Pahami Dulu Segala Hal Tentang Bougenville Sebelum Anda Mencoba Menanam Bunga Kertas Ini

0
gambar via: Supplier Bougenville Plant

Bunga bougenville atau umum kita kenal dengan Bunga kertas merupakan salah satu tanaman hias yang banyak dibudidayakan serta dipelihara oleh wanita Indonesia. Alasan paling utama kenapa bunga ini dinamakan dengan bunga kertas yaitu karena ciri-ciri bunga itu mirip sekali dengan kertas, tipis serta ringan.

Adapun penamaan bunga bugenvil (bougenville dalam bahasa Inggris) sendiri datang dari seorang penemunya, yakni Sir Louis Antoine de Bougainville. Sir Louis Antoine de Bougainville merupakan seorang prajurit angkatan laut berkebangsaan Perancis. Selain bunga, namanya juga dipakai sebagai nama pulau terbesar di Papua Nugini. Sedangkan bunga bogenvile sendiri berasal dari Amerika Selatan, dari mulai Brasil bagian barat menuju ke Peru serta Argentina bagian selatan.

Tetapi makin berkembangnya waktu, bunga ini pun makin banyak menyebar di seluruh dunia. Hingga banyak juga orang yang menyebutnya dengan beragam aksen serta bahasa. Misalnya saja Buganvilla (Spanyol), Bugambilia (Meksiko, Guatemala, Kuba, Filipina), pokok bunga kertas Negara (Indonesia), ” ‘Bougenville”‘ (Pakistan), Napoleón (Honduras), Veranera (Kolombia, Nikaragua, El Salvador, Kosta Rika serta Panama), trinitaria (Kolombia, Panama, Puerto Rico, Republik Dominika & Venezuela), Santa Rita (Argentina, Bolivia, Brazil, Paraguay serta Uruguay) atau papelillo (Peru utara).

Ciri-ciri Bunga Kertas

Bunga bougenville yang berwarna-warni amat sejuk ketika dilihat mata. Warna yang dimilikinya dapat beraneka ragam. Ungu, putih, merah, kuning bahkan juga terkadang ada satu jenis bunga dengan variasi warna yang beragam. Ditambah lagi dengan bentuk batangnya juga mempunyai karakter tua.

Bila tumbuh secara alami seperti di Indonesia maka tanaman ini bisa tumbuh sampai ketinggian 10 meter. Batang tanaman ini berstektur agak keras, bercabang-cabang dan mempunyai duri yang tajam. Selain itu tanaman ini juga mempunyai sulur yang rapat, daun yang lebar serta membentuk bujur tirus yang bisa membuat rimbunan pokok di lokasi tumbuhnya. Oleh karena itu bunga ini menjadi incaran beberapa pencinta tanaman hias untuk dijadikan tanaman bonsai.

Cara Menanam Bunga Kertas

1. Menanam Tanaman Dengan Stek Batang

Menanam bunga kertas dengan stek batang, penanaman dengan cara ini hampir sama juga dengan tanaman bunga melati dengan melakukan stek batang. Anda dapat melakukan pemilihan batang yang telah dewasa,lalu lakukan pemotongan batang tanaman itu dengan cara menyerong serta meruncing. Kemudian, Anda bisa dapat menanam atau menancapkan batang itu dengan kedalaman 5 cm. Dalam metode penanaman ini harus dilakukan saat pagi atau malam hari lantaran tingkat tumbuh tunas baru pada tanaman ini makin meningkat.

2. Menanam Tanaman dengan Media Campuran

Menanam tanaman bunga kertas dengan media campuran ini umumnya menggunakan campuran dari pasir. Tumbuhan bunga kertas ini sangat baik serta menyukai media tanaman berpasir. Lakukan pencampuran media pasir yang berwujud porous, sehingga media tanam itu mempunyai pori – pori atau lubang yang bermanfaat untuk keluar masuknya udara serta drainase air. Menanam dengan cara ini harus menjaga tingkat kelembapan media tanah, karena akan sangat berpengaruh pada perkembangan tanaman bunga kertas.

