89 Jenis Ikan Yang Cocok Diletakkan di Aquascape

0
Aquarium Tidings

Anda penggemar aquascape? Untuk para pemula penggemar aquascape, mungkin masih banyak yang masih dipusingkan dengan jenis ikan apa sajakah yang cocok diletakkan di aquascape. Nah, berikut ini adalah jenis-jenis ikan yang bisa Anda pilih sebagai pemanis aquascape Anda.

1. Zebra Danio

Aquarium Tidings
Aquarium Tidings

Ikan Zebra Danio adalah ikan aktif yang cocok diletakkan dalam sebuah kelompok yang terbagi dalam 3-6 ekor ikan. Ikan ini juga dapat hidup damai berdampingan dengan tipe ikan yang lain yang memiliki ukuran yang sama dengannya.

2. White Cloud

Aquatic Mag
Aquatic Mag

Ikan ini diberi nama White Cloud atau White Cloud Mountain, lantaran menurut sejarah, ikan ini ditemukan di sungai yang bernama white cloud mountain di China. Ikan ini bukanlah termasuk ikan tropis, jadi terkadang tidak bisa bertahan di lingkungan tropis. Ikan ini cocok jika dipelihara pada iklim dingin.

3. Whiptail Catfish

Pinterest
Pinterest

Ikan ini mempunyai kemiripan dengan ikan Twig Catfish, dilihat dari bentuk serta warna tubuhnya. Ikan ini juga bisa berkamuflase serta tampak seperti batang atau daun yang telah kering. Tetapi, ikan ini sedikit pemalu serta tertutup.

4. Upside Down Catfish

Pinterest
Pinterest

Termasuk juga ikan yang damai serta harus diletakkan dalam sebuah kelompok yang terbagi dalam 3-6 ekor dalam satu akuarium. Ikan ini juga dapat hidup rukun bersama spesies ikan yang lain.

5. Twig Catfish

plus.google.com
plus.google.com

Ikan satu ini sangat pandai berkamuflase, lantaran bentuk tubuhnya yang ramping serta panjang dan tampak seperti batang kayu.

6. Tropheus Moorii

Trophs.com
Trophs.com

Ikan ini adalah ikan pemakan algae atau ganggang, sehingga akuarium Anda harus banyak terkandung unsur kayu maupun batu sebagai media perkembangan ganggang serta sebagai tempat persembunyian ikan.

7. Sun Catfish

Ikan Sun Cattfish datang dari negara bagian Kerala di Selatan Barat India serta ditemukan di sungai-sungai yang mengalir lambat. Ikan ini merupakan sejenis hewan nokturnal atau aktif saat malam hari.

8. Spotted Headstander

Ikan Spotted Headstander memang kurang populer di kelompok penghobi lantaran sebagian besar ikan ini yang dipelihara berasal langsung dari habitat aslinya serta hanya sedikit yang mengembangbiakan ikan ini.

9. Skunk Corydoras

Ikan Skunk Corydoras termasuk jenis ikan pemalu serta mudah takut saat disimpan sebagai spesies tunggal di dalam akuarium.Bila Anda ingin memelihara ikan ini harus secara berkelompok yang terbagi dalam 6 ekor atau lebih dalam satu akuarium. Hindarkan meletakkan ikan besar serta agresif bila memelihara Ikan Skunk Corydoras karena ikan ini akan merasa tertekan serta stress yang berujung pada kematian.

10. Serpae Tetra

Ikan ini adalah spesies tetra yang memiliki ukuran kecil serta cukup populer. Ikan ini mempunyai kecenderungan yang buruk saat ditempatkan bersamaan dengan spesies ikan yang lain, ikan ini umumnya akan menyerang atau menggigit spesies ikan lain yang berada dalam satu akurium.

11. Sailfin Molly

Ikan ini termasuk juga ikan yang indah untuk dipelihara di akuarium. Kombinasi bentuk pada sirip ekor serta punggung yang tidak umum menjadikan ikan Saifin Molly sebagai ikan yang cukup populer dikalangan penghobi ikan hias.

12. Rummynose Tetra

Ikan Rummynose Tetra merupakan Spesies Tetra yang mempunyai ukuran tubuh kecil serta cukup dikenal karena warna merah ruby di bagian kepalanya.

