Budiono Sukim, Orang Indonesia Yang Merupakan Kepala Chef Hotel Tertua di Inggris

0
www.goodnewsfromindonesia.org

Menjadi koki yang berhasil di luar negeri adalah suatu hal yang mengagumkan. Apalagi menyandang predikat sebagai koki kepala di sebuah hotel terkenal kelas dunia yang juga adalah hotel tertua di negara tersebut. Hal tersebut tentu adalah satu pencapaian yang sangat tinggi dalam karir seorang chef asal Indonesia yang saat ini menjadi salah satu top chef yang ada di Inggris. Namanya Budiono Sukim, lelaki kelahiran Pemalang 43 tahun lalu.

Sejak kecil, Budiono telah terlatih sebagai anak yang mandiri. Saat bersekolah di SD Negeri 3 Sewaka Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah ia berjualan Es Bon – Bon dengan cara berkeliling. Hal itu ia kerjakan untuk memperoleh uang jajan. Lalu selepas SMP, ia diminta ayahnya untuk merantau ke Jakarta. Di Jakarta, ia bersekolah di sebuah SMEA dan masih juga melakukan aktivitas berjualan disambi dengan menjadi guru les untuk 3 orang anak SD tetangga kontrakannya.

Sebelum menjadi Chef, Budiono pernah menjadi tukang cucu piring di Restaurant Samudra di bilangan Sudirman. Dari sinilah karirnya dimulai. Secara perlahan ia belajar memasak dan pada akhirnya pada tahun 2000 ia direkrut ke Four Seasons Hotel Jakarta sebagai Banqueting Sous Chef. Empat tahun kemudian ia dipindahkan ke Four Seasons Hotel London. Di sana ia bekerja selama dua tahun kemudian pindah ke Four Seasons Hotel di Hampshire.

Budiono Sukim -Berdiri, kedua dari kiri-. gambar via: facebook.com/banyusakti.sukim
Budiono Sukim -Berdiri, kedua dari kiri-. gambar via: facebook.com/banyusakti.sukim

Pada tahun 2008, Budiono pindah ke The Savoy London, yang merupakan salah satu hotel paling bagus di dunia sekaligus juga hotel tertua di Inggris. Perjalanan karirnya yang termasuk sangatlah mulus itu pada akhirnya mengantarkan Budiono sebagai kepala chef di dapur The Savoy yang disebut hotel terbaik serta kebanggaan masyarakat Inggris ini. Sebagai kepala Chef, Budiono juga menjadi Banquet Chef yang bertugas untuk memberikan jamuan makan untuk para selebriti terkemukan, kalangan kerajaan serta kalangan elit pemerintah.

Budiono juga kerap bekerja sama dengan chef – chef terkenal dunia seperti Gordon Ramsay, James Martin, Tom Aikens dan sebagainya. Bukan hanya itu, prestasi serta penghargaan The AA Award dengan kategori sangat bagus yang diterima Budiono membuat namanya melejit sebagai top chef di Inggris serta menjadi juri kehormatan di beberapa kompetisi memasak. Ia kerap diundang ke beragam jaringan four seasons hotel di seluruh dunia serta pada 2015 yang lalu, saat bekerja di dapur Four Seasons Hotel Dubai ia memperoleh penghargaan sebagai The Best Catering of The Year in Four Seasons Around The World atau catering terbaik dari Hotel Four Seasons di seluruh dunia.

Saat ini, Budiono menetap di Inggris serta menjadi chef di London Marriot County Hall. Tetapi, ia tak pernah lupa akan jati dirinya sebagai orang Indonesia. Bersama rekan – rekannya sesama chef asal Indonesia di beberapa hotel terkemuka di London, Budiono membangun Indonesian Chef Association in United Kingdom (INCA – UK) yang merupakan perhimpunan chef Indonesia di Inggris. Tujuan mereka yaitu untuk mempromosikan kuliner Indonesia di Kerajaan Inggris.

Sumber: GNFI

Baca juga: Mahasiswa Termuda di Universitas Waterloo, Kanada, Adalah Bocah Asal Indonesia

LEAVE A REPLY