26 Fakta Kopi Yang Harus Diketahui Para Pecinta Kopi

0
fakta-fakta kopi. gambar via: Penabiru

Siapa yang tidak suka kopi? Meminum kopi sekarang ini sudah menjadi budaya tersendiri bagi orang Indonesia. Saat ini juga banyak kedai-kedai kopi yang bermunculan, demi memenuhi keinginan orang-orang yang mulai gemar minum kopi. Kadang pula orang yang sedang merasa stress akan memilih untuk meminum kopi dan berkumpul bersama teman-temannya di warung kopi untuk menyegarkan kembali pikirannya.

Kopi yang terkenal sebagai pembangkit semangat di kala mengantuk ini ternyata memiliki fakta-fakta yang kebanyakan belum diketahui banyak orang lho. Berikut ini adalah fakta-fakta tentang kopi.

1. Tubuh Tidak Membutuhkan Kopi Saat Terjaga

fakta-fakta kopi. gambar via: Penabiru
fakta kopi yang pertama, yaitu tubuh tidak memerlukan kopi saat baru terjaga. karena sebenarnya tubuh sudah memproduksi kortisol, yang efeknya sama dengan kopi. kalau kamu mengkonsumsi kopi saat tubuh memproduksi kortisol, kamu akan malah kecanduan kopi. gambar via: Penabiru

Di dalam tubuh manusia, secara alami akan diproduksi hormone yang disebut dengan kortisol. Hormone ini efeknya menyerupai kafein yang terdapat dalam kopi. Kortisol dibuat pada saat-saat tertentu setiap harinya, berdasarkan dengan ritme sirkadian tubuh manusia. Jadi sangat penting bagi kamu yang suka minum kopi untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk minum kopi.

Ahli syaraf di Uniformed Services University of the Health Sciences di Bethesda, Steven Miller, mengatakan, minum kafein, termasuk juga kopi, sebaiknya dilakukan sesudah jam 09.00 pagi. Menurut riset yang telah dilakukan, hormon kortisol yang ada pada tubuh pada saat pagi akan meningkat, khususnya pada jam 08.00-09.00 pagi. Apabila tubuh mengonsumsi kafein di saat hormon kortisol tinggi, hal itu akan membuat tubuh menjadi kecanduan. Selain itu jangan juga mengkonsumsi kopi atau kafein dalam jangka waktu 6 jam sebelum waktu tidurmu, agar waktu tidurmu tidak terganggu karena kamu masih terjaga karena efek kafein dalam kopi tersebut.

2. Kopi Tidak Membuat Lebih Cepat Dehidrasi

fakta kopi. gambar via: fbi bali radio 91.8
fakta kopi lainnya yaitu sebenarnya kopi tidak membuat seseorang menjadi dehidrasi. jika dikonsumsi dalam jumlah normal, kopi tidak akan mempengaruhi output urin seseorang. gambar via: fbi bali radio 91.8

Banyak orang yang berpikiran bahwa kafein yang terdapat dalam kopi akan menjadikan seseorang lebih cepat merasa dehidrasi. Pendapat tersebut tidak sepenuhnya benar kok, jika memang kopi dikonsumsi dalam jumlah yang normal ya. Bahkan, penelitian menunjukkan output urin seseorang tidak begitu berpengaruh ketika orang tersebut mengkonsumsi minuman yang memiliki kafein atau yang tidak berkafein. Jadi tak perlu takut untuk mengkonsumsi kopi, selama dalam jumlah yang tidak berlebihan. Karena suatu yang berlebihan itu tidak akan baik.

3. Awal Mula “Kekuatan” Kopi Ditemukan Oleh Kambing

fakta kopi. gambar via: Efek Gila
awal efek kopi dulunya ditemukan oleh kambing yang digembala di ladang pohon kopi. kambing-kambing gembala itu mulai bergerak lincah setelah memakan buah kopi di daerah tersebut. gambar via: Efek Gila

Dulu, efek kafein pada kopi, pertama kali disaksikan oleh para gembala di Ethiopia yang sedang menggiring kambing mereka ke daerah yang terdapat tanaman kopi. Pada saat itu kambing-kambing gembala tersebut memakan buah kopi di daerah itu, dan mulai bergerak dengan lincah seperti sedang menari.

