24 Hal yang Akan Membantu Anda Untuk Bangkit Dari Kegagalan

0
316
Bangkit dari gagal

Bangkit dari kegagalan bukanlah hal yang mudah. Banyak orang yang sudah gagal tidak bisa bangkit lagi. Bukan ia tidak mau bangkit, tetapi mereka yang gagal dan tidak mau bangkit hanya karena mereka sudah merasa terpuruk. Padahal kegagalan adalah sebuah jalan menuju kesuksesan.

Agar anda bisa bangkit dari kegagalan, anda harus siap untuk menghadapi segala kemungkinan saat anda gagal. Kegagalan akan membuat anda semakin bangkit dan terus menerus untuk mengasah diri. Jangan melihat kegagalan dari berapa uang yang sudah anda habiskan. Jadikanlah uang tersebut sebagai tanda bayaran anda untuk belajar. Bukankah belajar itu mahal? Jadi jangan takut rugi.

Mungkin dengan 24 cara ini dapat membantu anda untuk bangkit dari kegagalan:

1. Ikhlas

Ikhlas itu skill yang butuh dilatih. Dengan ikhlas, hati semakin lebih enteng menerima setiap kegagalan. Lewat keikhlasan juga, akan lebih mudah menerima kenyataan mengalami kegagalan. Ini bisa menghindari untuk mencari kambing hitam.

Saat ikhlas itu udah dipunyai, selanjutnya bakal mempermudah juga mendapat hikmah dari kegagalan. Hikmah ini dibutuhkan supaya tidak mengulangi lagi kesalahan yang sama di kemudian hari.

Di saat bertepatan, ikhlas ini dapat menuntun sendiri memikirkan positif. Contoh memikirkan positif umpamanya berasumsi kegagalan itu sebagai road map menuju sukses!

2. Kegagalan bukanlah kiamat

Kegagalan bukanlah akhir dari hidup. Demikian sebaliknya, sisi paling baik dari satu kegagalan yaitu mengarahkan pada suatu jalan yang sekalipun tidak diduga di awal. Tujuannya, kegagalan punya potensi membuat pilihan-pilihan baru.

Bahkan juga untuk pelaku bisnis tertentu, kegagalan merangsang kreatifitas baru. Kegagalan bakal mendorong seorang menjadi lebih kreatif. Contoh konkretnya pendiri Apple Steve Jobs. Dia dapat berhasil sesudah beberapa kali gagal dalam usaha komputer bahkan juga hingga diusir dari perusahaan yang dia dirikan sendiri.

3. Menjadikan nasib malang akibat gagal Menjadi kekuatan

Jadi orang paling malang sedunia! Kata lain untuk orang yang terasa bisnisnya atau saat mengalami gagal dalam berbagai hal. Bila sudah terasa begitu, itu bagus namanya! Itu tanda positif membuat kemalangan akibat usaha yang tidak berhasil jadi kekuatan.

Yup, kemampuan. Ini harus disyukuri lantaran kegagalan jadi sinyal selangkah lagi meraih keberhasilan. Kegagalan yaitu tempaan supaya lebih strong, lebih smart, lebih confidence yang akan datang. Yakin deh!

Reminding satu lagi, usaha yang didapat lewat langkah instan tentu susah bertahan lama. Sedikit goncangan saja akan ambruk. Lain dengan usaha yang di bangun dengan tempaan kegagalan, besar kemungkinan akan kuat bertahan.

Terlepas seluruh motivasi untuk bangkit itu, tetap mesti disadari tidak berhasil melakukan bisnis itu menyakitkan. Bukan hanya masalah ‘merugi’ dari segi finansial, namun juga menyerempet psikologis. Cuma, apakah ingin bermuram terus-menerus?

4. Pandang Kegagalan Sebagai Jalan Menuju Sukses

Yakin atau tidak, Anda membutuhkan berulang-kali kegagalan saat sebelum pada akhirnya pada sebuah titik sukses bangkit serta bisa menghadapi beberapa kekeliruan yang dikerjakan di awal.

