11 Manfaat Air Zam-Zam dan Keajaiban yang Mengejutkan dari Air Zam-Zam

0
Air Zam-Zam

Air zam-zam sudah dikenal sejak lama oleh orang-orang Islam. Air ini memiliki khasiat luar biasa dan air zam-zam selalu menjadi oleh-oleh yang dibawa kaum Muslimin saat pulang setelah menjalankan ibadah haji atau umroh dari tanah suci. Air ini selalu diberikan kepada sanak saudara dan kerabat.

Air Zam-Zam bukan air yang asing untuk kaum Muslimin. Air ini memiliki keutamaan yang amat banyak. Rasulullah sudah menerangkan manfaat air itu. Beliau bersabda, ”Sebaik-baik air yang ada di muka bumi yaitu Zam-Zam. Di dalamnya ada makanan yang mengenyangkan serta penawar penyakit.

MAKNA ZAM-ZAM

Kata Zam-Zam dalam bahasa Arab memiliki arti, yang banyak atau melimpah 2. Mengenai air Zam-Zam yang disebut oleh syari’at, yakni air yang datang dari sumur Zam-Zam. Letaknya dengan Ka’bah, berjarak kurang lebih 38 hasta.

Diberi nama Zam-Zam, sesuai sama artinya, lantaran memanglah air dari sumur itu amat banyak serta berlimpah. Tidak habis walaupun udah di ambil serta dibawa tiap harinya ke semua penjuru dunia oleh kaum Muslimin.

Disebut dengan Zam-Zam, bisa juga di ambil dari perbuatan Hajar. Saat air Zam-Zam terpancar, ia selekasnya menyatukan serta membendungnya. Atau di ambil dari galian Malaikat Jibril serta perkataannya, saat ia berkata pada Hajar.

Dijelaskan juga, kalau nama Zam-Zam yaitu ‘alam, atau nama asal yang berdiri dengan sendiri, bukanlah datang dari kalimat atau kata lain. Atau di ambil dari nada air Zam-Zam itu, lantaran zamzamatul ma` yaitu, nada air tersebut.

SEJARAH MUNCULNYA ZAM-ZAM

Dijelaskan oleh Imam al Bukhari dalam Shahih-nya, dari hadits Ibnu ‘Abbas. Sebuah ketika, saat ada di Mekkah, Nabi Ibrahim meletakkan istrinya Hajar serta anaknya Ismail di kurang lebih Ka`bah, di sebuah pohon besar yang ada diatas sumur Zam-Zam. Saat itu, tidak ada seseorangpun di Mekkah, tetapi mereka bertiga.

Sesudah Nabi Ibrahim Alaihissalam menempatkan kantong diisi kurma serta air, iapun beranjak pergi. Tetapi Hajar mengikutinya seraya menyampaikan, ”Wahai Ibrahim, kemanakah engkau bakal pergi dengan meninggalkan kami sendiri ditempat yang tidak ada manusia lain, atau yang lain?”

Pertanyaan itu ia ulangilah selalu, namun Nabi Ibrahim tidak menengok padanya. Hingga pada akhirnya Hajar berseru padanya, ”Apakah Allah yang menyuruhmu lakukan hal semacam ini?”

“Ya, ” jawab Nabi Ibrahim.

“Kalau demikian, Allah tidak bakal menyengsarakan kami,” seru Hajar. Lantas kembalilah Hajar ke tempatnya, serta Nabi Ibrahim selalu meneruskan perjalanannya.

Sesampainya di Tsaniyah -jalan bebukitan, arah jalan ke Kada`. Rasulullah saat masuk Mekkah juga melalui jalan tersebut- serta keluarganya tidak bisa memandangnya lagi, Nabi Ibrahim q menghadap ke arah Baitullah, lantas mengangkat kedua tangannya seraya berdoa : “Ya Tuhan kami, sebenarnya saya sudah meletakkan sebahagian keturunanku di lembah yang tidak memiliki tanam-tanaman di dekat tempat tinggal Engkau (Baitullah) yang dihormati. Ya Tuhan kami, (yang sekian itu) supaya mereka membangun shalat. jadikanlah hati beberapa manusia condong pada mereka, serta berikan rizkilah mereka dari buah-buahan, semoga mereka bersyukur” Ibrahim/14 : 37

Ibunda Ismail menyusui anaknya serta meminum dari kantong air itu. Sampai pada akhirnya air itupun habis, serta anaknya kehausan. Dia lihat anaknya dengan penuh kuatir, lantaran selalu menangis. Dia juga pergi untuk mencari sumber air, lantaran tidak tega lihat anaknya kehausan.

