Cara Mengukur Tinggi Badan Diri Sendiri dengan Akurat!

0
Gambar Via: lahiya.com

Cara Mengukur Tinggi Badan – Mengukur sendiri tinggi tubuh itu mudah, kalau Anda pahami langkah dan cara-caranya. Anda bisa pula mengukurnya tiap saat Anda mau. Dan artikel ini akan kami tujukan untuk anda bisa mengetahui langkah mengukur tinggi tubuh/badan Anda melalui cara yang cepat, namun tetap akurat.

Gambar Via: merdeka.com

Menggunakan Pita Ukur

Kumpulkanlah alat-alat yang dibutuhkan untuk mengukur tinggi badan Anda. Pastikan Anda memiliki alat-alat seperti yang berikut ini:

  • Pita ukur, penggaris, atau meteran
  • Cermin
  • Pensil
  • Kotak kecil atau buku tebal

Pastikan dulu tempat yang sesuai untuk mengukur tinggi badan Anda. Ambillah tempat yang memenuhi persyaratan seperti yang berikut ini:

  1. Cari kotak kecil, cermin, serta pensil yang bisa Anda jangkau saat sebelum memulai. Peganglah kotak pada satu tangan, dan cermin serta pensil di tangan yang lainnya. Atau, tempatkan cermin pada paku dinding, supaya Anda tidak perlu memegang cermin.
  2. Lepaskan alas kaki Anda. ukurlah tinggi tubuh Anda sendiri ketika Anda sudah tidak menggunakan alas kaki, hingga tinggi tubuh Anda tidak termasuk juga dengan alas kaki.
  3. Lepaskan accessories yang ada di atas kepala Anda. Artinya, anda tidak disarankan menggunakan topi atau headband, dan sanggul serta rambut ekor kuda. Gerai rambut Anda serta pastikan juga jika rambut Anda datar di bagian atas kepala Anda.
  4. Cari permukaan yang datar, serta dinding yang padat. Berdirilah berlawanan dengan dinding dengan kedua kaki Anda.
  5. Buat tubuh Anda setegap mungkin yang anda bisa. Gerakkan tumit, bokong, bahu, dan kepala Anda supaya lurus berlawanan dengan dinding serta pastikan dulu seluruh sisi tubuh Anda menyentuh dinding. Buat tubuh Anda selurus mungkin yang anda bisa.
  6. Tempatkan kotak kecil tadi di atas kepala Anda, serta tempatkan berlawanan dengan dinding. Gunakan cermin untuk memastikan kotak itu horizontal. Memiringkan maupun membuat kotak itu terselip akan membuat pengukuran jadi tidak akurat.
  7. Tandai posisi paling atas kepala Anda pada dinding dengan pensil. Bila memungkinkan, jaga kotak pada posisinya, serta tandai dinding di antara kotak serta kepala Anda.
  8. Ukurlah dari lantai hingga tanda pensil yang sudah Anda buat sebelumnya dengan tali pengukur. Buat tali pengukur tetap lurus, berlawanan dengan dinding.

Tips

  • Coba untuk mencari dinding disamping engsel pintu. Engsel maupun pojok ruangan dapat berperan sebagai petunjuk supaya tali pengukur Anda bisa lurus ketika mengkalkulasi tinggi badan Anda.
  • Kerjakan pengukuran tubuh ini saat malam hari, atau setelah kegiatan harian Anda sudah selesai. Beberapa orang mengukur tinggi mereka sedikit lebih tinggi tepat setelah mereka bangun tidur.
  • Pada posisi terbaring, tulang belakang manusia akan memanjang secara horizontal, membuat tulang belakang Anda jadi lebih panjang. Bersamaan dengan aktifitas Anda berjalan tegak, tulang belakang Anda akan tersusun serta terkompresi, membuat tinggi Anda jadi stabil.
  • Memakai stadiometer yaitu cara yang baik untuk mendapatkan ukuran tinggi tubuh Anda sendiri secara akurat. Alat pengukur tinggi ini pada umumnya berbentuk digital dan yang perlu Anda kerjakan yaitu berdiri berlawanan dengan alat itu serta turunkan sisi atas alat itu pada kepala Anda. alat ini dapat Anda peroleh pada ruang kerja doctor serta beberapa fitness center.

Menggunakan Stadiometer

Gambar Via: us.secashop.com
  • Mencari satu stadiometer untuk membantu mengukur tinggi Anda. Mencari satu stadiometer di ruang kerja dokter atau di gimnasium.
  • Mencari stadiometer digital sebisa-bisanya. Menggunakan stadiometer digital dapat memberi hasil yang lebih akurat.
  • Mencari stadiometer yang terdiri dari penggaris dan penggeser datar yang Anda dapat atur untuk diletakkan pada kepala Anda.

