Jangan Tunda Lakukan 6 Cara ini Kalau Kulit Kamu Sudah Jamuran!

0

Seruni – Musim hujan memberikan kesejukan dan kesuburan. Namun, kondisi lembap saat musim hujan jadi tempat yang sempurna bagi jamur untuk berkembang biak. Itu sebabnya jamur kulit menjadi penyakit yang paling umum selama musim hujan. Infeksi jamur ini bisa menyerang siapa saja, termasuk anggota keluarga Anda. Gejala jamur kulit biasanya gatal-gatal dan radang. Meski termasuk penyakit ringan, namun keberadaanya membuat kita tidak nyaman.

Penyebab munculnya jamur biasanya karena lifestyle atau kebiasaan Anda sehari-hari yang tidak higienis. Misalnya melewatkan mandi karena merasa tidak berkeringat saat musim hujan, memakai kaus kaki sepanjang hari, memakai kaus kaki atau celana ketat. Tidak menggunakan alas kaki di tempat lembap seperti sauna dan kamar mandi, melakukan kontak dengan orang yang menderita jamur kulit. Dan di musim hujan seperti sekarang, di mana banyak tempat terkena banjir dan genangan, kita seringkali terpaksa berjalan melewati air kotor tersebut. Akibatnya, jamur pun datang.

Tidak ingin aktivitas Anda terganggu gara-gara jamur? Berikut ini tips penting mencegah munculnya jamur kulit di musim hujan.

Krim Kaki dan Kuku

Image result for Krim Kaki dan Kuku
papasemar.com

Musim hujan dapat menyebabkan retakan pada kulit tangan dan kaki. Karena itu, jaga kesehatan kaki dan kuku, dengan mengoleskan krim setiap hari pada malam hari sebelum Anda pergi tidur. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah kulit pecah-pecah dan membuat kulit Anda sehat. Pasalnya, kuman dapat berkembang dengan mudah di sela-sela kulit yang pecah-pecah.

Biarkan Kaki Anda Bernapas

Related image
merdeka.com

Selama musim hujan, hindari mengenakan kaus kaki, karena ini membuat kaki Anda lembap dan menyebabkan infeksi jamur. Anda dapat memakai sepatu yang terbuka dan biarkan jari-jari kaki Anda bernapas. Dengan cara ini Anda dapat mencegah akumulasi keringat dan infeksi jamur. memungkinkan kaki Anda untuk bernapas.

Mandi Setiap Hari

Image result for shower
us.kohler.com

Meski musim hujan cuacanya bikin kita males mandi, tapi sebaiknya Anda tetap mandi, minimal 2 kali setiap hari. Jika tidak, bakteri dan jamur dapat menumpuk pada kulit dan menyebabkan berbagai infeksi. Jika takut air dingin, Anda mungkin bisa menggunakan air hangat. Dengan mandi setiap hari, Anda bisa mencegah pertumbuhan bakteri.

Gunakan Bedak

Image result for bedak tabur
journal.sociolla.com

Jika Anda gampang berkeringat, terutama di antara jari kaki, cobalah gunakan bedak untuk mencegah kaki Anda lembap. Hal ini dapat membantu dalam mengendalikan keringat, dan membuat kaki Anda segar.

Sabun Antibiotik

Image result for Sabun
satukesehatancorp.jimdo.com

Hindari infeksi jamur dengan menggunakan sabun atau mencuci tangan dan kaki dengan antibiotik. Ini akan membunuh kuman dan menjaga kulit Anda bebas dari kuman.

Krim Anti Jamur

Image result for Krim Anti Jamur
dokter.id

Jika pencegahan sudah dilakukan dan Anda masih terinfeksi jamur, cobalah atasi dengan obat kulit, bentuknya bisa berupa krim antijamur yang mengandung Klotrimazole. Senyawa ini berfungsi mengatasi jamur pada kulit, panu, kadas/kurap, kutu air dan ruam popok. Klotrimazole digunakan untuk pengobatan infeksi dermal yang disebabkan oleh spesies patogen dari dermatophytes, ragi dan Malassezia furfur. Cara kerjanya melawan pembelahan dan pertumbuhan organisme.

LEAVE A REPLY