Cara Mengusir Tikus di Rumah dengan Mudah dan Ampuh!

0
Gambar Via: ummi-online.com

Cara Mengusir Tikus – Usaha mengusir tikus yang dapat dikerjakan amat beragam macam caranya yaitu bisa dengan menggunakan alat pengusir tikus seperti dengan toksin, lem tikus, pengusir tikus elektrik, obat pengusir tikus, jasa pembasmi tikus ataupun lewat cara alami.

Gambar Via: apakabardunia.com

Namun tidak semua orang melakukan cara tersebut, terlebih bila memakai toksin untuk mengusir tikus yang menjengkelkan itu, permasalahan yang akan dihadapi yaitu pada saat tikus sudah mengkonsumsi toksin itu, maka tikus akan mati di daerah yang sulit untuk dijangkau, hingga mengakibatkan bau bangkai, dan jika memakai lem tikus maka persoalan yang dihadapi yaitu mesti membuangnya, tentunya hal semacam itu amat menjijikkan, bukan? Buat anda yang tidak mau ribet, sebenarnya bisa saja menggunakan jasa pembasmi tikus untuk mengusir tikus di rumah. Namun jika anda menggunakan jasa pembasmi tikus, maka anda harus rela mengeluarkan uang lebih.

Siapa sih yang tidak tahu tikus, nyaris semua tempat tinggal di pastikan sukses jadi kediaman binatang pengerat yang satu ini. Geram sekali rasa-rasanya bila mereka mencari makanan serta membuat kerusakan. Umumnya yang memiliki tempat tinggal akan bertindak bila kerusakan serta permasalahan yang disebabkan oleh si tikus makin parah.

Sebenarnya, mengusir tikus di rumah bisa ditangani lewat cara alami yang mana langkah tersebut juga tidak mengeluarkan uang banyak. Nah, berikut ini adalah beberapa cara untuk membasmi tikus atau langkah mengusir tikus di rumah lewat cara alami yang sudah terbukti ampuh!

Sama juga dengan nyamuk, tikus juga membawa banyak dampak tidak baik pada kesehatan. Beberapa penyakit beresiko dapat juga disebabkan karena tikus. Oleh sebab itu kita mesti mengusirnya.

Lalu Mengapa tikus datang ke tempat tinggal?

Gambar Via: pertanian.tv

Tikus itu hewan pengerat, apa saja di makan olehnya. Tikus juga makan kabel listrik, ketika tidak menemukan makanan lezat kesukaannya. Tikus dapat datang ke tempat tinggal dari tempat-tempat kotor, tumpukan kayu, atau dari tempat tinggal tetangga yang lebih dahulu di huni oleh tikus. Saat ada jalan masuk walaupun lubang kecil dia pun bisa masuk ke tempat tinggal kita.

Tikus datang ke tempat tinggal untuk mencari makanan supaya dapat terus bertahan hidup. Tikus juga berkembang biak di rumah yang mereka tempati. Hal semacam ini membuat tempat tinggal jadi kotor dengan kotoran tikus dan menimbulkan bau tidak sedap. Tikus dapat juga datang dari lubang saluran air. Umpamanya saluran air pembuangan dari kamar mandi. Maka, anda harus rajin untuk mulai menutupi lubang pembuangan air di kamar mandi dengan jaring atau keramik yang dapat kita lepas ketika kita akan tidur.

Tikus dapat juga datang lewat atap tempat tinggal. Mereka bergerak dengan lincah mencari lubang yang dapat dijadikan jalan masuk ke rumah. Pastinya untuk mencegahnya, alangkah lebih baik bila kita gunakan plafon di bawah atap tempat tinggal. Tikus dapat juga masuk dari pintu yang terbuat dari kayu. Dia akan menggerogoti kayu serta melubanginya. Bila mungkin, di pinggir pintu kayu tempat tinggal berilah lapisan yang contohnya terbuat dari bahan logam.

Jenis tikus yang kerapkali membuat tidak nyaman

Gambar Via: caramengusirlalat.blogspot.co.id

Ada beberapa jenis tikus yang kita temui. Kita kerap lihat tikus yang besar, terkadang tikus kecil (curut). Tikus besar di sebut dengan tikus got. Dia sangat menyukai daerah yang basah. Serta tempat hidupnya umumnya di selokan pembuangan air. Bisa saja tikus got ini bertandang ke tempat tinggal anda hanya sebatas mencari makan.