Cobalah ajukan pertanyaan pada dokter untuk mengukur tinggi Anda dengan stadiometer. Siapkan diri Anda sebelum mulai mengukur tinggi tubuh. Lakukanlah beberapa hal berikut ini:

  • Lepaskan alas kaki dan juga kaus kaki Anda (jika sedang menggunakan kaus kaki). Ukur tinggi Anda ketika bertelanjang kaki karena sandal jepit, sepatu, dan bahkan juga kaus kaki anda akan mempengaruhi hasil pengukuran.
  • Lepaskan semua benda dari kepala Anda. Jangan sampai anda masih memakai topi, bando, atau pengikat rambut. Bersandarlah pada stadiometer untuk melindungi rambut Anda terus terjaga dalam posisi yang rata.
  • Berdirilah di atas basis stadiometer dengan kedua kaki Anda dan punggung menempel pada dinding. Berdirilah setegak mungkin yang anda bisa, dengan tumit, punggung, bahu, dan kepala menyentuh dinding. Angkat dagu Anda dan pandanglah lurus ke depan.
  • Posisikan juga lengan pengukur stadiometer ke atas kepala Anda. Lengan pengukur itu dapat bergerak ke atas dan ke bawah.
  • Pastikanlah agar lengan pengukur itu berkerja dengan benar sebelumnya pengukuran tinggi badan anda dimulai.
  • Anda mungkin saja perlu untuk melipat lengan pengukur itu agar berdiri tegak lurus dengan lantai.
  • Lihatlah tinggi Anda pada stadiometer. Menjauhlah dari bawah lengan pengukur itu setelah Anda mengaturnya dengan sesuai dan lihat hasil pengukuran.
  • Tinggi Anda akan dipertunjukkan pada tiang vertikal stadiometer.
  • Lihatlah pada panah yang menunjuk ke hasil pengukuran di bawah lengan pengukur.
  • Stadiometer digital akan memperlihatkan tinggi badan Anda pada sebuah monitor kecil.

Memakai Penggaris Sementara

Gambar Via: batam.tribunnews.com
  1. Siapkan penggaris yang bisa anda siapkan dengan menggunakan uang sepuluh ribu rupiah, benang, selotip, dan spidol. Ukurlah tinggi Anda menggunakan penggaris seketika waktu dan apabila Anda tidak memiliki pita ukur atau penggaris standard.
  2. Pertimbangkanlah cara ini apabila Anda perlu mengetahui tinggi badan anda dengan segera dan secepatnya dan sebelumnya anda belum pernah membeli atau mempunyai penggaris.
  3. Pengukuran ini tidak bersifat mutlak.
  4. Gunakan uang kertas dalam membantu Anda untuk membuat penggaris Anda. Buat penggaris dengan menggunakan uang sepuluh ribu amat sangat mudah karena uang sepuluh ribu di Indonesia (tahun emisi 2005 dengan design baru) memiliki panjang 145 mm.
  5. Letakkan uang di samping benang. Letakkan uang dan penggaris dengan tangan Anda.
  6. Tandai ujung uang pada benang menggunakan spidol dan ulangilah hingga mencapai 180 cm.
  7. Gunakan kertas lain bila Anda tidak memiliki uang sepuluh ribu.
  8. Gunakan penggaris sesaat seperti Anda menggunakan penggaris umum. Lekatkan seutas benang pada dinding menggunakan selotip.
  9. Pastikan agar jangan sampai benang terputus.
  10. Berdirilah tegak dengan kaki dan punggung Anda menempel ke dinding.
  11. Tandai ujung kepala Anda pada benang.
  12. Lihatlah benang untuk tahu tinggi Anda.

Tips

Ukurlah tubuh Anda saat pagi hari. Pada siang hari, tulang belakang kita memadat serta membuat kita lebih pendek. Ukurlah diri Anda saat pagi hari untuk mendapatkan tinggi Anda yang lengkap serta akurat.

Cara Mudah Mengukur Tinggi Badan Memakai Smartphone

Kecanggihan smartphone sekarang udah tidak perlu diragukan lagi. Dengan smartphone, anda tidak cuma dapat melakukan SMS serta telepon, namun juga main game, mendengarkan musik, sampai mengabadikan gambar lewat photo serta video. Bahkan juga kepentingan kerja juga dapat anda penuhi lewat sebuah smartphone.

Makin modern, iPhone 6s yang dilengkapi dengan teknologi Force Touch dapat dipakai sebagai timbangan digital. Namun tahukah anda, bagaimana caranya mengukur tinggi badan dengan memakai smartphone Android? Penasaran?

