Ini Dia 10 Film yang Bikin Anda Menghargai Arti Persahabatan!

0

Sahabat adalah orang paling berharga di dalam hidup. Kehadirannya membuat hidup Anda lebih berwarna. Mereka adalah orang yang mengerti Anda lebih dari diri Anda sendiri. Karena saking berharganya, banyak cara yang dilakukan masyarakat dunia untuk mengenang persahabatan. Mulai dari tradisi-tradisi yang menunjukan persahabatan antar dua orang atau lebih, hingga menjadikan persahabatan sebagai tema film.

Film-film bertemakan persahabatan justru menjadi salah satu tema film yang banyak dicari. Saking indahnya film tentang persahabatan banyak penontonnya menjadi sadar betapa berharganya kehadiran sahabat-sahabat mereka di dalam hidup. Apa saja film-film yang membuat Anda sadar akan berharganya arti sahabat? Simak daftar dari Seruni.id berikut ini!

The Sisterhood of Traveling Pants

Gambar via: www.gooddramas.tv
Gambar via: www.gooddramas.tv

Tahun tayang: 2005

Pemeran: Alexis Bledel, America Ferrera, Blake Lively, Amber Tamblyn

Carmen (America Ferrera), Tibby (Amber Tamblyn), Bridget (Blake Lively) dan Lena (Alexis Bledel) adalah empat remaja yang bersahabat sejak mereka masih kecil. Untuk pertama kali dalam 17 tahun hidup bersama, musim panas kali ini berbeda dari musim panas sebelumnya. Mereka akan pergi berpencar. Lena pergi ke Yunani mengunjungi kakek neneknya, Carmen mengunjungi ayahnya di California Selatan, Bridget pergi berlatih bola di Meksiko dan tinggallah Tibby di rumah. Sehari sebelum liburan musim panas mereka dimulai, mereka berbelanja dan menemukan satu celana jeans yang ajaibnya muat dipakai oleh keempatnya. Akhirnya mereka berjanji untuk bertukar celana jeans disertai surat yang menceritakan pengalaman liburan musim panas mereka. Siapa sangka celana jeans itu mempunyai keajaiban yang mempererat persahabatan ke-empatnya.

Romy and Michele’s High School Reunion

Gambar via: www.wilde-life.com
Gambar via: www.wilde-life.com

Tahun tayang: 1997

Pemeran: Mira Sorvino, Lisa Kudrow, Jeane Garofalo

Romi White (Mira Sorvino) dan Michele Weinberger (Lisa Kudrow) adalah dua sahabat tak terpisahkan yang tinggal bersama di Los Angeles, California. Romy bekerja sebagai seorang kasir di dealership Jaguar sedangkan Michele masih pengangguran. Keduanya masih sama-sama lajang dan tak memiliki ambisi apa-apa. Hingga Romy bertemu dengan mantan teman sekelasnya dulu Heather Mooney (Janeane Garofalo) yang mengumumkan bahwa aka nada reunian SMA di kota asal mereka Tucson, Arizona. Awalnya keduanya tak sabar menunggu reunian itu sampai mereka sadar mereka tak akan memberikan kesan yang baik di mata teman-teman SMAnya dulu. Apalagi mereka sadar bahwa mereka dulunya hanya seorang anak cupu yang sering dibully oleh anak popular.

Sunny

Persahabatan tetap terjaga meski terpisah puluhan tahun. Gambar via: www.bigwowo.com
Persahabatan tetap terjaga meski terpisah puluhan tahun. Gambar via: www.bigwowo.com

