19 Cara Mengobati Patah Hati, Dijamin Sukses Move On!

0
Gambar Via: hellosehat.com

Cara Mengobati Patah Hati – Beberapa orang pasti sempat mengalami putus cinta atau gagal dalam membina sebuah pernikahan. Perasaan dan kondisi yang dihadapi bisa membuat seseorang merasa tertekan hingga depresi. Tidak ada langkah pasti yang dapat menyembuhkan patah hati yang disebabkan oleh rasa sakit hati Anda, hanya waktu yang akan menyembuhkannya.

Gambar Via: ngomongbae.com

Prinsip seseorang dalam membina satu hubungan kadang-kadang berakhir dengan dramatis, perpisahan sangat terpaksa diambil jadi jalan alternatif paling baik. Tetapi, apakah Anda sempat berpikir kalau sesungguhnya tidak ada satu pun pihak yang diuntungkan dalam berakhirnya satu buah hubungan?

Gambar Via: hellosehat.com

Pernahkah Anda berdua merenungkan, bila awalnya Anda saling mencintai, lantaskenapa sekarang Anda saling menyakiti? Mengapa bahagia diawal perjumpaan tidak lagi Anda berdua rasakan sekarang? Apa yang mengakibatkan Anda berdua sekarang saling membenci? Pastinya hati Anda masing-masing yang bisa menjelaskannya. Berikut ini yaitu beberapa pemicu yang akhirnya membuat hati kita patah:

1. Membiarkan Orang Lain Merendahkan Anda

Gambar Via: hipwee.com

Tidak ada orang yang dapat benar-benar merasakan apa yang Anda rasakan, melihat kehidupan dari kacamata Anda, atau mengalami hal yang sama juga dengan Anda. Maka itu, tidak ada juga orang yang berhak menilai Anda, merendahkan, atau menyepelekan Anda.

2. Menyesali Keputusan yang Anda Perbuat

Gambar Via: vemale.com

Jangan sampai terus-menerus terpaku atau menyesali keputusan serta kekeliruan yang pernah Anda perbuat. Dari pada menyesali, lebih baik ambil pelajaran dari hal itu. Waktu serta pengalaman adalah guru paling baik untuk Anda untuk dapat membuat keputusan yang lebih baik kedepannya.

3. Tidak Menghargai Orang yang Anda Sayangi

Gambar Via: ariswildan.blogspot.co.id

Pastikan dulu Anda senantiasa menghargai tiap peristiwa yang Anda lewatkan dengan orang tercinta, baik orangtua, pasangan hidup, atau teman dekat. Karena waktu kebersamaan Anda sudah berlalu, Anda dapat mengingat kembali hal-hal indah yang Anda habiskan dengan mereka, bukanlah menyesali hal-hal yang tidak Anda lakukan untuk mereka.

4. Saat Ego Mengalahkan Anda

Gambar Via: asalesguy.com

Jangan biarkan ego mengalahkan serta menghancurkan hubungan Anda. Terkadang dalam pertikaian, mereka yang meminta maaf duluan yaitu mereka yang menang.

5. Membesarkan Permasalahan Kecil

Gambar Via: huffingtonpost.com

Marah akan hal-hal kecil dapat memperburuk situasi serta pada akhirnya cuma akan menyakiti diri Anda sendiri. Jadi kuat bukan berarti Anda mesti melawan tiap argumen kecil atau menyikapi segala suatu hal dengan komentar kasar. Tidak ada salahnya meninggalkan pertikaian serta mengalah untuk menghindari rasa sakit hati.

6. Bersikap Negatif

Gambar Via: forbes.com

Senantiasa tanamkan sikap positif, walaupun Anda tengah dirundung rasa sedih. Satu diantara cara untuk bahagia yaitu dengan melindungi serta mengatur pikiran Anda. Yakinlah, hal-hal terbaik dalam kehidupan Anda juga akan segera datang.

7. Tergesa-gesa Dalam Cinta

Gambar Via: shutterstock.com

Satu hubungan yang baik yaitu saat dua orang dapat saling menerima masa-masa lalu mereka, saling mencintai serta mensupport masa-masa sekarang hingga masa-masa depan. Jadi jangan sampai tergesa-gesa ketika memilih cinta. Temukan pasangan yang dapat membantu Anda untuk berkembang, bukan hanya mereka yang tergantung atau menutupi Anda dari dunia luar.