4. Kopi Memiliki Banyak Manfaat Untuk Tubuh

fakta kopi. gambar via: PegiPegi
kopi itu ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. mulai dari melawan radikal bebas, merendahkan resiko penyakit parkinson, diabetes tipe II, alzheimer, demensia, dan lainnya. gambar via: PegiPegi

Di dalam kopi terdapat kandungan banyak antioksidan yang akan membantu tubuh untuk melawan radikal bebas. Hal itu juga yang membuat peminum kopi lebih rendah terkena resiko penyakit Parkinson yang belum ditemukan obatnya, Diabetes Tipe II dan masalah jantung tertentu. Namun kebanyakan peminum kopi, sering memiliki kebiasaan yang tidak sehat, yaitu seperti merokok dan minum alkohol. Karena nikotin memiliki efek mempercepat penghapusan kafein dari tubuh dan perokok merasa perlu untuk mempertahankan tingkat kafein dalam tubuh sehingga meningkatkan asupan kafein. Tetapi penelitian tersebut masih harus disesuaikan dengan faktor-faktor lain seperti olahraga, gaya hidup, dan pola makan.

Selain itu kopi juga bisa memperkecil resiko penyakit Alzheimer dan demensia yang biasanya ditandai dengan melemahnya daya ingat, gangguan otak dalam melakukan perencanaan, penalaran, persepsi dan juga berbahasa, yang biasanya di derita oleh orang yang sudah berumur 65 tahun ke atas. Bahkan dengan minum 4 cangkir kopi sehari, bisa membantu mengurangi 80% kemungkinan pengembangan sirosis, atau kondisi di mana berkembangnya beberapa penyakit yang mempengaruhi kesehatan hati. Dan dengan meminum dua cangkir kopi berkafein setiap harinya, akan meningkatkan memori jangka pendek serta kecepatan reaksi.

Kopi juga dipercaya dapat meningkatkan energy dan membuat seseorang menjadi lebih cerdas, karena kafein yang ada dalam kopi akan diserap ke dalam aliran darah dan mengalir ke otak.

5. Kopi Mengandung Nutrisi Penting dan Bisa Membakar Lemak

fakta kopi. gambar via: Tips hidup sehat
fakta kopi selanjutnya yaitu di dalam kopi terdapat banyak nutrisi penting dan juga bisa membantu membakar lemak. makanya kopi itu sangat cocok dikonsumsi oleh orang yang sedang dalam masa diet. namun tetap perlu diingat bahwa konsumsilah kopi secara wajar dan jangan berlebihan. gambar via: Tips hidup sehat

Dalam secangkir kopi terdapat vitamin B2 sebanyak 11% dari jumlah yang disarankan setiap harinya, 6% vitamin B5, dan 3% Mangan dan Kalium. Tetapi, lebih baik pilih kopi yang tanpa bahan kimia, dan juga dihidangkan dengan gula yang tidak berlebihan. Kopi tersebut akan jauh lebih terasa nutrisinya.

Beberapa studi juga membuktikan bahwa kafein dalam kopi bisa meningkatkan metabolisme tubuh sebanyak 3-11%. Karena kafein memang suatu bahan kimia alami yang memiliki kekuatan untuk mendorong proses pembakaran lemak. Jadi kopi itu baik untuk dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalankan program diet. Namun perlu diingat bahwa konsumsi kopi tersebut jangan menggunakan tambahan gula dan harus dikonsumsi dalam jumlah yang normal dan jangan berlebihan. Karena gula yang ditambahkan ke dalam kopi malah akan membuat manfaat kopi menjadi berkurang. Ya setidaknya sesekali minum kopi yang memakai gula tidak mengapa kok.

