Segala Hal Yang Harus Anda Ketahui Tentang Air Kelapa

0
gambar via: Pondok Ibu

Air kelapa, saat menyebut namanya saja telah terbayang bagaimana enaknya konsumsi air kelapa. Air kelapa memang sangat menyegarkan serta baik untuk tubuh lantaran bisa mengganti cairan tubuh yang hilang. Selain itu, air kelapa sendiri juga sangat mudah dijumpai.

Air kelapa yang cocok untuk diminum serta dikonsumsi yaitu air dari kelapa yang masih muda. Paling baik yaitu air kelapa yang daging buahnya masih tipis serta belum mengeras dan menebal. Ada banyak sekali jenis kelapa, tetapi yang paling umum yaitu 2 jenis, yakni air kelapa biasa serta air kelapa ijo.

Air kelapa ijo berasal dari jenis kelapa yang berbeda, yakni kelapa ijo. Umumnya perbedaannya terdapat dari warna kulit kelapa yang lebih hijau, serta sabut kelapa yang mempunyai unsur warna pink jika dikupas. Kelapa ijo sendiri diakui baik untuk kalangan ibu hamil serta menyusui, meskipun air kelapa muda biasa juga mempunyai banyak manfaat yang tidak terlalu berbeda jauh.

Air kelapa memiliki kandungan gula serta elektrolit yang bisa menyegarkan secara alami. Setiap 30 ml air kelapa hanya memiliki kandungan 5,45 kalori serta 1,3 gr gula. Bantu memenuhi keperluan mineral serta nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Setiap 30 ml air kelapa juga memiliki kandungan 61 mg potasium serta 5,45 mg sodium. Selain itu, air kelapa juga mempunyai kandungan vitamin C, kalsium, asam folat, zat besi, magnesium serta fosfor.

Manfaat Air Kelapa Hijau

1. Memiliki kandungan isotonik

Saat tubuh lesu serta mengalami dehidrasi, apalagi di saat siang yang sangat panas, air kelapa memiliki kandungan larutan isotonik yang dapat melakukan re-hidrasi pada tubuh, sehingga tubuh bisa fresh kembali.

Air kelapa banyak juga bertindak sebagai minuman elektrolit yang memiliki kandungan natrium, kalium, kalsium, serta magnesium.

Minuman kelapa hijau memang kaya akan potasium serta anti-oksidan, relatif rendah kalori serta gula. Beberapa pakar menuturkan kalau air kelapa adalah minuman olahraga, namun tetap tak dapat mengganti air putih sebagai sumber utama minuman sehari-hari untuk menghindari dehirasi.

Riset menunjukkan kalau porsi 12 ons air kelapa mempunyai lebih banyak kalium dibanding satu pisang. Air kelapa terkandung lebih banyak kalium daripada minuman olahraga kemasan.

Kandungan kalium di dalam air kelapa hijau berguna untuk menghilangkan kram otot. Chhandashri Bhattacharya, dosen kimia di Indiana University Southeast di New Albany melakukan penelitian pada air kelapa. Ia menemukan kalau minum air kelapa bisa menjadi pilihan yang baik untuk sebagian orang sebagai sarana hidrasi.

2. Untuk pencernaan

Air kelapa baik untuk pencernaan lantaran kandungannya yang rendah lemak serta kalori, yang juga dapat mencegah dari kelebihan berat badan.

Untuk Anda yang mengalami permasalahan pada organ sistem pencernaan, seperti permasalahan sulit buang air besar, dianjurkan untuk mengkonsumsi air kelapa hijau sebagai obatnya.

Kandungan yang ada di dalam air kelapa hijau bermanfaat untuk mengurai racun yang ada di tubuh, sehingga pada akhirnya racun serta kotoran yang ada di tubuh bisa dikeluarkan lewat sistem buang air besar secara lancar.

Air kelapa hijau bisa menaikkan kesehatan pencernaan serta metabolisme tubuh lewat enzim bioaktif, selain itu air kelapa juga bermanfaat untuk menenangkan usus yang terasa nyeri.