8. Bertahan untuk Mereka yang Tidak Mau Tinggal

Gambar Via: ributrukun.com

Mengatakan selamat tinggal pada seorang yang Anda sayangi memanglah menyakitkan, namun semakin lebih menyakitkan lagi bila Anda memaksakan hubungan dengan orang yang sesungguhnya tidak mencintai Anda. Bila pasangan Anda tidak mencintai Anda sama besarnya, untuk apa bertahan?

9. Mengabaikan Kritik

Gambar Via: hipwee.com

Seorang sahabat juga akan berkata jujur walaupun terasa menyakitkan. Jangan sampai selalu berasumsi kritik hanya diberikan oleh orang yang membenci Anda. Pahami juga kritik membangun yang diberikan orang lain serta cobalah belajar jadi pribadi yang lebih baik.

10. Menyerah Pada Diri Sendiri

Gambar Via: kitamuda.id

Rasa takut serta cemas tidak akan dapat membuat Anda maju, terlebih menyerah saat sebelum mencoba. Ingatlah, tidak ada kata terlambat untuk belajar serta mengejar cita-cita. Bila itu untuk kebahagiaan Anda, jangan sampai menyerah.

Tetapi, sekali lagi ingatlah, kalau tidak seorang pun yang diuntungkan bila perpisahan dipilih jadi jalan paling baik. Tidak ada kebahagiaan yang sejati dari berakhirnya satu hubungan, akan selalu saja ada pihak yang merasa diuntungkan serta dirugikan.

Di awal-awal berakhirnya satu hubungan rasa sakit hati nyaris tentu dialami oleh tiap orang, tetapi dengan tujuan untuk mendapat kehidupan yang lebih baik tak jarang masing-masing orang berupaya bertahan sekuat tenaga dari rasa sakit hati yang tengah dirasakannya. Saya tidak menginginkan Anda mengalami patah hati, tetapi bila sekarang Anda tengah merasakannya mudah-mudahan tips berikut ini bisa membantu Anda kuat serta sedikit meringankan rasa sakitnya:

1. Dapatkan Bantuan

Gambar Via: job-like.com

Walaupun Anda sudah berupaya sekuat tenaga serta dengan semua usaha untuk mengobati diri namun tetep tidak berhasil, coba untuk berkonsultasi dengan ahlinya (psikolog). Beberapa hal yang bisa membantu Anda untuk bangkit lagi, yaitu menerima anjuran objektif dari seorang rekan yang merupakan pendengar setia, bicara dengan rekan-rekan serta memusatkan perhatian supaya segera pulih dari sakit hati & kehilangan.

2. Singkirkan Barang-barang di Tempat Tinggal Anda yang Mengingatkan Anda Padanya

Gambar Via: hipwee.com

Bila Anda tinggal berdekatan dengannya, pindahlah untuk sementara waktu bila perlu. Singkirkan foto-fotonya, berhenti mendengarkan lagu-lagu yang sempat Anda berdua sukai. Buat situasi baru dengan membeli CD baru yang tidak ada hubungannya dengan kenangan masa-masa kemarin.

3. Berpikirlah Secara Dewasa

Gambar Via: kompasiana.com

Yakinkan diri Anda bila peristiwa itu memanglah harus terjadi. Yakinlah pada kekuatan diri Anda, masih banyak kebahagiaan di luar sana, Anda boleh gagal dengan satu orang, tetapi belum tentu dengan orang yang lain.

4. Berolahraga

Gambar Via: hellosehat.com

Aliran endorfin juga akan menambah semangat serta bisa membantu tubuh Anda tetap sehat, dengan olahraga bisa membantu Anda memepercepat proses pemulihan dari stres yang disebabkan terkurasnya tenaga dan pikiran lantaran rasa sakit karena patah hati.

5. Konsumsi Makanan Sehat

Gambar Via: makeup.uz

Stres yang Anda rasakan kadang-kadang membuat pola makan Anda tidak teratur, tetaplah konsumsi makanan yang sehat supaya Anda mempunyai cukup tenaga untuk berpikir dengan jernih menghadapi persoalan yang tengah menempa.

