Explore, Dream, Discover: Tips Traveling ala Dokter Ratna si Penjelajah Bersepeda

0

Seruni.id – Twenty years from now you will be more disappointed by the things you didn’t do than the ones you did do. So throw off the bowlines. Sail away from the safe harbour. Catch the trade winds in your sails. Explore. Dream. Discover. – Mark Twain

Ratna Sari Intan bukan dokter biasa. Dokter Ratna juga merupan seorang petualang dengan menjelajahi dunia.

Selain mengelilingi benua Amerika, ia juga pernah mengunjungi Fiji, Namibia, Maroko, Malaysia, Singapura, Thailand, Nepal, Maladewa, Pakistan, Jerman, Austria, Belanda, Prancis, Inggris, Italia, Vatikan, Spanyol, Norwegia, Swedia, Denmark, Finlandia, Swiss, Lituania, hingga Slowakia.

Wow! Keren abis! Bisa dibilang, dokter spesialis penyakit dalam asal Jakarta itu sudah pernah mengunjungi hampir semua benua di bumi ini. Kecuali Antartika yang belum dikunjungi dokter Ratna.

Ratna yang sejak kecil telah terbiasa hidup berpindah-pindah tempat itu meyakini bahwa pengalaman lebih penting daripada harta. Oleh sebab itu sejak lulus kuliah dan bekerja di Jerman, ia mulai giat menabung untuk membiayai petualangannya.

Dokter Ratna yang pernah bepergian ke banyak negara itu mencoba berbagi sejumlah tips traveling. Yuks disimak ya.

Pertama, Mengelola Keuangan Selama Perjalanan

Selama bertualang mengelilingi benua Amerika dengan bersepeda bersama suaminya, warga negara Jerman bernama Patrick Pondl, Ratna mengaku berusaha berhemat semaksimal mungkin.

Dalam perjalanan, ia pernah tinggal di rumah penduduk setempat dan diberi makanan oleh mereka. Ratna menuturkan bahwa di internet ada website Warmshowers.org atau Couchsurfing.com di mana kita bisa tinggal dengan penduduk lokal.

Di Amerika Latin kita juga bisa camping di sekolah, gedung pertemuan, gereja, (gedung) firefighter (pemadam kebakaran), atau di rumah penduduk setempat.

Kedua, Cara Mempelajari Budaya Masyarakat Setempat

Ratna yang menguasai 3 bahasa, yaitu bahasa Inggris, Jerman, dan Spanyol dasar itu menyarankan agar para traveler untuk berbaur dengan warga setempat ketika bepergian.

Menurut Ratna, “Cara paling efisien untuk mempelajari budaya setempat yaitu meluangkan waktu, tinggal beberapa hari dengan penduduk lokal. (Sebab) melalui mereka kita bisa mendapat pengetahuan mengenai budaya lokal.”

Ketiga, Cara Menjaga Kesehatan Selama Traveling

Kesehatan selama perjalanan harus dijaga. Bagaimana mau melakukan perjalanan jika kesehatan kita tidak prima?

Bagi Ratna, menjaga kebersihan adalah sebuah keharusan. Ratna selalu menjaga ke-higienis-an selama perjalanan, seperti cuci tangan setelah buang air kecil atau besar dan sebelum makan, makan buah yang ada kulitnya, sikat gigi dengan air bersih.

Dengan banyaknya pengalaman mengunjungi banyak tempat dan orang, semakin banyak pula jawaban dan pertanyaan yang muncul di benak Ratna. Sebagai seorang traveler, Ratna yang berkeinginan bersepeda mengelilingi Indonesia di lain kesempatan, juga memiliki sebuah pertanyaan untuk para traveler lain.

 

Ratna yang saat ini berada di Bolivia berucap terima kasih karena bisa berbagi cerita dengan banyak orang tentang perjalannanya tersebut. Ia juga bertitip pesan, siapa pun yang ingin mengetahui lebih lanjut cerita perjalanannya, dapat membuka akun Instagram dan Facebook HikeBiketheWorld.

Menarik sekali ya. Adakah di antara anda yang ingin menyusul jejak Dokter Ratna?
-Arum Afriani Dewi-
Sumber: Kumparan

LEAVE A REPLY