Ada pula tikus rumahan atau tikus curut. Mereka kerap sembunyi di tempat tidur, di lemari, dapur bahkan juga rak-rak yang memiliki kolong. Tikus ini sering kita temui serta mereka merupakan penghuni tambahan tempat tinggal kita tanpa sedikitpun membayar uang sewa dan tidak ikut serta menjaga kebersihan rumah kita.

Tidak hanya itu ada pula tikus yang tempat bersembunyinya di atap tempat tinggal. Tikus itu disebut juga dengan tikus atap. Mereka tinggal di sela-sela kayu reng sebagai penyangga genting atap tempat tinggal. Memiliki bentuk tidak sebesar tikus got, serta tidak sekecil tikus curut.

Lantas mengapa kita mesti membasmi tikus?

Gambar Via: low0ngankerja.com

Tikus dapat sangat mengganggu kenyamanan kita di rumah. Tidak hanya kerap membuat gaduh, menghabiskan makanan di meja makan, menggigit kabel listrik, juga membuat kotoran yang berbau. Hal semacam ini dapat menyebabkan penyakit beresiko untuk kita. Kita membasmi tikus supaya tempat tinggal kita bersih, tidak jadi sarang penyakit yang di sebabkan oleh adanya tikus-tikus ini.

Dan, untuk membasmi tikus secara alami, anda bisa gunakan bahan-bahan seperti di bawah ini:

1. Peppermint (Daun mint)

Gambar Via: besthealthmag.ca

Cara membasmi tikus dengan cara alami yang pertama yakni dengan daun mint. Daun ini tidak cuma mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan tubuh saja, tetapi daun mint ini jadi satu diantara tanaman pengusir tikus, sebab tikus sangat tidak suka dengan aroma daun mint.

Belilah 1 atau 2 ikat daun mint, sesudah itu ambilah sarinya dan larutkan ke dalam air. Jika udah larut, semprotkanlah larutan itu ke daerah yang kerap didatangi maupun dilewati oleh tikus. Hingga tikus akan menghindari tempat yang di beri larutan mint itu, sangat dianjurkan untuk menanam pohon mint pada pot di sekitar tempat tinggal agar kita bisa lebih hemat.

2. Soda Pop (Bom Soda)

Gambar Via: medicalnewstoday.com

Satu studi menjelaskan kalau tikus tidak dapat bersendawa atau mengeluarkan beberapa gas yang ada di dalam badannya. Maka dari itulah bubuk atau cairan baking soda dapat dijadikan bahan untuk mengusir tikus.

Cara membasmi tikus dengan soda pop ini sangat gampang, yakni cuma dengan menyimpan maupun mencampurkan baking soda ke makanan yang disukai tikus. Bayangkan, jika makanan yang sudah di beri baking soda dikonsumsi oleh tikus, dan tidak dapat mengeluarkan beberapa gas yang datang dari reaksi cairan soda dengan asam. Maka perutnya akan menjadi kembung.

3. Saus Cabai, Air serta Deterjen Pakaian

Gambar Via: bacadata.com

Cara yang ketiga dilakukan untuk yang hobi berburu, yaitu dengan mencampurkan saus cabai terpedas dengan deterjen pakaian lantas dicampurkan ke dalam air dan setelah itu dimasukkan ke dalam botol spray. Nah, si pemburu tikus rumah mesti siap siaga dengan botol spray pedas di sebelahnya setiap saat.

Sehingga saat muka tikus atau sisi bokong tikus muncul tinggal semprot deh. Catatan penting, hati-hati memakai serta menyimpannya karena sangat beresiko, terutama bila terkena mata!

4. Ammonia

Gambar Via: simexperts.com

Ammonia adalah zat yang terdapat di dalam urin manusia, nah cairan itu juga dapat mengusir para tikus nakal yang bersembunyi di beberapa pojok tempat tinggal anda. Caranya yakni dengan menyemprotkan ammonia (jangan sampai terlalu banyak, atau seisi rumah kita bau pesing) ke beberapa daerah yang ditempati atau dilalui tikus.

