Ini 7 Mainan Anak Yang Berbahaya Untuk Mata Loh Moms!

0

Seruni.id – Menurut Moms, ada anak yang tidak suka dengan mainan atau tidak? Sepertinya jawabannya kompak ya, anak-anak pasti suka mainan.

Mainan merupakan benda yang umumnya dimainkan oleh anak-anak yang yang memiliki tujuan untuk hiburan dan berkreatifitas. Nah, oleh karena itu tidaklah mengherankan jika berbagai macam mainan beredar di toko-toko mainan.

Moms, sebagai orang tua yang baik, pasti ingin membelikan mainan yang anak kita sukai. Namun ternyata tidak banyak orang tua tahu bahwa ada beberapa mainan yang tergolong membahayakan bagi sang anak sendiri.

Memilih mainan anak memang tidak bisa asal pilih. Bila dulu kita harus memisahkan berdasar bahan pembuat, kini kita harus mempertimbangkan apakah mainan anak yang kita belikan berpotensi membahayakan mata dan anggota tubuh lainnya atau tidak.

Berikut ini adalah 7 mainan yang tergolong berbahaya bagi buah hati, terutama untuk mata anak kita. Beberapa mainan anak yang kelihatannya mengasyikkan ini, justru bisa mengakibatkan cedera mata serius bahkan kebutaan.

Cedera mata bisa saja berupa goresan pada permukaan mata (biasa disebut abrasi kornea), hingga cedera yang dapat membahayakan penglihatan anak seperti ulkus kornea, katarak traumatik, pendarahan di dalam mata dan ablasi retina.

Inilah daftar jenis mainan anak yang berpotensi membahayakan keselamatan mata anak.

  1. Senapan Berpeluru

Main dengan segala jenis mainan senapan berpeluru, terutama untuk anak laki-laki, terlihat seru dan mengasyikan.

Namun, senapan mainan dengan peluru sangatlah berbahaya untuk mata, meskipun peluru mainan terbuat dari bahan yang ringan dan lembut (cushy darts).

Perlu diketahui Moms, peluru mainan tersebut bisa terlontar hingga 22 meter loh. Bisa Anda bayangkan betapa besar akibatnya pada mata; terlebih bila digunakan pada jarak dekat atau dalam ruangan. Sayangnya, peluru senapan mainan ada yang biasanya terbuat dari manik-manik tersebut dijual dengan harga yang sangat terjangkau.

Sementara ini, mainan senapan produksi Hasbro, (Nerf Vortex nitron, Nerf Rebelle Sweet Revenge Dart Kit) telah masuk daftar sebagai mainan yang berbahaya.

2. Senapan air

Dari sejak kita kecil, senapan air termasuk mainan yang banyak dijual orang; mulai dari penjual mainan keliling hingga toko-toko besar.

Sayangnya, senapan air justru paling sering dimainkan pada jarak dekat dan saat ditembakkan mengarah ke wajah. Hal seperti itu sanagt berbahaya karena semprotan senapan air berpotensi mencederai mata.

Pertimbangkanlah dengan sangat hati-hati sebelum membelikan senapan air untuk anak. Atau bila terlanjur membelikan, awasi saat si kecil menggunakannya untuk bermain dengan ana lainnya atau jelaskan dan tunjukkan bagaimana cara menggunakan senapan air tersebut dengan aman.

Adapun beberapa mainan anak impor yang termasuk dalam kategori ini adalah:

  • Super Soaker Scatter Blast Water Blaster (Super Soaker)
  • Nerf Super Soakers (Hasbro)
  • Water Sports TL-500 Stream Machine (Water Sports)
  • Water Blaster XLR Water Cannon (Water Blaster).

3. Tongkat, Pedang atau sSnapan dengan Bayonet

Moms, mainan tongkat dan pedang kini kembali menjadi hits dan digemari oleh anak-anak. Pilihannya pun banyak, dengan harga yang sangat terjangkau. Anda pasti sudah paham bahaya di balik mainan semacam ini.

Saat dimainkan oleh anak-anak, sangat mungkin akan bisa mencolok mata dan mencederai mata. Pertimbangkan masak-masak jika ingin membelikan mainan anak-anak. Jika sudah terlanjur membeli, jangan lupa awasi saat si kecil bermain bersama teman-temannya.

