8 Cara Memancungkan Hidung dengan Mudah dan Alami

0

Memancungkan Hidung – Tiap perempuan mempunyai penilaiannya masing-masing tentang makna kecantikan seorang perempuan. Tidak cuma kaum perempuan saja, tetapi juga kaum lelaki. Salah satu indikator kecantikan seorang perempuan yaitu terdapat pada bagian wajahnya.

Ya, wajar saja namanya perempuan tentunya yang dinilai pertama kalinya adalah bagian apa yang bisa dilihat yakni wajah. Susunan wajah seseorang terutama kaum perempuan bisa mempengaruhi penampilan mereka. Satu diantara bagian wajah yang mempengaruhi susunan wajah adalah hidung. Seperti yang kita ketahui bahwa Tuhan menciptakan baik lelaki ataupun perempuan dengan mempunyai bentuk wajah maupun bentuk hidung yang berbeda-beda yakni ada yang mancung, sedang, serta ada yang pesek.

Tetapi, banyak kaum perempuan yang mempunyai hidung sedang ataupun yang pesek, berusaha keras untuk dapat membuatnya jadi mancung. Hal semacam itu dilakukan lantaran mereka ingin bisa mempunyai hidung seperti yang dimiliki oleh perempuan-perempuan di Eropa ataupun Amerika. Nah, untuk dapat memancungkan hidung memang bukanlah hal yang gampang. Semua butuh proses dan perjuangan yang tidak gampang. Memang benar untuk memancungkan hidung ada cara yang alami serta cara yang instan dengan kata lain melakukan operasi. Dan kali ini kita akan membahas seputar cara memancungkan hidung secara alami serta cepat.

Benar memang, jika dengan mempunyai hidung yang pesek membuat sebagian besar kaum perempuan jadi merasa kurang percaya diri. Terlebih di jaman yang serba modern seperti saat ini udah banyak kaum perempuan yang memakai beberapa cara instan seperti operasi plastik untuk dapat memancungkan hidungnya. Tetapi, sayangnya untuk melakukan operasi ini diperlukan biaya yang cukup mahal.

Tidak hanya itu, kita pun juga harus memilih dokter yang pas untuk membantu kita memancungkan hidung dengan tepat dan baik. Lantaran banyak kasus yang disebabkan karena salah memilih dokter bedah plastik dan jadinya malah mengakibatkan kerusakan bentuk hidung. Di samping cara operasi, banyak kaum perempuan juga memakai cara seperti suntik untuk dapat memancungkan hidungnya tanpa operasi. Namun kedua cara itu tetap saja memberikan banyak resiko pada diri kita, bukan?

Lalu kenapa tidak kita coba saja cara memancungkan hidung secara alami dan cepat?

Jika begini, mungkin saja banyak yang akan bertanya “Apakah hidung pesek bisa mancung dengan cara yang alami?” atau “Bagaimana caranya memancungkan hidung tanpa melakukan operasi?“. Pertanyaan-pertanyaan itu yang akan coba kami jawab dalam artikel ini.

Sebenarnya ada beberapa cara untuk mendapatkan hidung yang lebih mancung tanpa harus melakukan cara operasi atau pembedahan. Dengan melakukan beberapa tenik tradisional, seseorang sebenarnya bisa memiliki hidung yang lebih mancung dari sebelumnya.

Karena lagi-lagi hidung pesek kerap kali membuat kita tidak percaya diri, Alhasil, banyak orang yang berusaha untuk memancungkan hidung dengan beragam cara. Satu di antara cara yang banyak digunakan yakni dengan melakukan operasi.

Lakukan operasi yaitu satu di antara cara yang dianggap cukup efektif untuk mendapatkan hidung mancung lewat cara instan dan hanya dalam hitungan hari.

Namun, cara tersebut tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan lantaran itulah, cara itu hanya dilakukan oleh beberapa orang kelas atas yang memiliki banyak uang. Beberapa orang bahkan juga memilih jalan operasi untuk memancungkan hidungnya, hal semacam ini jelas sangat beresiko lantaran memancungkan hidup dengan operasi bisa mengakibatkan banyak efek samping seperti pembengkakan, wajah menjadi tidak seimbang dan sebagainya. Berikut ini yaitu beberapa efek samping dari melakukan operasi hidung:

1. Terjadi pendarahan

Gambar Via: klinikpengobatanalami.wordpress.com

Pendarahan memang suatu hal yang umum terjadi ketika melakukan operasi, tetapi bila pendarahan itu tidak segera dihentikan, maka akan membahayakan badan kita.