Pergilah dia menuju bukit terdekat, yakni bukit Shafa, serta berdiri di atasnya. Pandangannya diarahkan ke lembah di sekitarnya, mungkin ada orang disana. Walau demikian, nyatanya tidak ada.

Dia juga turun melalui lembah hingga ke bukit Marwa. Berdiri di atasnya serta melihat mungkin ada manusia disana? Namun, nyatanya tidak juga. Dia kerjakan sekian itu sampai tujuh kali.

Saat ada diatas bukit Marwa, dia mendengar ada suara, dia berkata pada dirinya sendiri, “Diam! ” Sesudah diperhatikannya nyatanya memanglah benar dia mendengar nada, lantas dia juga berkata, “Aku sudah mendengar, apakah disana ada pertolongan? ”

Mendadak dia menyaksikan Malaikat Jibril, yang mengais tanah dengan kakinya (atau mungkin dengan sayapnya, seperti dijelaskan dalam kisah yang lain), lantas memukulkan kakinya di atasnya. keluarlah darinya pancaran air.

Hajar juga bergegas mengambil serta menampungnya. Diciduknya air itu dengan tangannya serta memasukkannya kedalam tempat air. Sesudah diciduk, air itu malah makin memancar. Dia juga minum air itu serta memberi pada putranya, Ismail. Lantas Malaikat Jibril berkata padanya, “Jangan takut terlantar. Sebenarnya, di sinilah Baitullah yang bakal di bangun oleh anak ini (Ismail) berbarengan ayahnya. Serta sebenarnya, Allah tidak bakal menelantarkan hambanya. ”

Beberapa saat lantas, datanglah beberapa orang dari kabilah Jurhum turun di lembah Makkah. Mereka turun lantaran lihat burung -burung yang berputar-putar. Mereka berkata, ”Burung ini berputar-putar di kurang lebih air. Kami meyakini di lembah ini ada air,” lantas mereka kirim utusan, serta nyatanya benar mereka mendapat air.

Utusan itupun kembali serta memberitahu pada beberapa orang yang mengutusnya mengenai ada air. Merekapun lantas mendatanginya, serta memohon izin dari Ummu Ismail, kalau mereka bakal singgah kesana. Ummu Ismailpun mempersilahkan dengan prasyarat, kalau mereka tidak memiliki hak mempunyai (sumber) air itu, serta kabilah Jurhum inipun setuju

PENEMUAN KEMBALI AIR ZAM-ZAM

Saat Abdul Muthalib tengah tidur di Hijr Ismail, dia mendengar nada yang menyuruhnya menggali tanah.

“Galilah thayyibah (yang baik)! ”

“Yang baik yang mana? ” tanyanya.

Esoknya, saat tidur ditempat yang sama, dia mendengar lagi suara yang sama, menyuruhnya menggali barrah (yang baik)? ”

Dia ajukan pertanyaan, “Benda yang baik yang mana? ” Lantas dia pergi.

Esok harinya, saat tidur ditempat yang sama di Hijr Ismail, dia mendengar lagi nada yang sama, menyuruhnya menggali madhmunah (suatu hal yang bernilai).

Dia ajukan pertanyaan, ” Benda yang baik yang mana? ”

Pada akhirnya pada hari yang ke empat dapat dikatakan padanya : “Galilah Zam-Zam! ”

Dia ajukan pertanyaan, ”Apa itu Zam-Zam? ”

Dia memperoleh jawaban : “Air yang tidak kering serta tidak meluap, yang dengannya engkau berikan minum beberapa haji. Dia terdapat diantara tahi binatang serta darah. Ada di patukan gagak yang hitam, ada di sarang semut”.

Sebentar Abdul Muthalib bingung dengan tempatnya itu, hingga pada akhirnya ada kejelasan dengan menyaksikan peristiwa yang diisyaratkan padanya. Lantas iapun bergegas menggalinya.

