7 Gedung Pencakar Langit Di Asia

0
Abraj Al Bait, sumber : protenders.com

Biasanya banyak gedung-gedung yang menjulang tinggi, Perkembangan teknologi serta persaingan ketat melahirkan manusia-manusia cerdas serta terampil dalam membuahkan kreasi yang awalannya cuma ada didalam imajinasi serta pemikiran mereka. Perkembangan yang berlangsung ini bahkan juga dibuktikan dengan hadirnya 9 gedung paling tinggi di dunia berikut ini.

Kini gedung bukan sekedar menjadi satu hal untuk segala aktivitas perkantoran, sudah cukup banyak orang yang mencoba membuat gedung dengan menjadi gedung yang paling tinggi dan juga menjadi satu-satunya gedung yang tinggi yang sudah cukup mencengkram langit.

Bahkan ketinggian sebuah gedung tidak hanya setinggi puluhan meter, bahkan sudah ada gedung yang memiliki tinggi lebih dari 500 meter. Waw Seru ni ceritanya. Lalu gedung apa sajakah yang ada di dunia yang mencengkram langit. Berikut daftarnya.

1. Gedung Burj Khalifa

Gedung Pencakar Langit Burj Khalifa, sumber: travelchannel.com
Gedung Pencakar Langit Burj Khalifa, sumber: travelchannel.com

Kalian tahu sebuah gedung yang digunakan dalam syuting film Fast & Furious 7 memiliki latar belakang di Dubai. Dimana geudng Burj Khalifa berada. Gedung ini saat ini sudah menjadi gedung tertinggi di dunia.

Burj Khalifa
Tempat : Dubai, Uni Emirat Arab
Dibangun tahun : 2004
Di buka tahun : 4 -1-2010
Ketinggian : 828 m
Lantai paling atas 6. 213 m
Jumlah lantai : 160 lantai

Ketika pembukaannya Burj Khalifa jadi Gedung paling tinggi dari bangunan apa pun yang ada didunia. Serta ketika pembangunannya Burj Khalifa selalu melalui bangunan-bangunan paling tinggi yang lain.

2. Abraj Al-Bait

Abraj Al Bait, sumber : protenders.com
Abraj Al Bait, sumber : protenders.com

Kalau kamu pernah menunaikan ibadah Haji atau Umroh di tahun 2012 atau setelahnya, kamu pasti akan melihat gedung ini. Gedung ini memiliki sebuah jam raksasa dibagian puncaknya. Jam inilah sebagai penunjuk waktu di kota Mekkah.

Tinggi : 601 m
Tempat : Mekah, Saudi Arabia
Jumlah lantai : 120 lantai
Tahun. pembuatan : 2004-2012
Di buka tahun. : 2012

Abraj Al-Bait Tower atau juga dikenal dengan nama Mecca Royal Hotel Clock Tower. Hal menarik dari menara ini yaitu letaknya yang ada dekat di selatan pintu masuk Masjidil Haram.

3. Taipel 101

Taipei 101
Taipei 101

Menara ini mungkin menjadi menara yang lebih awal ada di dunia. Karena gedung Taipel 101 sudah ada sejak tahun 2004. Gedung ini sudah menjadi gedung yang cukup terkenal dan menjadi destinasi setiap wisatawan yang datang ke Taiwan.

Tinggi : 509 m
Tempat : Taipei, Taiwan
Jumlah lantai : 101
Pembukaan tahun : 31-12-2004

Dalam banyak segi, gedung ini yaitu satu diantara pencakar langit yang paling maju yang pernah di buat Manusia hingga saat ini. mempunyai kelebihan yakni fiber optik serta jalinan internet satelit yang bisa meraih kecepatan 1 gigabyte per detik.

4. Shanghai World Financial Center

Shanghai World Financial Center

Gedung yang dibangun dengan menghabiskan dana hingga USD 2, 4 milliar. Gedung ini menjadi gedung tertinggi yang ada di China. Shanghai World Financial Center, selain menjadi pusat perekonomian juga menjadi salah satu objek wisata untuk melihat kota Shanghai dari ketinggian.

Tempat : Pudong, Shanghai, Cina
Dibangun tah. : 1997- 2008
Di buka : 28 Agustus 2009
Tinggi : 494, 3 m
Lantai paling atas : 474, 0 m
Jumlah lantai : 101

Feature yang paling khas dari design bangunan ini yaitu aperture trapesium di puncak. Design asli yang diputuskan aperture yang melingkar, berdiameter 46m, untuk kurangi tekanan dari tekanan angin, dan berperan sebagai subteks untuk design, lantaran ” mitologi Cina adalah bumi dengan satu persegi serta langit dengan lingkaran.

5. International Commerce Centre Hongkong

ICC Hongkong, sumber :panoramio.com
ICC Hongkong, sumber :panoramio.com

Selain Taiwan dan China, ada juga satu negara yang masih berada di satu kawasan dan memiliki gedung tertinggi di dunia. Yakni di Hongkong. Gedung International Commerce Centre (ICC) juga disebut sebut gedung Sky100. Dimana Sky100 merupakan lokasi untuk melihat Hongkong dari titik tertinggi dengan sudut 360 derajat.

Tinggi : 484 m
Tempat : West Kowloon, Hong Kong
Di bangun tahun : 2005-2010
Di buka tahun : 2011
Jumlah lantai : 108

ICC Tower Ini yaitu sisi dari Union Square proyek di bangun diatas Kowloon Station. Pembangunan ini dipunyai serta diperkembang oleh MTR Corporation Limited serta Sun Hung Kai Properties. Sekarang ICC adalah Gedung paling tinggi ke lima didunia dengan tinggi tubuh, ke-2 bangunan paling tinggi didunia dengan jumlah lantai, dan jadi bangunan paling tinggi di Hong Kong.

6. Menara Kembar Petronas

menara-petronas-gov-ph

Jika kalian ke Malaysia, sudah tentu ini menjadi salah satu objek wisata yang cukup terkenal di Malaysia adalah menara kembar Petronas. Menara ini mungkin menjadi menara tertinggi yang pertama kali ada di kawasan Asia.

Tinggi : 451, 9 m
Tempat : Kuala Lumpur, Malaysia
Di bangun tahun : 1992-1998
Di buka tahun : 1988
Jumlah lantai : 88 lantai

Menara Petronas yaitu dua buah pencakar langit kembar di Kuala Lumpur, Malaysia yang pernah jadi gedung paling tinggi didunia diliat dari tinggi pintu masuk paling utama ke sisi susunan tertinggi.

7. Zifeng Tower

Zifeng Tower (building.am)
Zifeng Tower (building.am)

Negeri Tirai Bambu masih memiliki gedung pencakar langit, yakni Zifeng Tower. Gedung ini berada di kota Nanjing, China. Selain memiliki Shanghai World Financial Tower, China memiliki Zifeng Tower.

Tempat : Nanjing, China
Tinggi : 450 m
Usai di bangun th. : 2009
Di buka tahun : 2009
Jumlah lantai : 89

Zifeng Tower dengan kata lain Greenland Pusat-Zifeng Tower atau Menara Greenland Persegi Zifeng, terbagi dalam ruangan ritel serta kantor dibagian bawah, serta restoran, hotel, serta satu observatorium umum dekat sisi atas.

loading...
SHARE

LEAVE A REPLY