2. Bekas Luka operasi

Gambar Via: vemale.com

Bekas luka setelah operasi biasanya kerap sulit untuk di hilangkan, hal semacam ini jelas malah akan merusak penampilan anda.

3. Kemungkinan kesalahan prosedur operasi

Gambar Via: juliajwa.blogspot.co.id

Kesalahan prosedur operasi mengakibatkan proporsi wajah jadi tidak ideal, tidak hanya itu, namun juga akan tampak aneh serta ada juga yang justru terserang penyakit kanker.

Dengan melihat beberapa efek samping di atas, maka ada baiknya Anda memancungkan hidung dengan cara yang alami, karena akan jauh lebih aman. Berikut ini adalah cara-cara alami untuk memancungkan hidung:

1. Latihan Yoga

Gambar Via: hipwee.com

Di dalam sebuah sesi latihan yoga, kita juga akan diajarkan untuk berlatih pernapasan. Dengan teknik latihan pernapasan yang benar, katanya bentuk hidung yang awalnya pesek perlahan namun pasti dapat berubah bentuk menjadi mancung.

Cara melakukan yoga untuk membuat hidung menjadi mancung adalah dengan duduk tegap, lantas gunakan ibu jari tangan kanan Anda untuk menutup lubang hidung bagian kanan. Saat ini artinya Anda cuma dapat bernapas dengan lubang hidung bagian kiri. Tariklah nafas sembari mengkalkulasi hingga hitungan ke 4.

Lalu tahan nafas Anda sembari mengkalkulasi kembali hingga hitungan ke 4 juga. Setelah itu hembuskan nafas sembari mengkalkulasi hingga hitungan ke 6. Lakukan juga pada lubang hidung Anda yang satunya, yakni dengan menutup lubang hidung bagian kiri.

Anda bisa melakukan langkah tersebut bergantian antara hidung yang kanan dengan yang kiri. Katanya ada baiknya jika dilakukan satu hari dua kali, yakni saat pagi hari serta saat malam hari menjelang waktu Anda beristirahat. Tidak hanya bisa memancungkan hidung, yoga serta latihan pernapasan ini dapat juga memberikan rasa rileks untuk Anda.

2. Mencubit hidung dengan lembut secara rutin

Gambar Via: seputar84.rssing.com

Cara alami untuk memancungkan hidung pesek yang berikutnya yaitu dengan mencubit hidung. Mencubit hidung dengan lembut bisa membantu anda memancungkan hidung tanpa operasi, lakukan hal semacam ini secara teratur serta jangan sampai melakukan cara ini dengan terlalu kencang karena nantinya justru akan membuat atau menyebabkan iritasi pada hidung Anda.

Mencubit hidung yang benar yaitu dengan cara memegang hidung dengan ibu jari serta jari telunjuk, tahan selama 4 hingga 5 menit supaya hidung jadi mancung. Hindari mencubit hidung terlalu berlebihan lantaran bisa mengakibatkan kerusakan kulit pada hidung anda, dan selain itu di hidung juga mempunyai tulang rawan, jadi bila anda melakukannya cara ini dengan terlalu berlebihan, maka bisa membuat hidung Anda bermasalah.

3. Memijat Wajah

Gambar Via: lifestyle.okezone.com

Cara melakukan pijat hidung yang pesek supaya jadi mancung yakni dengan memoleskan minyak zaitun pada samping kanan-kiri hidung Anda, secukupnya. Kemudian gunakan jari Anda untuk memijat hidung di mulai dari sisi pangkal hidung di dekat mata, lalu turun hingga ke ujung dekat lubang hidung. Pijat dengan benar serta perlahan. Bila ragu, Anda bisa berkunjung ke pusat pemijatan wajah untuk mendapatkan perawatan yang pas dari ahlinya.

Tidak hanya berguna untuk memancungkan hidung secara alami, pijat hidung pada area wajah ini dapat juga berguna untuk memperlancar peredaran darah di sekitar wajah, menyingkirkan kerutan serta garis halus, dan membuat wajah Anda jadi fresh kembali.

4. Mengurut Hidung

Gambar Via: tips-cara.info

Letakkan jari tengah Anda di sudut mata, sedangkan jari manis ada tepat di bawahnya. Urut hidung Anda hingga Anda merasakan kekencangan pada bagian otot hidung. Pijat hidung dengan cara atau gerakan yang lembut menggunakan jari dari atas ke bawah. Lakukan secara berulang sebanyak 10-15 kali dengan memposisikan jari tengah tepat di sudut mata anda, lantas tempatkan jari manis di bawah jari tengah, urutlah ke arah bawah sampai otot hidung mengencang. Lakukan langkah tersebut secara teratur tiap harinya.

