9 Keistimewaan Hari Jumat dan Amalan yang Harus Dilaksanakan Saat Hari Jumat

0
173
Hari Jumat

Hari Jumat merupakan hari yang paling baik bagi umat muslim. Hari Jumat memiliki keutamaan dan keistimewaan yang disebutkan dalam Al Quran. Dan pada hari Jumat pula kita sebagai umat Muslim diwajibkan untuk menunaikan ibadah shalat Jumat berjamaah.

Banyak amalan yang tidak diketahui oleh banyak umat Islam tentang keutamaan di hari Jumat. Padahal hari ini merupakan sebaik-baiknya hari. Bahkan di negara-negara yang Timur Tengah ataupun negara tetangga Malaysia, selalu menjadikan hari Jumat sebagai hari libur, hal itu dilakukan agar masyarakat yang mayoritas beragama Islam dapat menjalankan ibadah dan mendapatkan faedah yang luar biasa dari hari jumat.

Berikut keutamaan dan keistimewaan hari Jumat:

1. Hari Terbaik

Abu Hurairah z meriwayatkan kalau Rasulullah bersabada : “Hari paling baik dimana pada hari itu matahari terbit yaitu hari Jum’at. Pada hari itu Adam di ciptakan, dimasukkan surga dan di keluarkan darinya. Serta kiamat tidak akan berlangsung terkecuali pada hari Jum’at.

2. Ada Waktu Mustajab untuk Berdo’a.

Abu Hurairah z berkata Rasulullah y bersabda : “Sebenarnya pada hari Jum’at ada saat mustajab apabila seseorang hamba muslim melakukan shalat serta memohon suatu hal pada Allah pada saat itu, pasti Allah bakal mengabulkannya. Rasululllah memberikan isyarat dengan tangannya melukiskan sekurang-kurangnya waktu itu (H. Muttafaqun Alaih)

Ibnu Qayyim Al Jauziah – sesudah menguraikan ketidaksamaan pendapat mengenai kapan saat itu – menyampaikan : “Di antara demikian banyak pendapat ada dua yang paling kuat, seperti diperlihatkan dalam banyak hadits yang sahih, pertama waktu duduknya khatib hingga selesainya shalat. Kedua, setelah Ashar, serta ini yaitu pendapat yang terkuat dari dua pendapat tadi (Zadul Ma’ad Jilid I/389-390).

3. Sedekah pada hari itu lebih paling utama di banding sedekah pada hari-hari yang lain.

Ibnu Qayyim berkata : “Sedekah pada hari itu dibanding dengan sedekah pada enam hari yang lain laksana sedekah pada bulan Ramadhan di banding beberapa bulan yang lain “. Hadits dari Ka’ab z menerangkan : “Serta sedekah pada hari itu lebih mulia dibanding hari-hari selainnya “. (Mauquf Shahih)

4. Hari ketika Allah SWT memperlihatkan diri pada hamba-Nya yang beriman di Surga.

Teman dekat Anas bin Malik z dalam memberi komentar ayat : “Serta Kami memiliki pertambahannya ” (QS. 50 : 35) menyampaikan : “Allah memperlihatkan diri pada mereka sehari-hari Jum’at”.

5. Hari besar yang berulang tiap-tiap pekan

Keharusan sholat Jum’at adalah sebesar-besar keharusan Islam yang paling diutamakan serta seagung-agungnya berhimpunnya golongan muslimin. Barangsiapa meninggalkannya (menunaikan sholat Jum’at) lantaran meremehkannya, pasti Alloh tutup hatinya seperti didalam hadits shahih yang diriwayatkan Muslim.

Ibnu Abbas z berkata : Rasulullah SAW bersabda :

“Hari ini yaitu hari besar yang Allah tentukan untuk ummat Islam, jadi siapa yang akan menghadiri shalat Jum’at sebaiknya mandi terlebih dulu. ” (HR. Ibnu Majah)

6. Hari dihapuskannya dosa-dosa

Salman Al Farisi z berkata : Rasulullah y bersabda : “Siapa yang mandi pada hari Jum’at, bersuci sesuai sama kekuatan, membereskan rambutnya, memoleskan minyak wangi, lantas pergi ke masjid, serta masuk masjid tanpa ada melangkahi di antara dua orang untuk dilewatinya, lalu shalat sesuai sama tuntunan serta diam ketika imam berkhutbah, pasti diampuni dosa-dosanya diantara dua Jum’at “. (HR. Bukhari).

7. Orang yang jalan untuk shalat Jum’at bakal memperoleh pahala untuk setiap langkahnya, setara dengan pahala beribadah setahun shalat serta puasa.

