10 Resep Rendang, Makanan Terenak Dunia

0

Seruni.id – Tahun 2017 ini, kembali situs CNN Travel merilis 50 makanan terlezat di dunia. Dan wowo, Rendang dari Indonesia tetap berada di urutan teratas. Tahun 2017 ini merupakan kedua kalinya rendang masuk dalam makanan terenak pertama versi CNN Travel.

Berikut adalah link-nya: https://amp.cnn.com/cnn/travel/article/world-best-foods-readers-choice/index.html

Sebelum rendang merebut gelar pada Juli tahun 2011 CNN Go’s juga telah menobatkan rendang sebagai makanan terenak peringkat 11. Pada September 2011, kemudian rendang naik hingga nomor 1. Di bulan Juli 2017, rendang tetap berada di posisi pertama.

Sebagaimana dikutip dari cnn.com, ini didapatkan dari suara terbanyak dalam jajak pendapat atau polling melalui Facebook. Ada lebih dari 35.000 suara yang memberikan vote, rendang mendapatkan vote paling banyak.

Hasilnya, rendang khas Sumatera Barat kembali menduduki peringkat pertama. ”Rendang is the best,” tulis seorang voter, Kamal F Chaniago. Voterlainnya, Isabela Desita menuliskan, “Rendang should be the first! It’s really nice, you should try!”

Ternyata tidak hanya rendang, nasi goreng khas Indonesia juga menempati peringkat kedua. Kemudian diikuti oleh sate yang menduduki peringkat ke-14.

Di Youtube kalo Moms search, akan banyak video yang menampilkan banyak orangorang dari berbagai negara di dunia yang nagih makan rendang setelah mereka mencoba mencicipinya.

Nah Moms, mau kan dikasih 10 aneka resep rendang yang memiliki keunikannya masih-masing. Namun tidak diragukan lagi kelezatannya.

1. Rendang Daging Bumbu Simple

https://cookpad.com/id/resep/3678509-rendang-daging-bumbu-simple

Pengen rendang, tapi bumbu tidak semua punya. Akhirnya bikin pakai bumbu seadanya. Enaaak juga ternyata loh.

Bahan-bahan

0,5 Kg daging sapi
1 batang sere
2 daun jeruk
2 daun salam
2 bungkus santan kara
700 ml air
1 sdt garam
0,5 sdt kaldu jamur (optional)
Sedikit gula
0,5 sdt merica bubuk

Bumbu yg di haluskan

12 bawang merah3 biji cabe merah besar
8 bawang putih
1 jempol jahe
1 jempol lengkuas
6 cm kunyit
0,5 sdt ketumbar

Langkah Pembuatan

  • Potong daging sesuai selera
  • Tumis bumbu yg sudah di haluskan dengan sedikit minyak. Masukkan daun salam, daun jeruk dan sere. Tumis sampai harum
  • Kalau sudah harum masukkan santan kara dan air. Aduk rata kemudian masukkan daging.
  • Masukan garam, gula, merica dan kaldu jamur. Jangan kebanyakan garam ya, karena masaknya lama nanti keasinan.
  • Aduk aduk secara berkala, biarkan sampai air menyusut dan daging empuk.
  • Kalau sudah keluar minyaknya, tandanya uda mateng ya. Tinggal dikoreksi rasa, siap di sajikan.

2. Rendang daging kentang

https://cookpad.com/id/resep/3668405-rendang-daging-kentang

Bahan-bahan

1 kg daging sapi
1/2 kg baby potato
secukupnya Gula garam
2 buah kelapa parut
2 buah asam kandis
4 lembar daun jeruk
3 lembar daun kunyit
Minyak goreng secukupnya

Bumbu halus kering 

5 sdm ketumbar
1/4 sdt jinten
Sejumput adas
1 buah pala di iris tipis2
3 buah kapulaga
3 buah cengkeh

Bumbu halus basah

12 siung bawang putih
6 siung bawang merah
4 buah laos iris tipis2
4 buah serai iris tipis2
2 cm jahe
100 gr cabe merah keriting