Berikut adalah beberapa mainan yang termasuk dalam kategori di atas

  • Delu xe Ninja LED Sword (FlashingBlinkyLights)
  • Rapid Fire Machine Gun with Revolving Bullet Belt, Bayonet
  • Lights & Sounds (Combat 3)
  • Rapid Fire Machine Gun with Lights & Sound (Forces of Valor)

4. Maianan Pancing

Anak-anak senang sekali memainkan jenis mainan anak yang satu ini. Di pasar malam, stan memancing malah selalu ramai dikerubungi anak-anak mulai dari balita hingga usia sekolah.

Jenis mainan pancing di sekitar kita juga sangat beragam. Mulai dari mainan pancing dengan ikan-ikan yang berputar sendiri hingga mainan pancing biasa.

Sepintas mainan ini memang terlihat aman, bahkan dapat merangsang motorik anak. Namun ujung dari pancing atau pun objek yang menggelantung di ujung pancing ternyata menyimpan potensi membahayakan bagi mata anak.

Anak-anak usia balita seringkali belum mampu mengkoordinasikan gerakannya dengan baik jika tidak ada yang mengarahkan dan mengawasi. Hal inilah yang kemudian bisa membahayakan anak dan orang-orang yang berada di sekitar anak bermain pancingan tersebut.

Mata pancing mainan atau objek yang terikat dan berbaya itu bisa saja terlempar dan mencederai mata kawan bermainnya.

Contoh mainan jenis ini adalah Ertl John Deere Electronic Fishing Pole (Tomy); Catch of the Day (Small World Toys).

5. Senter Laser (LED)

Kita sudah sangat familiar dengan senter laser sebagai perangkat untuk presentasi, dan senter LED sebagai pengganti saat tidak ada atau kurang pencahayaan. Ternyata, senter seperti itu sangat mudah didapatkan oleh anak.

Mereka bisa dengan mudah mendapatkan hal itu di sekitar sekolah anak dengan harga yang terjangkau, yaitu: Rp2000,00 – Rp5000,00.

Senter laser berbahaya karena memiliki intensitas cahaya yang cukup tinggi dan bisa menyebabkan cacat mata permanen. Sementara senter LED bisa menyebabkan kebutaan sementara, dan mungkin menyebabkan anak terjatuh atau mengalami kecelakaan lain saat hilang penglihatannya.

Selalu awasi mainan yang dibawa si kecil pulang ya dan saat mereka memainkannya ya, Moms.

6. Aerosol String

Aerosol string atau biasa disebut dengan semprotan benang, pada dasarnya hal yang memang tidak umum digunakan sebagai mainan. Semprotan ini lebih banyak digunakan dalam perayaan-perayaan atau pesta.

Namun, ada aja anak-anak yang memainkan aerosol string. Menyenangkan memang bagi anak-anak yang memainkan aerosol string tersebut.

Meski menyenangkan, sesungguhnya bahan kimia dalam aerosol string dapat menyebabkan iritasi mata dan mata memerah (konjungtivitis kimia). Ketika digunakan dalam jarak dekat, aerosol string juga dapat menyebabkan abrasi kornea yang dapat menyebabkan infeksi mata berat.

 Segera jauhkan aerosol string dari jangkauan anak-anak jika Anda menyimpannya di rumah ya, Moms.

7. Ketapel

Ketapel sebenarnya pada mulanya digunakan sebagai senjata berburu, tapi kini merupakan mainan yang seru dan mengasyikkan bagi anak-anak.

Ketapel biasanya digunakan dengan cara membidikkan batu atau benda lain sejajar dengan ketinggian anak (atau malah lebih tinggi), cara seperti inilah yang berpotensi untuk mencederai mata kawan, binatang, atau merusak benda lain yang berada di sekitar anak.

Ketapel versi modern dibuat oleh Imperial Toy LLC dengan nama Zooma Splat X Smack Shot.

Moms, tolong pastikan terlebih dahulu membaca petunjuk dan peringatan yang ada pada kemasan sebelum membelikan mainan untuk anak. Jangan lupa juga untuk mengawasi anak saat bermain agar anak-anak bisa belajar, bermain dan bergembira, namun tetap aman dirinya serta orang-orang yang berada di sekitarnya.

 

-Arum Afriani Dewi-

Sumber: The Asian Parent

LEAVE A REPLY