Ini 10 Kota Termahal Sedunia, Pilih Mana?

0

TINGKAT biaya hidup di berbagai kota dunia tentu berbeda. Ada 10 kota dunia dengan biaya hidup paling mahal. Para traveler bujet jangan kaget kalau liburan ke sana. Situs Numbeo yang mengandalkan input dari sejumlah user di dunia telah mengeluarkan data terbaru perihal biaya hidup di sejumlah kota besar dunia. Di mana data tersebut juga bisa menjadi patokan bagi traveler yang ingin liburan atau tinggal untuk beberapa waktu.

Biaya hidup itu pun terbagi ke dalam biaya sewa rumah, biaya belanja makanan sehari-hari, rekreasi dan lainnya. Apabila semua pengeluaran dihitung, itu menjadi pengeluaran selama sebulan.

Kebetulan untuk urusan makanan dan rekreasi, itu tentu bersinggungan dengan pengeluaran para traveler. Sehingga biaya hidup di suatu kota akan mempengaruhi juga bujet traveling di kota itu.

Dilansir Seruni dari situs Numbeo, Rabu (4/1/2017) kota dengan biaya hidup termahal adalah Hamilton di Kepulauan Bermuda. Walau hanya memiliki total populasi sebesar 3.000 penduduk saja, namun ongkos hidup per bulannya mencapai angka USD 4.769 atau sekitar Rp 64 juta.

Kemudian di peringkat dua ada San Francisco di AS. Per bulannya, biaya hidup di sana mencapai angka USD 4.612 atau sekitar Rp 62 juta. Diketahui sekitar 72% dari biaya hidup di San Francisco dialokasikan untuk sewa rumah.

Lalu di peringkat tiga ada New York di AS. Ongkos hidup per bulannya mencapai USD 4.207 atau sekitar Rp 56 juta. Sekitar 69% pengeluaran pun dialokasikan untuk biaya sewa rumah.

Ini daftar lengkap 10 negara dengan biaya hidup per bulan paling mahal di dunia:

1. Hamilton, Bermuda, Rp 64 juta.

Hamilton adalah ibu kota Bermuda. Meskipun ada sebuah kabupaten dengan nama yang sama, kota Hamilton terletak di kabupaten Pembroke. Kota ini dinamai sesuai dengan nama Sir Henry Hamilton, gubernur dari 1778 hingga 1794.

Meskipun merupakan ibu kota administrasi Bermuda, Hamilton hanya mempunyai penduduk tetap sekitar 969 orang, meskipun sebagian perkiraan menyebutkan hingga 1.500 orang. Hamilton adalah satu-satunya kota yang ada di Bermuda, tetapi sesungguhnya ukurannya lebih kecil daripada kota bersejarah St. George. Sebuah ukuran yang lebih representatif terhadap penduduk Bermuda cenderung dilihat dari kabupatennya. Hamilton adalah sebuah pelabuhan bebas.

2. San Francisco, AS, Rp 62 juta.

Hari ini, San Francisco adalah sebuah kota tujuan wisatawan internasional yang terkenal,terutama karena kabut dingin musim panasnya, perbukitan curam, campuran arsitektur Victoria dan arsitektur modern, dan berbagai markah tanah yang terkenal, seperti Jembatan Golden Gate, sistem tram kota, dan Chinatown. Kota ini juga merupakan sebuah pusat perbankan dan keuangan utama, dan rumah bagi lebihi dari 30 institusi keuangan internasional yang membantu menempatkan San Francisco pada tingkat ke-18 dalam daftar kota produsen teratas dunia, ke-9 di Amerika Serikat, dan ke-15 dalam daftar 20 pusat keuangan terbaik di dunia.

3. New York, AS, Rp 56 juta.

New York adalah sebuah negara bagian Amerika Serikat yang terletak di wilayah (region) antara Atlantik Tengah, dan Timur Laut dari Amerika Serikat. Dengan 62 kelurahan (counties) menjadikan New York negara bagian yang berpenduduk nomor tiga terbesar di Amerika Serikat. New York berbatasan degan negara bagian Vermont, Massachusetts, Connecticut, New Jersey, dan Pennsylvania, dan berbagi perbatasan air dengan with Rhode Island seperti juga dengan perbatasan internasional dengan provinsi-provinsi Kanada, yaitu Quebec dan Ontario. New York memiliki lima kota besar, yaitu : New York City (kota terbesar di Amerika Serikat), Buffalo, Rochester, Yonkers, dan Syracuse.