Langkah Pembuatan 

  • Peras kelapa parut ambil santan kental nya lalu pisahkan. Kemudian peras lg untuk dapat santan cairnya.
  • Haluskan bumbu kering dengan cara di sangrai terlebih dahulu. Sisihkan.
  • Haluskan bumbu basah nya hingga halus dan sisihkan.
  • Tumis bumbu basah sampai harum kalau sdh harum masukan bumbu kering aduk rata tambakan asam kandis, daun jeruk dan daun kunyit.
  • Masukan daging yang sdh di potong2 aduk rata biarkan sampai bumbu meresap ke daging.
  • Masukan santan kental dan campur santan cair tapi jgn semua dimasukan jaga2 kalau daging msh belum empuk boleh d tambahkan lagi. Tambahkan gula garam secukupnya.
  • Biarkan sampai daging empuk dan agak kering terakhir masukan baby potato nya aduk rata. Biarkan sampai matang dan kering.
  • Angkat dan sajikan dengan taburan bawang goreng.

3. Rendang daging dan paru sapi

https://cookpad.com/id/resep/3546192-rendang-daging-dan-paru-sapi

Bahan-bahan

500 gr daging sapi potong sesuai selera
500 gr paru sapi
1,5 kg santan kental
3 lembar daun kunyit, potong kecik2
5 lembar daun jeruk sobek kasar
5 cm kayu manis

Bumbu halus

1 sdt lada
2 buah kembang lawang/staranis/pekak utuh
1 sdt jinten
5 buah kapulaga
250 gr cabe merah kriting
100 gr bawang putih
300 gr bawang merah
1 bonggol besar lengkuas
3 batang serai
5 buah kemiri
Gula (sedikit aja yah 1 kg sy pake 1 sdt aja)
5 buah cengkeh
Garam

Langkah

  • Ada perlakuan kusus buat c paru biar cantik klo kata emak mertua. Jd paru direbus dg air mendidih, setelah set. Potong2 sesuai selera, lalu goreng paru smp agak kering. Sisihkan
  • Masak bumbu halus tanpa minyak. Beserta dauh kunyit, daun jeruk dan kayu manis smp wangi dan kandungan air menyusut. Masukam jg gula dan garamnya. Koreksi rasa yah. (Sangat penting koreksi rasa di tahap ini biar gak keasinan. Krn rendang dimasak agak kering)
  • Masukan santan, masak hingga mendidih. Klo tekstur daging kiranya agak sulit empuk lebih baik masukan ditahap ini. Tp klo mau bikin rendang smp benar2 kering masukan daging di saat santan sdh mulai keluar minyaknya
  • Masukan paru yg tekah digoreng tadi.
    Masak dg api kecil dan sesekali aduk2. Sampai menyusut dan daging matang sempurna.

4. Rendang Daging, Telur puyuh kentang

https://cookpad.com/id/resep/3629219-rendang-daging-telur-puyuh-kentang

Bahan-bahan

1/4 daging sapi
1/4 telur puyuh
1/4 kentang
2 helai Serai (geprek)
5 helai daun jeruk purut (sobek)

Bumbu halus

8 siung Bawang merah
4 siung Bawang putih
2 biji bulat kemiri
1/2 sdm merica bunder
1/2 sdt jinten
1/2 sdt pala
1 ruas jari kunyit
1 ruas jari jahe
5 buah cabe merah besar
6 buah cabe rawit (sesuaikan)
1 sachet santan kara
Garam
Gula

Langkah

  • Tumis bumbu halus, msukkan jg serai dan daun jeruk purut,, tumis hingga harum, beri air dan santan aduk2 jgn smpai pecah dan msukkan daging sapi yg sudah d cuci bersih dan sudah d iris2 sesuai selera dan msak smpai daging empuk.
  • Kupas kentang dan potong sesuai selera trus goreng, (jgn smpai kering bgt y), dan msak telur puyuh smpai matang lalu kupas.
  • Stelah daging empuk, msukkan kentang yg sudah d doreng dan telur puyuh yg sudah d kupas. Lalu bumbui.
  • Test rasa. Stelah rasa oke siap d nikmati dg nasi putih panas.
    Selamat mencoba