3. Menanam Tanaman dengan Sambung Pucuk

Menanam tanaman bunga kertas dengan teknik sambung pucuk benar-benar sangat populer, dikarenakan dalam satu tanaman bisa menghasilkan beragam warna. Sebenarnya memakai metode penanaman ini perlu keahlihan karena termasuk sangat susah serta menyebabkan kegagalan yang besar. Menanam tanaman bunga kertas dengan sambung pucuk umumnya dilakukan penyambungan cabang bunga mudah pada bunga kertas jenis lain ke tanaman bunga kertas yang telah berumur dewasa. Biarkan cabang itu menyatu serta tumbuh melalui batang utama.

4. Memangkas Dengan Teratur

Rahasia agar tanaman bunga kertas lebih indah serta rajin berbunga yaitu dengan memangkasnya dengan teratur. Anda hanya perlu memangkas dengan teratur dan seperlunya saja pada sisi ranting atau cabang yang panjangnya telah berlebihan, dan daun yang mulai lebat dengan tetap memperhatikan faktor estetika tanaman. Jangan biarkan tanaman bougenville Anda dipenuhi dedaunan karena bila terjadi jadi nutrisi yang didapat tanaman hanya menyebar ke daun saja serta akhirnya akan menghambat timbulnya bunga baru.

5. Lakukan Pemupukan Ulang

Pemupukan ulang sangat penting dilakukan supaya tanaman dapat tumbuh subur. Kesuburan pada media tanam dapat dilakukan dengan pemupukan ulang dengan teratur. Pupuk yang dipakai lebih baik pupuk hewani, organik serta kompos, dengan takaran yang sewajarnya saja. Pemupukan ulang idealnya dilakukan dengan periode waktu sebulan sekali. Namun hindari penggunaan pupuk kimia untuk Anda yang pemula.

Cara Merawat Bunga Kertas

Bunga kertas sebenarnya merupakan bunga yang mudah dalam perawatannya. Tetapi, bila kita ingin membuatnya rajin berbunga maka perlu diperhatikan banyak hal berikut ini.

Selain perlu melakukan pemotongan dengan teknik tertentu, kita juga harus memahami 5 langkah mudah membuat bunga kertas rajin memekarkan bunga cantiknya.

1. Tanam Di Media Yang Tepat

Tumbuhan ini sangat menyukai media tanam berpasir. Media tanam dengan pasir memiliki pori-pori kecil yang berperan untuk melancarkan aliran udara dan sebagai drainase. Selain itu, pasir juga dapat menstabilkan kelembaban. Upayakan untuk memakai pasir malang. Tambahkan pasir ke dalam pot sampai memenuhi sepertiga tinggi pot.

2. Letakkan Di Tempat Yang Banyak Sinar Matahari

Bunga kertas adalah jenis bunga yang membutuhkan sinar matahari selama sehari penuh bahkan ketika terik sekalipun. Oleh karena itu, tanamlah bunga kertas di tempat terbuka yang pancaran sinar mataharinya tak terhalang oleh apapun.

3. Lakukan Penyiraman Seperlunya

Perkembangan bunga kertas sangat dipengaruhi oleh penyiraman yang teratur. Harus diperhatikan bahwa ada saat dalam satu tahun, bunga kertas tak membutuhkan air. Biasanya saat itu disebut sebagai masa kering.

Kala ini diawali saat mulai timbulnya satu atau dua buah kuncup bunga kertas dan umumnya terjadi selama tiga hingga empat hari. Manfaat dari adanya masa kering ini yaitu untuk menstimulasi pertumbuhan kuncup-kuncup itu.

