10 Cara Mudah Untuk Menghilangkan Perasaan Galau!

0
gambar via: Trivia.id

Hidup ini memang tidak selalu menyenangkan. Hidup ini juga memang tidak selalu sesuai dengan keinginan kita. Ada saja hal-hal yang bisa membuat kita sedih ataupun galau. Entah karena perbuatan kita ataupun yang berhubungan dengan orang lain. Galau sendiri adalah kondisi dimana perasaan kita gelisah, sedih, dan tidak karuan. Perasaan galau tersebut bisa terjadi karena berbagai macam hal. Misalnya seperti saat kamu ditinggal pacarmu, atau saat kamu galau karena skripsimu yang tak kunjung usai, atau bisa juga karena suatu hal yang sudah kamu rencanakan dengan baik tapi hasilnya tidak sesuai dengan keinginanmu.

Kalau sudah galau begitu, melakukan hal apapun pastinya jadi tidak bersemangat. Segala hal yang harusnya bisa dilakukan malah menjadi terbengkalai karena pikiran dan hati yang sedang tidak dalam kondisi yang baik. Makan saja jadi tidak nafsu apalagi melakukan hal-hal lainnya. Kalau sudah begini, malah jadi rugi sendiri deh. Galau iya, kerjaan terbengkalai juga, tapi tidak ada solusi yang jelas untuk soal galaumu. Mau tau gimana caranya buat menghilangkan perasaan galau yang kamu rasakan?

1. Jangan Menyalahkan Diri Sendiri

gambar via: TeknikHidup.com
kalau kamu ingin lepas dari perasaan galaumu, mulai lah dari jangan menyalahkan diri sendiri. menyalahkan diri sendiri hanya akan menjadikan hal tersebut beban bagimu. cobalah untuk mengapresiasi dirimu, bahwa apa yang telah kamu lakukan itu adalah hal yang baik. kuncinya adalah iklaskan hasil yang telah kamu terima. setidaknya kamu telah mencobanya, dan jika hasilnya tidak seperti yang diinginkan, kamu harus bersabar dan ikhlas akan hal itu. gambar via: TeknikHidup.com

Kadang, saat kita merasa galau, kita pasti akan menyalahkan semua keadaan yang sedang dirasakan sekarang. Misalnya menyesali segala hal yang telah kamu lakukan hingga akhirnya yang tidak baik menjadikan kamu galau. Namun sebenarnya, janganlah kamu menyalahkan diri sendiri untuk hal-hal yang telah kamu lakukan tersebut.

Menyalahkan diri sendiri malah hanya menjadikan hal tersebut beban bagi dirimu. Kamu juga pasti akan terus-terusan merasa bersalah, dan akhirnya kecewa akan dirimu sendiri. Kamu tidak akan pulih dari perasaan galaumu kalau kamu masih juga menyalahkan diri sendiri. Jika kamu mau keluar dari perasaan galau yang sedang kamu alami, cobalah untuk menerima apapun hasil dari hal-hal yang telah kamu lakukan.

Mulai lah dari mengapresiasi dirimu, bahwa apa yang telah kamu lakukan itu adalah hal yang baik. Kalau kamu tidak mencobanya, kamu mungkin tidak akan tau hasilnya, dan jika hasilnya tidak sesuai keinginan, mungkin saja itu adalah rencana Tuhan yang ia berikan padamu. Kuncinya sih kamu harus ikhlas dengan segala hal yang berjalan tidak sesuai keinginanmu. Kalau tidak begitu, kamu akan terus larut dalam perasaan sedih dan galau. Jadikan kegagalan tersebut menjadi pengalaman berhargamu, jadi suatu saat kamu akan belajar untuk tidak mengulangi kegagalan tersebut lagi. Dan kedepannya kamu juga tidak akan merasa sedih lagi kalau kamu mengalami kegagalan, karena kamu sudah jauh lebih kuat dari sebelumnya.

