Habiskanlah Uang Anda!

0

Seruni.id – Kita pasti pernah mendengar istilah 28 – 1. yup, istilah yang sering muncul ketika mendapatkan gaji di tanggal 28 dan habis ditanggal 1. Lantas untuk memperpanjang kehidupan kita biasanya menggunakan kartu kredit atau pinjam sana sini. Saya yakin hal ini pernah dirasakan oleh para pekerja. Nyatanya, kita memang harus dengan segera menghabiskan uang yang ada di ATM karena bukan tidak mungkin bahwa uang ditabungan juga akan habis untuk melakukan kegiatan yang tidak masuk dalam rencana.

Saya setuju bahwa uang lebih baik dihabiskan dengan segera namun dengan catatan kita harus menghabiskan uang ini dengan bijak. tidak lantas menghabiskan semuanya hanya untuk kegiatan konsumsi atau hang out bersama teman. Berikut adalah beberapa hal cara bijak untuk menghabiskan uang anda :

Sumber : www.google.com
  1. Sedekah

Biasanya orang akan melakukan sedekah setelah menghabiskan hampir seluruh gajinya atau ketika mendapatkan bonus padahal sedekah mampu mendatangkan keuntungan berkali lipat tidak hanya dalam bentuk materi tetapi juga dalam bentuk rohani. Anda akan lebih tenang dan bahagia ketika sudah bersedekah dan ini merupakan investasi tidak hanya didunia tetapi juga di akhirat. Menurut hadist riwayat Bukhari

Perumpamaan orang yang pelit dengan orang yang bersedekah seperti dua orang yang memiliki baju besi, yang bila dipakai menutupi dada hingga selangkangannya. Orang yang bersedekah, dikarenakan sedekahnya ia merasa bajunya lapang dan longgar di kulitnya. Sampai-sampai ujung jarinya tidak terlihat dan baju besinya tidak meninggalkan bekas pada kulitnya. Sedangkan orang yang pelit, dikarenakan pelitnya ia merasakan setiap lingkar baju besinya merekat erat di kulitnya. Ia berusaha melonggarkannya namun tidak bisa. (HR. Bukhari)

Jadi tidak ada salahnya menyisihkan sebagian dari pendapatan kamu setiap bulan untuk sedekah toh? Karena sesungguhnya harta yang kita bawa di akhirat adalah harta yang kita sedekahkan untuk orang lain.

  1. Bayar cicilan dan hutang

Hal ini bersifat wajib. bunga yang diberikan serta tanggal jatuh tempo mewajibkan kita membayarnya tepat waktu. Cicilan atau hutang dalam bentuk investasi akan sangat menguntungkan di masa depan (property, emas dll) hindari penggunaan hutang untuk melakukan kegiatan konsumsi yang tidak ada habisnya. Biasanya cicilan dan hutang tidak boleh lebih dari 30% gaji anda. Pintar-pintarlah memilih jenis hutang yang akan menguntungkan anda.

  1. Alokasi untuk kebutuhan hidup

Biasanya orang bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dalam alokasi gaji biasanya orang akan menggunakan 50% dari gaji yang mereka miliki untuk pemenuhan kebutuhan hidup. Belilah secara tunai atau gunakan debit card untuk barang yang ingin anda beli agar menghindari penumpukan hutang.

  1. Menabung

Menabung bukanlah salah satu alat investasi karena nilai uang anda akan terus menurun efek dari inflasi. Namun tabungan tetap menjadi penting untuk melengkapi hal yang tidak terduga.

  1. Investasi

Investasi bukan lagi pilihan namun kebutuhan. Setiap orang wajib memiliki investasi. Selain berkejaran dengan inflasi anda harus mencari investasi yang mampu memberikan return yang lebih tinggi dibandingkan dengan menabung atau memiliki deposito. Misalnya saja reksadana. Reksadana mulai digemari oleh keluarga kecil saat ini. Selain tidak perlu repot membaca grafik uang yang kita simpan secara otomatis akan diolah oleh manajer investasi.

Demikianlah beberapa cara agar kita menghabiskan uang dengan bijak ketika mendapatkan gaji. Semoga bermanfaat ya.

LEAVE A REPLY