Di masa kering inilah kita lakukan stress air pada tanaman bunga kertas kita. Maksudnya yaitu tanaman bunga kertas tak kita siram sepanjang beberapa hari dengan perhitungan tanaman tak mati. Sesudah perlakuan ini, kemungkinan daunnya akan rontok sebagian serta tanaman mulai mengeluarkan kuncup bunga.

4. Pangkas Cabang dan Ranting

Pangkaslah ranting atau cabang bunga kertas dengan teratur. Hal semacam ini dilakukan untuk memberi kesempatan keduanya untuk tumbuh serta membuat bunga kertas terlihat lebih subur dan cantik. Potong juga akar bunga kertas agar sesuai dengan volume pot tempat bunga kertas ditanam.

Selalu perhatikan faktor estetika saat memangkas ranting atau cabang bunga kertas. Cukup potong bagian yang panjangnya terlalu berlebih. Selain itu, jangan biarkan tanaman bunga kertas dipenuhi banyak dedaunan. Karena nutrisi yang diserap nanti akan terbagi-bagi ke daun dan timbulnya kuncup bunga yang baru.

5. Tambahkan Pupuk Seperlunya

Bunga kertas sebenarnya tidaklah terlalu memerlukan banyak pupuk. Akan tetapi, bila ingin mendapatkan tanaman bunga kertas yang tumbuh lebih sehat, pemupukan dapat dilakukan seperlunya saja. Proses pemupukan pada bunga kertas dilakukan ketika masa kering berlangsung.

Akan lebih baik bila pupuk yang dipakai yaitu pupuk organik maupun kompos, tentu dengan dosis yang sewajarnya. Jauhi pemakaian pupuk kimia apalagi bila kita belum terlalu memahami menggunakannya dengan cara yang tepat.

Lakukan penyemprotan cairan anti hama agar bunga kertas terbebas dari serangan hama seperti ulat maupun serangga yang punya potensi mengakibatkan kerusakan penampilan bunga kertas.

Manfaat Bunga Kertas

Selain mempunyai bunga yang bercorak indah serta sedap dilihat mata, bunga kertas juga memiliki beberapa manfaat yang bagus untuk kesehatan. Berikut adalah 10 manfaat bunga kertas yang didapat dengan mengolahnya terlebih dulu atau cukup ditanam saja.

1. Mengatasi Resistensi Insulin

Zat yang terdapat dalam bunga kertas berupa senyawa pinitol dipercaya dapat menyembuhkan masalah resistensi insulin. Untuk mengatasinya, bunga kertas dikeringkan terlebih dulu untuk kemudian dijadikan sebagai teh.

2. Mengobati Batuk

Untuk menangani permasalahan batuk, kita dapat memakai bagian kulit batang bunga kertas lewat cara mengeringkannya terlebih dulu. Lalu, tumbuk hingga benar-benar halus. Kemudian, campur bubuk itu dengan satu gelas air matang dan kumurkan.

3. Membunuh Bakteri

Ekstrak daun bunga kertas ternyata ampuh melawan perkembangan bakteri tak baik di pencernaan kita terutama dapat mengobati diare dan permasalahan pencernaan yang lain.

4. Mengatur Tekanan Darah

Di Meksiko sendiri, bunga kertas telah dijadikan minuman alami untuk menangani penyakit tekanan darah tinggi. Senyawa yang ada di bunga kertas dapat menghambat permasalahan penumpukan plak di pembuluh darah sehingga bunga kertas dapat dipakai sebagai pengatur tekanan darah.

5. Pembersih Udara

Bunga kertas ternyata mempunyai kemampuan menyaring udara yang baik. Efeknya dapat meningkatkan kualitas udara dan air sehingga bisa menekan polusi akibat dari udara yang kotor serta timbal. Oleh karena itu, bunga kertas sering terlihat sebagai penghias di tepi jalan atau rumah.

6. Menjaga Keseimbangan Kadar Kolesterol

Sejak jaman dulu, teh bunga kertas sudah dikonsumsi sebagai obat herbal di negara asal bunga ini yaitu Meksiko. Untuk melindungi tekanan darah serta sebagai penyeimbang kandungan kolesterol, ekstrak daun bunga kertas dapat dikonsumsi dengan cara teratur.