13. Rosy Tetra

Ikan ini cukup unik, karena ikan ini memilki sedikit rona merah muda saat berada di bawah pencahayaan atau lampu. Rona merah ini ada di beberapa sisi termasuk juga tubuh, sirip bawah, ekor terkecuali di bagian sirip punggung yang umumnya malah berwarna hitam atau putih. ikan ini juga memiliki garis hitam vertikal yang cukup samar di setiap matanya.

14. Red Tailed Shark

Sesuai dengan namanya, ikan ini mempunyai ciri khas pada ekornya yang berwarna merah sedangkan tubuhnya berwarna hitam pekat.

15. Red Tailed Chalceus

Ikan ini termasuk juga ikan yang indah dalam hal kombinasi warna. Ikan ini juga perenang yang sangat cepat serta sering diimpor dari Amerika Selatan. Sebenarnya warna merahnya bukan hanya terletak di bagian ekornya saja, tetapi jugadi bagian punggung serta sepasang sirip juga terkadang muncul rona merah.

16. Red Eye Tetra

Ikan ini mempunyai ciri tubuh sebagian besar berwarna perak namun di bagian punggungnya menampilkan sisik berwarna hijau serta mempunyai ciri band hitam di bagian pangkal ekornya serta band kuning tipis di bagian sirip ekor yang bercabang.

17. Ram

Namanya memang cukup sederhana serta mudah diingat. Ikan Ram merupakan salah satu ikan yang menarik dari seluruh Spesies Cichild yang ada. Ikan ini memiliki sisik yang berwarna-warni, paduan biru serta emas di bagian dada. Nyatanya ikan ini mempunyai warna kuning secara keseluruhan dengan sirip sedikit berwarna merah serta warna merah juga terlihat di bagian dahi.

18. Porthole Catfish

Bila kita artikan per suku kata yakni “Porthole” yang bermakna jendela kapal sedangkan catfish” yang berarti ikan lele. Ikan ini telah dipakai sebagai hewan peliharaan selama bertahun-tahun, tetapi hingga sekarang ini ikan ini kurang populer di kelompok penghobi. Masalahnya mungkin saja ikan ini tak pernah dikembangbiakan dalam jumlah besar secara komersial, sehingga nyaris seluruh ikan yang dipelihara penghobi adalah hasil tangkapan langsung dari habitat aslinya yakni didaerah lembah sungai Amazon.

19. Plecostomus

Di Indonesia sendiri Ikan Plecostomus dikenal dengan sebutan ikan sapu-sapu dan merupakan salah satu ikan yang mempunyai tingkat ketahanan tinggi. Ikan inidapat juga dijadikan petugas kebersihan di dalam akuarium, karena ikan inimempunyai mulut seperti vacum cleaner yang dapat membersihkan lapisan lumut maupun algae pada permukaan seperti kaca, batu maupun kayu di akuarium.

20. Platy

Ikan Platy merupakan salah satu ikan yang mempunyai ragam ukuran yang biasanya setiap wilayah yang mengembangbiakan tidak akan sama dengan wilayah yang lain dalam hal ukuran. Para peternak dari Singapura serta Hongkong secara terus-menerus mengembang biakan Ikan Platy ini hingga sekarang ini telah banyak menghasilkan variates.

21. Pictus Catfish

Pictus Catfish merupakan ikan yang sering disebut dengan “Angel Catfish“. Tetapi, sekarang ini ada “Angel Catfish” lain yang berbeda serta datang dari danau Afrika, hingga julukan yang cocok untuk ikan ini tetaplah Pictus Catfish. Ciri dari ikan ini yaitu mempunyai tubuh yang ramping, panjang serta corak bintik-bintik di seluruh tubuhnya.

22. Peppered Corydoras

Ikan Peppered Corydoras dapat hidup rukun dengan spesies ikan lainnya yang mempunyai ukuran sama. Ikan ini umumnya mengkonsumsi pakan yang berserakan dari bekas ikan lain di dasar akuarium serta dapat dijadikan sebagai pembersih di dalam akuarium.

23. Paradisefish

Paradisefish adalah ikan yang hidup dengan cara berkelompok serta dapat hidup rukun dengan ikan berkelompok yang lain di dalam akuarium selama mempunyai ukuran yang sama. Walau begitu, tidak dianjurkan menempatkan jantan lebih dari satu ekor dalam satu akuarium karena mereka akan berkompetisi serta menyerang satu sama lain.

