Melihat Perayaan Hari Ibu di Dunia

0

HARI Ibu adalah hari peringatan atau perayaan terhadap peran seorang ibu dalam keluarganya, baik untuk suami, anak-anak, maupun lingkungan sosialnya.

Peringatan dan perayaan biasanya dilakukan dengan membebastugaskankan ibu dari tugas domestik yang sehari-hari dianggap merupakan kewajibannya, seperti memasak, merawat anak, dan urusan rumah tangga lainnya.

Di Indonesia hari ibu dirayakan pada tanggal 22 Desember dan ditetapkan sebagai perayaan nasional. Hari Ibu di Indonesia dirayakan secara nasional pada tanggal 22 Desember. Tanggal ini diresmikan oleh Presiden Soekarno di bawah Dekret Presiden No. 316 thn. 1953, pada ulang tahun ke-25 Kongres Perempuan Indonesia 1928. Tanggal tersebut dipilih untuk merayakan semangat wanita Indonesia dan untuk meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara. Kini, arti Hari Ibu telah banyak berubah, dimana hari tersebut kini diperingati dengan menyatakan rasa cinta terhadap kaum ibu.

Sementara di Amerika dan lebih dari 75 negara lain, seperti Australia, Kanada, Jerman, Italia, Jepang, Belanda, Malaysia, Singapura, Taiwan, dan Hong Kong, Hari Ibu atau Mother’s Day (dalam bahasa Inggris) dirayakan pada hari Minggu di pekan kedua bulan Mei. Di beberapa negara Eropa dan Timur Tengah, Hari Perempuan Internasional atau International Women’s Day diperingati setiap tanggal 8 Maret.

Hari Ibu tidak hanya dirayakan di Indonesia. Di berbagai belahan dunia lainnya di tanggal yang berbeda, masing-masing negara juga memiliki cara unik untuk merayakan hari yang berkaitan dengan kasih sayang dan perjuangan seorang ibu. Inilah beberapa cara unik merayakan hari ibu, seperti dilansir dari serenataflower.com, Kamis (22/12/2016).

1. India

indiaHari Ibu dilaksanakan pada minggu ke-2 setiap bulan Mei di seluruh India. Pada hari ini mereka mengadakan upacara bersama dan menghargai perjuangan ibu sebagai bagian penting dalam keluarga. Sang ibu tidak diperbolehkan masuk ke dapur dan harus beristirahat satu hari penuh, di saat anggota keluarga lainnya mempersiapkan acara makan-makan untuk seluruh keluarga.

Ketika banyak anak-anak kecil menjual bunga plastik di berbagai daerah, tandanya Hari Ibu sudah dekat di Swedia. Biasanya, Hari Ibu jatuh pada hari Minggu terakhir bulan Mei. Seluruh uang yang dihasilkan dari penjualan bunga akan menjadi bekal mereka untuk membawa sang ibu berjalan-jalan merayakan hari kasih sayang ini.

2. Yugoslavia

yugoAnak-anak di Yugoslavia menggunakan cara tidak biasa untuk memulai Hari Ibu yang jatuh pada bulan Desember. Mereka akan mengikat ibu mereka di tempat tidur dan berkumpul untuk memberikan berbagai permohonan yang harus dikabulkan jika ikatan itu ingin dilepaskan. Tentu kebersamaan dan keramaian di Hari Ibu akan menjadi spesial dari senyuman anak-anak yang ada di dalam kamar.

3. Jepang

hari-ibu-di-jepangLain lagi di Jepang, mereka merayakan hari ibu yang jatuh setiap minggu kedua bulan Mei dengan membuat karya seni. Setiap anak akan membuat gambar yang mendeskripsikan tentang ibu mereka dan dipajang di berbagai tempat umum bak sebuah pameran. Dengan cara ini, anak-anak bebas mengungkapkan ekspresi mereka mengenai perjuangan ibu dalam membesarkan mereka.

4. Pakistan

hari-ibu-di-pakistanPerayaan Hari Ibu di Pakistan ternyata menjadi salah satu kegiatan terbesar di negara ini. Banyak sekali program televisi khusus yang membahas hari ibu dan perayaan-perayaan yang dilakukan tiap daerah. Setiap orang akan memberikan kado kepada ibunya sebagai bentuk penghargaan pada perjuangan ibu. Bila ibu mereka sudah tiada, biasanya orang-orang akan berziarah dan mendoakan mereka.

5. Indonesia

Ibumu Adalah Sahabat Terbaikmu
Ibumu Adalah Sahabat Terbaikmu

Di Negara kita hari ibu ditetapkan setiap tanggal 22 Desember berdasarkan keputusan Presiden Sukarno pada 1959. Pada 22 Desember dipilih karena pada tanggal itulah pertama kali diadakannya Kongres Perempuan Indonesia, tepatnya pada 22-25 Desember 1928 di Yogjakarta dan dihadiri aktivis perempuan dari Jawa dan Sumatera.

Sesungguhnya ide untuk menetapkan hari ibu sudah ada saat kongres ketiga pada 1938 yang bertujuan memperingati semangat para perempuan Indonesia untuk maju dan memperbaiki kondisi bangsa. Namun, saat ini hari Ibu di Indonesia mirip dengan Negara lain, yaitu untuk mengungkapkan kasih sayang pada ibu dengan momen lebih spesial dari biasanya.

6. Inggris

hari-ibu-di-inggrisDi Negara Ratu Elizabeth II ini sudah ada perayaan Mothering Sunday sejak abad 18, saat umat Kristiani akan ke gereja menjelang hari Paskah.

Sebelumnya juga ada momen khusus untuk para ibu berjumpa kembali dengan anak-anak mereka yang jarang ditemui karena tuntutan kewajiban dari para tuan mereka. Setelah perang dunia II, kebiasaan hari Ibu dari Negara Amerika mempengaruhi para pedagang di Inggris (dan Eropa) untuk memanfaatkannya.

Sejak saat itu, sekitar tahun 1950an, perayaan hari Ibu bercampur dengan Mothering Sunday, saat selain komersialiasi Hari Ibu, masyarakat Inggris dan Irlandia masih melakukan ritual mothering Sunday juga. Antara lain makan kue tertentu dan mendatangi gereja.

7. Amerika Serikat

asMasyarakat Amerika merayakan hari ibu setiap minggu kedua di bulan Mei. Walaupun sebelumnya sudah ada penggagas hari ibu, namun hari ibu yang hingga saat ini dirayakan mereka dicetuskan oleh Anna Jarvis pada 1908 untuk menghormati para ibu. Usaha Anna mempromosikan hari ibu ini membuahkan hasil ketika tahun 1914 Presiden Amerika saat itu, Woodrow Wilson menetapkan hari ibu sebagai hari libur resmi nasional. (DP)

loading...
SHARE
Suka nulis hal -hal unik seputar kehidupan sehari-hari, relationship, kuliner dan wisata.

LEAVE A REPLY