Yang terutama yaitu Anda selalu mencoba dan selalu berproses, tidak diam meskipun hasil yang didapat diluar ekspektasi. Bila cuma diam tanpa tindakan apapun, malah dari situlah mulainya kegagalan permanen.

Sebagai contoh, Anda lulusan baru yang tidak diterima berulang-kali ketika melamar pekerjaan. Janganlah mengeluh atau mengutuki keadaan, teruslah melamar ke beberapa perusahaan.

Plus, beli atau baca buku-buku berkaitan psikotes, wawancara kerja, serta tes potensi akademik supaya kepercayaan diri Anda bertambah. Bila sangat mungkin, belajarlah pada rekan-rekan Anda yang sukses menjadi karyawan.

Ingatlah, bahkan juga Soichiro Honda, sang pendiri produk-produk transportasi yang udah amat familiar oleh penduduk Jepang, pernah ditolak untuk bekerja sebagai teknisi mesin di perusahaan Toyota Motor.

5. Banggalah Bila Anda Pernah Gagal

Kegagalan apapun yang menerpa Anda, tak tahu itu putus cinta, nilai akademis jeblok, rumah tangga berantakan, atau usaha bangkrut, berbanggalah. Kenapa? Lantaran beberapa orang berhasil dunia juga pernah tidak berhasil di awal serta berupaya bangkit dari kegagalan itu.

Misalnya yaitu J.K Rowling, penulis yang karyanya saat ini di baca oleh jutaan manusia. Ternyata naskah Harry Potter pernah ditolak oleh beberapa penerbit.

Contoh lain Jack Ma, pendiri Alibaba. Ia pernah tidak berhasil ikuti ujian masuk kampus sejumlah dua kali, berulang-kali tidak berhasil melamar pekerjaan, juga sesudah membangun Alibaba yang saat ini berhasil besar juga, diawal kariernya kenyang bakal pil pahit kegagalan.

6. Jagalah Pikiran Anda

Pikiran yang sehat bakal menghidupkan gairah hidup yang positif juga. Pikiran terwujud dalam tindakan. Tindakan menjelma jadi rutinitas.

Berpikirlah kalau Anda tengah dalam proses menuju keberhasilan serta dapat lakukan tambah baik keesokan hari. Pola pikir ini semakin lebih memberi spirit lebih dibanding dengan selalu memikirkan kalau Anda yaitu produk kegagalan.

Jagalah pikiran Anda, lantaran tidak ada orang berhasil yang memikirkan negatif sangat lama. Jauhi bergaul dengan beberapa orang yang senantiasa menyepelekan atau melemparkan kalimat negatif terus-menerus.

7. Ingatlah Keberhasilan Terdahulu Anda

Bila tengah merasa apapun yang Anda kerjakan gagal, tidak seperti orang lain yang tampak gampang sukses dalam soal apapun, coba sebentar menengok ke belakang.

Kegagalan kerapkali bikin Anda dipenuhi pikiran negatif, terlebih menghidupkan kembali ingatan-ingatan tentang kegagalan untuk kegagalan yang pernah Anda lalui.

Berhenti. Demikian sebaliknya, coba mengingat keberhasilan paling besar apa yang pernah Anda capai dalam kehidupan. Bahkan juga beberapa keberhasilan kecil seperti memenangkan suatu hal yang berhadiah.

Ingat-ingat kembali kenapa Anda semangat ketika itu, begitu mengasyikkan mendapat penghargaan suatu hal, dibanggakan keluarga, beberapa waktu Anda sukses bikin keluarga tersenyum, serta mempelajari suatu hal dari situ.

8. Kegagalan Bukanlah Cerminan Anda

Mungkin saja Anda pernah merasakan malu dikarenakan mengalami kegagalan, seperti tidak kunjung mendapat pekerjaan, tidak berhasil memasak suatu hal yang Anda berharap bisa menggoyang lidah, atau apa pun yang bikin Anda merasa rendah diri dihadapan orang lain.

Tetapi ingatlah kalau kegagalan bukan cerminan diri Anda sesungguhnya. Alih-alih, bagaimana reaksi Anda pada kegagalanlah yang amat memastikan.

