kurang efektif. Alhasil peredaran oksigen dan nutrisi akan semakin lama untuk mensuplai kebutuhan energi bagi otot dan organ tubuh.

6. Tidur terlalu larut 

kurang tidur menyebabkan  masalah tidur
kurang tidur menyebabkan masalah tidur

Kurang tidur barang pasti membuat tubuh kurang segar ketika bangun di pagi hari. Selain membuat tubuh terasa lelah, kurang tidur juga dapat menurunkan suasana hati kita.

Padahal, ketika tidur tubuh akan mengisi ulang energi yang telah terbuang karena berbagai aktivitas. Tak hanya itu saja, sistem imun akan bekerja lebih optimal saat kita tertidur. Nah, dengan sistem imun yang prima, tentu kita akan terhindar dari pelbagai penyakit.

Kurang tidur barang pasti membuat tubuh kurang segar ketika bangun di pagi hari. Selain membuat tubuh terasa lelah, kurang tidur juga dapat menurunkan suasana hati kita.

Padahal, ketika tidur tubuh akan mengisi ulang energi yang telah terbuang karena berbagai aktivitas. Tak hanya itu saja, sistem imun akan bekerja lebih optimal saat kita tertidur. Nah, dengan sistem imun yang prima, tentu kita akan terhindar dari pelbagai penyakit.

7.Tidak berolahraga 

olahraga jalan cepat untuk mengecilkan perut
olahraga jalan cepat untuk mengecilkan perut

Dalam sebuah studi di Universitas Georgia, orang dewasa yang berolahraga ringan tiga kali seminggu (20 menit perhari) akan merasa lebih bersemangat dan berenergi. Sebab, olahraga teratur dapat meningkatkan kukuatan dan daya tahan tubuh. Di samping itu, rutin berolahraga juga bisa menjaga kesehatan jantung kita.

8. Kekurangan zat besi 

konsumsi makanan bernutrisi untuk mengobati radang tenggorokan
konsumsi makanan bernutrisi untuk mengobati radang tenggorokan

Kekurangan zat besi dapat membuat kita jadi lamban, lemah, dan tidak fokus. Menurut Goodson,  hal itu disebabkan karena kurangnya  asupan oksigen yang beredar di otot dan sel-sel tubuh. Dengan meningkatkan asupan zat besi kita pun akan terhindar dari anemia yang pasti membuat tubuh terasa lelah.  

9. Terlalu gelisah 

saat tamu bulanan datang, biasanya perempuan akan merasakan sedih dan juga gelisah. padahal yang biasanya terkesan biasa saja, tapi adanya hal sepele pun bisa berpengaruh pada mereka. gambar via: www.hipwee.com

Kegelisahan dapat membuat kesehatan mental kita terganggu. Imbasnya,  tubuh kita akan merasa cepat lelah. Contoh sederhananya seperti ketika atasan kita memanggil dalam pertemuan tak terduga. Di saat-saat seperti itu terkadang kita berpikir hal buruk akan terjadi. Seperti ketakutan akan dipecat atau hal buruk lainnya. Sebaiknya, cobalah untuk tidak memikirkan hal-hal buruk yang belum pasti terjadi.

10. Tidak sarapan 

kurang tidur membuat tidak nafsu makan
tidak makan

Makanan merupakan bahan bakar untuk tubuh kita. Tahukah Anda kalau tubuh kita tetap menggunakan makanan yang kita makan pada malam hari, untuk memompa darah dan aliran oksigen?

Makanya, di pagi kita perlu mengisi bahan bakar yang terbuang itu dengan sarapan. Pasalnya, kita akan merasa lamban dan kurang berenergi bila melewatkan sarapan.Goodson menyarankan untuk mengonsumsi biji-bijian, protein, dan lemak sehat untuk sarapan pada pagi hari. (DP)

LEAVE A REPLY