7. Mengatasi Masalah Pencernaan

Rebusan daun bunga kertas dapat mengatasi permasalahan pencernaan seperti asam lambung, perut kembung dan diare. Selain itu, senyawa anti inflamasi pada bunga ini dapat memberi efek menenangkan untuk usus kita.

Cara membuat rebusan bunga kertas, yaitu ambil beberapa lembar daun bunga kertas, rebus bersama 3 gelas air, tunggu sampai mendidih hingga tersisa setengah gelas saja. Campur dengan madu, lalu minum.

8. Pengganti Antibiotik

Bunga ini memiliki kandungan metanol khusus dan berperan sebagai antibiotik alami untuk menangani menyebarnya bakteri dalam tubuh kita.

9. Sumber Antioksidan Alami

Ekstrak bunga kertas dapat mengatasi radikal bebas dalam tubuh terutama pada saluran pencernaan karena mempunyai zat anti-oksidan yang tinggi.

10. Mencegah Peradangan Pada Lambung

Senyawa kimia yang ada dalam bunga kertas dapat menyebabkan perlindungan dan menenangkan untuk usus. Bunga kertas dapat dijadikan obat alami untuk menangani peradangan pada bagian usus itu.

Menanam Bunga Kertas Dengan Dijadikan Bonsai

Bunga kertas banyak juga yang ditanam lewat cara bonsai. Tetapi ada banyak hal yang menjadi tantangan atau kesulitan dalam membuat bonsai bougenville, salah satunya yaitu saat mengkondisikan bunga dalam satu gerombolan yang padat. Karena pada kehidupan alami dihabitatnya, tanaman bougenville ini berbunga dengan jarak yang cukup jauh pada sulur-sulurnya yang panjang.

Permasalahan selanjutnya yaitu sulitnya memperoleh bentuk akar serta bentuk batang yang besar serta eksotik meskipun tanaman ini termasuk mudah untuk dibudidayakan. Selain itu permasalahan ketersediaan bakalan bongsai yang cukup sulit ditemukan bila di daerah perkotaan karena pada dasarnya memanglah tanaman ini bukanlah tanaman liar yang tumbuh di alam bebas.

Jalan keluar untuk permasalahan ini yaitu dengan membeli atau mencari bunga bougenville di desa –desa yang memang sangat banyak ditanam di pekarangan tempat tinggal mereka.

Untuk proses pembuatan serta perawatannya, tak jauh berbeda dengan teknik pembuatan serta perawatan bonsai-bonsai yang lain.

Jenis Bunga Kertas Yang Dapat Dijadikan Bonsai

1. California Gold

Bogenvil California Gold adalah salah satu jenis bunga kertas yang mempunyai beberapa macam warna dari mulai warna emas pucat sampai jingga-perunggu. Sama halnya dengan jenis yang lain bunga ini akan gugur saat bunga berumur 1-2 minggu.

2. Gold Rush

Gold Rush adalah salah satu jenis bunga bougenvil yang mempunyai warna kuning keemasan mencolok serta lebih cerah bila dibanding dengan varietas yang lain.

3. After Glow

Bogenvil After Glow adalah satu diantara spesies bunga kertas yang memiliki keunikan, yakni dapat mekar beberapa kali sepanjang tahun. Selain itu, bunga yang umum berwarna oranye ini memiliki beberapa varian diantaranya merah muda serta coral. Daunnya mempunyai karakter yang halus tapi tetap bertekstur.

Dengan didukung daun berwarna hijau membuatnya makin sempurna serta mencolok. Daunnya sendiri umumnya gugur waktu berbunga.

