Bersabarlah walau Badai Menghadang

0

Seruni.id – Setiap manusia memang pasti akan mengalami kesulitan hidup, dan dalam menjalani hidup kita juga harus belajar untuk kecewa, terluka, sedih dan menderita, karena itu sudah merupakan sunatullah yang harus dijalani. Seperti yang disampaikan dalam Al-Qur’an bahwa Allah tidak akan membebani seseorang di luar kesanggupan orang itu. Jika orang lain bisa melewati masa senang & apalagi masa sulitnya kehidupan, maka seharusnya kita pun harus bisa menjalaninya.

Bersabarlah jika Allah memberikan kita ujian, dan bersyukurlah jika akhirnya ujian yang Dia berikan dapat kita lewati dengan penuh ketegaran. Seperti roda yang terus berputar, maka begitu pulalah kehidupan kita. Kadang kita berada di atas dan ada saatnya pula kita akan berada di bawah. Mudah rasanya jika berada di posisi atas, semua orang pasti mendekati kita dan mau berteman dengan kita. Namun tentu berbeda rasanya jika kita sedang berada di posisi bawah, semua orang serasa menjauh dan bisa dihitung orang-orang yang tetap mau bersahabat dengan kita. Di saat susah lah kita jadi tahu siapa sahabat sejati kita sesungguhnya. Melalui masa sulit juga, kita jadi tahu bahwa hanya Allahlah satu-satunya tumpuan abadi kita. Karena itu janganlah kita berharap pada manusia, karena pada akhirnya akan membuat kita kecewa.

Pada akhirnya dimanapun posisi kita dalam hidup, baik di saat senang maupun di saat susah, baik di saat sedih maupun di saat gembira, di saat kita bahagia maupun di saat kita menderita, hendaklah kita senantiasa bersabar dan bersyukur. Tetaplah berdiri tegak walau badai menghadang. Tetaplah berdiri kuat walau topan menerjang. Ingatlah bahwa kehidupan di dunia ini hanyalah bersifat sementara saja dan yang kekal sesungguhnya adalah kehidupan di akhirat kelak.

Karena itu, teruslah berjuang menghadapi berbagai ujian hidup ini. Sesungguhnya setiap manusia pasti memiliki ujiannya masing-masing. Ada yang diuji dengan orang tuanya, ada yang diuji dengan suami atau istrinya, ada yang diuji dengan anaknya, ada yang diuji dengan mertua atau iparnya, dan lain sebagainya.

Nikmatilah setiap masa sulit yang datang hanya dengan berpegang  teguh sepenuhnya pada Illahi, niscaya Allah pasti memberikan kemudahan dan hikmah dari setiap kesulitan dan ujian hidup yang kita hadapi.

-Anggraini-

LEAVE A REPLY