6. Kafein Adalah Kristal

fakta kopi. gambar via: Menu Diet Cepat Dan Sehat
dalam kopi terdapat kafein, kafein ini bentuknya bukanlah cair, namun kristal. namun efek yang dihasilkannya tetap berpengaruh kuat pada manusia. gambar via: Menu Diet Cepat Dan Sehat

Kafein yang terdapat dalam kopi bukannya berbentuk cair, namun malah berbentuk Kristal kecil yang berukuran 0,0016 inci. Walaupun berbentuk Kristal, efek kafein tetap berpengaruh kuat pada tubuh manusia lho. Bahkan dalam waktu 10 menit saja, peminum kopi akan langsung merasakan efek dari kafein tersebut.

Selain itu, perlu diketahui juga bahwa kafein bukanlah bagian dari kopi yang berasa pahit. Jadi semakin pahit kopimu, bukan berarti kafein yang dikandung kopi tersebut semakin banyak. Jadi jangan salah kaprah lagi dengan menyebutkan rasa pahit kopi berasal dari kafein ya.

7. Kafein Bisa Meningkatkan Kadar Adrenalin

fakta kopi. gambar via: Reps Indonesia
kafein di dalam kopi bisa meningkatkan kadar adrenalin dan juga melepaskan asam lemak di tubuh. hal ini akan memicu fisik dan mood untuk lebih baik sebelum seseorang melakukan olahraga. gambar via: Reps Indonesia

Kandungan kafein dalam kopi bisa meningkatkan kadar adrenalin dan juga melepaskan asam lemak dari jaringan lemak di tubuh. Hal tersebut dapat memicu fisik dan mood yang baik sebelum seseorang berolahraga.

8. Rumah Kopi Pernah Dilarang di Inggris

fakta kopi. gambar via: LINTASNASIONAL.com
dulu kala, pada tahun 1675,  rumah kopi sempat dilarang ada di Inggris oleh Raja Charles II. hal ini dikarenakan raja berpikir bahwa orang yang berkumpul di warung kopi sedang berkonspirasi melawan kekuasaannya. gambar via: LINTASNASIONAL.com

Saat tahun 1675, Raja Charles II pernah melarang adanya rumah kopi di Inggris. Hal ini karena dia berpikir orang-orang yang berada di rumah kopi itu berkumpul disana untuk berkonspirasi melawan kekuasaannya.

9. Bukanlah Kafein Kopi yang Diinginkan Tubuh, Tetapi Efek Kafein Pada Adenosine

fakta kopi. gambar via: Aslam Donuts
fakta kopi selanjutnya yaitu sebenarnya bukanlah kafein yang dibutuhkan tubuh, namun efek kafein pada adenosin. gambar via: Aslam Donuts

Tahukah kamu kenapa kopi memberi perasaan tertentu sesudah diminum? Hal ini berhubungan dengan keadaan yang terjadi di otak. Saat otak aktif dan neuron dilepaskan, neuron-neuron ini akan memproduksi adenosine. Kemudian sistem syaraf memantau kadar adenosine, dan ketika kadar adenosine bertambah, kerja otak akan menurun, dan mengakibatkan kantuk atau kinerja melambat. Namun, karena kafein melekat pada reseptor adenosine, otak tidak dapat mendeteksi kadar adenosine hingga tetap berfungsi secara maksimal.

10. Lebah Madu Menyukai Kopi

fakta kopi. gambar via: PegiPegi
fakta kopi yang lainnya adalah bukan hanya manusia yang menyukai kopi, namun lebah madu juga menyukai kafein di kopi.  bahkan berpengaruh positif pada memori jangka panjang lebah madu lho. gambar via: PegiPegi

Bukan hanya manusia lho ternyata yang menyukai kopi. Riset menunjukkan bahwa lebah madu tertarik pada kafein. Bahkan kafein punya pengaruh positif pada memori jangka panjang lebah madu.