5. Smiling Fish Frenzy

Gambar Via: azhan.co

Melakukan smiling fish frenzy untuk memancungkan hidung caranya cukup gampang, seperti namanya yang bila diartikan adalah senyuman ikan gila, Anda bisa melakukan senyuman dengan bentuk bibir serta wajah menyerupai ikan. Caranya adalah dengan tersenyum sembari merapatkan gigi.

Hmm, Terdengar agak sulit ya? Tapi coba tengok cermin sekarang juga, saat membaca cara ini, wajah Anda secara otomatis mengikuti cara Smiling Fish Frenzy ini. Dan, tidak ada salahnya untuk benar-benar mencoba cara yang satu ini. Bila udah berhasil, tahan posisi wajah Anda seperti itu lebih kurang 20-30 menit. Sedikit lebih lama, namun tak akan butuh banyak perjuangan, hehehehe.

Setelah itu kendorkan otot-otot pipi Anda dengan berekspresi seperti biasa saat sedang santai. Selain cara ini katanya bisa memancungkan hidung, teknik memancungkan hidung pesek dalam waktu cepat ini katanya juga efisien untuk meniruskan pipi yang tembem, lho. Syaratnya, lakukan minimum 1 hari sekali ya.

6. Meregangkan Kulit Wajah

Gambar Via: kulitputihdansehatglucogen.com

Cara selanjutnya untuk memancungkan hidung tanpa harus melakukan operasi yaitu dengan meregangkan wajah, caranya juga cukup mudah, yakni dengan menggunakan jari telunjuk serta jari tengah lantas digerakkan ke arah telinga, lakukan juga gerakan untuk mengernyitkan bibir, lakukan seperti saat anda akan mencium, tahan beberapa menit kemudian lakukan pada bagian wajah yang lain, dan bila cara ini dilakukan secara teratur, hidung anda akan mancung dengan cara alami, tanpa perlu melakukan operasi yang biayanya lumayan besar.

7. Gunakan Minyak Esensial

Gambar Via: carawanita.net

Minyak essensial juga bisa membantu untuk membuat perubahan profil dan bentuk hidung Anda dalam waktu panjang, apabila dilakukan dengan cara yang teratur. Penggunaan minyak essensial ini dapat disempurnakan dengan bantuan pemijatan relaksasi. Cara yang cukup mudah, gunakan minyak essensial dengan aroma apa pun yang Anda sukai, misalnya lavender atau melati. Dan Anda bisa melakukannya sendiri atau pergi ke tempat perawatan kecantikan, yang pada umumnya menyediakan perawatan untuk pijat wajah, selain untuk memancungkan hidung, cara ini bisa membuat aliran darah anda juga akan lancar.

Lalu lakukan pemijatan lembut yang diawali dari ujung tulang hidung bagian bawah hingga ke pangkal hidung di dekat sudut mata. Gunakan minyak essensial dengan hati-hati agar tidak masuk ke mata karena dapat menyebabkan perih dan iritasi. Pijatan yang lembut ini bisa Anda lakukan dengan cara teratur sedikitnya 3 kali dalam satu minggu dan dengan melakukan sebanyak 8 hingga 10 kali gerakan tiap saat melakukannya.

8. Gunakan alat pemancung hidung

Gambar Via: kicantik.com

Cara yang paling akhir yaitu dengan menggunakan alat pemancung hidung. Cara memancungkan hidung pesek ini memanglah membutuhkan sedikit biaya, tetapi menurut saya jauh lebih aman dari pada anda melakukan operasi.

Banyak sekali produk alat pemancung hidung yang beredar di pasaran, satu diantaranya adalah alat pemancung hidung yang disukai banyak orang yaitu nose up. Alat ini cuma berbentuk dua benda yang dipakai untuk menyangga hidung.

Cara pemakaiannya sendiri cukup gampang, anda tinggal memasukan alat ini pada bagian cuping hidung. Karena cara pemakaiannya yang disangga, nantinya hidung anda akan tampak lebih mancung. Selain memancungkan hidung, alat ini juga pas untuk mengatasi cubing lubang hidung yang lebar.

