6 Panglima Perang Islam Terhebat Sepanjang Sejarah

0

Sepanjang ada peradaban, tentu senantiasa ada perang tak berujung untuk memperebutkan kekuasaan serta wilayah. Perang-perang ini sudah menghasilkan sebagian Pemimpin Perang terhebat di dunia. Jenderal yang tidak cuma pintar bertarung dalam peperangan, namun juga memiliki otak brilian serta pemikiran yang maju dan memiliki kiat perang yang begitu hebat.

Panglima atau raja perang yaitu seseorang penguasa daerah yang mempunyai kontrol atas pasukan militer yang setia padanya. Panglima perang sering nampak didalam satu keadaan yang telah susah, mendekati atau sesudah robohnya satu negara hingga pada timbulnya kestabilan keamanan.

Dalam dunia islam pun dikenal beberapa jenderal perang yang dianggap sebagai jenderal yang sangat cerdik dalam menyusun strategi untuk menghancurkan wilayah-wilayah kekuasaan musuh. Berikut daftar jenderal Islam yang gagah berani dan juga cerdas.

1. Salahuddin Al Ayyubi

Sallahudin Al Ayyubi
Sallahudin Al Ayyubi

Salahuddin Ayyubi (Saladin) Salahuddin Ayyubi atau Saladin atau Salah ad-Din (c. 1138 – 4 Maret 1193) yaitu seseorang jenderal serta pejuang muslim Kurdi dari Tikrit (daerah utara Irak sekarang ini). Ia membangun Dinasti Ayyubiyyah di Mesir, Suriah, beberapa di Yaman, Irak, Mekkah Hejaz serta Diyar Bakr. Salahuddin populer didunia Muslim serta Kristen lantaran kepemimpinan, kemampuan militer, serta sifatnya yang ksatria serta pengampun ketika ia berperang melawan tentara salib. Sultan Salahuddin Al Ayyubi juga yaitu seseorang ulama. Ia memberi catatan kaki serta beragam jenis keterangan dalam kitab hadits Abu Dawud.

2. Amr bin Ash

Amr bin Ash
Amr bin Ash

Awal mulanya Amr Bin Ash pernah mengambil sisi dalam peperangan menentang Nabi Muhammad SAW serta golongan Muslim. Ia masuk Islam berbarengan Khalid bin Walid. Enam bln. sesudah masuk Islam, beliau berbarengan Rasulullah SAW menaklukan Mekkah dalam momen Fathul Mekkah.

Amr bin Ash yaitu panglima perang yang bijak dalam mengatur kiat perang. Beliau yaitu panglima perang yang menaklukan Baitul Maqdis serta Mesir dari cengkraman Romawi. Ia lalu dilantik sebagai gubernur Mesir oleh Umar bin Khattab, namun lalu dipecat oleh Khalifah Usman bin Affan.

Setelah itu Muawiyah bin Abu Sufyan melantik kembali beliau jadi gubernur Mesir. Panglima Amru mengerahkan tentara yang al-Quran menjunjung diujung tombak, ia memakai langkah tersebut dalam pertempuran dengan Ali bin Abi Thalib supaya Ali bin Abi Thalib hentikan serangan.

3. Syurahbil bin Hasanah

Syuhrabil bin Hasanah
Syuhrabil bin Hasanah

Yaitu teman dekat Muhammad. Dia adalah satu diantara komandan tersukes dalam pasukan Rasyidin, bertugas dibawah Khalifah Rasyidin Abu Bakar serta Umar bin Khattab. Dia adalah satu diantara komandan lapangan paling utama sepanjang penaklukan wilayah di Suriah, bertugas mulai sejak tahun 634 sampai kematiannya pada tahun 639 akibat wabah penyakit.

4. Muhammad Al Fatih

Muhammad Al Fatih
Muhammad Al Fatih

Semua umat muslim di dunia sudah mengenal Muhammad Al Fatih sebagai panglima perang terhebat yang pernah ada di dunia muslim. Ia berhasil menaklukan Konstatinopel yang telah dikuasai oleh kaum Nasrani selama ratusan tahun, dan tidak pernah ada panglima dan pasukan perang yang bisa menaklukannya selain Muhammad Al Fatih.

Sultan Mehmed II atau dikenal juga sebagai Muhammad Al-Fatih “sang Penakluk” Kejayaannya dalam mengalahkan Konstantinopel mengakibatkan banyak kawan serta lawan mengagumi akan dengan kepimpinannya dan taktik & kiat peperangannya yang disebutkan mendahului pada jamannya serta kaedah penentuan tenteranya. Ia adalah anak didik Syekh Syamsuddin yang masihlah adalah keturunan Abu Bakar As-Siddiq.

5. Sa’ad bin Abi Waqqas

Saad Abi Waqqash
Saad Abi Waqqash

Sa’ad bin Abi Waqqas adalah salah seseorang yang awal masuk Islam serta satu diantara teman dekat utama Nabi Muhammad. Kepahlawanan Sa’ad bin Abi Waqqas tercatat dengan tinta emas waktu memimpin pasukan Islam melawan melawan tentara Persia di Qadissyah. Peperangan ini adalah salah satu peperangan paling besar yang pernah dilakukan umat Islam.

6. Khalid ibn Walid

Khalid bin Walid
Khalid bin Walid

Khalid ibn al-Walid (584 – 642), yaitu seseorang panglima perang pada saat pemerintahan Khulafaur Rasyidin yang paling mahsyur serta ditakuti di medan perang dan dijuluki sebagai Saifullah Al-Maslul (pedang Allah yang terhunus). Dia yaitu satu diantara panglima-pangli­­ma perang utama yang tidak terkalahkan selama karirnya.

LEAVE A REPLY