Cara Mengukur Tinggi Badan dengan Smartphone

Sesungguhnya sangat banyak sensor mutakhir yang dibekalkan pada smartphone. Tidak cuma sekedar sensor Ambient Light untuk fungsi dari Auto-Brightness; atau sensor Magnetik, Gyriscope serta Accelerometer untuk headset VR. Bahkan smartphone juga bisa jadi penggaris, lho!

Nah, satu diantara sensor yang akan dipakai untuk mengukur tinggi tubuh anda di smartphone yaitu Measurement Sensor. Mengenai aplikasi yang akan dipakai untuk mengukur tinggi tubuh kali ini yaitu Smart Measure.

Install aplikasi Smart Measure di smartphone anda.

Setelah ter-install, anda dapat langsung memakainya. Pertama-tama, yang perlu anda kerjakan yaitu mengukur jarak dari smartphone ke orang yang ingin dihitung tinggi badannya. Lantas click Get Distance.

Gambar Via: jalantikus.com

Panduan: Bidik ke bumi (permukaan tanah) ya. Contoh ingin mengkalkulasi tinggi rekan anda, maka tubuh teman anda mesti dikalkulasi juga antara jarak awalnya dengan sepatu. Setelah selesai, anda dapat mulai mengkalkulasi tinggi tubuh dengan menggunakan smartphone.

Gambar Via: jalantikus.com

Tidak cuma mengukur tinggi tubuh di smartphone, aplikasi Smart Measure dapat juga dipakai untuk mengkalkulasi lebar serta luas.

Gambar Via: jalantikus.com

Berikut Videonya:

Keren, kan? Dan cara penggunaannya pun mudah. Cara ini dapat anda pakai jika anda tidak ingin lagi menggunakan meteran manual untuk mengkalkulasi tinggi tubuh anda. Cukup kalkulasi tinggi tubuh anda memakai smartphone saja.

Rumus Cara Mengkalkulasi Tinggi Tubuh Maksimal

Tiap orang pastinya mendambakan tubuh yang tinggi ideal. Khawatir tidak bisa tumbuh tinggi sesuai sama apa yang diinginkan, maka ketika masih kanak-kanak, orang tua atau bahkan juga anak itu sendiri umumnya akan mencari beragam macam informasi mengenai bagaimana caranya supaya anak dapat tumbuh tinggi dengan maksimal.

Walau sebenarnya, tinggi optimal seseorang sesungguhnya dapat di ketahui atau diprediksikan, bahkan juga ketika masih dalam usia anak-anak. Lantaran ada rumus memprediksi tinggi anak bersumber pada tinggi orang tuanya. Berikut ini yaitu rumus mengkalkulasi tinggi tubuh bersumber pada tinggi tubuh orang tuanya:

Anak lelaki = (Tinggi Ibu + 13) + Tinggi Bapak (dalam cm) dibagi 2 ± 8,5 cm
Anak perempuan = (Tinggi Bapak – 13) + Tinggi Ibu (dalam cm) dibagi 2 ± 8,5 cm
Sebagai contoh, anak lelaki mempunyai ibu dengan tinggi tubuh 155 cm serta bapak 180 cm. Maka peluang si anak saat udah dewasa akan mempunyai tinggi optimal dalam kisaran antara 182,5 cm hingga 185,5 cm.

Untuk mendapat tinggi tubuh yang ideal ada beberapa aspek yang mempengaruhi, yakni aspek gizi serta lingkungan. Aspek gizi dalam soal ini yaitu protein untuk perkembangan serta perbaikan sel yang diikuti oleh gizi seimbang dari sumber yang lain. Lalu aspek lingkungan dalam soal ini memiliki arti yaitu berolahraga untuk memperlancar aliran darah serta membantu metabolisme supaya berjalan dengan baik (seperti berenang, lari, serta jenis aerobik lainnya).

Tetapi perlu di ketahui juga kalau penambahan tinggi tubuh seseorang bisa dikerjakan jika lempeng perkembangan yang ada di tulang panjang masih tetap terbuka. Lempeng itu terbuka pada saat umur pubertas serta baru akan menutup pada umur 20-21 tahun. Tetapi menutupnya lempeng perkembangan mesti dibuktikan dengan photo rontgen di beberapa daerah tulang.