2. Jangan Mendengarkan Lagu-Lagu Sedih Atau Galau

gambar via: Ngapain Aja
mendengarkan musik bisa menjadi pengobat rasa galaumu. namun perlu diingat, jangan kamu mendengarkan lagu-lagu sedih atau galau saat erasaan hatimu sedang tidak baik. hal ini malah akan membuat kamu menjadi semakin galau. pilihan lagu-lagu ceria ataupun keras untuk membuat kamu menjadi lebih semangta menjalani hari-harimu. jadi kamu tidak akan berlarut-laut dalam rasa galaumu itu. gambar via: Ngapain Aja

Kamu yang biasanya sering mendengarkan musik, biasanya hal tersebut juga menjadi hal yang kamu gunakan untuk meredakan perasaan galaumu. Biasanya memang musik adalah obat ampuh untuk menghilangkan galau. Namun perlu diingat, jangan kamu mendengarkan lagu-lagu sedih atau galau saat perasaan hatimu sedang tidak baik. Hal ini malah akan membuat kamu menjadi makin galau.

Lebih baik dengarkan lagu yang akan membuat kamu lebih semangat lagi dalam menjalani hidup. Jadi kamu juga tidak akan terus berlarut-larut dalam kesedihan dan juga kegalauan yang berkepanjangan. Cobalah dengarkan lagu-lagu kencang, ataupun ceria untuk membuat kamu merasa lebih bersemangat. Kamu juga akan lebih bisa menjalani harimu dengan tersenyum setelah mendengarkan lagu-lagu yang bersemangat.

3. Pergi Jalan-Jalan Bersama Teman Atau Keluarga

gambar via: RockingMama
saat pikiran sedang suntuk ataupun saat hati sedang galau, pergi jalan-jalan adalah suatu hal yang dapat mengobati pikiran dan juga perasaanmu yang sedang kacau. kamu bisa pergi jalan-jalan bersama teman ataupun keluargamu. cobalah untuk pergi jalan-jalan ke pantai gunung, ataupun taman. kamu juga bisa pergi ke mall untuk hanya sekedar cuci mata. hal tersebut juga sudah cukup pastinya untuk mengobati perasaanmu yang sedang galau. kamu juga bisa sejenak melupakan persoalan hidupmu. gambar via: RockingMama

Siapa sih yang tidak suka jalan-jalan? Saat pikiran sedang suntuk ataupun saat hati sedang galau, pergi jalan-jalan adalah satu hal yang dapat mengobati pikiran dan juga perasaanmu yang sedang kacau. Kamu bisa pergi berjalan-jalan bersama teman-teman ataupun keluargamu. Pergi berjalan-jalan ke bersama orang terdekat biasanya sangat ampuh untuk menghilangkan perasaan galau lho. Apalagi saat kita bersama orang-orang terdekat, kita pasti akan membicarakan banyak dan melakukan banyak hal, sehingga kamu akan lupa akan permasalahanmu.

Cobalah untuk pergi jalan-jalan ke pantai, gunung, ataupun taman. Kalau semua itu terlalu jauh, kamu juga bisa hanya berjalan-jalan di mall, sambil cuci mata. Hal tersebut juga sudah cukup pastinya untuk mengobati perasaanmu yang sedang galau. Kamu juga jadi bisa melupakan sejenak persoalan hidupmu yang membuatmu menjadi galau itu. Dan setelah itu, kamu pun akan merasa lebih fresh dan juga merasa lebih bersemangat untuk menjalani hari-harimu.

4. Berbagi Cerita Pada Teman Atau Keluarga

gambar via: Kelas Cinta
saat galau, kita pasti akan senang jika ada teman atau keluarga yang menemani dan mengerti dengan persoalan yang sedang kita hadapi. kamu juga bisa berbagi ceritamu pada teman ataupun keluarga untuk mengurangi kegalauanmu. dengan berbagi cerita pada teman atau keluarga, kamu jadi bisa membuang sedikit rasa galau yang sedang kamu rasakan. kamu juga pasti akan jauh lebih lega setelahnya. gambar via: Kelas Cinta

Biasanya saat galau, kita pasti akan senang jika ada teman atau keluarga yang menemani dan mengerti dengan persoalan yang sedang kita hadapi. Kamu juga bisa berbagi ceritamu pada teman ataupun keluarga untuk mengurangi kegalauanmu. Hal ini sangat ampuh lho untuk menghilangkan galau. Karena kamu sedikit-sedikit mulai membagi dan membuat permasalahan di hatimu menjadi sedikit memudar.

Dengan berbagi cerita pada teman atau keluarga, kamu jadi bisa membuang sedikit rasa galau yang sedang kamu rasakan. Kamu juga pasti akan jauh lebih lega setelahnya. Kamu juga akan merasa bahwa teman ataupun keluargamu ternyata selalu berada di sisimu, walaupun di saat sedih atau galau seperti ini. Lama kelamaan perasaan gaaumu itu pasti akan hilang.