Tahun tayang: 2011

Pemeran: Shim Eun Kyung, Kang So Ra, Yoo Ho Jeong, Jin Hee Kyung, Nam Bo Ra

Im Na Mi (Yoo Ho Jeong) adalah seorang ibu rumah tangga yang memiliki rutinitas itu-itu saja. Semuanya terlihat begitu sempurna dari luar, namun Na Mi merasa ada yang kosong dalam dirinya. Suatu hari ia mengunjungi ibunya di rumah sakit dan tak sengaja melihat pasien kanker yang sedang kambuh dan kesakitan. Ternyata pasien itu adalah Han Chun Hwa (Jin Hee Kyung), sahabatnya saat masih duduk di bangku SMA. Waktu Chun Hwa tak lama lagi, ia meminta Na Mi untuk mengumpulkan “Sunny” geng Na Mi dan Chun Hwa pada tahun 1980-an yang terdiri dari tujuh orang. Semuanya telah berpencar, dan Na Mi harus mengumpulkan ke-enam sahabatnya untuk Chun Hwa yang tak punya banyak waktu lagi.

Catatan Akhir Sekolah

Masa SMA merupakan masa yang paling indah. Gambar via: www.newmoviesondvd.co.uk
Masa SMA merupakan masa yang paling indah. Gambar via: www.newmoviesondvd.co.uk

Tahun tayang: 2005

Pemeran: Vino Bastian, Ramon Y Tungka, Marcel Chandrawinata, Joanna Alexandra, Christian Sugiono

Agni (Ramon Y Tungka), Arian (Vino Bastian), dan Alde (Marcel Chandrawinata )bersahabat sejak mereka baru masuk SMA. Kini mereka sudah duduk di bangku kelas 12 dan persahabatan mereka masih selekat saat awal-awal SMA. Agni adalah anggota klub film sekolah namun karyanya selalu ditolak. Alde adalah anak orang kaya yang ganteng dan digilai siswi sekolahnya. Sedangkan Arian adalah anggota eskul mading. Sekolah mereka dipimpin oleh kepala sekolah yang semena-mena dan matrealistis. Arian, Agni dan Alde pun bertekad membuat film dokumenter dengan tujuan mengungkap kejahatan kepaa sekolah. Namun, pembuatan film dokumenter tak mulus-mulus saja, banyak rintangan yang dihadapi. Tak lupa kisah cinta Agni dan Alde pada dua siswi di penghujung masa SMA.

Suckseed

Gambar via: kinokunya.wordpress.com
Gambar via: kinokunya.wordpress.com

Tahun tayang: 2011

Pemeran: Jirayu Laonganee, Pachara Chirathivat, Thawat, Pomrattanapraset, Nattasha Nauljam

Ped (Jirayu Laongmanee) dikenal sebagai siswa yang pemalu. Diam-diam ia jatuh cinta pada Ern (Nattasha Nauljam) yang merupakan teman sekelasnya. Hingga akhirnya Ern pindah sekolah ke Bangkok dan meninggalkan Ped yang patah hati. Memasuki masa SMA, Ped dan Ern bertemu kembali. Sahabat Ped , Koong (Pachara Chiratviat) berencana untuk merebut hati Ern dan siswi-siswi lainnya. Apa caranya? Koong mengusulkan untuk membuat band! Bersama dengan Ex (Thawat Pornrattanaprasert) yang baru mereka temui, ketiganya resmi membuat band bernama SuckSeed sebagai plesetan dari succeed. Sayangnya ketiganya tak bisa memainkan musik dan hanya jadi olokan teman-teman sekolahnya hingga Ern bergabung dan menunjukan keahlian bermain gitarnya.

Bachelorette

Gambar via: www.impawards.com
Gambar via: www.impawards.com

Tahun tayang: 2011

Pemeran: Kristen Dunst, Rebel Wilson, Lizzy Caplan, Isla Fisher

Regan (Kristen Dunst) menemukan fakta bahwa Becky (Rebel Wilson) akan menikah dengan kekasihnya. Ia segera memberitahu dua sahabat lainnya, Katie (Isla Fisher) dan Jenna (Lizzy Caplan) berita pernikahan Becky. Keempatnya bersahabat sejak masih SMA walau keempatnya memiliki kepribadian yang berbeda. Regan yang cantik dan pintar, Jenna si cynical, Katie yang optimis dan Becky yang selalu jadi bulan-bulanan siswa-siswi lainnya karena tubuhnya yang gemuk. Keempatnya berkumpul di New York karena telah ditunjuk sebagai braid maids.Katie dan Jenna bahkan diam-diam telah menyiapkan pesta lajang untuk Becky. Siapa sangka pesta “nakal” yang mereka rancang untuk Becky justru membawa petaka yang menguji persahabatan keempatnya.