Beberapa orang Quraisy ajukan pertanyaan padanya, ”Apa yang engkau lakukan, hai Abdul Muthalib?

Dia menjawab, ”Aku diperintahkan menggali Zam-Zam, ” hingga pada akhirnya ia bersama anaknya, Harits mendapat apa yang diisyaratkan dalam mimpinya, menggali kembali sumur Zam-Zam yang sudah lama dikubur dengan berniat oleh suku Jurhum, ketika mereka terusir dari kota Mekkah.

Keanehan Air Zam-Zam

Pada tahun 1971, seseorang doktor dari Mesir menyampaikan pada akhbar di Eropa bahawa air zam-zam tidak sihat untuk diminum.

Gagasannya bersumber pada bahwa kota Mekkah itu ada dibawah garis permukaan laut, Air Zamzam itu datang dari air sisa buangan masyarakat kota Mekah yang meresap, lantas mendap terbawa berbarengan air hujan serta keluar dari telaga air zamzam. Masya Allah.

Berita ini hingga ke telinga Raja Faisal yang lantas memerintahkan Menteri Pertanian serta Sumber Air untuk menyelidiki permasalahan ini serta menghantar sampel air zam-zam ke Laboratorium-laboratorium di Eropa untuk diuji.

Tariq Hussain seseorang juru tera kimia yang bekerja di Institut Penapisan Air Laut untuk diminum di Jedah, memperoleh pekerjaan menyelidikinya.

Pada masa-masa memulakan tugasnya Tariq belum ada deskripsi bagaimana telaga air zam-zam bisa menaruh air yang demikian banyak seperti tidak ada hadnya.

Saat hingga didalam sumur, Tariq sangat terperanjat jika lihat bahawa ukuran “kolam” telaga itu cuma 18 x 14 kaki saja (Kurang lebih 5 x 4 meter).

Tidak terbayang bagaimana telaga sekecil ini bisa keluarkan jutaan galen air tiap kali musim haji, serta ini berlaku mulai sejak beberapa ribu tahun waktu lalu sejak jaman Nabi Ibrahim AS.

Penyelidikan memperlihatkan bahawa mata air zam-zam bisa keluarkan air sejumlah 11-18 liter air per ketika, dengan hal tersebut tiap minit 660 liter air bakal dibuat, begitulah yang mengagetkan.

Tariq mula mengukur kedalaman air telaga serta memohon pembantunya masuk ke air, nyatanya air telaga itu cuma meraih sedikit diatas bahu pembantunya yang tinggi badannya 5 kaki 8 inci.

Lantas dia menyuruh pembantunya untuk mengecek, apakah mungkin saja ada cerukan atau saluran paip di dalamnya. Sesudah mengecek dari satu tempat ke tempat yang lain, nyatanya tidak menjumpai apa pun!.

Dia berpikir mungkin saja sahaja air telaga ini di ambil dari luar lewat saluran pam berkapisiti besar, bila itu kondisinya dia bisa lihat turun-naiknya permukaan air secara mendadak.

Namun sangkaannya meleset, beliau tidak menjumpai gerakan air yang mencurigakan, juga tidak menjumpai ada alat yang bisa menghadirkan air dalam jumlah besar.

Selanjutnya dia minta pembantunya masuk lagi kedalam telaga, lantas menyuruh berdiri serta diam ditempatnya sembari mencermati seputarnya.

Cermati dengan cermat serta laporkan apa yang terjadi walaupun sekecil apa pun, sesudah lakukan proses ini dengan cermat, pembantunya mendadak mengangkat kedua tangannya sembari berteriak :

“Alhamdulillah, Saya temuinya! Pasir halus menari-nari dibawah telapak kakiku, serta air itu keluar dari mendasar telaga”.

Lantas pembantunya disuruh berpusing melingkari telaga saat tiba masa-masa pengepaman air (untuk disalurkan ke tempat pengagihan air) berlaku. Dia rasakan bahawa air yang keluar dari mendasar telaga sama besarnya seperti saat sebelum tempoh pengepaman.

Aliran air yang keluar besarnya sama di tiap titik di seluruh lokasi, ini mengakibatkan permukaan telaga itu stabil tidak ada goncangan yang besar.

