12 Gunung Di Indonesia yang Memiliki Sunrise Terindah

0
Gunung Rinjani

Indonesia kaya akan gunung-gunung, mulai dari gunung berapi hingga gunung yang sudah tidak aktif. Gunung berapi di Indonesia merupakan bagian dari Cincin Api Pasifik. Gunung berapi yang paling aktif adalah Kelud dan Merapi di Pulau Jawa, yang bertanggung jawab atas ribuan kematian akibat letusannya di wilayah tersebut.

Sejak tahun 1000 M, Kelut telah meletus lebih dari 30 kali, dengan letusan terbesar berkekuatan 5 Volcanic Explosivity Index (VEI), sedangkan Merapi telah meletus lebih dari 80 kali.

Tetpi dibalik keganasan gunung berapi tersebut, mereka tetap memiliki keindahan luar biasa. Terutama keindahan sunrise yang begitu mempesona dari gunung tersebut. Tentunya gunung-gunung tersebut bukan hanya ada di pulau Jawa.

Berikut ini adalah beberapa gunung berapi dengan sunrise terindah di Indonesia!

1. Gunung Toba, Sumatera Utara

Gunung Toba
Gunung Toba

Gunung Toba merupakan gunung yang berada di danau Toba, Sumatera Utara. Dari salah satu gunung ini, merupakan tempat terbaik untuk menikmati sunrise. Banyak orang bela-belain bangun di saat hari masih gelap untuk menuju spot terbaik menyaksikan sun rise dari Pulau Sumatera.

2. Gunung Sinabung, Sumatera Utara

Gunung Sinabung
Gunung Sinabung

Salah satu spot menikmati sunrise menarik di Pulau Sumatera adalah dari Gunung Sinabung. Gunung ini merupakan salah satu gunung aktif, yang hingga saat ini masih aktif. Dan sering meletus secara tiba-tiba.

Jika kamu ingin menikmati keindahan sunrise dari gunung ini, maka kamu harus hati-hati. Pastikan disaat gunung Sinabung tidak sedang aktif yah.

3. Gunung Kerinci, Jambi

Gunung Kerinci
Gunung Kerinci

Selain di Sumatera Utara, terdapat juga satu spot terbaik untuk menikmati sunrise, yakni di Gunung Kerinci yang terletak di Provinsi Jambi. Gunung Kerinci merupakan salah satu gunung tertinggi di Pulau Sumatera, dan memang menjadi lokasi yang cocok untuk menikmati sunrise.

4. Gunung Krakatau, Selat Sunda

Gunung Krakatau
Gunung Krakatau

Gunung Krakatau yang terletak di Selat Sunda atau antara Pulau Jawa dan Pulau Sumatera merupakan salah satu gunung aktif yang cukup ditakuti jika meletus. Krakatau pernah meletus pada tahun 1883 yang menyebabkan tsunami dan kerusakan cukup parah.

Namun setelah munculnya anak krakatau, Krakatau menjadi gunung yang memiliki lokasi cukup indah untuk menikmati sunrise.

5. Gunung Galunggung, Tasikmalaya

Gunung Galunggung
Gunung Galunggung

Gunung Galunggung merupakan satu gunung yang terletak di Jawa Barat yang menjadi spot terbaik untuk menikmati sunrise di Pulau Jawa. Gunung yang terletak di Tasikmalaya ini juga menjadi gunung terbaik untuk didaki.

6. Gunung Papandayan, Garut

Gunung Papandayan
Gunung Papandayan

Gunung Papandayan merupakan salah satu gunung yang sering menjadi gunung untuk pendaki pemula. Meskipun ketinggian gunung ini hanya 2300 mdpl, tapi dari gunung Papandayan kamu bisa menikmati sunrise yang begitu indah. Selain kamu bisa menikmati hutan mati, kamu juga bisa menikmati sunrise dari puncak gunung Papandayan.

7. Gunung Merbabu, Jawa Tengah

Gunung Merbabu
Gunung Merbabu

Gunung Merbabu yang terletak di antara Magelang dan Boyolali ini merupakan tempat yang sangat indah untuk menikmati timbulnya matahari. Kamu bisa menikmati munculnya matahari dari puncak gunung ini.

8. Gunung Semeru, Jawa Timur

Gunung Semeru
Gunung Semeru

Gunung yang berada diwilayah Probolinggo, ini merupakan salah satu gunung yang cukup terkenal. Apa lagi sejak di filmkan dalam film 5cm. Makin banyak orang yang ingin mendaki gunung yang cukup eksotis ini.

Gunung Semeru merupakan salah satu gunung yang menjadi tempat favorit untuk menikmati keindahan sunrise di Indonesia. Kamu bisa mendaki puncaknya di pagi hari dan kamu bisa menikmati keindahan luar biasa dari atas gunung Semeru.

9. Gunung Ijen, Jawa Timur

Gunung Ijen
Gunung Ijen

Gunung Ijen merupakan salah satu gunung yang terletak di Banyuwangi. Di gunung ini memiliki banyak keunikan yang mungkin hanya ada di Gunung Ijen. Salah satunya kawah Ijen yang memiliki api abadi. Dimana api abadi ini hanya ada dua di dunia. Dan api abadi hanya bisa disaksikan saat dinihari sekitar pukul 03.00 pagi.

Selain, api abadi Gunung Ijen merupakan spot terbaik untuk menikmati keindahan sunrise yang cukup menakjubkan.

10. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani
Gunung Rinjani

Gunung Rinjani merupakan salah satu gunung yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Barat, merupakan salah satu gunung di Indonesia Tengah yang memiliki tempat terbaik untuk menikmati sunset.

11. Gunung Tambora, Nusa Tenggara Barat

Gunung Tambora
Gunung Tambora

Gunung Tambora merupakan gunung yang masih satu provinsi dengan gunung Rinjani. Gunung Tambora terletak di Pulau Sumbawa. Kalo katanya sih ini merupakan spot paling baik untuk menikmati sunrise di Indonesia. Karena kamu akan melihat keindahan sunrise dengan warna kuning yang cukup mempesona.

12. Gunung Gamalama, Ternate

Gunung Gamalama
Gunung Gamalama

Gunung Gamalama merupakan salah satu gunung yang terletak di Pulau Ternate sebagai tempat mengasyikan menikmati sunrise. Dimana di gunung yang masih dipercaya oleh masyarakat setempat sebagai gunung yang dihuni oleh makhluk gaib. Ternyata dibalik kemistisan gunung Gamalama, tetap menjadi gunung yang indah untuk menikmati matahari terbit.

LEAVE A REPLY