Punya Kesulitan Menghafal? Coba Beberapa Hal Ini Saja Yuk

0
277
gambar via: ayuningdpusparini.blogspot.com

Menghafal memang sering menjadi suatu kendala bagi banyak orang. Apalagi jika hafalan itu sangat penting, namun terkendala dengan memori otak yang kadang sulit untuk menghafal. Ada beberapa teknik yang bisa di lakukan, selain itu ada juga tips agar Anda mudah dalam menghafal.

Teknik Menghafal

gambar via: Artikel Terapi Otak

1. MNEMONIC

Apakah itu mnemonic? Pengertian mnemonic yaitu teknik langkah menghafal yang bersifat abstrak. Jadi teknik menghafal yang satu ini dengan merubah suatu kata yang abstrak menjadi benda nyata yang bisa kita bayangkan.

Teknik sistem Mnemonic bisa digolongkan menjadi 2, yakni:

a. Sistem Gambaran

Sistem gambaran itu yaitu teknik menghafal informasi yang abstrak dengan cara menggambarkan kata abstrak itu dalam sesuatu yang berbentuk nyata.

Contoh sistem gambaran:

Yogyakarta – bisa digambarkan dengan Borobudur.
Gembira – bisa digantikan dengan menggambarkan orang yang sedang bergembira.
Jakarta – akan lebih mudah kita ingat dengan menggambarkan Jakarta menjadi monas.

b. Sistem Persamaan Bunyi

Sistem persamaan bunyi merupakan sebuah teknik menghafal informasi berdasar pada bentuk persamaan bunyinya.

Contoh sistem persamaan bunyi:

Irak – akan lebih mudah diingat bila kita mengingatnya dengan kata rak
Singapura – akan lebih mudah diingat lewat cara mengingat kata singa

2. MEMORY SPORT

Sebenarnya otak manusia itu seperti otot, jika kita rajin olahraga atau rajin mengolahragakan otot kita, tentu saja otot itu akan bertambah kuat. Begitu juga dengan otak yang kita asah, jika kita rajin mengolah serta mengasah informasi pada otak kita, maka pastinya otak kita juga akan terbiasa. Ingatlah prinsip “Bisa Karena Biasa”, bila kita malas serta tak pernah ingin mengolahragakan otot atau otak kita, sudah pasti otot atau otak kita juga akan menjadi lemah. Jadi, sangat dianjurkan agar kita selalu mengolahragakan otak kita.

Salah satu langkah yang dapat kita lakukan untuk mengolahragakan otak kita yaitu dengan langkah memory sport itu sendiri. Anda bisa mencoba sesering mungkin untuk mengisi TTS, semakin rajin makin terlihat hasilnya. Inilah langkah yang paling mudah serta murah untuk mengolahragakan otak kita. Dengan Anda mengisi TTS itu, maka otomatis otak kita akan jadi terlatih agar bisa mengolah kata-kata sambil memperkuat daya ingat.

3. STORY SYSTEM

Story system merupakan teknik mengingat informasi memakai langkah menghubungkan informasi yang satu dengan informasi yang lain untuk dijadikan sebuah cerita.

Contoh Story system:
Ada beberapa kata yakni: awan – burung – baju – air – gunung – pistol – buaya – pohon – kawah – kelinci

Tentu Anda kesulitan untuk menghafalkan kata-kata itu. Teknik kali ini lah yang bisa mempermudah Anda dalam menghafalkan semua, Anda dapat memakai langkah menghafal story system ini, langkahnya yaitu dengan menggabungkan kalimat itu menjadi sebuah cerita.

Lihat ini:

Burung menggunakan baju terbang ke awan minum air, terbang lagi ke gunung serta bertemu kelinci yang membawa pistol untuk menembak buaya yang tidur di bawah pohon di dekat kawah.

Lewat cara membayangkan seperti itu, Anda akan jadi lebih mudah untuk menghafalkannya.

4. RELATION SISTEM

Relation system yaitu teknik mengingat informasi lewat cara menghubungkan informasi yang satu dengan informasi yang lain secara terikat. Relation system ini sering dipakai untuk menghafal suatu kalimat yang berpasangan seperti nama sungai serta provinsinya, nama negara serta ibu kotanya, serta beragam jenis kalimat berpasangan yang lain.