11. Astronot Memiliki Gelas Khusus Untuk Minum Kopi di Luar Angkasa

fakta kopi. gambar via: Hipwee
taukah kamu? astronot ternyata punya gelas khusus untuk minum kopi di luar angkasa. gelas ini diciptakan dengan mesin printer tiga dimensi. namun sayangnya gelas ni dijual dengan harga yang cukup tinggi. gambar via: Hipwee

Ilmuwan dari Portland State University membuat sebuah gelas khusus untuk astronot agar mereka tetap dapat menikmati kopi ketikadi luar angkasa. Namun gelas kopi nol-gravitasi yang diciptakan dengan mesin printer tiga dimensi ini sangat mahal, harganya sekitar 500 dollar per gelas. Wow!

12. “Caffeine Naps” Sangat Efektif

fakta kopi. gambar via: Aneka Top 10
untuk mendapatkan manfaat kopi yang maksimal, cobalah minum kopi sebelum tidur. setelah tidur selama 15 menit, tubuhmu akan terasa lebih terjaga. gambar via: Aneka Top 10

Jika kamu ingin mendapatkan manfaat kopi yang maksimal. Minumlah kopi sebelum tidur siang. Peneliti menemukan, minum kopi yang dilanjutkan dengan tidur siang selama 15 menit akan membuat orang merasa sangat terjaga sesudahnya.

13. Kopi Juga Dianggap Sebagai Afrodisiak

fakta kopi. gambar via: BACK HOME...
fakta kopi selanjutnya adalah bahwa kopi dianggap sebagai afrodisiak. gambar via: BACK HOME…

Dalam arti kedokteran, afrodisiak merupakan substansi yang dapat meningkatkan libido saat dikonsumsi. Karena kopi memiliki kandungan dosis kafein yang cukup tinggi dan beberapa kandungan alkaloid berbeda sehingga kopi dapat juga meningkatkan stamina.

14. Hanya Hawaii Yang Bisa Ditumbuhi Kopi Diantara 50 Negara Bagian Amerika Serikat

fakta kopi. gambar via: Bimakini
di amerika, hanya bagian hawaii lah yang bisa ditumbuhi pohon kopi. gambar via: Bimakini

Dari 50 negara bagian di Amerika Serikat, 49 diantaranya benar-benar tidak dapat ditanami pohon kopi. Satu-satunya negara bagian Amerika yang dapat ditanami kopi hanya ada di Hawaii. Selain itu, satu-satunya wilayah kekuasaan Amerika yang dapat ditumbuhi kopi yaitu Puerto Rico.

15. Asal Nama Coffee

fakta kopi. gambar via: Ngalam.co
asal nama kopi adalah dari bahasa latin yaitu coffea yang berarti sebuah genus pohon. gambar via: Ngalam.co

Kata Bahasa Inggris dari kopi yaitu ‘coffee’ yang berasal dari sebuah Bahasa Latin, yakni coffea. Coffea sendiri merupakan nama Latin dari sebuah genus pohon.

16. Moka Merupakan Nama Pelabuhan di Yaman

fakta kopi. gambar via: indochinatown.com
moka adalah suatu nama pelabuhan di Yaman yang merupakan pelabuhan pertama tempat biji kopi pertama kali disebarkan ke seluruh dunia. gambar via: indochinatown.com

Kota Mocha merupakan pelabuhan pertama tempat biji kopi pertama kalinya disebarkan ke seluruh dunia. Kopi Yaman dikenal mempunyai kualitas rasa mirip cokelat, karakteristik yang saat ini menjadi minuman yang lebih dikenal sebagai moka, yang memiliki rasa seperti paduan antara kopi dan cokelat. Lezat!

