5 Tips & Trik Bisnis Laris di Instagram

0

Bagi anda terutama ibu rumah tangga yang ingin mendapatkan penghasilan lebih, menarik loh untuk jualan online melalui sosial media. Selain Facebook, Instagram merupakan salah satu sosial media yang diminati banyak orang untuk melakukan bisnis online-nya.

Nah, untuk pemula yang mau memulai bisnis, lakukan mulai sekarang di Instagram!

Bagaimana cara memulai berjualan dan bisnis online di Instagram? Berikut adalah tips & trik untuk kamu pemula yang mau memulai bisnis di Instagram. Silakan dipelajari dan diaplikasikan ya.

  1. Buatlah Nama Akun yang Catchy & Informasi Lengkap
  • Nama Toko dan Username: Jangan membuat nama dan username yang susah di ingat, buatkan username yang singkat, unik, dan mudah diingat agar followers nantinya mudah dalam mencari tokomu.
  • Keterangan: Setiap akun pasti memiliki keterangan berupa produk yang dijual. Seperti misalnya menjual pakaian, maka keterangannya adalah menjual produk berupa pakaian (kaos, aksesoris, sepatu, kemeja, dan lain–lain).
  • Lokasi: Tulis lokasi tempat berjualan, seperti asal Kota, dan alamat lengkap toko offline ataupun kediaman.

2. Tampilkan Foto Produk yang Menarik

Penampilan produk di feeds Instagram sangatlah penting. Karena tampilan foto produk itu yang digunakan untuk menarik ketertarikan calon pembeli. Cari inspirasi dari iklan-iklan produk serupa dan coba menampilkan foto produk dengan kualitas HD. Sebenarnya tidak perlu biaya banyak, kamu bisa melakukan foto produk sendiri di rumah dengan membuat mini photo studio. 

3. Gunakan Tagar Tagar (hashtagh)

Ketika kita berjualan di Instagram, sangat disarankan untuk menggunakan tagar atau hashtagh. Karena tagar atau hashtagh juga dipercaya ampuh meningkatkan tampilan media sosial. Pengguna media sosial menggunakan tagar untuk mencari topik dan mengikuti percakapan tertentu. Fungsi dari tagar ini sama seperti frasa kata kunci (keyword) di situs web. Cara mengoptimalkan penggunaan tagar yaitu masukkan kata kunci yang berhubungan dengan produk dan sedang tren.

4. Update Konten Secara Berkala

Upayakan update Instagram dilakukan secara berkala. Jadwalkan konten apa saja yang mau kamu update di Instagram. Jangan terlalu lama atau dan tidak posting sama sekali dalam waktu yang lama. Dengan update setidaknya seminggu sekali, konsumen akan merasa terus ter-update dengan info terbaru dari bisnismu.

5. Responsif & Engagement

Jaga hubungan baik dengan calon pelanggan atau pengunjung akun Instagram. Berikan respon atas pertanyaan atau sekedar sapaan dan ucapan terima kasih.

Nah, ladies, bisa kan diaplikasikan. Silakan mencoba dan semoga bermanfaat.

 

Arumadewi

LEAVE A REPLY