Ammonia itu berperan untuk menyingkirkan tanda kekuasaan tikus, hingga tikus akan tersesat serta mencari teritori baru. Dijelaskan kalau tikus menandai daerah kekuasaannya dengan air kencingnya, nah dengan menyemprotkan ammonia yang berbeda, maka jejak serta kekuasanya akan hilang.

5. Suara Aneh

Gambar Via: okdogi.com

Selanjutnya yaitu memakai piranti apa pun yang bisa mengeluarkan bunyi-bunyian aneh, cara ini adalah yang paling mudah diantara poin-poin sebelumnya. Dapat memakai mainan yang masih tetap berfungsi tetapi udah tidak terpakai lagi.

Lantas menempatkannya di beberapa tempat yang senantiasa didatangi maupun dilewati oleh tikus. Tidak hanya membenci bunyi jangkrik, kucing serta anjing, tikus ini senantiasa merasa terganggu dengan bunyi-bunyian aneh yang belum pernah ia dengar sebelumnya.

6. Jangkrik

Gambar Via: gresik.co

Mengusir tikus di rumah dapat dikerjakan lewat cara memelihara hewan jangkrik, hewan ini dapat dibuktikan ampuh mengusir tikus tetapi jangan sampai jangkrik yang mengeluarkan suara nyaring, baiknya peliharalah jangkrik dengan suara tidak nyaring dan jangkrik aduan. Suara yang di keluarkan oleh jangkrik akan mengganggu pendengaran tikus, sebab tikus tidak suka pada daerah yang ramai dan kebisingan. Taruhlah hewan jangkrik di daerah yang sering di lewati atau di datangi tikus.

7. Kucing

Gambar Via: kucingpedia.com

Cara membasmi tikus tempat tinggal berikutnya yakni dengan memelihara kucing. Pastinya kita semua udah mengetahui jelas, kalau musuh dari tikus adalah kucing seperti pada kartun Tom And Jerry. Dengan pelihara kucing maka besar kemungkinan rumah anda akan bebas dari tikus. Cuma mendengar suara kucing saja, tikus-tikus akan lari ketakutan. Peliharalah kucing, entah itu kucing jantan maupun kucing betina, sebab tikus akan ketakutan untuk memasuki tempat tinggal jika di dalam tempat tinggal itu ada kucing di mana bisa saja kucing itu memangsanya.

8. Ular

Gambar Via: kedaipena.com

Ular juga yaitu musuh alami dari tikus. Di tempat di mana ada ular, di situ tikus tidak akan hidup. Namun jelas cara ini bukanlah saran untuk semua orang, ya.

9. Buah Mengkudu

Gambar Via: mengkudu.org

Jika memiliki buah mengkudu, anda dapat memakainya untuk mengusir tikus. Caranya sangat mudah, cuma dengan menghancurkan dan mencampurkannya dengan air lantas di siramkan ke daerah yang sering dilalui tikus. Cara seperti ini sangat pas untuk diaplikasikan dalam mengusir tikus di sawah maupun di gudang.

10. Buah Durian

Gambar Via: mnn.com

Buah pengusir tikus yang cukup efisien yaitu durian. Durian memiliki bau yang amat menyengat serta kulit buahnya juga memiliki duri yang tajam. Mengenai untuk mengusir tikus, anda dapat memakai daging buah durian serta kulit buah durian.

Daging durian yang amat menyengat amat tidak disenangi tikus serta membuat tikus malas untuk mendekat. Sedangkan kulit buah durian yang tajam juga ditakuti tikus.

11. Minyak Mint

Gambar Via: skin.co.id

Oleskan minyak yang berasal dari daun mint (Mentha codifolia) pada selembar karton serta tempatkan di beberapa tempat yang biasa dilewati oleh tikus. Tikus tidak akan datang lagi ke tempat itu karena tikus tidak suka dengan bau mint.

