7 Makanan Alami yang Ampuh untuk Redakan Nyeri pada Tubuh

0

Ngelmu.co – Saat tak enak badan, pegal-pegal, nyeri dan terserang penyakit, obat jadi pertolongan pertama yang wajib untuk kamu konsumsi.

Untuk menyembuhkan penyakit, ada beberapa jenis obat yang bisa kamu jadikan pilihan. Mulai dari obat generik yang dijual di apotek, tanaman herbal, hingga makanan sehat seperti, sayur-mayur dan buah-buahan segar.

Makanan sehat bisa jadi obat yang ampuh menyembuhkan penyakit. Entah sakit akibat kelelahan maupun masuk angin karena kehujanan.

Mengonsumsi buah, biji-bijian, dan sayuran yang tepat ternyata bisa membantu ringankan penyakit, dan rasa nyeri pada tubuh, lho. Dilansir oleh Boldsky, berikut ini sederet daftar buah yang bisa kamu jadikan sebagai obat alami, terutama untuk mengatasi nyeri tubuh:

1. Ceri

Di dalam Ceri tersimpan senyawa anthocyanin. Senyawa anthocyanin memiliki antioksidan yang kuat sehingga dapat mengurangi rasa sakit pada tubuh.

Antioksidan pada senyawa anthocyanin dapat menghentikan peradangan dan mampu menghambat enzim penyebab rasa sakit. Fungsi meredakan rasa sakit pada buah ceri hampir sama baiknya dengan aspirin.

2. Jahe

Seperti yang telah diketahui, jahe dikenal dengan akar ajaib. Akar ajaib ini ampuh memerangi mual dan mabuk.

Hal tersebut semua berkat sifat anti inflamasi yang dimilikinya. Jahe juga mampu meredakan nyeri otot dan sendi, sehingga dapat mengurangi pembengkakan dan kekakuan pada area yang cedera. Oleh karena itu, jahe dapat meredakan nyeri otot dan sendi.

3. Salmon

Salmon mengandung asam lemak omega 3 yang tinggi. Kandungan asam lemak omega 3 yang tinggi pada salmon mampu meringankan sakit punggung. Selain rasanya yang lezat, salmon juga mampu mengurangi rasa sakit artritis teruma di daerah leher dan punggung.

4. Cranberry

Selain jahe, cranberry juga memiliki sifat anti inflamasi. Sifat anti inflamasi yang ada pada cranberry berguna untuk mencegah dan menyembuhkan bisul. Selain itu, buah ini juga berguna untuk meredam nyeri pada perut.

5. Jeruk

Jeruk mengandung Vitamin C tinggi. Kandungan Vitamin C pada jeruk ampuh memperkuat sistem imun tubuh.

Selain itu, jeruk sangat ampuh dalam mengobati sariawan dan panas dalam. Kandungan Vitamin C juga sempurna untuk mencegah kram, menghaluskan kulit, dan memperlancar pencernaan loh.

6. Kopi

Zat Kafein dalam kopi mampu menurunkan rasa sakit saat cedera otot dan nyeri akibat olahraga. Selain itu, rutin mengonsumsi kopi hitam setiap hari terbukti memberi dampak baik bagi kesehatan jantung loh.

7. Cengkeh

Sedang sakit gigi tapi takut untuk pergi ke dokter? Jadikan cengkeh solusinya. Dengan mengunyah cengkeh, ternyata mampu meringankan rasa sakit dan peradangan gusi loh.

Cengkeh juga diketahui sebagai obat bius alami yang dapat menyembuhkan segala gangguan pada gigi.

 

-Arumadewi-

LEAVE A REPLY