3. Mengatasi rambut rontok

Air kelapa dapat memperlancar saluran serta aliran darah di dalam tubuh, yang manfaatnya untuk menanggulangi permasalahan kerontokan pada rambut. Anda bisa mengatasi masalah rambut hanya dengan resep tradisional dari kelapa hijau saja, yang beberapa orang sudah merasakan manfaatnya, selain juga untuk menangani permasalahan ketombe. .

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat ramuan tradisional ini, yakni satu kelapa hijau serta satu sendok teh garam.

Langkah membuatnya, pertama-tama ambil kelapa hijau, lalu buat lubang pada buahnya (sama seperti saat mau meminum airnya). Kemudian tambahkan garam ke dalam air kelapa lewat lubang tersebut, selanjutnya diamkan di luar ruangan selama satu malam.

Air kelapa yang telah dicampur garam tersebut oleskan pada kulit kepala sampai ujung rambut, disarankan melakukannya menjelang saat tidur malam. Anda bisa memijat-mijat lembut pada kulit kepala yang sudah diolesi ramuan air kelapa tersebut, agar hasilnya lebih optimal. Lalu Anda dapat membungkus rambut dengan handuk, dan biarkan semalaman,

Atau bila tidak ingin serepot itu, dapat dengan membiarkan rambut yang baru saja diolesi ramuan air kelapa tersebut, biarkan 1-2 jam, lalu cuci rambut.

4. Membantu kerja sistem imun

Kandungan asam laurat yang ada di dalam air kelapa hijau, bertindak untuk membunuh virus serta bakteri, sehingga membantu tubuh dalam menjaga sistem imun (kekebalan tubuh).

Kandungan yang ada pada air kelapa dapat bertindak sebagai anti-biotik, anti-jamur serta anti-bakteri untuk mencegah penyakit, membantu untuk membersihkan tubuh dari bakteri yang mengakibatkan infeksi saluran kemih, penyakit gusi, serta beberapa permasalahan yang lain.

5. Menjaga kesehatan jantung

Air kelapa dapat menjadi minuman yang sangat baik serta bergizi untuk pasien jantung dan diabetes, serta membantu dalam usaha penurunan berat badan bila berat badan berlebihan, hal itu karena air kelapa tak mempunyai kandungan gula yang berlebihan.
Beberapa elektrolit yang ditemukan pada air kelapa, terutama kalsium serta magnesium, membantu untuk menurunkan resiko stres serta mencegah ketegangan otot.

Kekurangan mineral bisa menyebabkan resiko tinggi mengalami stres. Manfaat kalsium, selain melindungi gigi serta tulang, kalsium juga membantu relaksasi otot polos. membantu menjaga seluruh otot agar rileks, termasuk juga otot jantung, sehingga bermanfaat untuk menurunkan resiko serangan jantung.

6. Mengatasi serta mencegah infeksi

Air kelapa dapat juga bertindak sebagai “obat alami” yang bermanfaat untuk mengobati infeksi urin. Di negara-negara Asia di mana kelapa berlimpah, air kelapa dipakai untuk mencegah infeksi saluran kemih.

Air kelapa bisa menjadi diuretik alami untuk menghancurkan bakteri dari saluran kemih. Dengan meminum air kelapa bisa membunuh bakteri yang mengakibatkan infeksi ragi yang memicu infeksi saluran kemih. Bila wanita mengalami permasalahan infeksi pada vagina, maka dianjurkan sering minum air kelapa. Buah serta air kelapa muda juga dapat untuk mengobati infeksi urine.

7. Menurunkan berat badan

Banyak wanita yang mengkonsumsi obat-obatan untuk memperoleh berat badan ideal secara instan. Walau demikian pemakaian obat kimia untuk penurun berat badan pasti adaresikonya untuk kesehatan.

Selain itu, harga dari obat penurun berat badan seperti itu biasanya tidaklah murah. Oleh karena itu, yang lebih direkomendasi dalam usaha menurunkan berat badan yaitu rajin minum air kelapa hijau. Karena kandungan-kandungan yang ada di air kelapa hijau mempunyai manfaat untuk menurunkan berat badan secara alami.