Pilihannya ada di tangan Anda apakah mau bangkit atau tidak. Bila beberapa orang menghakimi Anda bersumber pada kegagalan terdahulu Anda, itu sekalipun bukanlah permasalahan Anda.

9. Kelilingi Diri Anda dengan Beberapa orang Positif

Bila tengah mengawali melakukan bisnis, bangun hubungan dengan seseorang mentor yang bisa bantu Anda bangkit dari kegagalan.

Ada beberapa orang di dunia ini yang cuma ada di dekatnya saja sesorang udah tertular semangat. Beberapa orang tambah energi positif ini Anda butuhkan untuk pikiran serta tindakan Anda yang lebih positif.

10. Ambillah Pelajaran Bernilai dari Kegagalan Tersebut

Tiap kali merasa gagal, tentunya wajar bila Anda bersedih. Tetapi, janganlah sangat lama berlarut-larut dalam perasaan sedih. Ingatlah poin pertama, kalau tanpa kegagalan, Anda tidak bakal jadi berhasil.

Teruslah gali bebrapa penyebabnya kegagalan di awal, lantas pikirkan apa yang udah Anda tekuni serta tidak bisa terulang di masa-masa depan, dan bagaimana caranya melakukan perbaikan kekeliruan tersebut di masa-masa depan.

Dengan merekonstruksi pengalaman-pengalaman kegagalan, memiliki arti Anda udah selangkah semakin maju mendekati berhasil. Kegagalan di masa-masa waktu lalu juga tidak percuma lantaran sudah jadi pelajaran paling bernilai sebagai motivasi diri bangkit dari kegagalan serta meraih keberhasilan.

11. Berpikir Jauh ke Depan

Keberhasilan yaitu hal yang memerlukan usaha keras. Dibutuhkan kerja keras siang serta malam, serta seorang mungkin saja saja menyerah di dalam jalan. Hal inilah yang membuat kita gagal.

Yang membedakannya yaitu beberapa orang berhasil yang pernah gagal beberapa kali, berpikiran jauh ke depan. Mereka tetap optimistis serta selalu bekerja hingga keberhasilan datang.

Seperti bambu Cina yang memerlukan waktu 5 tahun untuk menumbuhkan akarnya terlebih dulu tanpa perkembangan yang tampak diatas tanah untuk mendapat pasok yang kuat.

Benarlah pengucapan kalau berhasil yaitu seperti menanam bambu. Orang tidak dapat memandangnya dalam periode waktu dekat, tetapi tunggulah sampai tunasnya melesat tinggi beberapa saat lantas.

12. Bukan hanya Anda yang Gagal

Anda mungkin saja pernah mendengar cerita motivasi ini. Seseorang gadis tidak berhasil menggoreng kerupuk, lantas ia bersedih lantaran kerupuknya gosong.

Ibunya lantas menghiburnya dengan menyampaikan kalau yang tidak berhasil bukanlah anak perempuannya itu, tetapi yang gagal yaitu kerupuknya.

Poinnya, bukanlah Anda yang tidak berhasil. Tetapi, langkah yang Anda kerjakan tidak tepat. Jadi, cobalah kiat atau pendekatan lain.

Sebagai contoh, Anda menargetkan berolahraga 30 menit tiap harinya. Anda tidak berhasil mencapai tujuan itu lantaran Anda cuma dapat melakukan olahraga 1 atau 2 kali dalam satu minggu. Kiat ini dapat Anda ganti jadi olahraga 5 menit sehari sekali.

13. Evaluasi Gagasan Anda

Sesudah Anda udah mantap merasa mau mulai lagi melalui keberhasilan, pelajari terlebih dulu gagasan Anda ke depan.

Pikirkan adakah langkah yang lebih baik, adakah orang yang bisa bantu Anda, serta apakah ekspektasi Anda yang berlebih?

Pikirkan alternatif lain menuju sebuah hal, terbukalah pada beberapa cara baru yang mungkin saja saja lebih efisien mengantarkan Anda pada kesuksesan.