Aus bin Aus z berkata : Rasulullah y bersabda : ” Siapa yang mandi pada hari Jum’at, lalu bersegera pergi menuju masjid, serta tempati shaf paling depan lalu dia diam, jadi tiap-tiap langkah yang dia ayunkan memperoleh pahala puasa serta shalat sepanjang setahun, serta itu yaitu hal yang mudah untuk Allah “. (HR. Ahmad serta Ashabus Sunan, dinyatakan shahih oleh Ibnu Huzaimah).

8. Meninggal dunia saat malam hari Jum’at atau siangnya yaitu sinyal husnul khatimah, yakni dibebaskan dari fitnah (azab) kubur.

Diriwayatkan oleh Ibnu Amru, kalau Rasulullah y bersabda : ” Tiap-tiap muslim yang mati pada siang hari Jum’at atau malamnya, pasti Allah bakal menyelamatkannya dari fitnah kubur”. (HR. Ahmad serta Tirmizi, dinilai shahih oleh Al-Bani).

9. Hari paling penting di dunia

Terdapat banyak peristiwa yang berlangsung pada hari jum’at ini, diantaranya :

• Allah membuat Nabi Adam ‘alaihissallam serta mewafatkannya.
• Hari Nabi Adam ‘alaihissallam dimasukkan kedalam surga.
• Hari Nabi Adam ‘alaihissallam di turunkan dari surga menuju bumi.
• Hari bakal terjadinya kiamat.
• Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu kalau Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata :

“Hari terbaik di mana matahari terbit pada hari itu yaitu hari jumat, pada hari itu Adam diciptakan, serta pada hari itu juga Adam dimasukkan kedalam surga, dan di turunkan dari surga, pada hari itu juga kiamat bakal berlangsung, pada hari itu ada satu saat di mana tidaklah seseorang mukmin shalat menghadap Allah menginginkan kebaikan terkecuali Allah bakal mengabulkan permintannya. ” (HR. Muslim)

Amalan yang Istimewa Di Hari Jumat

1. Membaca Surat Al Kahfi

Amalan istimewa yang disarankan untuk dikerjakan pada hari jum’at yaitu membaca Surat Al-Kahfi. Hal semacam ini didasarkan pada hadits, “Dari Abu Sa’id Al Khudri, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Barangsiapa membaca surat Al Kahfi seperti di turunkan, jadi ia bakal memperoleh sinar dari tempat ia berdiri sampai Mekkah. Barangsiapa membaca 10 akhir ayatnya, lalu keluar Dajjal, jadi ia akan tidak dikuasai.

Ada banyak hadist yang mengungkap mengenai keutamaan serta faedah pada surat Al Kahfi, salah satunya :

Pertama : Membaca Al-Kahfi pada Hari Jumat bakal terlepas dari fitnah Dajjal. Sosok kejam yang bakal keluar pada akhir jaman ini nanti bakal bikin rusaknya di bumi serta menyebarkan fitnah pada setiap umat Islam. Nabi Muhammad SAW bersabda kalau dengan rajin membaca surat ini pada hari jumat jadi bakal terlepas dari fitnah itu.

“Barang siapa membaca Surah Al Kahfi pada hari Jum’at, jadi Dajjal tak dapat memudharatkannya, ” (HR-Dailami).

“Siapa yang membaca dari Surah Al-Kahfi, jadi jadilah baginya sinar dari kepala sampai kakinya serta siapa yang membaca keseluruhannya, jadi jadilah baginya sinar pada langit serta bumi, ” (HR Ahmad).

Kedua : Membaca Al Kahfi pada hari Jumat yaitu memperoleh pengampunan dosa di antara dua Jumat. Dalam kisah lain masihlah dari Abu Sa’id al-Khudri radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah bersabda, Dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah SAW bersabda :

“Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, jadi bakal memancar sinar dari bawah kakinya hingga ke langit, bakal meneranginya nantinya pada hari kiamat, serta diampuni dosanya pada dua jumat. ”

Ketiga : Membaca Surah Al Kahfi pada Hari Jumat akan memperoleh pancaran sinar diri.

“Barangsiapa membaca surat al-Kahfi saat malam Jum’at, jadi dipancarkan sinar untuk dia sejauh pada dianya dia serta Baitul ‘atiq. ” (HR Al-Hakim)

Ke empat : Diriwayatkan dari Ibnu Mardawaih dari Abdullah Bin Mughaffal dijelaskan kalau Tempat tinggal yang dibacakan surah al-Khafi serta al Baqarah tidak akan dimasuki setan selama malam itu.