17. Kopi Memiliki Dua Jenis, Arabika dan Robusta

fakta kopi. gambar via: Dipa Nugraha
fakta kopi yang lain yang harus kamu ketahui adalah kopi memiliki dua jenis, yaitu arabika dan robusta. gambar via: Dipa Nugraha

Ada dua jenis kopi, yaitu robusta dan juga arabica. Robusta lebih produktif, tahan penyakit, serta tinggi kandungan kafeinnya. Arabika tingkat keasamannya yang lebih tinggi serta mempunyai aroma yang lebih kompleks. Robusta cenderung lebih murah dari pada Arabika. Sebagian besar kopi spesial biasanya memakai arabika.

18. Tanaman Kopi Membutuhkan Banyak Air

fakta kopi. gambar via: Hello Sehat
ternyata tanaman kopi itu membutuhkan air yang cukup banyak untuk penanamannya lho. gambar via: Hello Sehat

Orang-orang selalu membicarakan produksi daging sapi memboroskan pasokan air dunia. Tetapi menurut FoodBev.com, hal itu tidak sepenuhnya benar, karena menurut mereka, perkebunan kopi lah yang memakan banyak air. Jika untuk menghasilkan satu pound (setara 0,45 kg) daging sapi memerlukan 1.800 galon air, satu pon kopi memerlukan 2.500 galon air. Wow, banyak juga ya air yang diperlukan?

19. Warna Biji Kopi Beragam

fakta kopi. gambar via: Penabiru
faktanya, warna kopi akan beragam tergantung dari varietas yang dikembangkannya. awalnya kopi akan berwarna hijau, lalu berubah kuning, orange ataupun merah. gambar via: Penabiru

Awalnya kopi akan berwarna hijau, lalu berubah menjadi kuning, oranye, atau merah, hal ini tergantung pada varietas yang dikembangkan.

20. Kopi yang Sudah Dipanggang, Dapat Disimpan Lama

fakta kopi. gambar via: MLG cafe & MLG coffeeshop
fakta kopi yang sudah dipanggang bisa bertahan lebih lama saat disimpan. gambar via: MLG cafe & MLG coffeeshop

Negara penghasil kopi biasanya akan panen satu tahun sekali atau dua kali. Setelah dipanggang, kopi akan disimpan dalam tempat penyimpanan khusus yang dapat bertahan sampai satu tahun lamanya. Tetapi, kopi biasanya dikirimkan pada hari yang sama saat mereka dipanggang.

21. Kopi Luwak Merupakan Kopi Termahal Saat Ini

fakta kopi. gambar via: RockingMama
tahukah kamu? kopi paling mahal adalah kopi luwak yang berasal dari kotoran luwak. di Indonesia, harga kopi luwak sekitar 2 juta rupiah per 500 gramnya. bahkan sekarang ada kopi baru dari Thailand yang hampir mirip dengan kopi luwak, yaitu kopi gading. gambar via: RockingMama

Luwak yang hidup di alam liar mengonsumsi buah kopi yang lalu di fermentasi dalam saluran pencernaan mereka. Kopi yang keluar bersama kotorannya diproses menjadi bubuk berharga mahal. Karena ketersediaannya yang terbatas, menjadikan harganya sangat mahal. Harganya bisa mencapai 2 juta rupiah per 500 gram. Rasanya yang khas menjadikan kopi luwak ini digemari oleh banyak orang. Hingga Thailand melakukan hal yang sama dengan menggunakan gajah, dan menyebutnya sebagai kopi gading.

22. Amerika Serikat Merupakan Negara Yang Mengkonsumsi Kopi Terbanyak di Dunia

amerika serikat adalah negara yang paling banyak mengkonsumsi kopi di dunia. gambar via: Trivia.id
amerika serikat adalah negara yang paling banyak mengkonsumsi kopi di dunia. gambar via: Trivia.id

Bila Inggris dikenal sebagai bangsa peminum teh, sedangkan Amerika serikat dikenal sebagai konsumen kopi terbesar. 61% warga AS lebih memilih kopi daripada minuman ringan. Nomor duanya adalah Jerman.

