Masih Bingung Gimana Caranya Atasi Sembelit? Ternyata Konsumsi 5 Buah ini Kuncinya!

0

Seruni – Sembelit adalah salah satu gangguan pencernaan yang paling umum terjadi. Setiap orang pernah mengalaminya setidaknya sekali seeumur hidup. Salah satu penyebab tersering dari sembelit adalah pola makan yang buruk. Namun ada juga beberapa kondisi medis yang mendasarinya, seperti hipotiroidisme dan penyakit usus, hingga efek samping obat-obatan penghilang rasa sakit atau antidepresan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda berkonsultasi dulu dengan dokter untuk cari tahu akar penyebabnya. Sementara menunggu jadwal konsul, Anda bisa mengatasi sembelit dengan memperbanyak makan buah segar kaya serat. Apa saja buah yang ampuh mengatasi gejala sembelit?

Related image
deliciousliving.com

Serat adalah zat gizi utama yang dapat membantu melancarkan pencernaan. Pasalnya, serat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap air sehingga dapat melunakkan feses yang menyumbat di jalur akhir saluran pencernaan.

Semua makanan nabati, termasuk buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan, mengandung serat. Para ahli nutrisi dari Academy of Nutrition and Dietetics merekomendasikan setiap harinya kita mengonsumsi 25 gram serat untuk wanita dan 38 gram serat untuk pria.

Berikut adalah lima jenis buah yang tinggi serat:

Berry

Related image
linkedin.com

Keluarga beri (stroberi, blueberry, blackberry) bisa Anda jadikan camilan sehat untuk mengatasi sembelit. Ketiganya merupakan buah yang memiliki kandungan serat tinggi. Setidaknya 72 gr strober segar memberikan Anda asupan 2 gram serat. Blackberry dalam ukuran yang sama, memberikan 3,8 gram serat, sedangkan raspberry memberikan 4 gram serat. Anda bisa memakannya utuh, dicampur ke salad buah, atau diiris sebagai topping pancake untuk sarapan.

Kiwi

Related image
1zoom.me

Satu buah kiwi ukuran sedang mengandung 2,5 gram serat dan banyak mengandung vitamin serta nutrisi yang penting untuk kesehatan usus. Sebuah penelitian yang dilakukan terjadap orang dewasa dilaporkan dalam Advances in Food and Nutrition Research menemukan bahwa rutin makan buah kiwi melancarkan frekuensi Anda buang air besar. Hal yang sama ditemukan oleh sebuah penelitian sebelumnya dari periset di Taipei. Mereka menemukan bahwa makan dua buah kiwi sehari meningkatkan frekuensi BAB pada orang dewasa yang sedang sembelit.

Plum, Pir, dan Apel

Image result for Plum, Pir, dan Apel
pxhere.com

Sembelit kadang dapat membuat perut buncit dan terasa begah. Plum, pir, dan apel merupakan pilihan buah terbaik lainnya yang bisa Anda kudap di waktu luang untuk mengatasi sembelit. Ketiga buah diperkaya kadar serat yang tinggi. Selain itu, plum, pir, dan apel tinggi akan pektin, yang secara alami akan diubah tubuh menjadi serat. Potongan kecil pir dengan kulitnya memiliki 4,4 gram serat. Sedangkan apel potongan sedang dengan kulit memiliki 3,3 gram serat.

Jeruk

Related image
carasehat123.blogspot.com

Satu jeruk besar mengandung empat gram serat hanya dengan 86 kalori. Buah jeruk juga mengandung flavonol yang disebut naringenin, yang bekerja layaknya obat pencahar alami untuk membantu mengatasi sembelit.

Buah Kering

Related image
commercial-food-dehydrators.com

Buah kering, seperti kurma, plum, aprikot, dan kismis, merupakan sumber serat makanan lain yang dapat mengatasi sembelit. Khususnya plum kering sangat bagus untuk melancarkan BAB karena tidak hanya mengandung serat yang tinggi, tapi juga mengandung sorbitol yang merupakan pencahar alami. Sorbitol adalah sejenis karbohidrat dan memiliki struktur molekul yang mirip gula.

Namun ingat: agar benar-benar terbebas dari sembelit, konsumsi buah tinggi serat harus juga diimbangi dengan asupan air yang cukup. Jika kurang minum air, serat berlebih justru dapat memperparah gejalanya.

LEAVE A REPLY