Faktor Penyebab Kurangnya Daya Ingat

gambar via: ayuningdpusparini.blogspot.com

Berkurangnya konsentrasi atau daya ingat seseorang (Anak/Orang tua), bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor penyebab, diantaranya:

Kurang Tidur

Pada seseorang yang mempunyai permasalahan dengan insomnia serta kurang tidur, sangat beresiko mengalami sering lupa. Itu karena dari hasil riset yang dilakukan oleh beberapa pakar memperlihatkan kalau manusia perlu sekurang-kurangnya 6 jam tidur atau beristirahat, jika tidakakan mengakibatkan kurangnya potensi maksimumnya.

Depresi

Tak banyak orang yang tahu kalau depresi dapat juga mengakibatkan lemahnya daya ingat seseorang. Serta yang paling berbahayanya lagi, depresi saat ini bisa terjadi pada siapapun, tak bergantung pada umur. Serta dalam masalah depresi yang cukup kuat, penderita sangat dianjurkan untuk melakukan konsultasi dari dokter-dokter yang berkompeten di bidangnya.

Alkohol serta obat-obatan

Seseorang yang kecanduan minuman mengandung alkohol serta beberapa jenis obat tertentu, bisa menyebabkan turunnya atau melemahnya daya ingat.

Penyakit tertentu

Terjadinya penurunan daya ingat dapat juga dipengaruhi oleh terdapatnya beberapa penyakit. Salah satu penyakit yang sangat mempengaruhi pada turunnya ingatan seseorang adalah diabetes dan Alzheimer.

Tips Menghafal

gambar via: Hipwee

Tak perlu khawatir jika Anda kesulitan untuk menghafal, berikut ini adalah beberapa tips untuk Anda menghafal.

1. Tentukan waktu yang tepat untuk menghafal

Saat Anda memiliki suatu berita yang mengagetkan lalu Anda sampaikan pada orang yang sedang marah, bagaimana respon orang itu? Pasti ia akan makin marah serta ia akan memarahi Anda. Coba apabila Anda sampaikan berita itu ketika ia tenang, mungkin saja responnya akan lebih baik serta bersahabat.

Waktu yang tepat akan menghasilkan hal yang diharapkan, maka menghafal lah pada saat yang tepat. Umumnya saat pagi hari dari mulai subuh hingga sekitar jam 10 pagi, karena ketika itu tubuh kita ada dalam situasi yang masih segar sesudah beristirahat semalaman. Namun janganlah menghafal pada saat baru bangun tidur, selain bisa mengakibatkan kerusakan mata, dapat juga membuat Anda tertidur lagi sesudah melihat hafalan yang sulit.

2. Mencari tempat yang cocok untuk menghafal

Mungkinkah kita makan di tempat yang menjijikkan? Secara normal selera makan kita pasti akan hilang. Kehidupan kita dipengaruhi oleh lingkungan sekitar kita, oleh karenanya bila ingin cerdas cari tempat yang ditempati orang-orang pintar agar ketularan pintar dari mereka. Meskipun ada pepatah yang mengatakan “emas akan tetap jadi emas meski dicampakkan ke dalam lumpur” (artinya orang yang cerdas tetaplah akan cerdas meskipun ada di tengah-tengah kelompok orang yang tidak pintar), namun manusia selalu dipengaruhi dengan apa yang ditempatinya.

Jadi cari tempat yang memungkinkan untuk menghafal secara nyaman, tak perlu mewah yang penting nyaman. Tentang kenyamanan ini umumnya bersifat relatif, misalnya ada orang yang suka dengan musik, namun ada pula yang lebih menyukai tempat yang jauh dari kebisingan. Intinya cari tempat yang nyaman serta memungkinkan untuk menghafal tanpa memperoleh gangguan.

3. Cari langkah supaya berkonsentrasi dalam menghafal

Musuh paling utama dalam menghafal yaitu buyarnya konsentrasi, walau sebenarnya konsentrasi merupakan hal yang sangat diperlukan dalam menghafal. Saat menghafal seringkali pikiran kita melayang tak tahu kemana mengkhayalkan hal-hal yang tak ada hubungannya dengan hafalan itu, sehingga waktu habis terbuang percuma bukan untuk menghafal. Serta janganlah berharap apa yang dihafal akan masuk ke otak bila Anda tak berkonsentrasi, karena memori itu hanya bersifat sensori yang bertahan di ingatan selama beberapa detik saja, lalu tak lagi dapat diingat kembali.

Salah satu langkah untuk meningkatkan daya konsentrasi yaitu dengan cara berdoa. Dengan berdoa jiwa kita akan tenang, sehingga mudah untuk berkonsentrasi. Dalam keadaan pikiran yang fresh seperti ini, membangun konsentrasi bukanlah hal yang susah.