6. Jadilah Cengeng

Gambar Via: entertainment.analisadaily.com

Lelaki hidup dalam mitos kejantanan. Entah mengapa budaya anti cengeng dikalangan lelaki selalu dipertahankan. Untuk mitos itu, lelaki biasanya lebih suka memendam sendiri problemnya. Kata psikolog, itulah satu diantara pemicu kenapa lelaki lebih banyak bunuh diri karena patah hati dari pada perempuan. Jadi, bila kamu adalah seorang lelaki atau perempuan, cengeng bukanlah hal yang salah.

Orang yang patah hati wajib hukumnya untuk cengeng. Kita cuma butuh mengeluarkan isi hati kita, dan kita akan terperanjat setelah menemui fakta, banyak orang di luar sana yang bersedia mendengarkan kita. Tidak ada jalan lain untuk menyembuhkan tekanan yang bertumpuk-tumpuk di dalam hati selain mengeluarkannya.

7. Lawanlah Rasa Takut Anda

Gambar Via: strategimanajemen.net

Dengan berakhirnya satu hubungan yang terjadi secara mendadak, seperti dipaksa mengubah rutinitas dengan tiba-tiba. Supaya tidak takut menghadapinya berpikirlah bijaksana kalau Anda sudah mendapatkan pengalaman baru dari peristiwa ini, yakni pematangan emosi yang nyatanya dapat memperkuat karakter Anda.

8. Memperluas Pergaulan

Gambar Via: bramardianto.com

Rasa sedih yang mendalam seringkali dihadapi oleh seseorang yang relatif meratapi serta mengurung diri setelah berakhirnya satu hubungan. Perluaslah pergaulan dengan lingkungan sekitar Anda, bila dulu dia seringkali melarang Anda untuk bergaul dengan teman-teman, saat ini Anda mempunyai kebebasan untuk melakukannya.

9. Tingkatkan Keimanan

Gambar Via: ailehayati.com

Putus cinta memanglah membuat patah hati, rasa sakit yang tidak tertahankan terkadang membuat seseorang berpikir dan melakukan tindakan di luar batas kewajaran, bunuh diri misalnya. Tingkatkan keimanan Anda, carilah obat penyembuhnya dengan lebih banyak melakukan ibadah. Ingatlah kalau Tuhan sangat mencintai kita lebih dari pada segala hal yang ada di bumi ini. Ingatlah kalau hati yang senang adalah obat, namun semangat yang patah dapat keringkan tulang.

10. Putus Kontak Sementara

Gambar Via: bangka.tribunnews.com

Kamu harus memutuskan komunikasi untuk beberapa waktu. Mungkin saja hal semacam ini berat untuk anda. Tapi, bila anda masih tetap terus menghubungi serta berjumpa dengannya, Kamu jadi tidak akan bisa move on darinya. Kamu selalu terbayang-bayang bila tetap saja masih menghubunginya. Jadi, untuk sementara janganlah menghubunginya sedikitpun untuk buat hati Kamu lebih tenang dan dapat bangkit dari keterpurukan.

11. Sibukkan Diri Kamu

Gambar Via: life.idntimes.com

Jangan sampai terus memikirkan dia yang sudah mengkhianati cinta Kamu. Coba menyibukkan diri dengan hal-hal yang Kamu gemari. Kamu dapat belajar memasak, menonton film, berkebun atau hal-hal lain yang dapat membuat pikiran kamu tidak terpacu kepadanya. Hingga sedikit demi sedikit Kamu juga akan lupa pada Dia yang sudah membuat kamu sakit hati.

12. Sharing dengan Sahabat Dekat

Gambar Via: littleone.ru

Curhatlah pada sahabat dekat Kamu. Biarkan uneg-uneg Kamu keluar semua. Sahabat kita pastinya akan tahu apa yang kamu rasakan. Bahkan, mereka juga akan dengan senang hati menghibur Kamu supaya tidak terus memikirkan lelaki yang tidak penting. Dengan begitu, saya percaya kamu juga akan merasa lebih lega dan nyaman.

13. Menyanyilah Sesuka hatimu

Gambar Via: harianbernas.com

Menurut psikolog, menyanyi adalah aktivitas yang bisa membuat stress jadi hilang. Menyanyilah lagu yang membuat anda jadi semangat. Jangan malah menyanyikan lagu-lagu bertemakan patah hati. Maka dengan begitu, pikiran Kamu akan lebih terbuka untuk segera melupakannya.

