Bahayakah Tanda Putih Pada Kuku?

0

Seruni.id – Moms, apakah terdapat tanda putih pada kuku anda atau anak anda? Jika ya, hal ini bisa disebabkan karena Punctate Leukonychia atau yang biasa kita lihat sebagai garis putih yang terdapat pada kuku.

Jika tanda tersebut hanya satu maka anda tidak perlu khawatir karena bisa saja tanda tersebut muncul efek dari trauma atau cedera yang terjadi. Misalnya kuku terantuk pinggir meja atau terlalu sering mengetukkan kuku. umumnya kuku mengalami pertumbuhan yang lambat sehingga kita tidak sadar dengan trauma atau cedera tersebut.

Hal yang perlu diwaspadai apabila terjadi Leukonychia totalis yaitu sebuah kondisi yang terjadi apabila garis putih muncul di seluruh bagian kuku jari. Hal ini bisa menandakan kurangnya albumin di dalam tubuh.

Kurangnya albumin merupakan tanda atau gejala gagal ginjal, liver atau kesulitan menyerap makanan sehingga hal ini perlu mendapatkan perhatian medis. Gejala lain yang membutuhkan perhatian medis adalah apabila garis putih pada kuku Nampak seperti garis sejajar dengan pangkal kuku (Leukonychia Striata).

Oleh karena biasanya hal ini menandakan kekurangan vitamin dan nutrisi. Leukonychia striata ini juga bisa menandakan adanya gangguan pada jantung, liver dan hati.

Jadi mulailah untuk memperhatikan kesehatan kuku dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi baik. Seperti Buah yang mengandung vitamin A, C, B6 serta antioksidan (pisang, anggur, kiwi dan berry). Sayuran yang mengandung kalsium dan zat besi, biji – bijian, kacang – kacangan, telur dan daging.

 

Prita Elriza

-dari berbagai sumber-

 

LEAVE A REPLY