24. Otocinclus

Ikan Otocinclus adalah termasuk ikan pemakan algae yang cukup dikenal di kalangan penggemar Aquascape. Ikan ini memiliki sifat pemalu serta termasuk juga dalam spesies ikan yang hidup dengan cara berkelompok yang umumnya terbagi dalam 5-6 ekor dalam satu kelompok.

25. Oscar

Ikan Oscar ini unik tak seperti ikan hias biasanya. Hal ini dikarenakan ia mampu mengetahui orang yang memeliharanya, memberikannya umpan serta akan berlaku jinak pada orang tersebut . Ikan ini termasuk juga ikan yang cukup besar maka harus membutuhkan akuarium yang cukup besar, tetapi tak jarang ikan ini diletakkan pada Aquascape.

26. Orange Finned Loach

Ikan Orange Finned Loach termasuk juga ikan yang hidup secara berkelompok sehingga langkah terbaik memelihara ikan ini yaitu dalam sebuah kelompok kecil. Ikan ini mempunyai ciri warna siripnya yang orange sesuai dengan namanya sedangkan tubuh ikan ini berwarna abu-abu. Meskipun hidup secara berkelompok, ikan ini cukup agresif sehingga cocok diletakkan bersama ikan agresif yang lain seperti Tiger barb, rosy barb, maupun sesies catfish. Fakta lain mengenai ikan ini yaitu ikan ini adalah hewan nokturnal serta sebagian besar aktivitas dilakukansaat malam.

27. Neon Tetra

Neon tetra merupakan salah satu ikan yang begitu populer di kelompok penggemar Aquascape. Harga ikan ini sangat murah bila dibanding ikan hias yang lain.

28. Montezuma Swordtail

Ikan Montezuma Swordtail yaitu salah satu ikan jenis swordtail yang beberapa waktu terakhir diperkenalkan secara umum serta sekarang ini nyaris semua jenis Swordtails ada di toko ikan lokal. Untuk ciri khusus pada ikan ini, ada pada jantan yaitu bintik-bintik hitam di sepanjang tubuhnya.

29. Marbled Hatchetfish

Ikan ini mempunyai kebiasaan suka melompat dari akuarium sehingga jika Anda ingin memelihara ikan ini harus memakai akuarium yang besar,bila tak ingin terkaparnya ikan-ikan di lantai.

30. Lemon Tetra

Ikan ini memang telah jarang dipelihara lantaran warna ikan yang kurang menarik membuat para penghobi kurang tertarik dengan ikan yang satu ini. Tetapi selain itu, Ikan ini mudah sekali dipelihara serta dapat menerima pakan apapun, baik itu pakan beku maupun kering bahkan juga pakan hidup.

31. Kuhli Loach

Ikan Kuhli Loach yaitu ikan yang dapat hidup selama bertahun-tahun di dalam akuarium. Ikan ini tak menyukai kondisi terang sehingga lebih suka bersembunyi di bawah bebatuan maupun kayu.

32. Knight Goby

Ikan ini tak mempunyai warna yang cerah seperti ikan hias biasanya, namun ikan ini tetaplah menarik untuuk dipelihara. Warna ikan ini pada dasarnya yaitu hijau keabu-abuan dengan bintik-bintik kecil di kedua sisi tubuhnya.

33. Kribensis

Ikan Kribensis atau seringkali disebut dengan ikan “Krib” yaitu spesies ikan yang umum dipelihara. Ikan ini sangat kuat, dan dapat menyesuaikan diri di hampir semua kondisi air. Ciri pada ikan inimemiliki warna merah di bagian bawah tubuhnya mengisyaratkan suasana hati ikan ini yang bermakna hidup dengan baik tanpa tekanan. Bila ikan ini tengah merasa tertekan maupun stress maka rona merah di bagian tubuhnya umumnya tak terlihat.

34. Kissing Gourami

Ikan ini yaitu spesies ikan damai yang harus diletakkan dengan ikan yang memiliki ukuran sama dengan dirinya. Ikan ini memiliki keunikan, yakni pada sang jantang berkelahi memakai mulutnya dengan menekan mulut lawan.

35. Jack Dempsey

Ikan Jack Dempsey merupakan salah satu ikan yang paling populer dipelihara, serta ikan ini sering disimpan sendiri (tanpa hadirnya spesies ikan yang lain) di dalam akuarium.