5. Membaca Buku

gambar via: Nyi Loteng Yahud - WordPress.com
membaca buku ternyata juga bisa membuat pikiran dan perasaan menjadi lebih tenang ho. karena dengan membaca buku, kamu akan merasa bahwa kamu berada di dunia buku tersebut, sehingga kamu lupa kalau sedang mengalami suatu hal yang membuat kamu galau. kamu juga bisa membaca buku yang memotivasi, jadi kamu akan lebih semangat setelah membacanya. gambar via: Nyi Loteng Yahud – WordPress.com

Membaca buku ternyata juga bisa membuat pikiran dan perasaan menjadi lebih tenang lho. Karena dengan membaca buku, kamu akan merasa bahwa kamu sedang berada di dunia buku tersebut, hingga kamu lupa sedang mengalami suatu hal yang membuat kamu galau.

Kamu juga bisa mencoba membaca buku yang memotivasi. Jadi kamu akan lebih merasa bersemangat setelahnya. Dengan membaca buku, kamu juga akan merasa lebih baik, dan melupakan apapun hal yang membuatmu menjadi galau.

6. Menonton Film

gambar via: LawSchooli
menonton film juga bisa menjadi satu cara untuk menghilangkan perasaan galaumu. cobalah untuk menonton film komedi yang bisa membuatmu tertawa lepas. karena setelah tertawa, kamu pasti akan merasa lega dan juga tenang. jangan sampai kamu malah menonton film sedih, karena hal ini malah akan membuatmu menjadi tambah galau, dan kamu tidak akan lepas dari perasaan tersebut. kamu juga bisa menonton film yang memotivasi untuk menyemangatimu. gambar via: LawSchooli

Menonton film juga bisa menjadi satu cara untuk menghilangkan perasaan galau yang kamu rasakan. Cobalah untuk menonton film komedi yang bisa membuatmu tertawa, dengan segala tingkah pemainnya yang akan membuat kamu tertawa lepas, dengan begitu perasaanmu pasti akan menjadi lebih tenang dan lebih lega.

Namun jangan sampai kamu menonton film yang sedih, hal ini malah akan membuatmu menjadi tambah galau, dan kamu tidak akan lepas dari perasaan tersebut. Kamu malah akan terus larut dalam kegalauan kalau kamu malah memilih film-film sedih. Kamu juga bisa menonton film yang banyak mengandung unsur memotivasinya, untuk membuat kamu lebih bersemangat.

7. Lakukan Hobi Yang Kamu Sukai

gambar via: Hobbiesphere
kamu bisa melakukan segala hal tersebut untuk menghilangkan perasaan galaumu. kamu bisa melakukan hobimu dan juga sekaligus meredam perasaan galaumu. misalnya seperti kamu suka melukis atau menulis. kamu bisa melakukan hal tersebut untuk menyalurkan perasaan galau dan sedihmu. dengan begitu perasaan tersebut seikit-sedikit akan terobati dan hilang. gambar via: Hobbiesphere

Kamu pasti memiliki hobi ataupun kegiatan favorit tersendiri. Nah, kamu bisa tuh melakukan segala hal tersebut untuk menghilangkan perasaan galaumu. Kamu bisa melakukan hobimu dan juga sekaligus meredam perasaan galaumu. Apalagi itu adalah kegiatan yang kamu sukai dan menjadi hobimu, pasti akan bisa membantumu untuk menghilangkan perasaan galaumu kalau kamu melakukan hal-hal tersebut.

Misalnya seperti kamu suka melukis, atau menulis. Kamu bisa melakukan hal tersebut untuk menyalurkan perasaan galau dan sedihmu. Dengan begitu perasaan-perasaan tersebut sedikit-sedikit akan terobati dan hilang, dan berubah menjadi sebuah senyuman di bibirmu. Kamu tidak akan lagi merasa galau setelahnya. Kamu juga jadi punya karya setelah itu karena kamu menyalurkan perasaan galaumu menjadi sebuah karya seni seperti lukisan ataupun sebuah tulisan.