Sunnah membaca surat Al-Kahfi saat malam Jum’at atau pada hari Jum’atnya, serta malam Jum’at dimulai mulai sejak terbenamnya matahari pada hari Kamis. Peluang ini selesai hingga terbenamnya matahari pada hari Jum’atnya.

2. Membersihkan Diri

Bersihkan diri disini tujuannya bukanlah bermakna kalau kita mesti selalu melindungi kebersihan diri atau jasmani pada hari jum’at saja, tetapi pada hari jum’at ada amalan istimewa yang dapat kita lakukan untuk memperoleh kelebihan pada hari jum’at, yakni bersihkan diri dengan keseluruhan, seperti mandi keramas, memotong kuku, dan seterusnya.

Hal semacam ini didasarkan pada suatu hadits, “Dari Abu Hurairah r. a, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang mandi pada hari jum’at, jadi ia mandi seperti mandi janabah” (HR. Bukhari serta Muslim).

Umumnya, untuk kaum pria yang bakal menggerakkan shalat jum’at, bakal mandi keramas serta menggunakan parfum, hal itu berdasar pada hadits, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang mandi pada hari Jum’at serta bersuci sedapatnya, lantas menggunakan minyak rambut atau wangi-wangian lalu pergi ke masjid serta tak memisahkan pada dua orang, lantas shalat sesuai sama kekuatan dianya, serta saat imam mengawali khutbah, ia diam serta mendengarkannya jadi bakal diampuni dosanya mulai Jum’at ini hingga Jum’at selanjutnya.” (HR. Bukhari serta Muslim).

3. Perbanyak Berdo’a

Satu diantara saat mustajab untuk berdo’a atau memohon pada Allah yaitu pada hari jum’at. Di mana hal itu juga sudah diriwayatkan dalam satu hadits, “Dari Abu Hurairah r. a, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengulas tentang hari Jum’at lantas ia bersabda, Di dalamnya ada saat. Bila seseorang muslim berdoa saat itu, tentu diberikan apa yang ia minta” Lantas beliau menyaratkan dengan tangannya mengenai sebentarnya saat itu. ” (HR. Bukhari no. 935 serta Muslim no. 852, dari teman dekat Abu Hurairah).

Waktu-waktu mustajab untuk berdo’a memanglah baiknya kita gunakan semaksimal mungkin saja untuk pasrah serta memohon kebaikan pada Allah, lantaran pada beberapa saat itu, kemungkinan besar kalau Allah bakal mengabulkan do’a-do’a kita serta memberi keberkahan dalam kehidupan kita.

4. Perbanyak Shalawat Nabi

Bershalawat pada Rasulullaah SAW yaitu satu amalan yang dapat kita kerjakan kapanpun serta dimana saja kita ada. Tetapi pada hari jum’at, ada kelebihan di mana kita disarankan untuk perbanyak bershalawat nabi pada hari itu. Hal semacam ini didasarkan pada suatu hadits, “Dari Abu Umamah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Perbanyaklah shalawat kepadaku pada tiap-tiap Jum’at. Lantaran shalawat umatku bakal dipertunjukkan padaku pada tiap-tiap Jum’at.

Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat kelak. ” (HR. Baihaqi dalam Sunan Al Kubro. Syaikh Al Albani menyampaikan kalau hadits ini hasan ligoirihi -yaitu hasan diliat dari jalur lainnya-. Saksikan Shahih At Targhib wa At Tarhib no. 1673).

5. Membaca Surat Al-Ikhlas, An-Nas, Al-Falaq Masing-Masing 7 Kali

Terkecuali empat amalan diatas, ada satu lagi perbuatan istimewa yang dapat dikerjakan di hari Jumat. Hal itu yaitu dengan membaca 3 surat penghujung Al-Qur’an yaitu An-Nas, Al-Falaq, serta Al-Ikhlas semasing 7 kali. Ada juga saat pengerjaannya yaitu sesudah Sholat Jumat, tepatnya bisa dikerjakan sebentar sesudah salam.

Terdapat beberapa kisah mengenai keutamaan membaca tiga surat ini di saat sesudah Sholat Jumat. Jadi, di ketahui siapa saja lakukan amalan ini, jadi Allah bakal melindungi diri, keluarga serta harta beberapa pengamalnya. Di kisah lain ada yang menyampaikan Allah bakal mengampuni hingga datang hari Jumat lagi.

Nah, tersebut sebagian amalan istimewa yang disarankan untuk kita kerjakan di hari jum’at. Seperti yang dicontohkan serta disarankan oleh Rasulullaah SAW. Serta siapakah yang tambah baik untuk kita menjadikan teladan terkecuali beliau? Mudah-mudahan berguna.

loading...

LEAVE A REPLY