Di dalam air kelapa hijau mempunyai kandungan lemak, kadar gula, serta kalori yang rendah. Selain itu, tak ada efek samping dari mengkonsumsi air kelapa hijau, sehingga dianjurkan minum air kepala sebagai “obat” penurun berat badan.

8. Menghilangkan dehidrasi

Air kelapa hijau sebenarnya memiliki kesamaan dengan cairan yang ada di dalam tubuh, serta kandungan elektrolit yang terdapat pada air kelapa hijau sangatlah tinggi. Kandungan elektrolit yang tinggi ini bermanfaat untuk menggantikan cairan yang hilang di dalam tubuh.

Kandungan lainnya pada air kelapa hijau yaitu potasium, manfaatnya untuk menjaga tekanan air di dalam sel serta darah, sehingga tubuh terlepas dari permasalahan kekurangan cairan, baik pada sel tubuh serta darah.

Air kelapa hijau sangat mudah diserap oleh tubuh, karena itulah air kelapa hijau dapat secara efektif untuk menyingkirkan dehidrasi pada tubuh.

9. Menetralisir racun dalam tubuh

Air kelapa hijau dapat menetralisir racun pada tubuh. Telah lama masyarakat meyakini kalau air kelapa hijau sangat efektif diandalkan untuk membuang racun yang ada di dalam tubuh.

Kandungan Tanin serta antidotum (anti toksin) di dalam air kelapa hijau sangat tinggi, selain itu tedapat kandungan enzim yang bekerja untuk mengurai zat toksin di dalam tubuh. Minum air kelapa hijau dapat membersihkan racun yang terakumulasi di dalam tubuh.

10. Menjaga kesehatan ginjal

Ginjal adalah organ yang fungsinya sangat penting untuk tubuh kita. Dengan mengkonsumsi air kelapa hijau dengan teratur, berguna untuk menjaga kesehatan ginjal. Banyak riset yang menemukan kalau air kelapa muda mempunyai sifat anti-virus, anti-bakteri, anti-inflamasi serta anti-oksidan. Untuk orang-orang yang mengalami penyakit ginjal, lebih rentan pada permasalahan infeksi serta inflamasi. Sehingga dengan mengonsumsi air kelapa adalah hal yang baik untuk mereka.

Minum air kelapa bisa menyediakan kecukupan pasokan cairan ke sel-sel ginjal, berguna untuk meningkatkan energi pasien, meningkatkan volume darah serta mencegah permasalahan kulit. Dengan semakin banyak energi, maka memberi manfaat pada pasien agar dapat melawan penyakit.

11. Menyembuhkan penyakit migran

Kandungan magnesium yang ada di dalam air kelapa hijau membantu untuk menurunkan tanda-tanda penyakit migran yang dirasakan, sehingga membantu supaya aktivitas keseharian bisa dilaksanakan dengan lancar.

Air kelapa bisa membantu untuk mencegah migrain, dengan kandungan magnesium yang dikandungnya. Air kelapa jadi langkah yang lezat untuk memperoleh kandungan magnesium yang cukup ke dalam sistem tubuh. Hal semacam ini lebih baik, daripada mengandalkan suplemen magnesium.

12. Memberi energi pada tubuh

Bila Anda mempunyai banyak kesibukan serta pekerjaan yang berat, maka air kelapa hijau dapat diandalkan sebagai minuman untuk memberi energi secara alami.

Kandungan vitamin yang mencukupi tubuh ada pada air kelapa hijau, yang dapat memberi energi tubuh untuk menjalani aktivitas. Agar lebih maksimal hasilnya serta rasanya lebih lezat, maka Anda dapat menambahkan madu ketika menkonsumsinya.

Air kelapa begitu penting keberadaannya dalam konflik perang waktu lalu. Saat itu, air kelapa kerap dipakai sebagai pengganti plasma darah, makanya waktu itu air kelapa sangat penting untuk keberlangsungan hidup para korban perang.

Air kelapa dianggap sebagai detoksifikasi yang termasuk paling sehat untuk tubuh. Air kelapa membantu untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh, membunuh bakteri yang mengakibatkan infeksi saluran kemih, kencing nanah, penyakit gusi, membunuh virus yang mengakibatkan influenza, mengatasi jenis penyakit menular serta tifus.