36. Head And Tail Light Tetra

Ikan ini adalah ikan yang cocok dipelihara meskipun oleh seorang pemula, lantaran tidak banyak menuntut dalam hal pencahayaan maupun parameter air. Walau air yang disukai oleh ikan ini yaitu air sedikit asam serta lembut.

37. Harlequin Rasbora

Harlequin Rasbora ikan kecil milik keluarga Cyprinidae, Subfamili Rasborinae. Menurut penghobi, ikan ini berwarna ikan pink di bagian atas serta perak di bagian bawah, sedangkan ciri khusus dari ikan ini yaitu pola segitiga hitam di bagian belakang tubuhnya serta berujung di bagian batang ekor.

38. Guppy

Ikan Guppy yaitu salah satu ikan yang sering dipakai dalam Aquascape. Ikan juga sering melompat keluar akuarium saat malam hari. Jika Anda ingin memelihara ikan ini, maka harus menutup akuarium bila Anda tidak ingin melihat keesokkan paginya ikan ini terkapar dilantai dalam kondisi telah mati.

39. Goldfish

Ikan Goldfish di dalam negeri sendiri dikenal dengan sebutan ikan mas koki. Ikan ini merupakan salah satu ikan yang tidak dianjurkan penggunannya di dalam Aquascape. Lantaran ikan ini cenderung mengakibatkan kerusakan tanaman Anda walau tidak makan.

40. Glowlight Tetra

Glowlight Tetra (Hemigrammus erythrozonus) adalah ikan tropis kecil yang ditemukan endemik di sungai Essequebo, Guyana, Amerika Selatan. Ukuran tubuh ikan ini maksimal hanya 4 cm atau sekitaran 1, 6 inchi. Glowlight Tetra memiliki warna tubuh keperakan dengan garis mengkilat di sepanjang tubuhnya dari mulai hidung hingga pangkal ekor. Warna garis itu beragam dari merah hingga orange, serta warna itu sama dengan warna sisi depan sirip punggung serta sisi atas matanya.

41. Glass Catfish

Ikan ini merupakan salah satu yang paling unik dari jenis-jenis ikan yang ditaruh dalam aquascape. Transparannya tubuh ikan ini bila dilihat dari kejauhan seperti terlihat ada isi perut ikan yang bergerak-gerak.

42. Giant Danio

Ikan Giant Danio merupakan perenang cepat yang dapat tumbuh lebih dari 10 cm serta ikan ini cukup aktif di dalam akuarium. Untuk memelihara ikan ini tidak terlalu susah asalkan disimpan pada keadaan lingkungan yang ideal yang mencakup ukuran akuarium serta kualitas air.

43. Frontosa Cichlid

Ikan Frontosa Cichlid yaitu salah satu spesies cichild yang paling populer dari Danau Tanganyika Afrika. Uniknya, ikan ini lebih suka mengkonsumsi pakan langsung dari tangan aquaristnya. Ikan ini tidak terlalu agresif seperti spesies cichild danau Tanganyika yang lain.

44. Frog Faced Cichlid

Ikan Frog Faced Cichlid sering disebut juga “Gold Ocellatus Cichild” atau Ikan Cichild berwajah katak. Ikan ini merupakan ikan kecil sirip yang kuat serta lebih kaku bila dibanding dengan spesies cichild yang lain.

45. Firemouth

Ikan Firemouth merupakan ikan yang sering dipelihara oleh beberapa penghobi ikan hias. Ikan ini juga dapat bergaul secara baik dengan spesies ikan yang lain di dalam akuarium asalkan ukurannya tak jauh berbeda dengannya.

46. False Julii Cory Catfish

Ikan False Julii Cory Catfish berbeda dengan Ikan Cory Julii, maka ditambahkan kata “False” pada namanya. Mudah untuk membedakan keduanya, Ikan False Julii Cory Catfish mempunyai pola gelap serta corak faris-garis hitam, warna dasar tubuhnya sendiri berwarna perak keputihan.

47. Dwarf Gourami

Ikan Dwarf Gourami termasuk juga ikan yang damai serta pemalu sehingga harus diletakkan di akuarium dengan ikan yang memiliki ukuran sama dengan dirinya.