Manfaat Zam-zam

Air zam-zam memiliki beragam manfaat yang luar biasa bagi tubuh manusia. Air ini memiliki banyak khasiat yang luar biasa dan pernah membuat banyak peneliti yang penasaran akan khasiat air yang hanya bersumber di Mekkah ini. Berikut beberapa manfaat air zam-zam:

1. Regenerasi sel kulit mati

Di bidang kecantikan air zam – zam bisa membantun pergantian sel – sel kulit mati lantas di ubah dengan sel – sel kulit baru. Perubahan sel kulit mati mempunyai tujuan untuk membuat cerah kulit muka serta jadikan kulit muka kenyal seperti bayi. Pergantian dengan memakai air zam- zam ini cukup hanya membasuk muka dengan air zam – zam.

Bila sangat mungkin Anda bisa lakukan wudhu dengan memakai air zam – zam. Hingga seluruh susunan sel kulit mati di bagian tubuh yang terserang air zam – zam bisa di angkat. Secara alami sel kulit mati bakal regenerasi sendiri yakni dengan rentang saat 28 hari sekali.

2. Menyembuhkan beragam jenis penyakit

Ada hadist shahih yang menyampaikan bahwan air zam -zam amat manjur untuk menyembuhkan beragam jenis penyakit. Penyakit adalah tanda-tanda kelainan pada tubuh serta bisa menyebabkan rasa tidak nyaman serta sakit yang berkepanjangan.

Sesudah sakit mungkin saja kita baru sadar kalau kesehatan itu lebih mahal harga nya dari apa pun yang ada didunia ini. Jadi bersyukurlah bila Anda masihlah sehat serta peliharalah kesehatan Anda mulai sejak muda supaya tetap sehat sampai mendekati tua kelak.

Penyembuhan dengan therapy air zam – zam dapat jadi pilihan bila Anda mau cobanya, yang paling penting sekali janganlah gampang menyerah serta tetap berdoa pada Yang Maha Kuasa mudah-mudahan selekasnya di berikanlah kesembuhan hingga bisa bekerja seperti umumnya.

3. Pelengkap daya ibu hamil

Selama hamil keadaan ibu terkadang alami keletihan serta terkadang semangat sekali. langkah yang pas untuk menangani rasa capek pada ibu hamil untuk pelengkap daya yaitu dengan minum air zam – zam. Ini lantaran air zam – zam udah diakui bisa jadi pelengkap daya untuk ibu hamil aar semangat dalam menjalani aktifitasnya satu hari – hari. Tidak hanya itu pelengkap daya untuk ibu hamil memanglah butuh dua kali lipat lantaran juga diperlukan oleh bayi yang tengah di kandung. Itu penyebabnya ibu hamil harus juga memerhatikan makanan yang dikonsumsi serta susu yang diambil.

4. Memberikan nutrisi janin

Janin di dalam tubuh ibu hamil membutuhkan nutrisi yang cukup untuk tumbuh kembangnya didalam perut ibu. Janin memerlukan asam folat, vitamin, protein serta karbohidrat yang di perolehnya dari makanan yang dikonsumsi oleh ibu. Itu penyebabnya sepanjang hamil tiap ibu mesti banyak konsumsi makanan yang bergizi. Air zam- zam yang diminum ketika hamil nyatanya amat baik janin. Ini lantaran air zam – zam yang diminum dapat memberikan nutrisi janin didalam perut ibu hingga konsumsi nutrisi janin terpenuhi dengan pelengkap nutrisi dari air zam- zam.

5. Baik untuk tulang serta gigi

Tulang serta gigi yaitu satu diantara anggota tubuh yang memerlukan kalsium untuk melindungi ketahanannya. Air zam – zam memiliki kandungan kalsium yang diperlukan oleh tulang serta gigi untuk menghindari pengereposan tulang serta ggi saat sebelum waktunya. Tidak hanya dari air zam – zam untuk memenuhi keperluan kalsium untuk Anda bisa coba minum susu yang tinggi kalsium.

6. Memperlancar metabolisme badan

Metabolisme tubuh bertindak untuk merubah lemakmenjadi tenaga dalam menjalani kegiatan satu hari – hari. Serta proses pembakarannya begitulah yang disebut juga metabolisme. Metabolisme yang lancar mempercepat pergerakkan serta menghindari timbulnya timbunan lemak di bagian – sisi tubuh terlebih lengan, paha serta perut.