14. Beri Waktu untuk Gerakan Selanjutnya

Saat mengobati semuanya. Bahkan juga patah hati juga membutuhkan saat bagi seorang untuk move on buka hati pada orang baru.

Anda mungkin saja membutuhkan sedikit waktu untuk menghidupkan semangat lagi dengan lakukan apa-apa yang Anda sukai. Tidak apa-apa, berikanlah diri Anda batasan saat untuk hal itu.

Sehari? Satu minggu? Berapakah juga itu, pastikan dulu ketika tenggat saat habis, Anda udah siap dengan beberapa gagasan yang bakal dikerjakan. Gagasan itu bisa Anda catat dalam buku saku, handphone, atau berbentuk to do list harian.

15. Teruslah Mencoba

Kebangkitan memiliki arti Anda tidak bisa menyerah di tengah jalan tetapi butuh terus-menerus mencoba. Thomas Alva Edison juga coba 9.999 kali untuk wujudkan yang diimpikannya, serta baru sukses di percobaan ke-10.000.

Satu diantara cuplikan darinya yaitu “Saya tidak tidak berhasil. Bahkan juga saya sukses temukan 9.999 langkah yang tidak bekerja untuk hasil yang saya kehendaki.”

Jadi, janganlah patah semangat bila jumlah kegagalan Anda masihlah jauh dari hitungan beberapa ribu. Tiap orang mempunyai anugerah sendiri, yakinlah dengan selalu mencoba anugerah itu sampai berbuah keberhasilan untuk Anda.

16. Hard Work!

Ya, kegagalan mesti dibayar dengan berusaha keras dua kali lipat. Bila umumnya Anda berusaha keras dengan standar Anda sampai kini berikan dua kali lipatnya. Ada dua yang perlu Anda bayar : fase kegagalan sampai “start” serta fase “start” sampai stabil. Ya, asumsinya yaitu kegagalan yaitu di mana terjadi downgrade bahkan juga dibawah fase “start” Anda melakukan bisnis. Jadi, berusaha keraslah! Cambukan umumnya bikin kita makin kuat lantaran udah tahu sakitnya gagal, kita kebal pada rasa sakit.

Butuh disadari kalau tidak berhasil dalam usaha memanglah amat menyakitkan serta berat untuk mengawali kembali. Namun, apakah Anda ingin terus-menerus terpuruk? Ingin makan dari tempat mana? Jadi, ayolah, selekasnya “bangun dari keterpurukan” Anda serta Anda siap untuk melakukan perbaikan semua – begitulah manusia senantiasa miliki inspirasi, senantiasa miliki langkah – bahkan juga untuk menghadapi kegagalan. Namun, janganlah terus-menerus tidak berhasil ya, tidak berhasil berulang-kali itu namanya kebudayaan, bukanlah awal kesuksesan.

17. Maafkan serta Perbaiki Diri

Sesudah tahu apa kesalahan Anda, maafkan diri Anda. Janganlah terus-menerus menyalahkan diri Anda yang pada akhirnya tambah membuat Anda down. Bila udah down, apakah Anda dapat bekerja? Jelas saja tidak! Meratapi sendiri cuma bakal menyingkirkan semangat Anda. Hey, kita tidak miliki banyak saat untuk terus-menerus menyesali tanpa melakukan perbaikan diri. Oleh karenanya, selekasnya tata kembali diri Anda serta perbaiki diri, Anda siap untuk langkah berikutnya sesudah terjatuh.

18. Jujur Pada Diri Sendiri

Ya, berupayalah untuk jujur tentang apa kekeliruan Anda. Kegagalan beberapa memanglah dikarenakan kesalahan kita, ntah itu diakui atau lantaran kurang perhatian. Bikin catatan tentang kegagalan Anda dapat jadi langkah ampuh supaya Anda tetap ingat serta tidak jatuh ke lubang yang sama.

19. Kegagalan melatih kesabaran anda

Bila anda yaitu orang yang cepat emosi, terlebih saat anda mengalami kegagalan, itu yaitu satu hal yang amat alamiah. Saya rasa nyaris seluruh orang rasakan kekesalan atau kemarahan saat hadapi kegagalan. Tetapi poin yang utamanya yaitu janganlah memendam kekesalan atau kemarahan anda.