12. Kapur Barus

Gambar Via: rumahku.com

Tikus amat tidak menyukai bau-bauan harum yang amat menyengat contohnya yakni kapur barus. Dari hal itu kita dapat memakai kapur barus sebagai cara mencegah tikus itu yakni lewat cara memakai kapur barus. Caranya sangat gampang cuma dengan menyimpan kapur barus di tempat yang sering dilewati maupun didatangi tikus. Dengan hal tersebut hewan menyebalkan itu akan merasa terganggu dan akan memilih untuk pindah. Kapur barus pengusir tikus ini dapat Anda peroleh dengan mudah.

13. Batang Tanaman Berduri Tajam

Gambar Via: ackold.deviantart.com

Ada beberapa bentuk tanaman baik berkayu ataupun tidak yang berduri tajam, umpamanya pelapah salak serta beberapa bentuk batang tanaman hias berduri. Tempatkan beberapa potong tanaman khususnya yang berduri amat tajam di tempat tikus biasa berkeliaran. Tikus akan segan melewati tempat itu karena merasakan sakit bila terkena duri tajam.

14. Mewarnai/Mengecat Tubuh Tikus

Gambar Via: roperti.kompas.com

Cara membasmi tikus yang satu ini cukup unik, yaitu lewat cara memakai tikus itu. Bila anda tidak merasa jijik, tangkaplah satu diantara tikus dan lumurilah tikus itu dengan cat warna cerah contohnya Orange, biru atau merah.

Jika udah selesai di beri warna, kemudian lepaskanlah tikus setelah warna yang diberikan sudah kering. Pada saat tikus itu kembali pada asalnya atau kelompoknya yang terjadi yaitu kelompok tikus itu akan merasa takut dan tercerai berai.

Agar tempat tinggal benar-benar terbebas dari tikus, membasminya saja tidaklah cukup. Anda juga mesti melakukan pencegahan agar tikus-tikus itu tidak kembali lagi ke tempat tinggal anda.

15. Kamper

Gambar Via: kantorberitaindonesia.com

Kamper ini sama seperti kapur barus, maka ia sangat ampuh mengusir tikus. Kamper juga mudah ditemui di warung atau supermarket. Letakkan saja beberapa kamper di tempat yang kerap didatangi tikus. Hindari menyentuh kamper dengan tangan kosong.

16. Lada

Gambar Via: kantorberitaindonesia.com

Bau menyengat lada tidak cuma dapat membuat hidung manusia gatal, namun juga ampuh mengusir tikus. Cukup taburkan sedikit lada di sekitar beberapa pojok serta lubang-lubang di mana mereka tinggal. Anda akan lihat hasilnya nanti.

17. Daun Salam

Gambar Via: plus.google.com

Tikus itu gemar dengan makanan apa pun, termasuk juga daun salam. Namun saat mereka mengkonsumsinya, hal semacam itu benar-benar membunuh mereka. Simpan saja beberapa daun salam di daerah tikus. Terus ulangi proses ini hingga seluruh tikus pergi.

18. Bawang

Gambar Via: ahlinyapenyakitmata.web.id

Bawang amat efisien untuk menyingkirkan tikus secara alami. Bau bawang ini dianggap tikus sangat menjijikkan. Yang perlu Anda kerjakan hanya mengiris bawang serta menyimpannya di dalam atau dekat lubang mereka.

19. Membuat Perangkap Sendiri

Gambar Via: soulofjakarta.com

Membuat perangkap yaitu satu diantara cara paling baik untuk menyingkirkan tikus dengan cepat. Anda dapat memakai selai kacang serta keju yang menjadi makanan favorite tikus.

20. Rambut Manusia

Gambar Via: bacaan-hari.blogspot.co.id

Ini mungkin saja terdengar aneh, namun tikus tidak dapat tahan jika saja mereka melihat rambut manusia. Simpan saja beberapa helai rambut serta letakkan di dalam lubang tikus. Tidak lama, maka tikus-tikus itu akan makan rambut serta mereka akan mati.

21. Kotoran Sapi

Gambar Via: 4empat.blogspot.co.id

Baunya mungkin saja menyengat namun kotoran sapi adalah satu diantara cara paling baik untuk menghindari hewan pengerat itu masuk ke tempat tinggal. Ambil saja beberapa kotoran sapi serta sebarkan di daerah tempat tinggal anda yang biasa menjadi tempat kumpul tikus-tikus nakal itu.