Untuk mendapat tinggi tubuh yang ideal, yang Anda butuhkan hanya menjaga konsumsi nutrisi Anda yang cukup protein serta kalsium dan olahraga teratur. Untuk mendukung perkembangan yang maksimal di perlukan vitamin untuk kapabilitas tulang yakni vitamin D, kalsium, serta phospor. Seluruh vitamin itu terangkum dalam makanan yang memiliki kandungan protein, baik itu protein hewan atau nabati, dan unsur sayuran hijau.

Contoh protein hewani yakni: daging, ayam atau ikan, kerang, cumi, dan putih telur. Lalu untuk contoh protein nabati yakni: tahu tempe serta kacang-kacangan kering yang lainnya seperti kacang tanah, kacang hijau, kacang polong dan sebagainya. Tapi apabila keperluan nutrisi udah terpenuhi, maka untuk mendapat tubuh yang tinggi tidak lagi diperlukan suplemen.

Makanan untuk Meningkatkan tinggi tubuh Memang benar ada, tinggi tubuh secara umum amat ditetapkan oleh keturunan atau genetik, akan tetapi tidak bisa dipungkiri juga bila beberapa aspek eksternal spesifik serta gizi amat mempengaruhi. Mempunyai tubuh yang tingginya amat minim dengan kata lain pendek dapat pula dikarenakan perkembangan yang lambat lantaran konsumsi nutrisi yang tidak mencukupi. Dengan hal tersebut, melakukan diet yang seimbang yaitu amat perlu untuk meningkatkan prospek perkembangan terutama pada saat usia remaja untuk mendapat tubuh yang tinggi serta ideal.

Makanan serta berolahraga yang pas amat diperlukan untuk mencapai tinggi serta berat tubuh yang maksimal. Maka dari itu, pastikan dulu bila tubuh Anda udah mendapat beragam macam bentuk nutrisi untuk membangun otot yang kuat, ligamen, serta tendon. Diet Anda mesti terdiri dari banyak nutrisi seperti kalsium, mineral, vitamin serta protein. Berikut ini yaitu beberapa makanan yang Anda perlukan untuk meningkatkan tinggi tubuh anda:

Memiliki kandungan Protein

Protein yaitu pembangun tubuh kita, serta dengan hal tersebut akan amat membantu untuk menaikkan tinggi tubuh. Protein memiliki kandungan asam amino yang dibutuhkan untuk hormon perkembangan, serta amat penting untuk melindungi kesehatan tulang, otot, jaringan, organ, kulit serta gigi.

Memiliki kandungan Mineral

Makanan yang memiliki kandungan mineral seperti magnesium, fosfor, fluor, yodium, zat besi serta mangan juga penting untuk meningkatkan tinggi tubuh serta perkembangan. Kalsium yaitu mineral yang penting untuk perkembangan serta pemeliharaan tulang yang kuat. Minuman berkarbonasi, makanan rata-rata garam, gula, lemak serta kopi mesti dibatasi lantaran bisa menghambat kalsium, yang pastinya bisa mempengaruhi perkembangan tubuh Anda.

Memiliki kandungan Vitamin

Vitamin D yaitu amat penting untuk membantu penyerapan kalsium untuk tulang yang kuat serta sehat. Kekurangan vitamin D bisa mengakibatkan gangguan perkembangan, serta tulang yang lemah. Tidak hanya vitamin D, vitamin lain seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2 atau riboflavin, vitamin C, serta vitamin F juga dibutuhkan untuk perkembangan tubuh yang normal. Dan beberapa terdapat dalam buah-buahan serta sayuran.

Berikut ini yaitu daftar makanan yang bisa membantu Anda untuk meningkatkan tinggi tubuh secara alami:

Susu

Gambar Via: lifestyle.okezone.com

Kalsium amat penting untuk perkembangan serta pemeliharaan tulang yang kuat, dan membantu tingkatkan tinggi tubuh. Susu adalah sumber kalsium yang amat baik. Tidak hanya itu, susu juga memiliki kandungan vitamin A yang bermanfaat juga untuk menjaga kalsium dalam tubuh. Susu juga memiliki kandungan protein yang bantu membangun beberapa sel tubuh kita. Susu dapat dengan mudah diolah serta asimilasi untuk memfasilitasi protein secara optimal. Susu skim bebas lemak memiliki kandungan 100 persen protein. Sekurang-kurangnya ada 2 hingga 3 gelas susu yang disarankan untuk dikonsumsi setiap hari.

Produk Berbahan dasar Susu

Gambar Via: bravotv.com

Product susu seperti keju, paneer, yoghurt, serta es krim kaya akan vitamin A, B, D serta E, juga memiliki kandungan protein serta kalsium. Vitamin D serta kalsium khususnya yang penting bagi perkembangan tubuh. Kekurangan vitamin D bisa mengakibatkan pertambahan tinggi intensitasnya menjadi rendah.