New York City dikenal dengan sejarahnya sebagai pintu gerbang para imigran untuk masuk ke Amerika Serikat, dan statusnya sebagai pusat keuangan, budaya, transportasi, dan manufaktur.

4. Jenewa, Swiss, Rp 44 juta.

Jenewa adalah kota kedua terpadat di Swiss (setelah Zürich), terletak di mana Danau Jenewa mengalir ke Sungai Rhône. Untuk transportasi dari dan ke kota Jenewa, terdapat Bandara Internasional Cointrin Jenewa dan kota ini juga masuk dalam jaringan utama kereta api Swiss, SBB-CFF-FFS dan Perancis oleh TGV.

Objek pariwisata utama Jenewa adalah Jet d’Eau (jet-air atau air mancur) dengan ketinggian 140 meter di Danau Jenewa dan dapat dilihat dari seluruh kota. Tempat wisata lainnya adalah Flower Clock, Art and History Museum (Museum Seni dan Sejarah), International Red Cross and Red Crescent Museum (Museum Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional), serta Palais des Nations yang merupakan markas PBB di Eropa.

5. Hong Kong, Rp 43 juta.

Hong Kong adalah kota yang terletak di bagian tenggara Tiongkok di Pearl River Estuari dan Laut Tiongkok Selatan.  Hong Kong terkenal dengan perkembangannya yang ekspansif, pelabuhan laut dalam alami. Kota ini menempati posisi kelima pada Indeks Kota Global 2014 setelah New York City, London, Tokyo and Paris. Kota ini memiliki pendapatan per kapita yang tinggi dan mengalami ketimpangan ekonomi yang parah. Kota ini juga memiliki Indeks Pembangunan Manusia yang tinggi.

Hong Kong adalah pusat keuangan ketiga terpenting setelah New York dan London. Ekonomi berbasis jasa, dicirikan dengan pajak rendah dan perdagangan bebas, dan mata uang negara ini (Dolar Hong Kong) adalah mata uang paling banyak diperdagangkan kedelapan di dunia.

Keterbatasan lahan menjadikan infrastrukturnya padat dengan arsitektur modern, menjadikan Hong Kong sebagai kota paling vertikal di dunia. Hong Kong memiliki jaringan transportasi umum yang sangat baik, dan 90% penduduk menggunakan transportasi massal, baik kereta maupun bus.

6. London, Inggris, 43 juta.

London adalah ibu kota Inggris dan Britania Raya, merupakan wilayah metropolitan terbesar di Britania Raya dan juga zona perkotaan terbesar di Uni Eropa menurut luas wilayah. Berlokasi di sepanjang Sungai Thames, London telah menjadi permukiman utama selama dua milenium sejak didirikan oleh Romawi pada abad ke-1 dengan nama Londinium.

London adalah kota global terkemuka yang unggul dalam bidang seni, bisnis, pendidikan, hiburan, mode, keuangan, kesehatan, media, layanan profesional, penelitian dan pengembangan, pariwisata, serta transportasi. London, bersama dengan New York City, merupakan pusat keuangan terkemuka di dunia, dan menjadi kota dengan PDB terbesar kelima di dunia, atau yang tertinggi di Eropa. Kota ini dikatakan sebagai pusat kebudayaan dunia.

London juga menjadi kota yang paling sering dikunjungi, dan tercatat sebagai kota dengan bandar udara tersibuk di dunia berdasarkan lalu lintas penumpang internasional. 43 universitas di London membentuk konsentrasi pendidikan tinggi terbesar di Eropa. Pada tahun 2012, London menjadi kota pertama yang telah menjadi tuan rumah penyelenggara Olimpiade Musim Panas modern sebanyak tiga kali.

7. Dubai, Uni Emirat Arab, Rp 40 juta.

Dubai adalah satu dari tujuh emirat dan kota terpadat di Uni Emirat Arab (UEA). Terletak di sepanjang pantai selatan Teluk Persia di Jazirah Arab. Kotamadya Dubai kadang-kadang disebut Kota Dubai untuk membedakannya dari emirat.