Tips Merawat Hidung Supaya Mancung Secara Permanen

Dengan melakukan cara alami memancungkan hidung yang sudah dijelaskan di atas secara teratur, hidung anda akan tampak lebih ideal. Nah, supaya hidung tetap tampak mancung serta tidak kembali pesek, silakan terapkan beberapa tips berikut ini:

  • Hindari mengorek hidung, terlebih saat anda sedang ingin membersihkan kotoran hidung (upil)
  • Jangan sampai memencet hidung, termasuk juga dalam pemakaian masker penutup hidung
  • Hindari bentrokan keras pada bagian hidung
  • Mengkonsumsi lebih banyak makanan yang memiliki kandungan nutrisi, termasuk juga madu serta susu sebagai contohnya
  • Hindari tidur sampai larut malam tiap harinya
  • Perbanyak waktu tidur anda tiap harinya, upayakan minimum 8-10 jam
  • Untuk anda yang beragama Islam, rutinlah membersihkan hidung saat wudhu, dan yang lainnya.

Tidak hanya mencoba dan melakukan beberapa cara di atas tadi, namun alangkah lebih baik jika kita juga tahu penyebab hidung kita tidak mancung, atau biasa disebut dengan pesek. Mungkin saja terdengar tidak masuk akal lantaran nyatanya penyebab hidung pesek itu amat beragam. Penasaran? Yuk simak yang berikut ini:

1. Suka Ngupil

Gambar Via: aceh.tribunnews.com

Mungkin saja tidak banyak yang tahu atau pernah mendengar, bila nyatanya terlalu sering ngupil itu dapat mengakibatkan hidung menjadi pesek. Bagi dokter THT, tradisi atau kebiasaan ngupil tidak cuma menjijikan tetapi dapat juga membuat seseorang mempunyai hidung yang tidak mancung, atau pesek.

Dr. Agus Subagio, SpTHT, yang merupakan spesialis THT dari Rumah Sakit Puri Indah berkata bila kebiasaan ngupil bisa mempengaruhi kondisi mukosa ataupun susunan tipis rongga hidung. Jari tangan yang masuk ketika seseorang ngupil dapat melukai mukosa yang kemudian punya potensi tinggi membawa serta masuknya kuman yang mengakibatkan infeksi.

Infeksi ini dapat menyebabkan pembengkakan atau munculnya nanah apabila semakin kronis dapat mempengaruhi tulang rawan serta membuat hidung menjadi pesek. Resiko infeksi saat ngupil dapat juga meningkat apabila disertai dengan kebiaasan mencabuti bulu hidung, kebiasaan buruk yang satu ini membuat kondisi sebagai pembawa kuman jadi lebih gampang masuk ke dalam peredaran darah lantaran mencabuti bulu hidung dapat menyebabkan luka.

Ngupil memang tidak dianjurkan untuk dilakukan, tetapi bila amat sangat terpaksa dan mau melakukannya, pastikan dulu bila jari tangan Anda udah bersih dari kuman, dan lakukan secara perlahan agar tidak melukai sedikitpun bagian dalam hidung Anda.

2. Volume Hidung

Gambar Via: pedulisehat.info

Pemicu hidung pesek pada orang Indonesia yang memanglah termasuk juga ke dalam kelompok blade nose atau hidung pesek. Hidung pesek mempunyai kontur tulang hidung yang mendatar atau tidak menonjol. Apabila ingin lakukan perubahan, baik menambah ataupun mengurangi volume hidung, umumnya seseorang akan berkonsultasi pada dokter yang ahli di bidangnya.

Untuk membuat hidung pesek jadi lebih mancung itu lebih gampang dari pada sebaliknya, yakni membuat hidung mancung berarti menambah volume, udah ada teknologi dan alat yang dapat membantu melakukan tindakan penambahan volume itu. Tindakan mengubah hidung akan melibatkan perubahan susunan tulang hidung sedangkan tindakan penambahan volume tidak termasuk dengan pengubahan susunan tulang hidung.

3. Adaptasi Lingkungan

Gambar Via: femina.co.id

Penyebab hidung pesek lainnya juga mungkin saja karena aspek lingkungan. Beberapa peneliti memiliki pendapat, bila perbedaan bentuk hidung seseorang itu berevolusi dalam lingkungan berbeda, peneliti menilai bila bentuk hidung sempit yang dimiliki oleh orang Eropa berkaitan dengan penyesuaian lingkungan serta cuaca setempat di mana mereka biasa menetap.

