Anak Sehat Hanya Dilihat dari Berat Badan?

0

Seruni.id – Moms, kita pasti sudah sangat mengetahui dan menyadari bahwa tumbuh dan kembang anak menjadi dua faktor penting yang harus dioptimalkan sejak dini. Tumbuh dan kembang anak pun merupakan satu kesatuan yang tak bisa dipisahkan.

Pertumbuhan anak berkaitan dengan ukuran tubuh. Dalam jangka panjang dalam pertumbuhan anak akan membentuk anak yang sehat.

Setelah tumbuh, ada perkembangan anak, yang meliputi kemampuan anak dalam melihat, mendengar, dan motorik kasarnya. Dalam jangka panjang, perkembangan yang sehat menentukan kualitas hidup yang baik, anak cerdas, dan performa bagus.

Kedua faktor ini penting dalam menciptakan anak yang sehat dan memiliki kualitas baik dalam hidupnya karena terbentuk menjadi anak yang sehat dan cerdas.

Namun, masih banyak orang tua yang seringkali hanya melihat indikator anak yang tumbuh dan berkembang sehat hanya lewat berat badannya saja.

Menurut Dr. dr. Ahmad Suryawan, SpA(K), berat badan bukan merupakan satu-satunya yang penting dalam pertumbuhan anak. Tapi, dalam jangka panjang, tinggi badan dan lingkar kepala juga menjadi bagian penting pertumbuhan anak.

 

Dr. dr. Ahmad Suryawan (Wawan) menyatakan bahwa tinggi badan tidak sesuai usia, membuat anak mengalami perawakan pendek atau short stature. Ada pengaruh jangka panjangnya kesehatan dan pengaruh langsung pada kecerdasannya.

Tubuh atau perawakan pendek ini, lanjut Wawan, dapat dikenali melalui kurva universal yang dikeluarkan oleh WHO. Dalam kurva tersebut dikatakan bahwa jika titik tinggi badan di bawah garis merah minus 2, maka dinamakan short stature.

Ada beragam hal yang menyebabkan perawakan pendek atau short stature ini, seperti malnutrisi, keturunan atau genetik, infeksi, dan lain-lain. Wawan menjelaskan kalau penyebabnya malnutrisi, ini adalah yang dikatakan stunting.

 

Anak yang sehat dan cerdas memiliki beberapa ciri yang dapat dikenali. Berikut ini adalah ciri-ciri anak tumbuh sehat dan cerdas.

  1. Memiliki fisik yang tangkas
    Anak yang sehat biasanya sangat lincah dan mampu melakukan berbagai hal yang berkaitan dengan ketangkasan fisiknya. Sebagai contoh, ia cakap naik turun tangga, duduk di kursi dengan baik, dan bergerak dengan aktif.
  1. Pertumbuhan fisik yang baik
    Pertumbuhan fisik yang baik menunjukkan bahwa seorang anak tumbuh dengan sehat serta ditandai dengan pertumbuhan tulang dan berat badan anak yang ideal.
  1. Daya ingat bagus
    Kemampuan anak dalam mengingat sesuatu dengan baik, menunjukkan bahwa ia cerdas. Mungkin Anda sering dibuat kaget ketika balita menyebut nama benda atau nama temannya yang jarang sekali ditemuinya. Hal ini merupakan salah satu ciri daya ingatnya yang baik.
  1. Pintar berbicara
    Anak yang pintar berceloteh menunjukkan bahwa kemampuan berbicaranya bagus dan tergolong anak cerdas. Setiap hari ia mendapatkan kosakata baru yang menambah perbendaraan katanya. Oleh karena itu jika ada anak-anak di usianya 2-3 tahun yang sudah dapat menyebut berbagai nama benda di sekitarnya termasuk anak yang cerdas.
  1. Nafsu makan yang baik
    Anak yang sehat memiliki nafsu makan yang baik, sehingga dapat mengonsumsi makanan bergizi. Dengan nafsu makan yang baik, kebutuhan gizi anak dapat dipenuhi.
  1. Wajah ceria, bibir segar, dan matanya jernih
    Anak yang sehat juga ditunjukkan dengan wajah yang ceria, bibir yang segar, dan mata yang jernih karena kebutuhan gizinya terpenuhi.

 

-Arum Afriani Dewi-

Dari berbagai sumber

LEAVE A REPLY