48. Discus

Discus dalah ikan yang damai serta hidup dengan cara berkelompok. Tetapi Anda membutuhkan ukuran akuarium yang cukup besar untuk memelihara beberapa ekor dari ikan ini. Ikan inimempunyai beragam corak dan warna, tetapi harga Ikan Discus termasuk cukup mahal tergantung dari warna serta corak tubuhnya.

49. Clown Knifefish

Clown Knifefish (Chitala ornata) juga dikenal dengan Clown featherback fish atau Spotted Knifefish. Ikan iniadalah ikan tropis nocturnal yang memiliki bentuk tubuh mirip pisau panjang.

50. Cardinal Tetra

Warna yang brilian membuatnya menjadi salah satu ikan akuarium paling populer. Namun penting untuk diketahui kalau ikan ini bukan merupakan ikan yang mudah untuk dipelihara. Ikan ini adalah jenis ikan yang sensitif pada perubahan kimia di air.

51. Buenos Aires Tetra

Ikan ini berasal dari negara Argentina dan merupakan salah satu yang terbesar dari jenis ikan tetra, karena bisa tumbuh hingga ukuran 7 cm. Tubuhnya berwarna keperakan dengan garis kebiruan menyempit yang dimulai dari belakang insang hingga pangkal ekor. Di tubuhnya ada titik yang berbentuk seperti diamon hitam, serta ekornya berwarna orange kemerahanan, bercak merah juga tampak pada atas mata.

52. Bronze Corydoras

Perunggu Corydoras (Corydoras aeneus) merupakan keluarga ikan lele lapis baja (Callichthyidae). Spesies ini tidak banyak tuntutan serta merupakan ikan yang baik untuk pemula.

53. Diamond Tetra

Tak seperti spesies tetra yang lain, ikan ini tak mempunyai banyak macam warna pada tubuhnya. Tetapi, kilauan warna dasarnya ini dapat menutupi semua kekurangannya. Setiap sisik ikan ini bersifat reflektor yang akan dengan mudah memantulkan sinar yang ada.

54. Convict Cichlid

Ikan ini termasuk spesies Cichild yang memiliki nama yang cukup unik yakni “Convict Cichild“. Kata dari “Convict” sendiri bermakna “Terpidana”. Mungkin penamaannya karena dari warna dan corak pada tubuh ikan ini yang mirip corak pakaian terpidana yaitu hitam bergaris putih.

55. Congo Tetra

Ikan ini merupakan salah satu spesies tetra yang datang dari Afrika serta paling banyak dipelihara dalam akuarium. Ikan ini mempunyai corak perak yang mendominasi serta di bagian bawah tubuhnya ada corak biru aquamarine sedangkan di bagian atas berwarna kuning keemasan.

56. Colombian Tetra

Colombian Tetra juga dikenal dengan istilah Red-Blue Colombian Tetra, tetapi penambahan kata “Red-Blue” sebenarnya tak perlu. Karena, ikan ini merupakan satu-satunya ikan yang disebut “Colombian Tetra“. Seperti namanya, ikan ini datang dari wilayah yang bernama Acandi DAS di Kolombia-Amerika Selatan. Ikan ini cukup populer di kelompok penggemar ikan hias. Ikan ini menarik bila digunakan dalam Aquascape, mengingat ukuran tubuhnya yang tidaklah terlalu besar dan sifatnya yang damai.

57. Clown Loach

Ikan Clown Loach atau Ikan Botia adalah ikan hias asli Indonesia yang memiliki nama daerah Ikan Bajubang. Ikan ini hanya dapat ditemui di dua tempat di Indonesia yaitu Sungai Batanghari, Jambi serta Sungai Barito, Kalimantan. Ikan ini termasuk juga ikan yang berumur panjang, ikan ini diduga dapat hidup puluhan tahun.

58. Brichardi Cichlid

Ikan Brichardi Cichlid termasuk juga ikan air tawar yang cukup agresif. Warna tubuh dari ikan ini yaitu coklat serta memiliki sisik kuning di bagian pangkal ekor.

59. Boesemans Rainbowfish

Ikan Boesemans Rainbowfish mempunyai ciri tubuh berwarna biru di bagian depannya, dan berwarna kuning-orange di bagian belakangnya. Dalam beberapa spesimen, Anda dapat juga melihat satu atau dua pola garis berwarna perak-hitam.

