Mau Tau 10 Fakta Tentang Wilayah Indonesia? Ini Nih Faktanya…

0
sumber gambar: GNFI

Indonesia, negara yang tinggal kita ini memang memiliki banyak kelebihan dari negara-negara lain di dunia lho. Kelebihan itu terdapat pada beberapa bagian tertentu. Dari segi budaya, Indonesia mempunyai bermacam budaya yang sangat banyak jumlahnya serta menyebar di seluruh provinsi. Juga dalam satu provinsi umumnya ada budaya-budaya lainnya. Selain itu keragaman bahasa di Indonesia juga sangatlah banyak, contohnya Jawa maka bahasa Jawa juga masihlah dibagi-bagi berdasarkan daerah.

Negara kita juga dikenal dunia akan luasnya. Hamparan pulau-pulau yang berpenghuni ataupun tidak berpenghuni yang sangat banyak membuat negara kita dijuluki negara kepulauan dunia. Perbandingan luas wilayah Indonesia dengan luas wilayah negara lain juga sangat berbeda serta bisa dibilang besar. Ingin tahu seperti apa perbandingan serta fakta betapa besar serta luasnya negeri kita?

Fakta #1

sumber gambar: GNFI
sumber gambar: GNFI

Kepulauan Indonesia lebih luas dari wilayah Eropa Barat. Indonesia merupakan negara yang terbagi dalam beragam pulau yang mempunyai luas 1.919.000 kilometer persegi. Sementara Eropa Barat merupakan wilayah yang terbagi dalam 11 negara dengan luas 1.500.000 kilometer persegi.

Fakta #2

sumber gambar: GNFI
sumber gambar: GNFI

Mengenai pulau Kalimantan, yang merupakan pulau yang mempunyai hutan lebat serta sebagai paru-paru dunia ini mempunyai luas wilayah yang melebihi luas dari negara Thailand. Juga Kalimantan lebih luas dari Spanyol serta 2 kali lebih luas dari Inggris Raya. Kalimantan sendiri mempunyai luas 580.000 kilometer persegi.

Fakta #3

sumber gambar: GNFI
sumber gambar: GNFI

Pulau Sumatera dengan luas 473.481 kilometer persegi juga lebih luas dari Jepang keseluruhan. Serta 6 kali lebih luas dari Irlandia, juga 14 kali lebih luas daripada Taiwan.

Fakta #4

sumber gambar: GNFI
sumber gambar: GNFI

Bali memanglah terkenal dengan wisatanya di seluruh dunia. Tidak jauh berbeda dengan Hongkong yang dikenal juga akan sektor wisatanya. Namun kalau ngomongin luas wilayah, keduanya berbeda jauh. Bali yang mempunyai luas 5.700 kilometer persegi ini mempunyai luas 5 kali dari luas Hongkong lho.

Fakta #5

sumber gambar: GNFI
sumber gambar: GNFI

Demikian pula dengan provinsi Jawa Timur nih. Provinsi dengan luas 48.000 kilometer persegi ini memliki perbandingan 2 kali dari luas negara Kuwait. Selain itu Jawa Timur juga lebih luas dari Belanda.

Fakta #6

sumber gambar: GNFI
sumber gambar: GNFI

Kita berpindah ke provinsi paling ujung timur di negara kita, Papua. Di provinsi yang kaya sumber daya alam ini mempunyai luas 319.036 kilometer persegi. Luas ini setara dengan 2 kali luas Yunani, serta lebih luas dari Italia. Yang lebih mengejutkan nih, provinsi Papua mempunyai luas 30 kali luas dari negara Jamaika.

Fakta #7

sumber gambar: GNFI
sumber gambar: GNFI

Masih dari Papua nih, kali ini ada kabupaten Merauke yang merupakan ibukota provinsi ini. Di kabupaten ini luasnya mencapai 45.071 kilometer persegi. Dan ini berarti 9 kali lebih luas dari Brunei, dan lebih luas dari negara Denmark lho. Wah, luas juga ya kabupaten ini.

Fakta #8

sumber gambar: GNFI
sumber gambar: GNFI

Kita berpindah ke provinsi Kalimantan nih, tepatnya di kota Palangkaraya. Kota ini mempunyai luas 2.400 kilometer persegi. Dan ternyata kota ini lebih luas dari negara Luxemburg serta 3 kali luas Singapura lho.

Fakta #9

sumber gambar: GNFI
sumber gambar: GNFI

Papua memanglah adalah provinsi yang kaya sumber daya alamnya, Satu diantaranya ada di Taman Nasional Lorentz. Selain kaya sumber daya alam, flora serta fauna, taman nasional ini juga mempunyai luas 9.600 kilometer persegi. Serta luas ini sama dengan luas negara Siprus serta 12.5 kali lebih luas dari negara Bahrain lho.

Fakta #10

sumber gambar: GNFI
sumber gambar: GNFI

Ini dia fakta yang paling mengejutkan. Tahukah kalian kalau danau paling besar di negara kita yaitu Danau Toba mempunyai luas 1.145 kilometer persegi? Dan ini sama juga dengan 570 kali luas wilayah Monako.

Bisa kalian bayangkan, begitu luasnya ya negara kita? Maka dari itu, kita harus bangga menjadi warga negara kita tercinta, Indonesia.

LEAVE A REPLY