4. Asosiasikan hafalan itu dengan hal-hal yang mudah diingat

Otak manusia pada dasarnya terdiri dari dua bagian, otak kanan serta otak kiri. Otak kiri cenderung berpikir secara rinci, rasional, berupa perhitungan, serta tidak bisa mengingat dalam periode waktu lama. Demikian sebaliknya otak kanan berpikir acak, hanya menurutkan perasaan, berupa perkiraan, namun dapat mengingat suatu hal lebih lama. Misalnya saat mengingat sesuatu, kita lebih mudah mengingat gambaran visual dari pada mengingat namanya. Hal semacam ini karena otak kanan bekerja dengan kreatif serta tak terpaku pada satu langkah saja, lewat cara kerja seperti ini segala sesuatunya jadi tak membosankan serta selalu dipenuhi dengan beberapa ide baru.

Jadi supaya ingatan tahan lama harus diasosiasikan dengan hal-hal lain yang mudah diingat serta unik, karena hal semacam itu akan menghindarkan dari tercampurnya ingatan yang dapat membuat kebingungan. Hal yang dianggap penting pasti akan terus menerus diingat karena ia dianggap berbeda dengan hal-hal lain yang beberapa biasa saja. Walau demikian, membuat semua hal jadi penting adalah hal yang susah. Solusinya, buatlah satu hal yang ingin diingat itu menjadi unik lewat pengasosiasian dengan hal yang mudah diingat. Misalnya apabila ada rumus atau istilah ilmiah mungkin dimiripkan dengan nama anggota keluarga Anda agar mudah diingat.

Contoh kasus lainnya yaitu suatu saat Anda lupa satu istilah, tak perlu terlalu memaksakan diri untuk mengingatnya, namun coba mengingat hal yang lain yang mungkin saja terkait dengan hal itu, ini akan membangkitkan ingatan itu dengan sendirinya.

5. Lakukan gerakan-gerakan kecil

Tips yang ini memanglah kedengarannya agak nyeleneh dari pada tips -tips yang lain, kadang-kadang ada hal-hal lama namun tak efektif serta harus didobrak. Selama ini langkah kita menghafal lebih sering dengan berdiam di satu tempat saja, namun langkah tersebut lebih cepat untuk membuat kita mengantuk daripada untuk menyerap hafalan. Saat telah mengantuk, jangan berharap materi yang dihafal akan masuk ke dalam ingatan.

Selain itu otak kita juga membutuhkan sirkulasi darah guna menyuplai oksigen yang sangat dibutuhkan otak agar tetap segar. Walau sebenarnya hanya dengan keadaan otak yang fresh kita bisa menghafal, dengan demikian tips ini sangat tepat untuk diterapkan. Langkah seperti ini dapat membuat otak menyerap materi lebih cepat. Tetapi tips ini bukan menyuruh Anda untuk menghafal di saat olahraga. Namun saat menghafal, coba sambil berjalan bolak-balik atau lakukan lompatan rendah, atau beberapa gerakan kecil yang lain yang memungkinkan untuk dikerjakan sambil menghafal, atau lebih baik lagi sambil lakukan senam otak. Namun ingat, janganlah menghafal sambil melakukan pekerjaan yang memerlukan konsentrasi yang tinggi, karena hal semacam ini malah akan menyebabkan bahaya.

6. Konsumsi makanan bergizi

Sebagai makhluk hidup, manusia memerlukan energi dalam menjalankan kegiatan sehari-hari. Untuk memenuhinya, manusia membutuhkan asupan makanan yang cukup. Selain itu makanan juga memiliki manfaat penting yang lain sebagai pembangun sel-sel tubuh serta pengganti sel-sel yang rusak. Tidak jauh berbeda, otak juga memerlukan zat-zat bergizi untuk menunjang kinerjanya.

Terdapat beberapa pilihan makanan untuk asupan otak, namun menurut riset ilmiah, beberapa makanan yang diperlukan agar memori tetap terjaga dengan baik yaitu: susu, telur, ikan, kerang, kacang, millet, jagung, lily, lada, bayam, jeruk, teh, nanas, wortel, alpukat, kubis, jamur, aprikot, anggur, serta blueberry. Lalu, hindarilah junk foods yang tidak berguna untuk tubuh. Dengan mengkonsumsi makanan bergizi, selain bisa memberi kecerdasan, artinya kita juga sudah menjaga kesehatan tubuh yang sangat berharga.

