Kamu Berani Tinggal Di 9 Kota Tak Berpenghuni Ini?

0
gambar via: Wikipedia

Di kota biasanya, pasti berisi penuh dengan manusia. Manusia dari beragam tempat, tumpah ruah untuk melakukan aktivitas serta memenuhi kebutuhannya di kota. Tetapi ternyata ada pula kota yang sama sekali tidak berpenghuni. Kota yang tidak terurus ini sampai dijuluki kota hantu, dan ternyata memang benar ada di bumi.

1. Pompeii

gambar via: dunia islam
gambar via: dunia islam

Pompeii merupakan suatu kota bersejarah yang terdapat di bawah kaki Gunung Vesuvius. Kota ini hancur tertelan debu vulkanik setebal enam meter dari gunung itu. Peristiwa tersebut berlangsung sekitar 2.000 tahun yang lalu, dan saat abu vulkanik menutupi kota, 20.000 penghuni Pompeii wafat bersamaan.

2. Argentiera

Panoramio
Panoramio

Argentiera merupakan kota di pinggir pantai cantik Sardinia, Italia. Kota ini merupakan tambang perak raksasa yang digali sejak abad ke-18. Entah mengapa pertambangan kemudian ditutup pada tahun 1963 dan menyisakan bangunan yang tidak terurus.

3. Villa Epecuen

gambar via: The Atlantic
gambar via: The Atlantic

Sekitar tahun 1900-an, Villa Epecuen merupakan destinasi wisata berkelas dunia atas air penyembuh serta akses transportasi yang lancar. Tempatnya hanya beberapa mil dari Buenos Aires, Argentina. Saat terjadi musim yang tidak menentu, akhirnyamembuat banjir bandang dan menyebabkan bendungan jebol. Villa Epecuen tenggelam seketika dengan kedalaman 10 meter serta semua penduduknya wafat saat itu juga.

4. Plymouth

gambar via: en.wikipedia.org
gambar via: en.wikipedia.org

Plymouth merupakan kota di Montserrat, wilayah koloni Inggris di Karibia. Kota ini tenggelam oleh abu serta lumpur pada tahun 1995. Lumpur serta abu itu dikarenakan oleh erupsi Gunung Soufriere yang berlangsung sejak tahun 1990-an.

5. Sesena

gambar via: IBTimes UK
gambar via: IBTimes UK

Berlokasi 35 kilometer di selatan Madrid, Sesena ini merupakan kota mati yang mempunyai fasilitas lengkap. Sesena awalnya dibangun untuk maksud pengembangan properti sebagai destinasi berlibur. Sayangnya kota di Spanyol ini tak pernah terselesaikan pembangunannya dan saat ini tidak terurus.

6. Oradour sur Glane

gambar via: 20minutes.fr
gambar via: 20minutes.fr

Oradour sur Glane merupakan desa yang terdapat di Prancis. Semua penghuninya dibunuh pada tahun 1944 oleh Pasukan Jerman. Jumlah korban diprediksikan mencapai 642 orang yang terdiri dari pria, wanita serta anak-anak.

7. Chaiten

gambar via: Wikipedia
gambar via: Wikipedia

Chaiten merupakan kota yang terdapat di Chili. Semua penduduk dievakuasi pada tahun 2008 lantaran erupsi gunung berapi yang menyebabkan banjir bandang. Sangat dahsyatnya musibah itu hingga membuat Chaiten tak pernah dieksplorasi lagi untuk menghitung kerugian yang diderita penduduk.

8. Pyramiden

gambar via: Mygola
gambar via: Mygola

Pyramiden sebenarnya merupakan pulau tempat tinggal masyarakat penambang di Rusia. Pulau ini awalnya adalah milik Swedia yang lalu dijual ke Uni Soviet serta saat ini menjadi milik Rusia. Entah mengapa pada tahun 1998, Pyramiden ditinggalkan oleh semua penghuninya.

9. Varosha

gambar via: Wikipedia
gambar via: Wikipedia

Varosha merupakan sebagian dari wilayah kota Cypriot yang terdapat di bibir pantai. Varosha sendiri adalah destinasi wisata favorit pada tahun 1970. Daerah ini juga sering dikunjungi selebriti dunia sekaliber Elizabeth Taylor ataupun Richard Burton. Sayangnya invasi Turki tahun 1974 membuat semua masyarakat Varosha pergi serta tidak pernah kembali.

Baca juga: Wow, Panda Ini Warnanya Gak Hitam Putih Lho

LEAVE A REPLY