Arisan!

Pada akhirnya hanya sahabat-sahabat sejati yang menerima kita apa adanya. Gambar via: movies.prettyfamous.com
Pada akhirnya hanya sahabat-sahabat sejati yang menerima kita apa adanya. Gambar via: movies.prettyfamous.com

Tahun tayang: 2003

Pemeran: Tora Sudiro, Cut Mini, Aida Nurmala, Surya Saputra, Rachel Maryam

Film bercerita tentang tiga sahabat, Memey (Cut Mini), Sakti (Tora Sudiro) dan Andien (Aida Nurmala) yang bersahabat sejak masih duduk di SMA. Bertahun-tahun berlalu kini Memey menikah dengan Ical (Nico Siahaan) namun belum juga dikaruniai anak. Andien adalah ibu rumah tangga yang memiliki sepasang anak kembar dan Sakti adalah creative director di biro arsitektur bersama Memey. Memey diundang Andien untuk menghadiri arisan bersama ibu-ibu sosialita. Di sana Memey menyadari bahwa arisan hanya dijadikan ajang untuk memamerkan kekayaan mereka dan membicarakan satu sama lain di belakang. Sejak menghadiri arisan tersebut, dunia ketiga sahabat itu seperti jungkir balik. Memey ditinggal suaminya karena tak bisa punya anak. Andien menjadi wanita metropolitan yang haus belaian dan Sakti, dirinya memiliki rahasia paling besar dan menggemparkan di antara ketiganya. Kehidupan ketiganya diuji, akan kah mereka tetap bersahabat meski cobaan datang bertubi-tubi?

As One

Gambar via: daheechung.wordpress.com
Gambar via: daheechung.wordpress.com

Tahun tayang: 2012

Pemeran: Han Ji Won, Bae Doo Na, Lee Jong Suk, Han Ye Ri

Saat Asian Gmes yang ke-11 dilasksanakan, pertandingan tenis meja wanita berjalan di antara atlet Korea Utara Ri Bun hui (Bae Doona) melawan atlet Korea Selatan, Hyun Jung Hwa (Ha Ji Won).Bun Hui kalah bertanding dari Jung Hwa namun kebahagiaan Jung Hwa tak bertahan lama saat ia dikalahkan Deng Yaping (Kim Jae Hwa) yang merupakan atlet dari Cina. Enam bulan kemudian, diumumkan bahwa Korea Selatan dan Korea Utara akan membentuk satu tim atas nama Korea untuk bertanding di pertandingan tenis meja dunia di Chiba, Jepang. Kedua atlet itu tak hanya sengit usai bertanding di lapangan, namun masih ada sentiment antara keduanya usai pengeboman yang dilakukan agen rahasia Korea Utara terhadap pesawat Korean Air penerbangan 858 di tahun 1987. Namun Jung Hwa dan Bun Hui tak punya pilihan lain. Keduanya berlatih pada selama 46 hari bersama dan tanpa sadar persahabatan di antara keduanya tumbuh.

