7 Jenis Buah Untuk Luka Bakar

0

Seruni.id – Buah sangat kaya akan kandungan vitamin dan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, buah juga dapat mencegah infeksi dan tumbuhnya sel-sel kanker. Untuk menjaga pencernaan tetap sehat, kita wajib mengonsumsi buah setiap hari.

Ternyata selain mengandung banyak vitamin dan nutrisi untuk tubuh, buah juga bisa menobati luka bakar loh Moms. Keren kan.

Luka bakar dapat diakibatkan oleh panas yang merusak jaringan pada kulit. Luka bakar menyebabkan kulit melepuh, merah,bengkak, bahkan mengelupas.

Saat mengalami luka bakar, sebaiknya tidak mengomsumsi makanan yang memperlambat proses penyembuhan seperti daging sapi, udang, dan makanan lainnya. Makanan tersebut malah akan menambah berat luka bakar karena makanan-makanan tersebut malah memicu alergi pada kulit.

Ternyata buah dapat menjadi alternatif untuk meringankan dan mempercepat proses penyembuhan. Nah, selanjutnya kita akan membahas 7 macam buah yang mampu mempercepat proses pemulihan luka bakar.

  1. Pepaya

Pepaya adalah buah yang dapat membantu proses penyembuhan luka bakar. Pepaya merupakan urutan pertama untuk dikonsumsi saat seseorang menderita luka bakar.

Pepaya merupakan buah yang mudah kita dapatkan dan harganya sangat terjangkau. Pepaya memang memiliki manfaat untuk kesehatan kulit selain sangat bagus untuk pencernaan.

2. Mangga

Mangga menduduki urutan kedua setelah pepaya yang sangat disarankan untuk dikonsumsi saat mengalami luka bakar. Rasa manis, jadi bisa kita nikmati saat memakannya. Mangga juga mudah didapatkan.

Selain itu, mangga juga memliki fungsi untuk kekebalan tubuh, mencegah kanker dan manfaat baik mangga lainnya.

3. Kelapa

Kelapa banyak sekali fungsinya. Air kelapa ampuh mengatasi dehidrasi. Nah, air kelapa ini juga dapat diminum untuk mempercepat proses penyembuhan luka bakar.

Selain itu kita sudah mengetahui bahwasetiap bagian dari kelapa bermanfaat untuk tubuh kita. Bahkan kelapa dapat menawarkan racun ketika ada yang masuk ke dalam tubuh.

4. Buah Naga

Buah naga mengandung banyak manfaat, terutama untuk mengobati berbagai penyakit, seperti kanker, tumor dan jantung.

Ternyata buah naga juga bisa mempercepat proses penyembuhan pada luka bakar loh Moms.

5. Jambu Air

Jambu air dapat dikonsumsi dalam membantu penyembuhan luka bakar loh Moms. Bisa dikonsumsi secara langsung ataupun diolah terlebih dahulu, menjadi jus misalanya.

Jambu air memang terkenal baik untuk kesehatan kulit. Selain itu juga bermanfaat untuk kesehatan janin di dalam kandungan dan penyakit dalam mulut.

6. Belimbing

Buah yang bentuknya seperti bintang ini bisa juga membantu mempercepat penyembuhan saat mengalami luka bakar. Tapi kita harus pintar-pintar memilih belimbing ya Moms. Pilih belimbing yang telah masak. Kalau belum matang, rasa belimbing masih sangat kasat.

7. Manggis

Buah terakhir yang bisa disarankan untuk mempercepat proses penyembuhan luka bakar jika mengomsumsinya adalah manggis.

Manggis memang buah yang memiliki banyak manfaat. Terutama pada bagiankulitnya yang diekstrak untuk dijadikan obat-obatan. Selain itu, memakan buah manggi pun dapat mempercepat proses penyembuhan luka bakar

Semoga bisa bermanfaat jika diri kita, suami/istri, anak-anak, dan saudara serta rekan kita ada yang mengalami luka bakar.

 

-Arum Afriani Dewi-

LEAVE A REPLY