14. Curahkan Isi Hati dengan Menulis

Gambar Via: thirdwaymedia.org

Tulislah apa yang kamu rasakan disebuah kertas. Bila Kamu kreatif, Kamu dapat menuliskannya dalam bentuk puisi. Puisi itu dapat anda gunakan untu mengikuti lomba naskah puisi yang akhir-akhir ini banyak diadakan. Jadi, selain dapat membuat hati lebih plong, puisi dapat juga berguna untuk diikutkan ke lomba.

15. Berliburlah ke Tempat yang Menyenangkan

Gambar Via: mebiso.com

Pergilah liburan dengan rekan atau keluarga Kamu. Kamu juga mesti pintar memilih lokasi untuk berlibur. Jangan sampai memilih tempat liburan yang pernah Kamu kunjungi dengan sang mantan. Karena, hal tersebut malah akan membuat kalian teringat kepadanya. Jadi, pilihlah tempat wisata yang belum pernah kalian kunjungi supaya dapat menambah wawasan baru.

16. Mencari Pengganti

Gambar Via: kelascinta.com

Patah hati mesti dilihat sebagai kondisi darurat. Sifatnya yang mendadak, memerlukan penanganan model ‘pemadam kebakaran’. Seperti korban gempa, korban pertama-tama mesti mencari shelter darurat, saat sebelum berpikir untuk membangun kembali puing-puing rumahnya. Begitu kekasih memutuskan anda, jangan sampai meratap. Berhenti mengasihani diri sendiri. Segera mencari kekasih baru.

Rasa sakit itu nikmat. Demikianlah cara depresi bekerja. Dia mengemas sakit hati jadi kenikmatan tersendiri. Pelan-pelan, hingga anda kehilangan tujuan akan waktu. Makin dalam anda larut oleh kenikmatan semu itu, makin susah anda keluar. Jangan sampai percaya dengan orang yang menyebutkan bila waktu dapat mengobati segalanya. Saya sendiri heran, mereka yang menyebutkan hal itu senantiasa lupa memberi jawaban, berapa lama waktu yang diperlukan; Satu bulan, satu tahun, atau seumur hidup?

Langkah tersebut cukup logis. Pikirkan apabila anda baru sadar dari depresi serta siap untuk mencari kekasih baru setelah berusia 55 tahun?

17. Jalani hobby serta jadilah produktif

Gambar Via: fotografia-dg.com

Contoh paling baik dari efektifitas cara ini yaitu musisi AH. AH tidak memerlukan waktu yang lama untuk bangkit saat separuh jiwanya pergi. Dia membuat sakit hati jadi energi positif. AH menjadikan patah hati sebagai ide untuk berkarya dari pada diratapi. Maka lahirlah karya, lengkap dengan simbol dua jari telunjuk bersilang, yang menurut saya, bahkan jauh lebih baik dibanding lagu ‘Berartinya Dirimu’ yang dinyanyikannya ketika jatuh cinta dulu.

AH tidak membiarkan dirinya terbelenggu sakit hati. Lewat tayangan infotainment, kita dapat melihat bagaimana dia menyibukkan diri dengan seabrek kegiatan. Hasilnya, seperti anda lihat sendiri. Saat ini AH sudah mendapatkan pengganti yang jauh lebih ranum, dan jelas saja bebas silikon.

18. Hadiri Pesta Pernikahan Mantan

Gambar Via: kelascinta.com

Yang paling menyakitkan, dari sekian banyak masalah patah hati, yaitu ditinggal kawin (opss, ada yg curcol). Tertutup sudah pintu untuk nyambung kembali. Semestinya, apabila anda menyadari kesempatan anda sudah selesai, anda segera bertindak untuk mengakhiri semua masa lalu dan perasaan anda pada sang mantan.

Jangan sampai berpikir untuk berdiam diri. Menumpuk kebencian pada mantan, dendam dan membanding-bandingkan mutu anda dengan pasangan sang mantan. Lantas anda menolak untuk hadir pada pesta resepsi mantan anda. Kenapa anda memikirkan orang yang sudah tidak memikirkan anda? Jangan berikan kemewahan itu pada mantan anda.