7. Istirahat yang cukup

Hal yang sering membuat siswa tidak berhasil dalam ujian yaitu karena mereka baru menghafal pelajaran pada malam sebelum ujian berlangsung (sistem kebut semalam). Walau sebenarnya di waktu itu tubuh telah benar-benar lelah serta perlu istirahat. Bila kita memaksakan diri untuk belajar, yang didapat hanya rasa mengantuk. Maka dari itu, janganlah sekali-kali menghafal di waktu tubuh sedang lelah. Lebih baik beristirahat dahulu supaya keadaan tubuh kembali segar.

Memaksakan diri bukanlah hal yang baik, malah akan menimbulkan hal negatif lainnya. Oleh karenanya, istirahat yang cukup merupakan hal yang sangat diperlukan untuk menghafal. Sejenius apapun seseorang, ia tentu memerlukan istirahat yang cukup agar dapat kembali menghasilkan beberapa ide brilian serta sekuat apapun seorang atlet ia tetaplah perlu istirahat agar menang dalam kompetisi. Demikian juga dengan menghafal, sebenarnya juga menguras energi yang banyak.

8. Jangan ragu untuk mengadakan ulangan-ulangan

Banyak yang berpikiran inilah tahapan paling repot serta menguras banyak konsentrasi dalam menghafal. Sebenarnya bila kita mengerjakannya lewat cara yang menyenangkan, pendapat ini tidak akan terjadi. Ada banyak langkah untuk melakukan pengulangan, seperti dengan menulis kembali apa yang dihafal, atau merekam suara lalu Anda mengulang-ngulang rekaman itu sambil mengulang-ngulang hafalan dengan mengikuti suara sendiri. Atau dapat juga mengggambar sesuai imajinasimu untuk mengungkapkan hafalan, serta bisa juga di jaman serba canggih ini Anda membuat animasi yang menggambarkan hafalan itu, menyenangkan bukan? Jadi terdapat beberapa langkah untuk melakukan pengulangan ini. Hingga terwujudlah apa yang dimaksud dengan ‘hafal luar kepala’ dan saat ini terjadi, Anda tak perlu khawatir ingatan itu akan hilang.

9. Dalami serta Pahami hal yang akan dihafal

Suatu waktu memperoleh tugas untuk menghafal istilah berbahasa Inggris, sementara Anda telah mahir berbahasa Inggris, pasti tak sulit untuk menghafal istilah itu bukan? Jadi lebih baik bila kita memahami apa serta mengerti apa yang kita hafal. Malahan menghafal dengan cara ini lebih cepat dari pada tanpa memahami makna hafalan itu, terutama pada rumus-rumus. Bila kita sudah mengetahui dasar penurunan rumus itu, maka rumus itu bukan lagi sebatas hafalan namun sudah menjadi ingatan yang sempurna di dalam otak.

Hal semacam ini terjadi karena saat akan memasukkan data, konsentrasi otak kita terbagi pada menghafal serta memahamkan hal yang asing di dalam otak. Apabila hal yang dihafal ternyata sudah dipahami dengan baik, sudah pasti saat kita menghafal otak tak perlu lagi memahamkan istilah yang asing itu. Sehingga akan lebih dipahami oleh otak serta hafalan akan mudah diserap.

10. Jangan terburu nafsu untuk cepat menghafal

Tips ini bermanfaat untuk hafalan banyak yang memakai target, seperti menghafal Qur an. Bila telah memiliki target per hari, patuhilah target itu. Kalau Anda dapat melampaui target itu, tak perlu terburu nafsu untuk mengambil langkah ke hafalan selanjutnya. Biarlah sedikit lama, namun hal semacam ini akan lebih efektif dari pada tergesa-gesa dalam menghafal.

Menghafal juga memerlukan waktu untuk mengulang-ulang kembali hafalan itu agar bisa terekam dengan sempurna di dalam otak. Sebenarnya untuk hafalan yang memakai target tak penting lamanya waktu dibutuhkan untuk menyelesaikan hafalan karena yang terutama yaitu konsistensi pada target yang sudah dibuat. Ketika hafalan itu banyak, tentunya waktu yang diperlukan untuk mengulang semakin banyak, bila ini tak terpenuhi, maka hafalan itu tidak akan mantap. Selain itu bila kita menghafal melebihi target kita akan malas menghafal materi hafalan setelah itu karena sombong serta merasa mudah pada hafalan itu. Bila sekali saja kita malas menghafal, maka untuk setelah itu kita akan malas menghafal.

Baca juga: 7 Cara Untuk Hemat Listrik Agar Tagihan Tidak Membengkak

loading...
SHARE

LEAVE A REPLY