4. Bambino Baby Allison

Bambino baby allison adalah salah satu jenis bunga kertas yang mempunyai warna merah muda. Tanaman ini umumnya mulai berbunga serta mekar di akhir musim semi dan awal memasuki musim panas, lalu dipertengahan musim panas, serta terakhir di akhir musim panas serta di awal saat memasuki musim gugur. Karakter daunnya kokoh serta mempunyai warna hijau yang cerah di sepanjang tahun.

5. Bambino Baby Victoria

Bambino baby victoria adalah satu diantara bunga kertas yang mempunyai warna yang unik serta dapat mekar di sepanjang tahun. Bambino jenis ini mempunyai bunga yang bewarna magenta atau pink-ungu. Selain itu, karakter daun kokoh serta berwana hijau gelap.

6. Bambino Baby Lauren

Bambino baby lauren adalah varietas dari bogenvil yang mempunyai kemiripan dengan varietas bambino baby allison, hanya saja bunga yang satu ini mempunyai bunga yang berwarna ungu.

Keindahan bunga ini jangan diragukan lagi, ia dapat mekar hampir disetiap musim, dari mulai akhir musim semi, awal musim panas, pertengahan musim panas, di akhir musim panas serta di awal musim gugur. Daunnya selalu kokoh walau di musim kemarau sekalipun.

7. Cherry Blossom

Varietas cherry blossom yaitu salah satu varietas bunga kertas yang paling favorit. Ia mempunyai bunga yang berwarna merah muda atau pink tetapi ada pula yang hampir putih.

Cherry blossom dapat berbunga hampir di sepanjang musim. Karakter daunnya yang kokoh dengan cabang yang berduri membuatnya tampak sempurna.

8. Coconut Ice

Coconut ice adalah salah satu jenis bunga bogenvil yang mempunyai warna yang berwarna-warni. Dari mulai yang bewarna pink pucat, merah muda, ungu dan ada pula yang bewarna agak putih. Ia dapat berbunga di sepanjang musim dengan karakter daun yang berwarna hijau gelap.

9. Alexandra

Alaxandra yaitu salah satu spesies dari bunga kertas memiliki warna ungu yang indah. Bunga ini dapat berbunga sepanjang tahun. Saat berbunga lebat, daunnya akan mulai berguguran. Selain itu ia mudah tumbuh di lokasi beriklim tropis seprti di Indonesia.

10. Barbara Karst

Jenis bunga ini adalah bogenvil yang unik, warna bunga yang tidak umum membuat bunga ini menjadi diantara incaran wanita-wanita yang cinta dengan bunga. Selain itu bunga ini mudah sekali mekar di hampir setiap musim. Bogenvil yang satu ini mempunyai beberapa warna varian, diantaranya yaitu magenta atau pink-ungu, merah serta scarlet atau merah tua.

11. Bambino Ningili

Bambino Ningili adalah salah satu varietas bunga kertas yang mempunyai bunga bewarna merah muda dengan daun yang bewarna hijau tua. Bunga ini dapat berbunga sepanjang tahun dengan tampilan yang indah, tak jarang bila bunga ini menjadi satu diantara favorit keluarga Indonesia.

12. Bambino Pedro

Bambino Pedro merupakan satu diantara jenis bunga kertas yang mempunyai beberapa varian warna misalnya saja merah serta merah tua.

Sama seperti dengan jenis bunga yang lain, bunga ini dapat mekar hampir di tiap-tiap musimnya serta didukung dengan daun berwarna hijau tua membuatnya begitu mencolok serta Indah untuh dilihat.

13. Bambino Majik

Bambino Majik merupakan satu diantara jenis bunga kertas yang mempunyai kombinasi warna yang sangat menarik serta sempurna, yakni ungu ke putih.

Tak jauh beda dengan jenis bunga kertas yang lain, bunga ini dapat berbunga hampir di sepanjang musim dengan daun tetap kokohwalau memasuki musim kemarau sekalipun.

Baca juga: Yuk Jaga Kesehatan Mata Dengan Melakukan Cara-Cara Ini

LEAVE A REPLY