5. Rendang Daging Sapi dan Jengkol

https://cookpad.com/id/resep/3637921-rendang-daging-sapi-dan-jengkol

Bahan-bahan

200 gram Jengkol
300 gram daging sapi
Santan kental, dari 3/4 butir kelapa – 300 ml
500 ml Santan encer, dari sisa kelapa di atas
1,5 sdt Garam
1 sdt Gula pasir
1 ruas Serai, memarkan
2 batang Lengkuas, memarkan
1 lembar Daun kunyit, sobek
4 lembar Daun jeruk, sobek
3 sdm Minyak untuk menumis

Bumbu Halus

50 gram Cabe rawit keriting
6 buah Cabe rawit merah
8 siung Bawang merah
5 siung Bawang putih
4 buah Kemiri, sangrai
1 ruas Kunyit
2 cm Jahe
1/2 sdt Lada butiran
1 sdt Ketumbar, sangrai

Langkah

  • Belah tiap jengkol jadi dua bagian lalu rendam semalaman. Rebus jengkol dengan daun salam dan air secukupnya hingga empuk.
  • Geprek satu persatu jengkol hingga kulitnya terkelupas. Bilas dengan air bersih lalu sisihkan.
  • Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, serai, lengkuas, daun kunyit, dan daun jeruk hingga harum.
  • Masukkan daging dan jengkol, aduk rata.
  • Tuang santan encer, garam, dan gula. Masak sampai santan agak menyusut.
  • Tuang santan kental. Aduk hingga mendidih lalu koreksi rasanya. Setelah mendidih, kecilkan api lalu masak terus sampai kuahnya kering dan berminyak. Angkat.

6. Rendang Minyak Daging

https://cookpad.com/id/resep/3332185-rendang-minyak-daging

Bahan-bahan

1 kg daging kerbau
10 siung bawang merah, iris tipis
8 siung bawang putih, iris
15 butir kapulaga
10 butir pekak
1 butir pala
1 btg kayu manis
5 btg sereh, geprek
2 ruas lengkuas, geprek
5 lbr daun jeruk
3 lbr daun kunyit
Secukupnya kelapa gonseng
Secukupnya air
Secukupnya garam

Bumbu Halus

20 butir cabe merah kering
10 butir cabe rawit
5 siung bawang merah
5 siung bawang putih
1 ruas besar jahe
1 ruas besar kunyit
2 sdm jira putih
2 sdm jira manis

Langkah

  • Daging yg sudah disiangi dibalur dgn asam cuka, lalu masukkan bumbu halus + kelapa gongseng secukupnya, aduk sampai menyatu, diamkan 5 menit.
  • Tumis duo bawang sampe kecokelatan, masukkan kapulaga, pekak, pala, kayu manis, sereh, lengkuas, daun jeruk & daun kunyit.
  • Lalu masukkan daging yg sudah dibalur dgn bumbu, aduk sampai menyatu, lalu tutup, angkat tutupnya sampai daging mengeluarkan air.
  • Tambahkan air secukupnya, aduk. Diamkan kurleb 30 menit atau sampai daging empuk.
  • Setelah kuah agak kering, tambahkan garam.
  • Koreksi rasa lalu sajikan
  • Kering kuahnya tergantung selera, kalo mau tdk terlalu kering juga bisa.

7. Rendang daging tanpa santan

https://cookpad.com/id/resep/3386498-rendang-daging-tanpa-santan

Bahan-bahan

500 gram daging sapi
4 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk
1 batang sereh (geprek)
1 ruas jahe geprek
1 ruas lengkuas geprek
secukupnya Garam
secukupnya Gula merah
1 sdt Lada bubuk
1 sdt Ketumbar bubuk
1/2 sdt kunyit bubuk
secukupnya Air
secukupnya Minyak goreng

Bumbu halus

5 buah cabe keriting
20 buah cabe rawit merah
4 buah bawang putih
8 buah bawang merah
Sedikit biji pala

Langkah

Tumis bumbu halus dgn minyak goreng, setelah harum masukan salam, daun jeruk, sereh, jahe, lengkuas, daging sapi yg sdh di potong2, masukan air sckpnya, garam, Lada bubuk, ketumbar bubuk, kunyit bubuk, gula merah, aduk2 lalu tutup, masak dgn api kecil smpai daging empuk, air menyusut & keluar minyak..(jgn lupa aduk2 sesekali biar bumbunya rata)