Segera ke salon. Benahi penampilan. Gunakan setelan, serta melangkahlah dengan tegap ke pelaminan. Jabat tangan mantan kekasih anda, suami atau istri mantan kekasih anda, dan ucapkan semoga sakinah, mawaddah, warahmah. Dalam kehidupan ini mungkin anda seringkali mengalami rasa lega tiap kali masalah hidup teratasi. Namun yakinlah, sensasi rasa lega ketika anda menghadiri pesta pernikahan mantan anda, benar-benar mengagumkan.

19. Ucapkan Rasa Terima Kasih Pada Mantan Kamu

Gambar Via: quotespicky.com

Meskipun Kamu sudah dibikin sakit hati sama mantan, sebaiknya kamu tetap mengingat kebaikan yang sudah dilakukan mantanmu, ucapkanlah terima kasih serta lakukan hal itu supaya hati kamu sedikit lebih tenang, hingga rasa kebencian Kamu sama mantan juga akan terasa berkurang, dan anggaplah kalau peristiwa ini tidak pernah terjadi, supaya tidak memperpanjang rasa sakit hati Kamu, yang ada bila Kita terus menerus sakit hati cuma akan membuat mantan besar kepala dan sombong, maka itu Kita tunjukkan kalau Kita bisa move on dengan mudah.

Ssssssssstt.. Siapa bilang patah hati cuma akan menguras air mata kamu? Tanpa kamu sadari, ketika patah hati, ada beberapa hal yang sesungguhnya menjelma jadi kebaikan untuk diri kamu sendiri, lho!

1. Anda Sudah Mencoba Sesuatu untuk Mendewasakan Diri

Gambar Via: ayuwahyundari.blogspot.co.id

Elizabeth Gilbert, seorang penulis novel dari film populer Eat Pray Love menyebutkan, bila Anda mengalami patah hati berarti Anda sudah temukan suatu hal yang baru. Hal semacam ini juga berlaku walaupun hubungan Anda tidak berhasil atau berantakan, paling tidak Anda sudah berusaha untuk menjalaninya.

Memang mungkin Anda atau pasangan Anda terluka, namun begitu Anda sudah banyak mempelajari beberapa hal baru sambil mendewasakan diri. Pendewasaan diri ini didapat tergantung bagaimana Anda bersikap serta berpikir tentang patah hati yang Anda rasakan.

2. Anda Menjadi Tambah Kuat

Gambar Via: henggytotora.blogspot.co.id

Satu diantara manfaat patah hati yaitu mendapat kekuatan dari rasa sedih dan kecewa yang didapat. Ketahanan didapat secara tidak langsung supaya Anda dapat memahami juga bila Anda dapat menangani rintangan patah hati. Jadi, apabila lain waktu Anda merasakan hal yang sama lagi, yakni patah hati, paling tidak Anda dapat bangkit kembali dari keterpurukan.

3. Anda Belajar Sesuatu untuk Mengintrospeksi Hal Mana yang Salah

Gambar Via: ciputrauceo.net

Saat hubungan Anda selesai, tentunya ada kesadaran diri yang bisa berkembang dan ada segelintir pertanyaan untuk memicu introspeksi diri lebih lanjut. Seperti apa pertanyaan tentang diri Anda, efek dari sebuah gaya hubungan, hingga prinsip satu sama lain yang dapat Anda perbaiki di waktu yang akan datang.

Setelah Anda menerka-nerka sambil memikirkan apa yang perlu diperbaiki dari diri Anda nantinya, sebaiknya putuskan untuk mendalami serta mengubah hal yang Anda anggap kurang baik. Lantas, saat Anda mulai mengubah tingkah laku serta menciptakan pribadi yang baru, Anda masih mempunyai keinginan bila hubungan berikutnya dapat berjalan lebih baik.

4. Mensyukuri Semua yang Ada, Termasuk Kehadiran Sang Mantan

Gambar Via: satujam.com

Semua hal dapat Anda syukuri, termasuk juga merasakan manfaat patah hati setelah putus cinta dengan mengambil sedikit rasa syukur. Bilamana hubungan Anda yang terdahulu membawa serta mendatangkan hikmah tersendiri. Contoh, Anda jadi lebih banyak belajar tentang hubungan, atau Anda dapat mengetahui letak kekeliruan Anda saat merajut hubungan yang serius. Biarkan kalau beberapa orang dari masa-masa lalu Anda jadi bagian dari cerita hidup Anda.

