Tips untuk Bangkit Kembali Setelah Kegagalan Menghampirimu

0
Hujan Mengajarkan Kita Bangkit

BAGI sebagian orang, kegagalan adalah tembok permanen yang menghambat kesuksesan. Namun bagi orang yang kuat secara mental, kegagalan adalah sebuah kesempatan untuk menajamkan kembali kemampuannya agar bisa tampil lebih baik.

Ketika ia menghadapi kegagalan dari promosi kantor, atau mengalami kegagalan dalam bisnis, orang yang yang kuat mental tidak membiarkan kegagalan itu menguasai dirinya. Ini tujuh cara yang dilakukan orang dengan mental yang kuat untuk bangkit dari kegagalan!

Bagi orang yang kuat mental menghadapi kenyataan yang tidak sesuai dengan rencana bukan berarti akhir dari segalanya. Mereka berusaha melihat kegagalan dari perspektif lain. Dengan intens, mereka berusaha untuk menguasai pikiran dan emosinya untuk tetap produktif, seberat apapun kegagalan itu.

Ada orang yang saat kegagalan datang ia menjadi putus asa. Namun, ada pula orang yang justru semakin semangat mengejar tujuan sekalipun kegagalan tiba.

Nah dari sini kita bisa memahami kalau respons seseorang terhadap kegagalan menghasilkan dua keadaan yang berbeda. Kegagalan merupakan bagian dari langkah-langkah menuju kesuksesan jika kita meresponsnya dengan cara positif dan produktif.

tak perlu sedih dan berdepresi ketika keluarga tidak merestui hubunganmu. Cobalah untuk menjelaskan pada keluarga kalau dia adalah orang yang tepat untukmu dan untuk kehidupanmu nantinya. gambra via: IDNtimes.com

Dari pada menjadi sedih karena usaha dan perjuangannya gagal, orang yang kuat mental memilih untuk bersyukur untuk kesempatan yang diperolehnya untuk berusaha dan mencoba. Mereka belajar untuk membuat dirinya bangkit dengan menjaga agar emosi dan perasaannya tetap positif.

Jika Anda gagal dan merasa terpuruk hari ini, ubahlah cara pandang Anda segera. Kegagalan justru bisa menjadi titik balik yang membangkitkan semangat juang Anda! Katakan dan tanamkanlah pemikiran ini dalam diri Anda, dilansir dari laman Psychologytoday.com, Rabu (16/11/2016).

1. Rencana saya tidak berjalan sesuai keinginan saya, namun saya pasti baik-baik saja

ciptakanlah perasaan nyaman saat kamu berada di sekitarnya. misalnya seperti memberinya semangat saat dia akan melakukan suatu hal. hal ini akan membuat dia selalu mnegingatmu nantinya. gambar via: Generasi Muda Harapan Bangsa Indonesia
 via: Generasi Muda Harapan Bangsa Indonesia

Nah, menganggap kegagalan sebagai bencana tidak akan mengubah apapun. Terimalah kegagalan itu dan syukurilah apa yang Anda miliki. Sekalipun kegagalan melanda, masih banyak hal yang bisa disyukuri.

2. Kegagalan ini membuktikan bahwa saya sudah berjuang dengan segala keterbatasan saya

puisi-hasan-aspahani-penunjuk-jalanSebenarnya Anda bisa memilih untuk hidup nyaman dan membosankan demi tidak mengalami kegagalan. Tapi karena Anda ingin memberikan yang terbaik, Anda melakukan hal-hal yang membuat Anda menerima risiko kegagalan. Kejatuhan dan kegagalan adalah bukti Anda sudah bekerja keras untuk melakukan sesuatu.

3. Aku akan fokus pada hal-hal yang bisa saya kontrol

Kurang tidur membuat menurunnya gangguan pada wanita
gangguan pada wanita

Kegagalan tidak selalu bersifat personal. Hanya karena Anda tidak diterima bekerja atau tidak dipromosikan bukan berarti Anda tidak cukup baik dalam hal itu. Bisa jadi itu berarti Anda berkompetisi dengan orang yang lebih qualified. Mulai sekarang fokuslah untuk hal-hal yang Anda bisa ketimbang harus memaksakan diri.

4. Kejatuhan dan kegagalan memang tidak enak, tapi saya pasti bisa mengatasinya

kurang tidur menyebabkan libido

Jangan ragukan kemampuan Anda untuk mengatasi rasa malu, takut, dan menyesal. Sebab jika Anda merasa tertekan dan tidak mampu, kegagalan itu justru semakin membuat terpuruk.

5. Kegagalan adalah kata kerja, bukan kata benda

Kurang tidur membuat badan lemas

Hanya karena apa yang Anda kerjakan gagal, bukan berarti Anda juga produk gagal. Semua orang memiliki kesuksesannya masing-masing. Ingatkanlah diri Anda bahwa kesuksesan akan datang pada waktu yang tepat sesuai porsi masing-masing orang. Kesuksesan masih dapat diperjuangkan sekalipun pernah mengalami kegagalan.

6. Kegagalan adalah kesempatan bagi saya untuk menajamkan kemampuan diri

Kurang tidur menyebabkan depresi

Jika segala sesuatunya terasa mudah, kita tidak akan pernah memiliki kesempatan untuk mempelajari sesuatu. Setiap kali kita gagal, kita pasti mempelajari hal yang baru. Kesempatan belajar itu adalah satu hal yang berharga.

7. Memulihkan diri dari kegagalan akan membuatku semakin kuat

Kurang tidur menyebabkan stress

Setiap kali Anda mendapat masalah dan bisa menghadapi serta mengatasinya, Anda akan semakin kuat secara mental. Kegagalan bisa menunjukkan bahwa Anda lebih kuat dari yang Anda pikirkan. Anda juga bisa mengatasi persoalan itu lebih dari yang Anda kira. Setiap kali Anda terjatuh, Anda sedang membentuk otot-otot mental Anda.

8. Saya sudah mengatasi hal sulit sebelumnya, maka saya pasti bisa melewati kesulitan ini

gambar via: TeknikHidup.com
gambar via: TeknikHidup.com

Ingatkan diri Anda bahwa ini bukanlah kesulitan pertama yang Anda alami. Jika Anda masih berdiri hingga hari ini, itu berarti Anda sudah melewati tahap demi tahap proses hidup. (DP)

LEAVE A REPLY