Ibadah yang Lebih Utama

0

Seruni.id – Tahukah Momies, ternyata ada ibadah-ibadah yang nilainya lebih utama karena bergantung pada beberapa hal seperti berikut, apa saja ya?

1. Waktu

Saat beribadah, ada waktu-waktu dimana pahala yang kita peroleh akan lebih besar, seperti beribadah di waktu bulan ramadhan, beribadah saat di hari Jumat, maupun saat  beribadah di sepertiga malam terakhir. Jadi semakin banyak ibadah yang kita lakukan di waktu-waktu yang tertentu ini,  maka ibadah kita menjadi lebih utama dibandingkan di waktu-waktu yang biasa.

2. Tempat

Tempat kita beribadah juga berpengaruh terhadap keutamaan beribadah kita. Misalnya ketika kita beribadah di masjid biasa dengan di masjid Nabawi, maka pahalanya akan lebih besar di masjid Nabawi. Begitupun saat beribadah di masjid biasa dengan di Masjidil Haram, maka pahalanya akan lebih besar di masjidil haram.

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda :
((صَلَاةٌ فِي مَسْجِدِي أَفْضَلُ مِنْ أَلْفِ صَلَاةٍ فِيمَا سِوَاهُ إِلَّا الْمَسْجِدَ الْحَرَامَ وَصَلَاةٌ فِي الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ أَفْضَلُ مِنْ مِائَةِ أَلْفِ صَلَاةٍ فِيمَا سِوَاهُ)).

” Shalat di masjidku (Masjid Nabawi) lebih utama daripada 1000 shalat di masjid lainnya selain Masjidil Haram. Shalat di Masjidil Haram lebih utama daripada 100.000 shalat di masjid lainnya.”

3. Pelaku

Pelaku disini maksudnya adalah orang yang melakukan ibadah. Misalnya adalah sedekah. Sedekah itu menjadi hal yang wajar jika dilakukan oleh orang yang mampu atau berada secara finansial. Namun, ketika sedekah itu dilakukan oleh orang yang tidak mampu, maka ibadah orang ini menjadi lebih utama nilainya dibandingkan dengan orang yang mampu.

Contoh lain adalah sholatnya orang yang sedang sakit keras atau sulit untuk mengikuti gerakan sholat yang sempurna karena sakitnya. Bagi orang yang sehat, sholat menjadi ibadah yang seharusnya ringan dikerjakan. Namun bagi orang yang sedang sakit keras, sulit untuk ruku dan sujud misalnya, namun orang ini tetap berusaha untuk sholat, maka hal itu menjadi lebih utama baginya.

4. Usia

Nah, usia kita juga memengaruhi nilai dan keutamaan ibadah kita. Ketika di usia muda kita sudah rajin beribadah maka itu lebih utama nilainya dibandingkan kita rajin beribadah ketika usia kita sudah tua.

Nah, beruntunglah bagi kita yang dapat memperoleh nilai ibadah yang lebih utama seperti yang dijelaskan di atas.

Semoga bermanfaat ya Moms!

-Anggraini-

 

 

 

 

LEAVE A REPLY