Poin kedua yaitu janganlah berupaya mencari beberapa hal untuk jadikan argumen kegagalan anda. Seperti, saya tidak didukung dari pasangan saya, ini akibat saya tidak memiliki modal yang cukup, saya tidak memiliki kendaraan pribadi untuk mobilitas saya, saya memanglah dilahirkan dari keluarga yang bermental kecil, dll.

Sekali anda jadikan beberapa hal itu sebagai argumen kegagalan anda, itu bakal jadi sisi dalam diri anda. Anda bakal membawa argumen itu dimanapun anda pergi hingga lama kelamaan bakal meracuni anda.

Silakan lampiaskan emosi anda, pastinya dalam batas-batas wajar. Mungkin saja anda mau melampiaskannya dengan menangis, menangislah. Mungkin saja anda mau melampiaskannya dengan pergi ke cafe untuk dengarkan life musik, pergilah ke cafe.

Tetapi cukup hingga disitu. Masa-masa depan yang amat cerah masihlah menunggu anda. Bangkit serta berjalanlah kembali.

20. Kegagalan adalah sumber dari kreatifitas

Siapa yang menginginkan kegagalan? Tetapi bila anda tidak pernah mengharapkan untuk mengalami kegagalanpikiran anda tidak dirangsang untuk berkembang. Gagal akan mendorong anda menjadi lebih kreatif.

Cobalah anda ingat-ingat kembali masa-masa kecil anda. Bila anda lupa, anda dapat menyaksikan pada anak anda sendiri atau anak-anak kecil di kurang lebih anda. Mereka tidak pernah takut bakal berbuat kekeliruan maupun mengalami kegagalan. Mereka lakukan seluruh hal yang mau mereka kerjakan tanpa memikirkan panjang resikonya.

Terkadang mereka jatuh tetapi dalam waktu relatif cepat mereka bangkit serta berlari-lari kembali. Mereka terkadang temukan jalan buntu saat lakukan satu permainan tetapi mereka tidak berhenti, mereka berupaya mencari beberapa jalan keluar yang baru. Mengakibatkan pikiran mereka demikian kreatif. Kita seluruh dapat mencontoh pikiran murni mereka yang belum banyak terkontaminasi oleh lingkungan sekitarnya.

21. Kegagalan akan memaksimalkan potensi anda

Mungkin saja anda memiliki seseorang ’guru’ dalam kehidupan anda atau atasan untuk mereka yang berkarir. Saya yakin kalau guru atau atasan yang baik bakal mengarahkan anda untuk berani mengambil kemungkinan. Mereka memiliki sebuah kepercayaan kalau pikiran yang konservatif tidak bakal membuat potensi diri keluar dengan maksimal.

Makin kerap anda mengalami kegagalan, otak anda dapat jadi tambah dilatih untuk menghadapi persoalan serta bagaimana mencari jalan keluarnya.

Kita harus mempercayai kalau tiap orang mempunyai potensi diri yang amat besar dengan keunikannya masing-masing. Anda bisa tahu kedahsyatan potensi yang anda punyai cuma dengan keberanian hadapi permasalahan, tidak ada jalan lain.

22. Anda mendapatkan kekuatan dengan mengalami kegagalan

Syukurlah bila anda mengalami kegagalan atau kemalangan. Lantaran dengan kegagalan anda tengah disiapkan untuk mencapai keberhasilan yang semakin besar. Anda bakal ditempa untuk jadi lebih kuat dibanding sebelumnya.

Kita bakal memberi sedikit ilustrasi :

Anda ketahui pohon bambu cina? Bila anda termasuk juga orang yang tidak sabar menanti perkembangan satu tanaman, mungkin saja pohon bambu itu udah jadi korban anda.

Pohon bambu cina tidak bakal memperlihatkan perkembangan memiliki arti sepanjang 6-7 tahun pertama, mungkin saja cuma tumbuh beberapa puluh cm saja. Tetapi sesudah saat itu, perkembangan pohon bambu cina tidak bisa dibendung, ia tumbuh demikian cepatnya serta ukurannya bukanlah lagi cm tetapi meter.