22. Suara Bising

Gambar Via: merdeka.com

Suara saja mungkin saja terdengar tidak akan menyakiti mereka, namun suara spesifik dapat membuat telinga mereka berdarah, sedikit terdengar kejam, namun terbukti ampuh.

23. Bedak Bayi

Gambar Via: arrahman.id

Walaupun cara ini tidak terlalu efisien, tetapi Anda bisa mencobanya sesekali. Taburkan bedak bayi di beberapa pojok serta di sekitar lokasi tikus. Bedak bayi nyatanya bisa membunuh tikus juga, lho.

24. Steel Wool

Gambar Via: blog.growingwithscience.com

Mau menyingkirkan tikus di dinding tempat tinggal Anda? Cobalah buat hambatan memakai steel wool. Steel wool adalah lilitan besi yang kerap dipakai untuk mencuci piring.

25. Menggunakan Kulit Durian

Gambar Via: durenjawara.com

Buah ini amat disukai, sebab tidak cuma memiliki rasa yang lezat, buah ini juga dapat dipakai sebagai satu diantara cara mengusir tikus curut. Sisi buah durian yang bisa dipakai untuk membasmi tikus adalah sisi kulitnya. Potonglah kulit buah durian serta simpanlah di daerah yang sering dilewati tikus. Duri tajam dan aromanya yang menyengat akan mengusir tikus secara signifikan.

26. Buah Bintaro

Gambar Via: wismakreatif.com

Tumbuhan bintaro adalah bentuk tumbuhan pantai, yang mempunyai ketinggian pohon sekitar 12 meter. Buah bintaro sangat efisien sekali dalam mengusir tikus, caranya cukup ambil dua atau tiga buah bintaro lantas letakan di tempat yang kerap dilewati tikus

27. Daun Sirsak

Gambar Via: khasiatdaunsirsak.com

Tanaman sirsak mempunyai bau yang khas mulai dari bunga, daun, sampai buahnya. Untuk mengusir tikus yang di ambil daunnya, caranya sangat mudah sekali, anda tinggal letakan saja daun sirsak di tempat yang sering dilewati tikus-tikus nakal itu, contohnya gudang padi maupun dapur.

28. Daun Patah Tulang

Gambar Via: sehatraga.com

Tanaman patah tulang mempunyai nama latin Euphorbia Tirucalli, adalah tanaman yang ampuh dalam soal mengusir tikus. Getah yang ada pada tanaman itu dapat menangani tikus, cecurut, ataupu kadal. Anda dapat memakai getah tanaman ini di tempat yang banyak ada tikusnya, seperti gudang padi.

29. Daun Kayu Putih

Gambar Via: tanobat.com

Daun kayu putih dapat juga dijadikan alternatif pengusir tikus, bau yang dimiliki sangat menyengat dan berhasil membuat tikus akan pergi, cara memakainya yakni dengan memotong kecil-kecil daunnya, lantas letakkan di tempat yang udah biasa dilewati tikus.

30. Buah Kopi

Gambar Via: wisatagunungbromo.com

Buah pengusir tikus yang amat efisien yaitu kopi. Adapun biji atau buah kopi tidak disenangi tikus lantaran aromanya yang sangat mengganggu pernapasan tikus. Anda cuma perlu meletakkan buah kopi di tempat yang banyak tikusnya saja, maka tikus akan hilang.

Bila buah kopi sulit ditemukan, anda dapat memakai bubuk kopi hitam. Anda dapat juga mencoba sendiri untuk melakukan budidaya tanaman kopi. Selain bisa mengusir tikus, anda juga akan mempunyai hobi baru yang banyak manfaatnya, lho.