Penumpukan lemak di bagian itu dapat karena sebab metabolisme tubuh yang jalan lambat. Minum air zam – zam adalah satu diantara langkah untuk memperlancar metabolisme pada tubuh. Selain itu langkah untuk memperlancar metabolisme dalam tubuh yaitu dengan olahraga serta bekerja fisik dalam kehidupan satu hari – hari.

7. Mengkabul Segala Keinginan ketika minum air zam – zam

Air zam – zam mempunyai manfaat sebagai pengabul atas kemauan yang di sampaikan lewat doa – doa pada Allah SWT. Bila Anda minum air zam – zam serta punya niat dengan meminumnya perut bakal merasa kenyang, insyaallah perut Anda bakal kenyang sesudah meminumnya. Demikian halnya kemauan minum air suci ini untuk menyingkirkan rasa dahaga yang teramat amat. Jadi kemauan Anda bisa terealisasi dengan minum air zam- zam ini sepanjang memanglah punya niat baik.

8. Memperlancar peredaran darah

Khasiat dari minum air zam – zam berikutnya yaitu bantu memperlancar peredaran darah didalam tubuh. Peredaran darah bisa terganggu lantaran endapan lemak di pembuluh darah akibat rutinitas yang kurang sehat. Salah nya ialah hoby konsumsi makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi.

Penyumbatan pembuluh darah dapat menyebabkan fatal untuk tubuh lantaran bisa mengakibatkan kematian. Satu diantara langkah tidak hanya minum air zam- zam yaitu dengan olahraga serta hentikan konsumsi makanan yang tinggi lemak. Tambah baik memperbanyak mengkonsumsi buah – buahan serta sayur – sayuran.

9. Memberi rasa bahagia

Rasa bahagia dapat juga keluar dari minum air zam – zam ini. Lantaran air suci ini dapat berperan untuk bersihkan hati hingga terlepas dari penyakit hati seperti iri serta dengki yang tentu ada di tiap hati manusia.

10. Memperkuat rahim ketika hamil

Khasiat berikutnya dari minum ari zam- zam yaitu dapat memperkuat rahim sepanjang hamil. Rahim adalah tempat tumbuhnya janin di dalam perut ibu. Rahim yang kuat jelas baik untuk janin serta ibu hingga ibu tetap dapat lakukan kegiatan umumnya seperti ketika belum hamil. Lain lagi bila rahim ibu hamil tidak kuat. Takutnya bila ibu hamil lakukan aktivitas yang berat dapat mengakibatkan keguguran.

11. Doa Gampang Terkabulkan

Bila seorang memanjatkan doa ketika meminum air Zam-Zam ini, doanya bakal cepat terkabulkan. Jadi disarankan untuk kita seluruh, ketika meminumnya serta memohon pada sang Maha Pencipta yaitu Allah SWT bakal kemaslahatan baik didunia ataupun di akhirat.

Kandungan Mineral :

Tidak seperti air mineral yang umum didapati, air Zamzam in memanglah unik memiliki kandungan elemen-elemen alamiah sebesar 2000 mg perliter. Umumnya air mineral alamiah (hard carbonated water) tidak bakal melebihi dari 260 mg per liter. Elemen-elemen kimiawi yang terkandng di air Zamzam bisa digolongkan jadi :

Yang pertama, positive ions misalnya sodium (250 mg per litre), calcium (200 mg per litre), potassium (20 mg per litre), serta magnesium (50 mg per litre).

Kedua, negative ions umpamanya sulphur (372 mg per litre), bicarbonates (366 mg per litre), nitrat (273 mg per litre), phosphat (0. 25 mg per litre) and ammonia (6 mg per litre).

Kandungan-kandungan elemen-elemen kimiawi berikut yang jadikan rasa dari air Zamzam amat khas serta diakui bisa memberi manfaat spesial. Air yang udah siap saji yang bertebaran di sekitar Masjidil Haram serta Masjid Nabawi di Madinah adalah air yang udah diolah hingga amat aman serta fresh diminum, ada yang udah didinginkan serta ada yang sejuk (hangat). Tetapi konon prosesnya higienisasi ini tidak memakai proses kimiawi untuk hindari perubahan rasa serta kandungan air ini.

LEAVE A REPLY