5. Realistis

Gambar Via: satuharapan.com

Patah hati juga akan membuat kamu sadar bila kamu tidak hidup di negeri dongeng. Jangan disangka bila semua cerita itu juga akan berakhir happy ending seperti dalam dongeng. Kamu jadi manusia biasa yang hidup di dunia nyata mesti mengerti bila kehidupan itu mempunyai banyak rasa, tidak cuma rasa manis saja yang dapat kamu rasakan, namun juga rasa pahitnya kehidupan. Kamu mesti jatuh bangun terlebih dulu untuk mendapatkan kebahagiaan. Patah hati dapat membuat kamu seakan dibangunkan dari tidur manis yang panjang dalam negeri dongeng serta kembali ke kehidupan nyatamu.

6. Mengubah Pandangan Mengenai Cinta

Gambar Via: bisikan.com

Patah hati dapat membuat orang mengubah pandangannya mengenai cinta. Kamu yang patah hati juga akan berpikir bila cinta tidak harus dibagi dengan pacar, namun dapat juga diberikan pada orangtua serta teman-teman di sekitar kamu. Dengan merasakan patah hati, kamu dapat juga mempertanyakan apa cinta kamu serta pasangan yaitu cinta sejati yang sebenarnya. Kamu jadi lebih pakar dalam urusan percintaan lantaran sudah merasakan sakitnya patah hati.

7. Mensyukuri Hidup

Gambar Via: mramadaniblog.wordpress.com

Ketika tengah patah hati, kamu juga akan melakukan semua jenis cara agar bisa melupakan rasa sakit yang kamu rasakan dengan menikmati hal-hal yang kamu sukai yang dulunya tidak sempat kamu lakukan sebelumnya. Kamu jadi lebih banyak waktu untuk dirimu sendiri hingga kamu jadi lebih menyayangi dirimu serta mensyukuri hidup yang kamu jalani sekarang. Saat orang mengalami patah hati, rata-rata dari mereka juga akan mendapatkan banyak hal positif yang menguntungkan diri mereka lantaran mereka mau berubah serta bangkit dari keterpurukan. Mereka juga lebih sensitif dengan lingkungan di sekitar mereka serta lebih bersyukur bila mereka masih mempunyai keluarga dan teman yang menyayangi mereka apa adanya.

8. Kuat dan Tegar

Gambar Via: thekopiairhujan.blogspot.co.id

Patah hati disebabkan oleh rasa sakit lantaran cinta yang kamu rasakan. Makin kuat rasa cintamu padanya, maka rasa sakit pada hatimu juga akan makin mendalam. Hal itulah yang membuat beberapa orang yang patah hati jadi lebih kuat serta tegar lantaran mereka sudah bangkit dari titik paling rendah dalam kehidupan percintaan mereka. Dalam percintaan, titik paling rendah yaitu ketika kalian dirundung patah hati lantaran kalian dapat alami galau, sedih, kecewa, marah, dan rasa sakit dalam waktu yang bersamaan.

9. Percaya Diri

Gambar Via: vebma.com

Coba kamu perhatikan sebagian temanmu yang baru saja sembuh dari patah hati. Rata-rata dari mereka tentu jadi tampil berbeda serta lebih percaya diri. Mereka yang sudah lebih kuat serta tegar juga akan memancarkan rasa percaya diri untuk membuka lembaran baru dalam kehidupan mereka. Mereka lebih percaya diri juga lantaran mau membuka peluang untuk cinta yang baru untuk datang menghampiri mereka.

Dan itulah pembahasan kami mengenai Cara Mengobati Patah Hati, untuk berbagai informasi yang kami sajikan pada kesempatan ini, harapannya semoga Postingan kali ini mengenai Cara Mengobati Patah Hati di atas sedikitnya dapat memperluas cara pandang kamu untuk menghadapi segala hal dalam hidup ini.

Dan yang terpenting sih bagi kamu yang saat ini sedang mencari cara untuk bisa benar-benar sembuh dari patah hati, dan mulai untuk jalan lagi, memulai semua lembar baru dalam hidup kamu, dengan cara menemukan orang yang tepat, agar tak perlu lagi patah hati di kemudian hari. Gimana? Siap dong buat move on? Terima kasih atas kunjungannya, ya. Dan salam sukses untuk sahabat semuanya.

LEAVE A REPLY