8. Rendang mercon daging sapi

https://cookpad.com/id/resep/3412369-rendang-mercon-daging-sapi

Bahan-bahan

1/2 kg daging
1 butir kelapa tua
6 butir bm
5 butir bp
1 ruas jahe
1 ruas kunyit
Secukupnya lada
Secukupnya kemiri
Cabe rawit (pke yg udh ulekan)
3 lembar salam
1 ruas laos digeprek
Secukupnya garam
Secukupnya gula merah
Penyedap rasa

Langkah

  • Siapkan bahan potong2 daging, parut kelapa ambil semangkuk kecil sangrai.
    Sisa santan diperas bagi 2 santan kental dan encer
    Ulek semua bumbu kec salam & laos
  • Tumis bumbu, masukkan daging +santan encer aduk2
  • Setelah santan habis masukkan kelapa yg udah disangrai
  • Tambahkan santan kental dengan api kecil

9. Rendang daging presto

https://cookpad.com/id/resep/3317061-rendang-daging-presto

Bahan-bahan

1 kg daging sapi yang sudah dipresto
1,5 ltr santan dari 2 btr kelapa
3 batang serei keprek
5 lbr daun salam
5 lbr daun jeruk
1 lbr daun kunyit sobek2/simpulkan
secukupnya Garam
secukupnya Gula
1 sdm Kaldu jamur (bisa pake MSG)

Bumbu dihaluskan

150 gr bawang merah
10 btr bawang putih yg besar2
4 bh cabe merah besar buang bijinya
Cabe rawit secukupnya (ses selera)
Cabe kriting secukupnya (ses selera)
2 sdm ketumbar
1 sdm merica
5 bj cengkeh (bs diskip)
1 btr pala
3 btr kemiri
1 sdt jintan
Seruas jahe
Sejempol lengkuas
2 ruas kunyit

Langkah

  • Tumis bumbu halus sampe harum,masukkan sereh,daun salam,daun jeruk dan daun kunyit
  • Masukkan santan,timba2 santan sampai mendidih
  • Masukkan daging, masak terus sambil diaduk supaya gak pecah santannya,,tambahkan gula, garam, penyedap rasa
  • Masak sampai menyusut dan kental

Nah resep yang terakhir ini resep asli dari asal rendang loh.

10. Rendang daging ala masakan padang

https://cookpad.com/id/resep/3376197-rendang-daging-ala-masakan-padang

Bahan-bahan

3 kg daging sapi
2 butir kelapa tua, dibuat santan+-mnggnakan air 16glas belimbng
2 ruas jahe
3 ruas lengkuas(hanya digeprek)
3 ruas kunyit
1 sdt ketumbar
1/2 sdt merica
35 buah bawah merah
20 buah bawang putih
40 buah cabe merah(ini sesuai selera pedes)
Secukupnya garam

Bahan pelengkap

10 lembar daun jeruk
3 lembar daun kunir/kunyit
3 lembar daun serai/sereh
4 butir asam
Secukupnya minyak untuk menumis

Langkah

  • Parut kelapa, buat santan menggunakan air kuranglebih 16 gelas belimbing, sebenernya untuk 3 kg daging rata2 membutuhkan kelapa sampai 6/9 butir, tapi karna kuatir kolestrol tinggi jadi aku hanya menggunakan 2 butir kelapa untuk 3kg daging, dan tetep enak
  • Panaskan wajan menggunakan minyak secukupnya, masukkan dan tumis semua bumbu yang dihaluskan, aduk sampai menjadi wangi harum
  • Masukkan air santan kedalam wajan serta bahan2 tambahan, aduk terus hingga mendidih dan mengental, agar santan tidak pecah
  • Setelah mengental dan santan mendidih, masukkan daging kedalam wajan, gunakan api yang sangat kecil agar tidak mudah gosong dan daging menjadi empuk
  • Aduk secara terus menerus agar santan tidak pecah dan tidak gosong, sampai air santan habis dan warna berubah menjadi kecoklatan
  • Ketika air santan sudah sangat sedikit dan mulai kering serta kental maka tandanya rendang sudah jadi dan siap untuk disantap

Selamat mencoba resep masakan istimewa yang sangat diakui enak ini.

 

-Arumadewi-

LEAVE A REPLY