4. Faktor Genetika

Gambar Via: feedme.id

Penyebab hidung pesek yang udah jelas pasti faktanya yaitu lantaran faktor genetika. Karena sebagian besar masyarakat Indonesia mempunyai tipe hidung yang pesek, maka sebagian besar orang Indonesia mempunyai hidung pesek, terkecuali dengan mereka yang memiliki perubahan genetika, seperti saat adanya pernikahan silang antar bangsa dan negara, dari ras asia dengan luar asia.

Gabungan kedua ras yang tidak sama ini akan menghasilkan susunan genetika yang tidak sama juga, jadi anaknya nanti dapat mempunyai hidung yang pesek atau mancung atau ditengah-tengahnya, tergantung gen siapa yang lebih dominan.

Peneliti menemukan empat gen penentu bentuk hidung itu setelah mempelajari hampir 6.000 orang dari Kolombia, Peru, Brasil, Chile, serta Meksiko, dalam studi Candela. Studi ini mempelajari keragaman biologi dari kehidupan orang-orang di Amerika Latin. Responden dalam studi ini mempunyai gabungan dari keturunan ras Kaukasian, Afrika, Amerika asli, serta Eropa dan yang lain.

Sampel itu dianggap peneliti udah cukup untuk mewakili keragaman dari bentuk fitur wajah manusia. Peneliti menerangkan dalam studi mereka, tim mengkaji fitur wajah responden, merekonstruksi secara tiga dimensi wajah dari 3.000 responden. Maksudnya yakni mendapatkan pengukuran fitur wajah responden.

Setelah mengukur fitur wajah, peneliti juga melihat gen para responden. Dari pendalaman itu, peneliti menemukan tiga gen yang berperan penting pada perkembangan tulang serta tulang rawan yang dapat digunakan untuk memprediksi bentuk hidung.

Dua gen yakni GLI3 serta PAX1, di ketahui berperan penting pada bentuk hidung pesek. Gen DCH2 mengatur bentuk hidung mancung serta gen RUNX2 dikaitkan dengan lebarnya hidung.
Peneliti menyampaikan, tiga gen yakni GLI3, RUNX2, serta DCH2, terlihat sudah berubah antara masa manusia modern dan masa lalu, dibandingkan dengan kondisi gen itu pada masa awal manusia.

Dengan demikian, hal ini menunjukkan jika gen itu sudah mendapatkan tekanan kuat dari seleksi alam dalam masa modern. Peneliti memperlihatkan ketidaksamaan bentuk hidung berevolusi dalam lingkungan yang tidak sama. Umpamanya, peneliti memperlihatkan, bentuk hidung yang sempit pada orang Eropa berkaitan dengan penyesuaian cuaca serta lingkungan setempat.

“Hal itu mewakili satu penyesuaian dari iklim kering juga dingin” kata Andrés Ruiz-Linares, pemimpin studi yang merupakan pakar biologi University College London, Inggris. Linares memiliki pendapat, dengan mengidentifikasi gen hidung itu dapat memberikan bekal pemahaman dalam evolusi wajah pada spesies yang lain. Sementara itu, penulis pendukung yang lain, Kausturbh Adhikari, menyampaikan temuan itu membantu peneliti memahami evolusi kehidupan manusia awal.

“Menemukan peran masing-masing gen membantu kami untuk mengumpulkan jalur evolusi Neandhertal hingga manusia modern” kata Adhikari yang merupakan ahli pengembangan biologi serta sel dari University College London.

Bagi dia, temuan studi ini membawa tim peneliti lebih dekat dalam memahami bagaimana gen mempengaruhi cara manusia melihat penerapan forensik. Hasil studi ini sudah dipublikasikan di jurnal Nature Communications terbitan 19 Mei.

Dan itulah pembahasan kami mengenai 8 Cara Memancungkan Hidung dengan Mudah dan Alami, dan kami harap semoga Postingan kali ini mengenai Cara Alami untuk Memancungkan Hidung di atas sedikitnya dapat memperluas cara pandang kamu untuk menghadapi masalah kurangnya kepercayaan diri karena bentuk hidung yang kurang mancung, apalagi bagi seorang perempuan yang kerap kali ingin tampil sempurna.

Dan mudah-mudahan tips di atas bisa membuatmu tampil lebih percaya diri, dan lagi cara-cara yang ada di atas adalah cara-cara yang alami, jadi kamu gak perlu takut untuk mencobanya, karena sama sekali tidak berbahaya, lho. Dan, tidak ada efek samping yang perlu kamu khawatirkan. Terima kasih ya atas kunjungannya. Salam sukses untuk kalian semuanya.

LEAVE A REPLY