60. Blue Gourami

Ikan Blue Gourami atau umum disebut ikan sepat rawa merupakan ikan anggota suku gurami (Osphronemidae). Ikan ini banyak dikenal dengan nama-nama lokal seperti Sepat Sawah, Sepat Jawa, Sepat Biru, Sepat Ronggeng (Mly), Sapek (Min), serta lain sebagainya.

61. Blind Cave Tetra

Ikan Blind Cave Tetra termasuk juga jenis ikan yang hidup dengan cara berkelompok atau umum disebut dengan schooling fish. Ikan ini sedikit agresif serta berbeda dengan umumnya tetra yang lain. Ikan ini suka pada kondisi akuarium yang cukup gelap maka dianjurkan Anda meletakkan beberapa tanaman yang cukup besar dan rimbun di dalam akuarium.

62. Bleeding Heart Tetra

Ikan Bleeding Heart Tetra termasuk juga jenis ikan yang hidup dengan cara berkelompok. Ikan ini sangat baik apabila disimpan dengan spesies ikan damai yang lain seperti Megalamphodus, Corydoras serta Nannostomus Spesies.

63. Blackline Penguin

Ikan Blackline Penguin atau Blackline Penguinfish sebenarnya termasuk juga spesies ikan tetra. Ikan ini cukup kuat serta dapat beradaptasi pada beragam keadaan air yang berbeda. Seperti umumnya jenis ikan yang lain, ikan ini berenang secara horisontal tetapi yang sedikit membedakannya yaitu ikan ini berenang dengan kepala sedikit terangkat.

64. Black Tetra

Walau namanya Black Tetra, namun tak semua tubuhnya hitam. Warna hitam hanya ada pada kedua sisi tubuhnya yang berbentuk garis-garis yang jumlahnya 3 buah pada setiap sisi. Sementara warna punggungnya hijau zaitun dengan perut putih keperakan. Black Tetra dikenal sebagai perenang aktif, agresif, serta kerap mengganggu ikan lain, terlebih ikan yang ukurannya lebih kecil. Oleh karenanya, Black Tetra baiknya diletakkan pada akuarium yang memiliki ukuran besar. Ikan lain yang dipelihara bersamanya sebaiknya memiliki ukuran seimbang.

65. Black Molly

Ikan Black Molly adalah variasi hibrida dari Sailfin Molly. Ikan ini termasuk juga ikan air tawar yang mempunyai ukuran tubuh yang kecil.

66. Betta

Betta Fish di Indonesia dikenal dengan sebutan Ikan Cupang. Betta Fish yaitu ikan air tawar yang habitat aslinya di beberapa negara di Asia Tenggara, diantaranya seperti Indonesia, Thailand, Malaysia, serta Vietnam. Ikan ini memiliki bentuk serta ciri-ciri yang unik dan cenderung agresif dalam menjaga wilayahnya.

67. Tiger Barb

Di Indonesia sendiri, ikan ini dikenal dengan sebutan Ikan Sumatera. Tiger Barb atau Ikan sumatera merupakan ikan kecil anggota keluarga Cyprinidae.

68. Rosy Barb

Ciri khas dari ikan ini yaitu warnanya merah dan bersifat damai serta hidup dengan cara berkelompok di dalam akuarium. Sebenarnya warna asli pada ikan ini yaitu perak metalic serta siripnya berfungsi sebagai reflektor warna.

69. Clown Barb

Ikan Clown Barb memiliki ukuran sedang serta cukup aktif. Ikan ini lebih baik diletakkan bersama dengan ikan yang seukurannya di dalam akuarium serta Clown Barb suka pada air yang cukup hangat.

70. Cherry Barb

Ikan ini mempunyai warna tubuh yang menarik yakni merah sedikit keunguan serta ikan ini hidup dengan cara berkelompok.

71. Bala Shark

Ikan Bala Shark dikenal juga dengan sebutan Tricolor Shark atau hiau tiga warna. Ikan ini dapat ditemukan secara alami di perairan Sumatera, Kalimatan serta perbatasan Kalimantan dengan Malaysia. Ikan ini termasuk juga ikan yang cukup aktif di dalam akuarium serta berwujud solitaire. Tetapi ternyata ikan ini cukup damai serta tidak akan memakan ikan lain walau memiliki ukuran lebih kecil darinya.