8. Berolahraga

gambar via: NUGA.co
kalau kamu galau, berolahraga juga bisa menjadi salah satu aktivitas untuk menghilangkan galaumu. saat berolahraga, kamu akan melupakan sejenak perasaan galau yang kamu rasakan. kamu juga akan mendapat manfaat yaitu tubuh menjadi sehat dan bugar. kalau kamu jarang berolahraga sebelumnya, kamu bisa mulai dengan jogging atau bersepeda keliling komplekmu. dengan begitu, galau hilang, tubuh pun menjadi lebih sehat. gambar via: NUGA.co

Berolahraga juga bisa menjadi salah satu aktivitas untuk menghilangkan galaumu lho. Saat berolahraga, kamu akan melupakan sejenak perasaan galau yang kamu rasakan. Kamu juga bisa mendapat manfaatnya yaitu dapat tubuh yang sehat dan bugar dengan berolahraga.

Kalau kamu sebelumnya jarang berolahraga, kamu sekarang bisa memulainya untuk menjadi lebih sering. Mulai saja dulu dengan jogging, atau bersepeda keliling komplek rumahmu. Atau kamu juga bisa bermain basket ataupun badminton di sekitar rumah. Dengan begitu, galau hilang tubuh pun menjadi lebih sehat.

9. Menghindari Penyebab Galau

gambar via: Trivia.id
kalau kamu mau menjauhi perasaan galaumu, berarti kamu harus menghindari penyebab galaumu terlebih dahulu. misalnya kamu galau karena seseorang, ya berarti kamu harus melupakan dia, kamu juga harus ikhlas dengan apa yang sudah terjadi. dengan begitu perasaanmu pasti tidak akan galau lagi. memang awalnya akan terasa sulit, namun lama kelamaan kamu juga akan merasa lebih baik. kamu juga akan memahami bahwa apa yang sudah terjadi adalah suatu hal yang baik untuk dirimu. gambar via: Trivia.id

Kalau kamu mau menjauhi perasaan galau dan sedih, berarti kamu harus menghindari penyebab galaunya. Misalnya kamu galau karena seseorang, ya berarti kamu harus melupakan dia, kamu juga harus ikhlas dengan apa yang sudah terjadi. Dengan begitu perasaanmu pasti tidak akan galau lagi.

Memang sih awalnya pasti akan sulit, namun lama kelamaan kamu juga akan merasa lebih baik. Kamu juga akan perlahan mulai ikhlas dengan semua yang terjadi. Kamu juga akan mulai memahami bahwa apa yang sudah terjadi di hidupmu itu adalah suatu hal yang baik untuk dirimu.

10. Mendekatkan Diri Pada Tuhan

gambar via: Andreas Hartono
ketika kamu sedih atau galau, cobalah untuk lebih mendekatkan dirimu pada Tuhan. mungkin saja cobaan tersebut datang karena kamu sebelumnya berada jauh dari Tuhanmu, dan ia ingin kamu lebih mendekatkan diri padaNya. dengan adanya ujian ini, kamu bisa meminta pertolongNya untuk menyelesaikan permasalahanmu. mintalah padaNya untuk selalu memberimu kekuatan untuk selalu bisa tegar dalam menghadapi setiap cobaan yang diberikan. gambar via: Andreas Hartono

Ketika kamu merasa sedih ataupun galau dan hal-hal di atas sudah tidak bisa lagi kamu gunakan untuk menghilangkan galaumu, berati kamu harus mencoba yang satu ini. Cobalah untuk lebih mendekatkan dirimu pada Tuhan. Mungkin saja cobaan tersebut datang karena kamu sebelumnya berada jauh dari Tuhanmu, dan ia ingin kamu lebih mendekatkan diri pada-Nya.

Dengan adanya ujian ini, kamu bisa meminta pertolongan-Nya untuk meyelesaikan permasalahanmu. Mintalah pada-Nya agar kamu selalu diberikan kekuatan untuk selalu bisa tegar dalam menghadapi segala cobaan yang diberikan.

Cobalah beberapa cara di atas untuk menjadi solusi menghilangkan perasaan galau yang sedang kamu rasakan. Sebelumnya, kamu harus mengetahui dahulu apa yang menjadi penyebab dari galaumu tersebut. Dan kamu juga harus mempunyai keinginan yang kuat untuk mau berhenti dari perasaan galaumu itu. Jadi akan lebih mudah nantinya usahamu untuk menghilangkan galaumu.

Semoga bermanfaat!

Baca juga: 24 Makanan Khas Makassar Yang Wajib Kamu Coba Saat Ke Makassar

LEAVE A REPLY