Bau-Bau yang Tidak Digemari Tikus

Apa sajakah bau-bau yang tidak digemari tikus? Nah, ini permasalahannya. Tidak semua orang tahu bau-bau seperti apa yang bisa membuat tikus malas mendekat. Akan tetapi, dari pengalaman mereka yang pernah berupaya keras mengusir tikus, berikut ini bau-bau menyengat yang bisa kita gunakan untuk mengusir tikus:

  • Bau Minyak Kayu Putih
  • Bau Tembakau
  • Bau Sirsak
  • Bau Cengkeh
  • Bau Durian
  • Bau Merica
  • Bau Mint
  • Bau Kopi

Itulah beberapa contoh bau-bau yang tidak digemari tikus. Memakai aroma yang cukup menyengat dari beragam macam bahan tersebut bisa dikerjakan dengan menyebarkannya di beberapa tempat yang yang kerap dijadikan jalan atau tempat bersembunyi tikus-tikus rumah yang membandel. Terkadang, supaya bau lebih tahan lama, beberapa bahan yang menjadi sumber dari bau-bau itu ditumbuk halus serta dicampur dengan minyak.

Dengan Beragam Macam Jenis cara di atas, jangan sampai lupa juga untuk:

Berburu Tikus

Gambar Via: merdeka.com

Cara berikutnya bila anda orangnya aktif, anda dapat berburu tikus. Sediakan perlengkapan tempur anda yakni dengan kombinasi cabai, deterjen, serta air. Lantas masukkan ke dalam botol spray atau dapat pula anda masukkan ke dalam mainan tembak air agar lebih keren saat anda gunakan untuk berburu nanti. Sediakan botol spray atau pistol air itu serta bawa ke manapun anda pergi.

Saat si tikusnya keluar, anda mesti sigap menembak muka atau sisi bokong dari tikus itu agar dia kepanasan. Inget ya, hati-hati dalam memakai serta menaruh spray dan pistol air pedes ini. Jangan sampai terkena adik anda atau bahkan anak anda, karena bila terkena kasian kan adik anda bisa merasakan perih yang lumayan parah. Soalnya bila adik anda sampai merasa keperihan, berarti anda mesti libur mainan sama adik anda selama beberapa hari. Maka dari itu hati-hati ya.

Sekali lagi bila anda anaknya hispter, ada cara unik juga lho bila ingin mengusir tikus. Caranya tangkap satu tikus, kemudian cat tubuh tikus itu dengan beberapa warna yang mencolok. Anda dapat gunakan cat kayu atau cat besi. Lalu lepaskan lagi deh tikus itu agar kembali pada beberapa rekannya.

Tikus-tikus lain yang melihat tikus warna-warni ini akan merasa takut serta pergi dari tempat tinggal anda. Memang sih langkah tersebut belum dapat dibuktikan efisien, namun sangat layak kok bila anda ingin mencobanya. Katanya anda anaknya hipster, masa menangkap tikus satu saja takut sih?

Simpan Makanan Dengan Baik

Gambar Via: naviri.org

Anda udah melakukan semua cara di atas namun tikusnya masih tetap balik lagi? Coba di cek deh, mungkin saja di rumah anda banyak makanan yang anda simpan asal-asalan. Karena satu diantara penyebab banyaknya tikus dirumah anda, tidak hanya kotor pastinya juga karena adanya makanan yang dapat dicuri dan dinikmati oleh tikus-tikus itu.

Bila makanan itu dimasukkan ke dalam wadah karton sih kemungkinannya akan tetap bisa untuk mereka bolongkan, karena mereka lihai dalam hal itu. Maka itu, ada baiknya simpan makanan anda baik-baik ke dalam wadah yang kedap udara seperti toples dan tutup yang rapat. Segera bersihkan sisa-sisa makanan setelah makan serta buang sampah yang ada di dalam tempat tinggal secara teratur setiap hari. Sebab sisa-sisa makanan di tempat sampah itu dapat juga mengundang tikus, lho.

Dan itulah pembahasan kami mengenai Cara Mengusir Tikus di Rumah anda, dan kami harap semoga Postingan kali ini mengenai Cara Mengusir Tikus di atas sedikitnya dapat memperbanyak referensi kamu untuk bisa sukses menjalani cara atau tahapan-tahapan yang baik untuk mengusir Tikus dari kediaman anda.

Mudah-mudahan tips di atas bisa membuatmu sukses punya rumah yang nyaman tanpa adanya gangguan dari tikus-tikus nakal, ya. Selamat mencoba dan ditunggu reportnya setelah mencoba tips dan trik di atas ya, terima kasih atas kunjungannya. Salam sukses untuk kalian semuanya.

LEAVE A REPLY