10 Taman Nasional Di Indonesia yang Mempunyai Keindahan Luar Biasa

0
Taman nasional Taka Bonerate

Cagar biosfer atau yang umum di kenal dengan taman nasional merupakan lokasi ekosistem yang keberadaannya disadari dunia internasional sebagai sisi dari program Man and Biosphere Badan Pendidikan serta Kebudayaan Perserikatan Bangsa-bangsa (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization, UNESCO).

Program ini diperuntukkan untuk mempromosikan konservasi keanekaragaman hayati serta pembangunan berkepanjangan, dengan melibatkan ikut serta warga lokal berdasar pada ilmu dan pengetahuan. Taman nasional dapat juga disimpulkan sebagai paru-paru dunia yang perlu dilindungi kelestariannya.

Indonesia sendiri memiliki cukup banyak taman Nasional. Nah di bawah ini yaitu daftar taman Nasional yang ada di Indonesia dan harus kamu kunjungi!

1. Taman Nasional Siberut, Mentawai

Taman Nasional Siberut
Taman Nasional Siberut

Taman Nasional Siberut, Kepulauan Mentawai (Sumatera Barat). Ditunjuk sebagai taman nasional pada tahun 1981, dengan lokasi inti seluas 190.500 hektar yang disahkan pada tahun 1993. Terdaftar diantaranya 896 spesies tumbuhan berkayu, 31 spesies mamalia, serta 134 spesies burung.

2. Taman Nasional Gunung Gede

Taman Nasional Gunung Gede
Taman Nasional Gunung Gede

Taman Nasional Gunung Gede Parangro, Jawa Barat. Ditetapkan sebagai taman nasional pada tahun 1977 dengan zona inti seluas 22.851 hektar. Lokasi ini jadi habitat lindung dari satwa endemik seperti Elang Jawa serta Owa Jawa.

3. Taman Nasional Bromo Tengger

Taman Nasional Bromo Tengger
Taman Nasional Bromo Tengger

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur. Diputuskan sebagai taman nasional pada tahun 1982. Diwilayah ini ada 137 spesies burung, 22 spesied mamalia serta 4 spesies reptil yang dilindungi. Termasuk flora ‘abadi’, Edelweiss Jawa.

4. Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah

Taman Nasional Tanjung Puting
Taman Nasional Tanjung Puting

Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah. Lokasi ini adalah tempat tinggal orang utan, bahkan juga sekarang ini jadi pusat rehabilitasi orang utan paling besar didunia.

5. Taman Nasional Giam Siak

Taman Nasional Giam, Siak
Taman Nasional Giam, Siak

Taman Nasional Giam Siak Kecil – Bukit Batu. Tempat ini dipakai sebagai tempat dua konservasi besar seperti Konservasi Liar Giam Siak serta Konservasi Liar Bukit Batu untuk dua fauna khas Sumatra seperti Gajah Sumatra serta Harimau Sumatra.

6.  Taman Nasional Lore Lindu, Sulawesi Tengah

Taman Nasional Lore Lindu
Taman Nasional Lore Lindu

Taman Nasional Lore Lindu di Sulawesi Tengah. Ditunjuk sebagai taman nasional pada tahun 1977 dengan lokasi inti seluas 229. 000 ha yang ditetapkan pada tahun 1993. Tidak hanya ada sisa peradaban megalitikum, taman nasional ini adalah tempat tinggal untuk hewan langka Anoa serta babi rusa.

7. Taman Nasional Wakatobi

Taman Nasional Wakatobi
Taman Nasional Wakatobi

Taman Nasional Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Ditetapkan sebagai taman nasional pada tahun 1996 dan memiliki luas 1.390.000 hektar yang meliputi 39 pulau, 3 gosong serta 5 atol.

8. Taman Nasional Taka Bonerate

Taman nasional Taka Bonerate
Taman nasional Taka Bonerate

Taman Nasional Taka Bonerate, Sulawesi Selatan. Taman nasional ini mempunyai atol paling besar ketiga didunia dengan luas 220.000 hektare dengan sebaran terumbu karang menjangkau 500 km.

9. Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo
Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur. Kepulauan ini ditempati oleh sekitaran 5. 700 kadal raksasa yang terlihat seperti naga hingga dikatakan sebagai Komodo Dragon.

10. Taman Nasional Leuser, Aceh

Taman Nasional Gunung Leuser
Taman Nasional Gunung Leuser

Taman Nasional Gunung Leuser terdapat diantara Provinsi Sumatra Utara dengan Provinsi Aceh dengan seluas 1.094.692 Hektar. Ditetapkan sebagai taman nasional pada 1981 dengan lokasi inti seluas 792.675 ha

LEAVE A REPLY