72. African Jewelfish

Ikan African Jewelfish datang dari perairan Afrika. Terkadang ikan inisuka menyerang jenis ikan lain sehingga ikan ini lebih pas diletakkan menyendiri atau bersama spesiesnya di dalam satu akuarium.

73. Angelfish

Ikan Angelfish di dalam negeri sendiri umum disebut Manfish. Ikan ini termasuk ikan yang cukup besar bila digunakan dalam Aquascape, karena seekor Angelfish bahkan dapat mencapai panjang 20 cm. Oleh karenanya, Anda membutuhkan akuarium yang cukup besar bila ingin memelihara Angelfish, minimal dengan panjang akuarium 80 cm.

74. Manfish Diamond

Jenis ikan manfish yang memiliki ciri-ciri bentuk tubuh yang gemuk serta sayap yang lebar setara dengan tubuh, serta ikan manfish diamond ini begitu menyerupai dengan angel fish.

75. Rainbow Fish

Nama ikan rainbow fish ini berasal dari warna-warni tubuhnya yang mengagumkan. Ikan yang paling indah di laut dan bersinar dengan ikan kecil. Warnanya yang indah sangat cocok bila ditaruh di dalam aquarium.

76. Red Nose Tetra

Ikan Red Nose Tetra ini sangat mungil dan suka hidup bergerombol. Memiliki ciri hidungnya yang berwarna merah.

77. Soaboa

Sepintas tampilannya serupa red nose tetra, karenadi bagian hidungnya berwarna kemerahan. Namun warnanya bukan hanya di hidungnya saja tetapi sampai ke ujung ekornya.

78. Chili Rasbora

Ukurannya yang kecil serta warnanya yang merah menyala menjadikan ikan ini begitu populer di kelompok penggemar aquascape serta ikan hias.

79. Rasbora

Rasbora merupakan salah satu jenis ikan hias yang cocok untuk di letakkan pada aquascape. Sebagian besar rasbora mempunyai tubuh yang kecil serta hanya memiliki ukuran 10 cm.

80. Puntius Denisoni

Ikan ini umumnya dimasukkan ke dalam aquascape sebagai pemanis. Untuk memelihara ikan ini memang tidaklah terlalu sulit. Ikan ini termasuk juga ke dalam kelompok ikan barb.

81. Mandarin Shrimp

Udang hias satu ini mempunyai warna orange transparan yang menarik dan dihiasi bintik-bintik kecil merah.

82. Udang Cardinal

Udang hias cardinal shrimp ini mempunyai warna merah gelap dihiasi dengan bintik-bintik putih atau dapat disebut polkadot pada seluruh tubuhnya dengan ujung ekor berwarna putih.

83. Udang Red Nose

Udang hias red nose tipe dari caridina ini cukup populer. Udang hias ini mempunyai warna yang unik dengan tubuhnya yang transparan diikuti garis merah menyala memanjang. Ujung hidung nya yang berbentuk cula panjang berwarna merah menyala, menjadikan udang ini lebih menawan.

84. Udang Neon Shrimp

Neon shrimp ini mempunyai warna hijau transparan. Udang neon shrimp ini cocok sebagai pembersih akuarium terutama pada akuarium dengan tema aquascape.

85. Udang Red Cherry Shrimp

Red cherry shrimp satu ini mempunyai warna merah transparan yang cantik, begitu cocok untuk pembersih aquarium tema aquascape.

86. Bumble Bee

Bumble bee juga merupakan tipe caridina “pembersih”. Udang ini suka menjelajah untuk membereskan beberapa sisa dari tanaman, kayu, atau pecahan batu.

87. Udang Blue Velvet

Dengan warnanya yang unik biru-biru transparan udang jenis blue velvet ini dapat membersihkan lumut serta sebagai pembersih aquarium.

88. Udang Yamato

Udang amano atau yamato merupakan pemakan algae. Selera makan mereka pada algae akan menyusut bila terlalu sering diberikan makanan komersial.

89. Udang Bamboe

Udang ini merupakan clawless dan karena itu tak beresiko untuk ikan lain. Tak bisa dipelihara bersama cichlids besar atau ikan yang agresif karena akan dianggap sebagai makanan. Bisa disatukan dengan udang lain yang ukurannya sama.

Baca juga: Serba-Serbi Alergi Yang Harus Banget Anda Pahami

LEAVE A REPLY