Mona Lisa Smile

Gambar via: www.jackasscritics.com
Gambar via: www.jackasscritics.com

Tahun tayang: 2003

Pemeran: Julia Roberts, Kristen Dunst, Julia Stiles, Maggie Gyllenhaal

Pada tahun 1953, Katherine Ann Watson (Julia Roberts), wanita berumur 30 tahun yang merupakan lulusan Sejarah Seni di negara bagian Oakland mengambil kesempatan untuk mengajar Sejarah Seni di Wellesley College. Sekolah putri tersebut merupakan sekolah terpandang yang dikenal begitu konservatif. Siswi-siswi Wellesley terkenal pintar dan cantik, sayangnya impian mereka sebatas menjadi ibu rumah tangga yang mengabdi pada keluarganya. Berbanding terbalik dengan Katherine yang ingin membuat kaumnya untuk lebih independen. Bahwa seorang wanita bisa juga berpendidikan tinggi. Pandangan Katherine dibantah habis oleh Betty Warren (Kristen Dunst) seorang siswi yang masih begitu konservatif. Bersama tiga sahabat lainnya, Connie Baker (Ginnifer Goodwin), Joan Brandwyn (Julia Stiles) dan Giselle Levy (Maggie Gyllenhaal), Betty mencoba mencari celah dari dalam diri Katherine. Namun bukannya celah yang mereka temukan, namun sosok wanita tangguh yang justru menginspirasi hidup mereka untuk menjadi lebih baik.

5cm

Gambar via: astridkhairina.blogspot.com
Gambar via: astridkhairina.blogspot.com

Tahun tayang: 2012

Pemeran: Herjunot Ali, Fedi Nuril, Pevita Pearce, Saykoji, Denny Sumargo, Raline Shah

Bersahabat tidak harus terus-terusan bersama. Begitu kata Genta (Fedi Nuril) saat ia berkumpul dengan empat sahabatnya yakni Ian (Igor Saykoji), Arial (Denny Sumargo), Zafran (Herjunot Ali), dan Riani (Raline Shah) di malam minggu. Keempatnya sudah bersahabat sejak SMA dan selalu bersama kemanapun pergi. Genta lalu mengusulkan untuk break dari satu sama lain selama tiga bulan tanpa ada kontak satu sama lain. Selain untuk membiarkan Ian menyelesaikan kuliahnya, Genta ingin mengetes persahabatan mereka. Selama tiga bulan berpisah, rasa rindu kerap membayangi namun kelimanya tetap taat atas perjanjain yang dibuat. Pada hari terakhir masa break, Genta mengirim pesan singkat yang berisi ajakan untuk mendaki puncak tertinggi di Indonesia yakni Gunung Semeru. Segala rintangan mereka hadapi selama perjalanan menuju puncak, juga impian yang mereka taruh 5 cm di depan kening mereka.

The Breakfast Club

Anda tak akan mengira dengan siapa Anda bersahabat. Gambar via: earlsmithstrand.org
Anda tak akan mengira dengan siapa Anda bersahabat. Gambar via: earlsmithstrand.org

Tahun tayang: 1985

Pemeran: Emilio Estevez, Paul Gleason, Anthony Michael Hall, Judd Nelson, Molly Ringwald, Ally Sheedy

Sabtu tanggal 24 Maret 1984 adalah hari yang kelam bagi lima siswa-siswi Shermer High School. Sabtu yang biasanya dihabiskan bersama keluarga justru membuat Claire Standish (Molly Rigwald), Andrew Clarke (Emilio Estevez), Brian Johnson (Anthony Michael Hall), Allison Reynolds (Ally Sheedy), dan John Bender (Judd Nelson)harus tiba di sekolah tepat pukul tujuh pagi. Mereka terkena hukuman atas ulah mereka. Kelimanya hanya mengenal nama namun tak pernah berinteraksi di sekolah karena memiliki karateristik yang berbeda-beda. John yang terkenal siswa nakal bukannya menurut pada guru akhirnya ia berlaku sesuka hati. Hanya bermodal tinggal bersama dalam berapa jam saja tumbuh persahabatan yang erat. Bahwa ternyata orang-orang asing yang baru mereka temui ini nyatanya bisa menerima diri mereka apa adanya tak peduli masalah yang menghantui diri masing-masing.

Film bertemakan sahabat tak akan ada habisnya. Hal ini dikarenakan genre film ini punya ruang sendiri di hati penontonnya. Semoga Indonesia terus memproduksi film-film genre persahabatan yang menyentuh hati. (AH)

LEAVE A REPLY