Buah serta Sayuran

Gambar Via: kaltim.prokal.co

Tidak hanya bisa meningkatkan tinggi tubuh, namun buah-buahan serta sayuran juga penting bagi kesehatan yang optimal. Buah serta sayuran biasanya merupakan sumber tertinggi vitamin, serat, kalium serta asam folat. Vitamin A bermanfaat untuk membantu dalam perkembangan tulang serta jaringan. Buah-buahan seperti melon, jeruk, pepaya, mangga, markisa, semangka serta aprikot yang banyak mengandung vitamin A. Vitamin A juga diketemukan dalam sayuran berwarna seperti wortel, kacang polong, labu, brokoli, bayam, kubis, ubi jalar dan lain-lain. Tidak hanya itu, buah-buahan seperti jeruk, berry, kentang serta tomat juga memiliki kandungan vitamin C, di mana yang membantu perkembangan tulang yang sehat serta berperan pada tinggi tubuh.

Daging Ayam

Gambar Via: dream.co.id

Ayam yaitu satu diantara sumber protein paling tinggi di antara sumber hewani. Bahkan juga menyediakan beberapa protein untuk membangun jaringan serta otot tubuh.

Daging Sapi

Gambar Via: alodokter.com

Tidak hanya ayam, daging sapi juga adalah sumber penting protein hewani, namun daging juga memiliki kandungan lemak yang bisa meningkatkan kadar cholesterol.

Pati serta biji-bijian

Gambar Via: indra-update.web.id

Pati serta biji-bijian yaitu sumber paling utama energi untuk tubuh kita. Tidak hanya itu, mereka juga menyediakan vitamin B, serat, zat besi, magnesium serta selenium. Karena menyediakan kalori yang dibutuhkan, mesti ditingkatkan konsumsinya, terlebih pada saat umur kita memasuki masa-masa pubertas, saat anak-anak sedang dalam fase perkembangan yang cepat. Beras, Beras merah, popcorn, gandum serta pasta gandum berguna untuk perkembangan tubuh yang tepat.

Telur

Gambar Via: merdeka.com

Telur juga merupakan sumber protein yang baik. Albumen putih telur memiliki kandungan 100 persen protein, namun Anda harus juga membatasinya lantaran telur memiliki kandungan lemak. Telur juga memiliki kandungan vitamin B2 (riboflavin). Dalam rangka untuk meningkatkan tinggi tubuh, 3 hingga 6 butir telur dapat dikonsumsi setiap harinya.

Kedelai

Gambar Via: infokuberita.com

Kedelai memiliki kandungan protein paling tinggi di antara seluruh sumber makanan nabarti. Protein murni yang terdapat dalam kedelai akan meningkatkan massa tulang serta jaringan tubuh. Untuk meningkatkan tinggi tubuh, 50 gr kedelai disarankan untuk dikonsumsi setiap hari.

Oatmeal

Gambar Via: prevention.com

Oatmeal juga merupakan sumber protein nabati yang baik. Hal semacam ini juga akan bantu untuk meningkatkan massa otot serta mengurangi lemak. Disarankan untuk mengambil 50 gr oatmeal untuk sarapan setiap harinya.

Coral Calcium

Gambar Via: xbrain.co.uk

Seperti namanya, kalsium karang didapat dari karang laut. Ini bisa bantu untuk meningkatkan massa tulang, hingga akan mengakibatkan tulang dapat tumbuh lebih panjang. Kalsium ini mesti didapatkan pada umur dini untuk mendapat hasil yang optimal. Tinggi tubuh yaitu aspek genetik, namun dapat juga secara signifikan di pengaruhi oleh nutrisi yang pas dari makanan. Konsumsi makanan yang sehat, yang dibarengi dengan kegiatan fisik yang ideal yaitu cara yang hebat untuk meningkatkan tinggi tubuh Anda.

Dan itulah pembahasan kami mengenai Cara Mengukur Tinggi Badan Diri Sendiri dengan Akurat, dan kami harap semoga Postingan kali ini mengenai Cara Mengukur Tinggi Badan di atas sedikitnya dapat memperluas pengetahuan kamu mengenai cara atau tahapan-tahapan yang baik untuk Mengukur Tinggi Badan Sendiri.

Mudah-mudahan tips di atas bisa membuatmu sukses dan gak kebingungan lagi jika ingin mengukur tinggi badan, kapanpun kamu mau. Selamat mencoba dan ditunggu reportnya setelah mencoba tips dan trik di atas ya, terima kasih atas kunjungannya. Salam sukses untuk kalian semuanya.

loading...

LEAVE A REPLY