Pendapatan emirat berasal dari perdagangan, real estat dan pelayanan keuangan.Pendapatan dari minyak bumi dan gas alam menyumbang kurang dari 6% (2006) ekonomi Dubai senilai US$37 miliar (2005).Real estat dan konstruksi, menyumbang 22.6% kepada ekonomi tahun 2005, sebelum musim konstruksi berskala besar yang berlangsung hingga sekarang.

Dubai telah menarik perhatian dunia melalui proyek real estat yang inovatif dan ajang olahraga. Hal ini meningkatkan perhatian, bersamaan dengan kepentingannya sebagai hub bisnis dunia, telah juga mengangkat masalah hak asasi manusia mengenai terlibatnya banyak tenaga kerja asing.

8. Singapura, Rp 39 juta.

Singapura  adalah sebuah negara pulau di lepas ujung selatan Semenanjung Malaya, 137 kilometer (85 mi) di utara khatulistiwa di Asia Tenggara. Negara ini terpisah dari Malaysia oleh Selat Johor di utara, dan dari Kepulauan Riau, Indonesia oleh Selat Singapura di selatan. Singapura adalah pusat keuangan terdepan keempat di dunia dan sebuah kota dunia kosmopolitan yang memainkan peran penting dalam perdagangan dan keuangan internasional. Pelabuhan Singapura adalah satu dari lima pelabuhan tersibuk di dunia.

 

Economist Intelligence Unit dalam “Indeks Kualitas Hidup” menempatkan Singapura pada peringkat satu kualitas hidup terbaik di Asia dan kesebelas di dunia. Singapura memiliki cadangan devisa terbesar kesembilan di dunia. Negara ini juga memiliki angkatan bersenjata yang maju.

Setelah PDB-nya berkurang -6.8% pada kuartal ke-4 tahun 2009, Singapura mendapatkan gelar pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia, dengan pertumbuhan PDB 17.9% pada pertengahan pertama 2010.

9. Honolulu, Hawai, Rp 39 juta.

Honolulu adalah ibu kota Negara Bagian Hawaii, Amerika Serikat. Dalam Bahasa Hawaii, kata honolulu bermakna “tempat yang terlindung”. Luas wilayah daratannya ialah 222 km² dan jumlah penduduk 377.260 jiwa

10. Sydney, Australia, Rp 38 juta.

Sydney adalah kota terbesar di Australia, dan ibu kota negara bagian New South Wales. Sydney memiliki populasi wilayah metropolitan 4.34 juta jiwa dan luas 12.000 kilometer persegi. Penduduknya disebut Sydneysiders, dan Sydney dijuluki sebagai “the Harbour City” (Kota Dermaga), “the City of Villages” (Kota Desa-Desa) dan “the Emerald City” (Kota Zamrud). Sydney merupakan salah satu kota paling multikultural di dunia, yang tercermin dari perannya sebagai kota tujuan utama bagi imigran ke Australia.

Kota ini adalah tempat bagi berbagai taman, seperti Hyde Park, Royal Botanical Gardens dan taman nasional. Bersama dengan Sydney Harbour, hal ini merupakan faktor utama yang menjadikan kota ini sebagai salah satu kota terindah di dunia.

Sydney dianggap sebagai sebuah kota dunia A+, berdasarkan daftar kelompok Universitas Loughborough tahun 2008[10] dan menempati peringkat ke-16 di antara kota global berdasarkan Global Cities Index tahun 2008 oleh Foreign Policy.

Menurut survei biaya hidup Mercer, Sydney adalah kota termahal di Australia, dan termahal ke-66 di dunia. Sydney juga menempati peringkat ke-10 kota yang pantas dihuni di dunia menurut Mercer Human Resource Consulting dan The Economist. Sydney juga merupakan pusat keuangan internasional dan menempati peringkat ke-14 dari 50 kota keuangan global menurut Mastercard Worldwide Centers of Commercial Index (2007), dan peringkat ke-1 di Australia. (DP)

SHARE
Previous articleHai, Gadis
Next articleSajak Ikranagara
Suka nulis hal -hal unik seputar kehidupan sehari-hari, relationship, kuliner dan wisata.

LEAVE A REPLY