5 Artis Cantik ini Melahirkan Bukan dengan Bantuan Dokter, Tapi …

0

Seruni – Memiliki keturunan adalah dambaan setiap pasangan suami istri, termasuk para artis. Jika biasanya para artis memilih untuk melahirkan di rumah sakit besar dengan bantuan dokter spesialis, namun 5 artis terkenal ini justru memilih melahirkan cukup dengan bantuan bidan. Biasanya para artis yang melahirkan lewat bantuan bidan menggunakan metode water birth atau gentle birth.

Metode water birth ini umumnya dipilih ketika sang ibu sudah hamil anak kedua atau ketiga. Namun dari 5 artis berikut ini, ada juga yang memakai metode water birth untuk kelahiran anak pertamanya. Siapa saja 5 artis yang melahirkan lewat bantuan bidan? Ini dia daftarnya:

1. Andien Aisyah

Saat kelahiran anak pertamanya, penyanyi Andien Aisyah memilih untuk dibantu bidan yang datang ke rumahnya. Seperti dilansir dari suara.com (15/1/2017), proses kelahiran anak pertama Andien dan Irfan Wahyudi (Ippe) pada hari Sabtu tanggal 7 Januari 2017 tidak tercium media. Setelah satu minggu usai melahirkan, Andien baru mengabarkan kalau putra pertamanya yang bernama Anaku Askara Biru atau yang dipanggil Kawa telah lahir ke dunia lewat metode water birth dengan bantuan bidan.

Image result for andien aisyah melahirkan

“Tepat seminggu lalu, 7 Januari ’17 pukul 17 kurang 10, semesta menyambut kehadiran malaikat kecil kami, Anaku Askara Biru (Kawa),” tulis Andien pada caption fotonya yang sedang memeluk Kawa di atas ranjang bersama sang suami di akun Instagram-nya.

Tak lama setelah itu, Andien pun berbagi cerita tentang proses kelahiran putra pertamanya. Andien juga memposting foto saat ia menjalani proses kelahiran di dalam air (water birth) dengan dibantu seorang bidan di belakangnya.

“Ketika merasa sudah tak mampu berjalan, akhirnya saya menghubungi bidan untuk datang ke rumah saat itu juga. Kontraksi datang semakin hebat, hingga akhirnya pukul 14.00 dicek kembali ternyata sudah pembukaan 1 menjelang 2. Tak disangka, pembukaan demi pembukaan berjalan lebih cepat dari yang saya kira. Suami saya membeli 15 galon air mineral, merebusnya.. Dan karena waktu tidak nututin, akhirnya harus minta tolong bantuan ngerebus air ke tetangga,” tulis Andien berbagi pengalamannya di Instagram.

Andien mengaku sangat menikmati proses kelahirannya detik demi detik. Kontraksi yang ia alami dianggapnya sebagai pengalaman yang indah dalam hidupnya.

“Anyway, akhirnya @cyclonesia pun masuk ke dalam kolam. Sungguh pengalaman kontraksi yang indah. Pelukan suami saya membuat saya merasa tenang dan dicintai. Kurang lebih 30 menit kemudian, suami saya menangkap sendiri buah hatinya, Baby Kawa, keluar dari perut saya. Proses dari pembukaan 1 hingga lahir memakan waktu 3 jam kurang (and feels like it was the longest 3 hours of my life). Bahagia. Haru. Semua jadi satu,” lanjut Andien.

2. Ayudia Bing Slamet

Artis sinetron Ayudia Bing Slamet juga memilih untuk melahirkan anak pertamanya dengan bantuan bidan di Bali. Ayudia melahirkan lewat metode gentle birth di Yayasan Bumi Sehat yang ada di Bali pada tanggal 24 Mei 2016). Suami Ayudia BIng Slamet, Ditto menjelaskan alasan Ayudia memilih untuk melahirkan lewat bantuan bidan ketimbang ke rumah sakit.

Image result for ayudya bing slamet ditto sekala

“Sebenarnya lebih ke arah mereka (bidan) udah mengena di hati Ayu. Aku memang menyerahkan semuanya ke Ayu. Mau itu dokter atau bidan sama aja. Cuma yang jadi pemikiran pertama, Ayu risih sih kalau sama (dokter) cowok. Di sini Ayu bisa, ya sebagai wanita bisa ngerasa utuh, ga dilihat sama cowok lain. Itu sebenarnya yang dicari Ayu,” jelas Ditto seperti dilansir dari bintang.com (26/5/2016).

Saat Ayudia BIng Slamet mengalami kontraksi, Ditto mengaku sedang ada di Jakarta untuk urusan pekerjaan. Demi bisa menemani sang istri, Ditto akhirnya memutuskan untuk segera terbang ke Bali.