23. Langkah Menikmati Kopi Yang Benar Adalah Dengan Menyeruputnya

fakta kopi. gambar via: Kopiwow.com
para pecinta kopi pasti tau bahwa cara ternikmat menikmati kopi adalah dengan menyeruputnya sedikit demi sedikit. dengan langkah ini, setiap bagian mulut akan bisa menyesuaikan rasa yang berbeda dari kopi. gambar via: Kopiwow.com

Untuk memperoleh rasa kopi yang lebih nikmat, seruputlah. Dengan langkah tersebut, setiap bagian dari mulut bisa menyesuaikan rasa yang berbeda dari kopi.

24. Kopi Kehilangan 70% Rasa Dalam Waktu Dua Menit

fakta kopi. gambar via: Jejak Waktu
fakta kopi selanjutnya adalah kopi akan kehilangan 70% rasanya dalam waktu dua menit. maka dari itu jangan terlalu lama mendiamkan kopi daripada kenikmatannya berkurang. gambar via: Jejak Waktu

Menurut standar menikmati kopi yang terkenal, kopi baiknya diseruput saat masih dalam keadaan panas. Karena kopi akan kehilangan 70% rasanya dalam waktu 2 menit. Bahkan, pencinta kopi sejati sering menyebut kopi akan menjadi ‘basi’ sesudah 15 menit. JAdi jangan tunggu kopimu dingin baru kamu minum ya. Karena kamu akan kehilangan nikmatnya rasa kopimu kalau terlalu lama kamu diamkan.

25. Jangan Mengkonsumsi Kopi Bersamaan Dengan Obat-Obatan Tertentu

fakta kopi. gambar via: Riau Indikator
bagi kamu pecinta kopi, janganlah mengkonsumsi kopi bersamaan dengan obat-obatan. karena ada obat-obatan yang akhirnya berdampak lemah karena konsumsi kopi tersebut. gambar via: Riau Indikator

Perlu dicatat kalau kafein bisa meningkatkan atau melemahkan dampak obat-obatan tertentu. Obat stres, anti-depresi, serta obat tidur atau obat bius tidak bisa dikonsumsi bersamaan dengan kopi dalam jumlah besar. Obat-obatan jenis lain dengan kuantitas kopi yang wajar (1 atau 2 cangkir) masih diijinkan. Tapi walaupun begitu, sebaiknya jangan konsumsi kopi bersamaan dengan obat-obatan ya.

26. Dampak Buruk Kopi

fakta kopi. gambar via: Info Kesehatan dan Tips Kecantikan Wanita
fakta kopi yang terakhir adalah selain memiliki banyak manfaat, kopi juga memiliki dampak buruk bagi tubuh manusia. untuk itu konsumsilah kopi dalma jumlah yang wajar, agar efek buruk dapat terhindarkan. gambar via: Info Kesehatan dan Tips Kecantikan Wanita

Selain banyak manfaatnya untuk kesehatan, namun ternyata kopi juga mempunyai dampak buruk lho. Salah satunya adalah dampak ketergantungan bagi peminumnya. Hal ini terjadi jika kamu terlalu sering dan terlalu banyak mengkonsumsi kopi tiap harinya.

Minum kopi ternyata bisa meningkatkan kemungkinan terserang stroke. Suatu riset yang dimuat dalam journal of neurology, neurosurgry and psychiatry tahun 2002 menyimpulkan kalau minum lebih dari 5 gelas kopi perhari akan meningkatkan kemungkinan terjadinya kerusakan dinding pembuluh darah.

Kafein juga bisa mengakibatkan insomnia, mudah gugup, sakit kepala, merasa tegang serta cepat marah. Pada wanita hamil juga dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi kopi serta makanan yang memiliki kandungan kafein. Hal ini karena kafein bisa meningkatkan denyut jantung. Pada janin bisa menyerang plasenta serta masuk dalam aliran darah janin. Efek terburuknya, dapat mengakibatkan keguguran.

Baca juga: 7 Ciri Ini Adalah Tanda Bahwa Kamu Adalah Perempuan Yang Udah Pengen Banget Dilamar

LEAVE A REPLY