Minum air kelapa juga memberi manfaat besar untuk energi, yang bermanfaat untuk mereka yangmenderita kelelahan kronis.

13. Memperlambat penuaan

Air kelapa bisa membuat kulit terlihat lebih muda serta halus. Asam laurat serta sitokinin dikatakan bisa menyeimbangkan kandungan pH, menguatkan jaringan ikat, bahkan menurunkan resiko penyakit yang terkait dengan usia.

Anda dapat mengoleskan ke kulit untuk mengurangi jerawat, selulit, eksim, stretch mark, keriput, bintik-bintik usia serta kulit kendur. Meskipun kebenaran info ini perlu memperoleh bukti dari penelitian para ahli.

14. Menjaga tekanan darah tetap stabil

Air kelapa hijau yang mengandung magnesium serta kalium, membantu untuk menjaga tekanan darah secara alami supaya tetap stabil, untuk penderita darah tinggi.

Riset menunjukkan kalau air kelapa dapat melakukan perbaikan pada sirkulasi darah, serta menurunkan resiko serangan jantung dan stroke, kata Dr Bruce Fife, direktur Kelapa Research Center. Ia juga mengklaim kalau air kelapa juga bisa membantu meningkatkan HDL (kolesterol baik), mengurangi pembentukan plak, menjaga penyerapan gula serta meningkatkan sensitivitas insulin.

15. Kesehatan kulit

Beberapa alergi kulit dikarenakan terdapatnya virus, bakteri, atau jamur. Air kelapa hijau mempunyai sifat untuk mengurai virus, bakteri, serta jamur. Maka dengan rajin mengkonsumsi air kelapa hijau, dapat membantu untuk mengobati alergi pada kulit.

Permasalahan jerawat, kulit kering, kulit berminyak, bisa diatasi dengan memakai air kelapa (metode obat luar), caranya rendam bola kapas di air kelapa, selanjutnya tempelkan pada bagian kulit yang bermasalah.

Manfaatnya untuk membersihkan serta berikan kesegaran pada kulit. Air kelapa juga bisa diandalkan sebagai pembersih kulit alami.
Mengkonsumsi satu cangkir air kelapa per hari jugadapat melembabkan kulit, serta menjaganya supaya terus bercahaya sepanjang hari.

16. Menurunkan resiko depresi

Magnesium yang terdapat di dalam air kelapa telah terbukti dengan cara klinis membantu menyembuhkan gejala-gejala depresi.

Minum air kelapa dapat membantu Anda untuk menjaga keadaan pikiran yang sehat, hal semacam itu karena kandungan magnesium adalah mineral penting untuk menjaga fungsi otak.

Dengan, rajin mengkonsumsi air kelapa, bisa membantu Anda untuk mencapai suasana hati (mood) yang lebih positif, hingga kesibukan sehari-hari bisa dijalankan dengan kegembiaraan serta semangat.

Walaupun banyak manfaatnya, namun juga terdapat bahaya kita berlebihan minum air kelapa.

Berdasar pada keterangan medis dari Dokter Umum Klinik Keluarga Antasari Bandar Lampung, Dr. Yoshika Kurniasari, kalau sesudah melakukan kegiatan yang melelahkan yang mengeluarkan banyak keringat. Ternyata, minum air kelapa saja tidaklah cukup.

Hal itu lantaran saat mengeluarkan keringat, tubuh kekurangan sodium. Dan kandungan sodium di dalam air kelapa tidaklah mencukupi untuk mengganti kekurangan sodium di tubuh kita. Sehingga selain minum air kelapa, janganlah lupa untuk mengkonsumsi air mineral atau air putih.

Air kelapa memanglah minuman yang rendah lemak, walau demikian jangan jadikan air kelapa sebagai “obat penurun berat badan” sehingga menkonsumsi air kelapa secara berlebihan, yang malah mengakibatkan diare.

Meskipun asam amino di dalam air kelapa lebih tinggi daripada kandungan asam amino yang ada di susu sapi, bukan berarti kita berhenti minum susu serta menggantinya dengan air kelapa. Karena susu memiliki kandungan vitamin serta mineral yang lebih lengkap dibandingkan air kelapa. Jadi mengganti susu dengan air kelapa, dapat mengakibatkan Anda bisa mengalami kekurangan nutrisi.