“Harusnya aku ke Jakarta, ada kerjaan. Cuma pas jam 5 pagi Ayu kontraksi aku batalin deh ke Jakarta. Bener-bener rezeki banget,” ujar Ditto.

3. Widi Mulia

Sama seperti Ayudia Bing Slamet, penyanyi cantik Widi Mulia juga memilih proses kelahiran anak ketiganya lewat bantuan bidan dengan metode gentle birth di Yayasan Bumi Sehat, Bali pada tanggal 4 Februari 2015.

Image result for widi mulia melahirkan

Seperti dilansir dari family.fimela.com (26/2/2015), alasan Widi Mulia memilih Bali sebagai tempat untuk menjalani proses kelahiran anak ketiganya adalah karena ia ngin menjalani metode gentle birth dengan konsep seperti berada di rumah sendiri, bersama suami dan kedua anaknya. Widi sendiri mengatakan bahwa ia sempat membuat persiapan khusus sebelum melahirkan anak ketiganya.

“Karena saya dan suami sepakat untuk memiliki anak ke-3 di usia saya yang ke-35, selain makan sehat dan istirahat cukup, saya berupaya untuk rutin berolahraga dan tetap aktif. Dukungan penuh dari suami, orangtua, dan dokter kandungan juga semakin membuat saya siap lahir batin. FYI, saya dapat pinjaman birth pool dari Dira Sugandi, yang sudah lebih dulu merasakan proses melahirkan dengan proses water birth, lho. Hehe!,” jelasnya.

4. Sharena Delon

Artis FTV Sharena Delon juga ternyata memilih untuk menjalani proses kelahiran lewat bantuan bidan dengan metode water birth yang sering dianjurkan sang kakak, Reza Gunawan. Tepat pada tanggal 2 September 2014, istri dari Ryan Delon ini pun melahirkan putranya yang diberi nama Ryshaka Dharma Situmeang.

Image result for shareena delon

Seperti dilansir dari cumicumi.com (16/6/2014), Sharena rupanya telah memikirkan tentang rencana persalinan yang akan dijalaninya sejak usia kehamilannya masih enam bulan. “Aku sudah prepare untuk persalinan. Aku mau water birth. Aku takut peralatan rumah sakit,” jelas Sharena Delon.

Saat menjalani proses melahirkan, Sharena Delon hanya ditemani oleh tiga orang di rumahnya, di mana orang pertama bertugas menangkap si bayi ketika meluncur keluar dari perutnya, satu orang yang lain tugasnya merekam proses persalinan, dan satu orang lagi adalah seorang bidan yang tugasnya berjaga-jaga jangan sampai terjadi kondisi yang tidak diinginkan.

5. Dira Sugandi

Penyanyi bersuara emas, Dira Sugandi juga memutuskan untuk melahirkan anaknya lewat bantuan bidan dengan metode gentle birth di rumahnya sendiri. Dira akhirnya melahirkan putrinya yang diberi nama Savanna Azura Warongan berkat bantuan dua orang bidan pada tanggal 3 Maret 2013.

Image result for dira sugandi melahirkan

Seperti dilansir dari wolipop.detik.com (13/11/2014), Dira Sugandi memang sengaja memilih persalinan dengan cara gentle birth atau hypno birth. Persalinan dengan metode gentle birth ini memang harus siap repot karena sebelumnya harus mengikuti pelatihan dulu selama dua hari.

“Kita pesan kolam dari Perth. Bidan sudah menginap di rumah seminggu sebelumnya. Suami sediain playlist lagu, terus ada aroma terapi. Sebelum lahiran, aku dipijat dulu. Nyaman banget,” jelas Dira Sugandi saat ditemui dalam acara peluncuran Reflex Pushchair dari Silver Cross di kawasan Kuningan, Jakarta Pusat, Rabu (12/11/2014).

Alasan Dira Sugandi memilih menjalani persalinan dengan metode gentle birth, salah satunya adalah karena persalinan yang akan dilakukan tidak akan menimbulkan trauma. Dira mengaku wajahnya tampak segar dan tidak bengkak setelah melahirkan.

“Waktu itu aku bingung mau ngeden atau enggak. Karena katanya terserah, aku ngeden. Kalau enggak, bisa enggak dijahit sama sekali,” ‎ujarnya.

Akhirnya pada tanggal 3 Maret 2013, lahirlah Savanna Azura Warongan ke dunia untuk menambah kebahagiaan Dira Sugandi dan suaminya.

LEAVE A REPLY