6 Sejarah Penamaan Setan Di Indonesia

0
Suster Ngesot

Indonesia yaitu negara nomer satu yang paling kaya suku dan budaya, keanekaragaman suku dan budaya itu melahirkan banyak memahami, kebiasaan, serta pemahaman yang tidak sama, ketidaksamaan itu pula-lah yang bikin Indonesia yang juga sering di kenal dengan nama negara dengan peringkat nomer satu dengan nama keanekaragaman tipe hantu di setiap daerahnya. Tersebut cerita singkat nama hantu di Indonesia.

1. Sundel Bolong

Sundel Bolong
Sundel Bolong

Sundel bolong dalam mitos hantu Indonesia digambarkan dengan wanita memiliki rambut panjang serta bergaun panjang warna putih. Digambarkan juga ada bentukan bolong dibagian punggung yang sedikit tertutup rambut panjangnya hingga organ-organ badan sisi perut tampak. Dimitoskan hantu sundel bolong mati lantaran diperkosa serta melahirkan anaknya dari dalam kubur. Umumnya sundel bolong juga dikisahkan suka mengambil bayi-bayi yang baru saja dilahirkan. Perwujudan ini begitu kuat digambarkan dalam film horor Indonesia tahuan 80-an di mana banyak diperankan oleh aktris kawakan Suzanna.

2. Kuntilanak

Kuntilanak
Kuntilanak

Kuntilanak (bahasa Melayu : puntianak, pontianak) yaitu hantu yang diakui datang dari wanita hamil yang wafat dunia atau wanita yang wafat lantaran melahirkan serta anak itu belum pernah lahir. Nama “kuntilanak” atau “pontianak” besar kemungkinan datang dari paduan kata ” bunting ” (hamil) serta “anak”.

Kota Pontianak memperoleh namanya lantaran konon Abdurrahman Alkadrie, pendiri Kesultanan Pontianak, diganggu hantu ini saat bakal memastikan tempat pendirian istana. Dalam folklor Melayu, sosok kuntilanak digambarkan berbentuk wanita cantik yang punggungnya berlubang. Kuntilanak digambarkan suka meneror masyarakat kampung untuk menuntut balas. Kuntilanak pada saat nampak senantiasa diiringi harum bunga kamboja.

Konon lelaki yang tidak waspada dapat dibunuh setelah kuntilanak beralih bentuk jadi penghisap darah. Kuntilanak juga suka menyantap bayi serta melukai wanita hamil. Dalam narasi seram serta film horor di TV Malaysia, kuntilanak digambarkan membunuh mangsa lewat cara mengisap darah dibagian tengkuk, seperti vampir.

Agak tidak sama dengan deskripsi menurut kebiasaan Melayu, kuntilanak menurut kebiasaan Sunda tak mempunyai lubang di punggung serta cuma mengganggu dengan penampakan saja. Kuntilanak yang mempunyai lubang di punggung seperti gambaran diatas dimaksud sundel bolong. Kuntilanak konon juga suka pada pohon spesifik sebagai tempat “bersemayam”, umpamanya waru yang tumbuh cenderung ke samping (popular dimaksud ” waru doyong “).

3. Pocong

Pocong
Pocong

Tuturnya ni hantu cs an sama sundel bolong. Histori hantu pocong di Indonesia datang dari tanah jawa. di mana ada seseorang warga yang wafat walau demikian sesudah dikubur tali pocong itu warga tidak di lepasin hem kemudian bangkitlah. Wah serem juga yah. Makanya waktu itu juga pernah ada film yang bercerita tentang seorang yang tali pocongnya saat meninggal lupa dilepas, dan itu pocong bergentayangan.

4. Si Manis Jembatan Ancol

Si Manis Jembatan Ancol Setan
Si Manis Jembatan Ancol Setan

Peristiwanya Pada 1995, seseorang pelukis di Ancol didatangi seseorang wanita yang memohon dilukis. Saat pelukis baru menggambar
1/2 sisi badannya, wanita itu menghilang. Warga yakin kalau wanita itu yaitu Si Manis Jembatan Ancol. Mitos ini telah diawali beberapa puluh th. terlebih dulu.

Di tahun 60-an saat daerah Ancol masihlah berbentuk empang-empang, seseorang pendayung perahu pernah berjumpa dengan Si Manis. Wanita itu naik perahu malam-malam dan membayar pendayung itu dengan daun.

Kisah Si Manis Jembatan Ancol juga pernah di filmkan yang diperankan oleh Diah PermatasariĀ dan juga oleh Ozy Syahputra.

5. Genderuwo

Genderuwo
Genderuwo

Genderuwo yaitu makhluk halus yang berwujud manusia bertubuh besar serta kekar dengan rambut lebat menutupi badan. Genderuwo terlebih di kenal dalam orang-orang di Pulau Jawa (orang Sunda menyebutnya “gandaruwo” serta orang Jawa menyebutnya “gendruwo”). Habitat tempat tinggal kegemarannya yaitu pohon besar teduh atau beberapa pojok yang lembab serta gelap. Makhluk ini dilaporkan bisa berkomunikasi dengan manusia serta dapat suka pada manusia. Cerita-cerita misteri mengatakan bila genderuwo bisa merubah penampakan dianya ikuti bentuk fisik seorang.

Menurut narasi juga, genderuwo hanya berkelamin pria serta bisa menghamili wanita, bahkan juga membuahkan keturunan dari jalinan itu. Asal-usul genderuwo disebutkan datang dari arwah orang wafat yang belum ingin naik ke akhirat. Genderuwo tidak bisa diliat oleh orang umum namun ketika spesifik dia bisa memperlihatkan dianya apabila terasa terganggu.

6. Suster Ngesot

Suster Ngesot
Suster Ngesot

Ni hantuā€¦ kata nya banyak dirumah sakit-rumah sakit. mainnya di lorong-lorong tempat tinggal sakit woi. mengapa disebut suster ngesot? sejarahnya ada seseorang suster yang diperkosa sama dokternya teus susternya hamil si dokter tidak ingin taanggung jawab hem di bunuh n di masukin dalam satu kamar. Nah jadilah suster ngesot RS DI JALAN SALEMBA, Konon di sinilah asal-usul Suster Ngesot. Selai itu, banyak pula masalah penampakan yang berlangsung di bangunan tempat tinggal sakit yang cukup tua ini.

Testimonial : Menurut petugas Secure Parking yang tidak ingin dijelaskan namanya, tiap-tiap malam sekitaran jam 2 pagi, kerap ada yang mengetuk pos pintu masuk yang terdapat di dekat tempat tinggal duka. Tetapi saat dicek, tak ada siapa-siapa. Di UGD kerap terdengar bunyi orang main air, saat dicek juga tak ada siapa-siapa. Beberapa satpam yang berjaga malam pernah menjumpai sosok wanita. Saat lihat sosok ini, mereka seperti tersihir serta tak dapat berteriak atau lari sampai wanita ini melalui.

 

 

LEAVE A REPLY