Air kelapa memanglah berguna untuk penderita penyakit batu ginjal, akan tetapi mengkonsumsi cukup banyak air kelapa malah dapat beresiko untuk seseorang yang fungsi ginjalnya sudah mengalami penurunan, seperti yang paling buruk yakni bisa membahayakan jantung.

Sehingga butuh dilakukan kontrol secara menyeluruh pada penderita batu ginjal, lantaran kandungan kalium serta zat elektrolit lainnya di air kelapa dapat mengakibatkan resiko hiperkalemia.

Berapakah Jumlah Konsumsi yang Tepat?

Untuk orang Indonesia, mengkonsumsi air kelapa adalah hal yang umum. Air kelapa dijual dengan rasa alami atau dicampur beberapa bahan lain.

Air kelapa sebagai minuman sehari-hari bisa dianggap sebagai jus buah. Baiknya mengkonsumsi cukup sekitar satu gelas per hari. Walau termasuk sehat, satu hal yang perlu diingat yaitu air kelapa tetap memiliki kandungan kalori. Bila konsumsi air kelapa Anda setiap hari sekitar 236 ml per hari, maka Anda harus mengkalkulasi tambahan 45-60 kalori. Bila kemudian, kalori tambahan dari air kelapa itu tak dipakai oleh tubuh, maka bisa meningkatkan berat badan kurang lebih 2 kg setiap tahun.

Membuat Es Kelapa Yang Menyegarkan

Membuat es kelapa muda mungkin sudah biasa karena bahan-bahannya cukup sederhana dan mudah didapatkan. Berikut ini adalah resep es kelapa original dan juga es kelapa dengan tambahan leci dan selasih yang semakin dapat menyegarkan hari Anda.

Es Kelapa Leci Selasih

Bahan-bahan:

  • satu buah kelapa muda yang telah dikeruk daging empuknya
  • 200 ml sirup leci
  • 200 gram leci kalengan atau leci segar jika tersedia
  • satu sendok makan atau lebih biji selasih yang telah direndam sebelumnya
  • es batu secukupnya serta siapkan gelas atau mangkuk saji

Cara membuat:

  1. Membuat es kelapa muda yang istimewa dengan tambahan atau campuran buah leci serta biji selasih, bisa dimulai dengan cara mencampurkan kelapa muda dengan buah leci kalengan serta sirup buah leci
  2. Lalu masukkan satu sendok biji selasih dan beberapa sendok es batu sambil diaduk hingga tercampur merata
  3. Dan es kelapa muda pun siap untuk dituangkan kedalam gelas saji untuk kemudian disajikan dan dinikmati bersama-sama

Es Kelapa Muda Original

Bahan-bahan:

  • satu buah kelapa muda segar
  • satu kaleng susu kental manis
  • 1-2 jeruk lemon
  • sirop gula
  • Es batu serut

Cara Membuat:

  1. Siapkan mangkuk atau gelas saji lantas masukkan beberapa sendok makan buah kelapa segar dan tambahkan dengan beberapa sendok makan sirop gula (sesuaikan saja dengan selera)
  2. Setelah itu, masukkan perasan air jeruk lemon untuk rasa es kelapa muda yang jauh lebih istimewa dan segar, air lemon ini akan memberikan rasa asam yang alami yang mana cocok dikonsumsi disaat cuaca panas karena bermanfaat untuk melembabkan bibir dan melegakan tenggorokan
  3. Terakhir masukkan air kelapa muda yang tersedia dan tambahkan susu kental manis serta es batu secukupnya

Resep es kelapa muda apa pun yang Anda buat, baik es kelapa muda original maupun es kelapa muda yang dicampur dengan biji selasih dan buah leci, keduanya adalah minuman yang menyegarkan dan sangat cocok diminum disaat cuaca sedang panas menyengat.

Baca juga: 31 Jenis Makanan Yang Baik Untuk Penderita Kolesterol

LEAVE A REPLY