Sebenarnya apa yang terjadi pada pohon bambu cina itu? Sepanjang 6-7 tahun pertama, ia bukannya tidak alami perkembangan, cuma saja kita memanglah tidak memandang pertumbuhannya dengan kasat mata. Konsentrasi perkembangan pohon bambu cina pada saat itu yaitu pada akar, bukanlah pada batang. Pohon bambu cina tengah mempersiapkan pondasi yang kuat supaya ia dapat menyokong ketinggiannya yang berpuluh-puluh mtr..

Pikirkan apa yang terjadi bila pohon bambu cina tidak memiliki akar yang cukup kuat untuk menyokong ketinggiannya? Sedikit tiupan angin saja bakal membuatnya rubuh.

Bila anda kerapkali mengalami kegagalan serta terasa kok jauh sekali dari keberhasilan yang anda mimpikan, bukanlah memiliki arti anda tidak mengalami perubahan. Malah anda tengah alami perkembangan yang mengagumkan didalam diri anda. Mental anda tengah ditempa serta disiapkan menuju keberhasilan anda. Sama seperti dengan pohon bambu cina itu.

Bila anda cuma menginginkan satu hasil yang instan, apa pun itu, nasib anda bakal jadi pohon bambu yang tidak mempunyai akar yang kuat. Sedikit goncangan saja, anda bakal jatuh demikian kerasnya.

23. Mempunyai Mental Pelaku bisnis yang Tangguh

Mental yaitu mendasar paling utama dalam melakukan bisnis. Bila seseorang pelaku bisnis mempunyai mental baja jelas ia bakal dapat bertahan dalam keadaan seperti apa pun. Mental positif yang dipunyai pelaku bisnis kerapkali jadi cermin untuk pribadinya sendiri.

Umpamanya, mental tidak mudah menyerah. Mental positif tidak mudah menyerah jelas bakal berasumsi kegagalan adalah sebuah yang wajar serta umum. Bila anda jadi pelaku bisnis jelas mental ini harus untuk dipunyai. Maksudnya yaitu supaya anda tidak cepat rapuh serta gampang menyerah saat tidak berhasil. Serta saat anda tidak berhasil anda juga bakal bangkit serta berjuang kembali.

Mental pebisnis yang tangguh akan berasumsi kalau kegagalan adalah satu diantara proses evaluasi. Walau kegagalan selalu menerpa anda tetapi sebagai bayarannya anda bakal mendapat banyak pelajaran bernilai dari proses itu.

24. Bertumbuhlah!

Sadari, kalau ketika Anda alami kegagalan usaha, artinya ada yang salah dalam usaha Anda. Ada suatu hal yang belum Anda pahami, hingga tidak berhasil. Anda mujur saat ini, kalau Anda udah tahu apa yang belum di ketahui itu dari hikmah kegagalan Anda.

Harusnya, Anda tidak bakal tidak berhasil lagi dengan penyebabnya yang sama, lantaran udah tahu letak kekeliruannya. Serta, tidak ada salah Anda memberi pengetahuan juga supaya dapat menghadapi beragam peluang penyebabnya tidak berhasil yang lain dan belajar bagaimana menjalani usaha tambah baik.

Artinya, kita mesti selalu tingkatkan kualitas diri. Lebih kekuatan pemasaran. Berikan kekuatan manajemen. Berikan pengetahuan mengenai leadership. Serta beragam pengetahuan yang lain. Berita baiknya, Anda semakin lebih gampang belajar, lantaran udah ada pengalaman hidup di awal.

Tahukah Anda, sesungguhnya yang tidak berhasil itu bukanlah bisnisnya, namun yang tidak berhasil itu yaitu Anda. Anda tidak berhasil menjalani usaha dengan baik. Bukanlah usaha apa yang memastikan berhasil atau tidak, namun bagaimana caranya menjalani usaha itu.

Bertumbuhlah serta bangun kembali usaha Anda lewat cara yang tambah baik.

loading...

LEAVE A REPLY