Ini 7 Smartphone dengan Kamera Terbaik Saat Ini

0
Seruni.id – Mau ganti smartphone? Yuks disimak yang berikut ini.
Ketika ingin membeli smartphone, maka salah satu poin yang dipertimbangkan adalah kamera pada smartphone. Hal tersebut tidak terlepas karena kamera menjadi satu bagian paling penting dalam sebuah smartphone saat ini.
Kemampuan kamera menjadi salah satu pertimbangan utama konsumen ketika ingin membeli ponsel baru, di samping desain dan juga fitur-fitur di dalamnya. Untuk mengetahui nilai kualitas dari smartphone berkamera yang bagus, bisa melihat patokan yang dibuat oleh DxOMark berikut ini.
DxOMark adalah sebuah organisasi yang telah mengukur dan menilai kualitas kamera pada smartphone sejak 2008 silam, bisa menjadi patokan untuk mengetahui ponsel mana yang memiliki kualitas kamera terbaik saat ini. Organisasi ini mengklaim sebagai penyedia database kualitas foto terbesar di dunia dan ada lebih dari 10 ribu perangkat yang telah mereka uji sejauh ini.
Lalu, smartphone apa saja yang memiliki kualitas kamera terbaik saat ini menurut DxOMark? Tak usah berlama-lama, berikut ini daftarnya.
1. Google Pixel 2, Skor: 98
Beberapa waktu yang lalu, Google resmi meluncurkan ponsel pintar terbarunya Pixel 2 dan Pixel 2 XL. Ponsel premium ini mengalami berbagai peningkatan kualitas dibandingkan pendahulunya, Pixel generasi pertama yang dirilis tahun 2016.
Salah satu peningkatan paling menonjol adalah kemampuan kamera dari Pixel 2, di mana hanya menyematkan satu kamera di bagian belakang tapi ternyata mampu jadi yang terbaik saat ini. Langkah yang diambil Google ini berbeda dengan para pesaingnya yang mengandalkan sistem kamera ganda pada ponsel flagship-nya.
Kamera Pixel 2 memiliki resolusi 12,2 MP dan bukaan f/1.8, lalu menerapkan sensor dual pixel dalam satu kamera. Itu berarti setiap pixel dibagi menjadi dua dan membuat setiap pixel dapat merekam gambar sekaligus untuk menangkap fokus lebih cepat.
Google juga menambahkan fitur optical image stabilization (OIS) untuk memberikan kestabilan saat ponsel dipakai merekam video. Kemampuan kamera di Google Pixel 2 dijamin tangguh di segala ruang, termasuk ketika berada dalam kondisi kekurangan cahaya.
2. Apple iPhone 8 Plus, Skor: 94
Melanjutkan tren kamera ganda dari iPhone 7 Plus, ponsel teranyar Apple, iPhone 8 Plus, juga ikut mengandalkan kemampuan sistem kamera yang sama. Masing-masing lensa dari kamera ganda iPhone 8 Plus memiliki fitur sudut pandang lebar dengan resolusi 12 MP dan telephoto 12 MP.
Kemampuan telephoto ini membuat pengguna bisa melakukan zoom hingga 10 kali pada subjek dan dapat memberikan efek bokeh pada latar foto. Adanya peningkatan di sektor jeroan iPhone 8 Plus membuat kamera ponsel ini dapat lebih baik dari iPhone 7 Plus di hampir setiap kategori yang diuji DxOMark.
Fitur lain yang dimiliki kamera iPhone 8 Plus adalah AutoHDR, deteksi tubuh serta wajah, autofokus dengan fokus pada pixel, dan OIS pada kamera utamanya.
3. Samsung Galaxy Note 8, Skor: 94
Ponsel tablet alias phablet Samsung Galaxy Note 8 hadir sebagai smartphone Samsung pertama yang menggunakan sistem kamera ganda. Tak tanggung-tanggung, kedua kamera itu dibekali oleh fitur OIS ganda yang memberikan pengalaman mengambil gambar secara stabil.
Masing-masing lensa Galaxy Note 8 memiliki resolusi 12 MP dan terdiri dari kemampuan wide dengan bukaan f/1.7 serta telephoto f/2.4. DxOMark mengakui kemampuan zoom dari Galaxy Note 8 sangat baik dibandingkan ponsel pintar lainnya.
4. Apple iPhone 8, Skor: 92
Sempat menyandang sebagai smartphone dengan kamera tunggal terbaik (sebelum digeser Pixel 2), iPhone 8 memang menyajikan kemampuan kamera yang memuaskan. Apple menyematkan kamera belakang dengan resolusi 12 MP dan bukaan f/1.8.
Kamera iPhone 8 mengalami peningkatan di sejumlah wilayah ketimbang iPhone 7, termasuk dalam menangkap gambar HDR, juga performanya saat menggunakan cahaya Flash.
Apple menjamin pengambilan gambar yang stabil menggunakan iPhone 8 berkat adanya teknologi OIS. Selain itu, teknologi pemrosesan gambar juga mengalami peningkatan ketimbang pendahulunya dan mampu memberikan foto dengan exposure serta dynamic range yang lebih baik, juga noise yang lebih sedikit dibanding iPhone 7.
Fitur HDR dan akurasi autofokus dari iPhone 8 menjadi keunggulan utama ponsel ini menurut DxOMark.
5. Google Pixel, Skor: 90
Sebagai ponsel Google pertama dari lini Pixel pada 2016 lalu, Google Pixel langsung melambung menjadi salah satu ponsel dengan kualitas kamera terbaik. Gabungan peranti keras dan algoritma yang inovatif dalam Google Pixel menjadi kunci yang menghasilkan kualitas hasil fotonya.
Dengan sensor 12 MP berukuran 1/2.3 inci dan bukaan f/2.0, spesifikasi hardware dari kamera Google Pixel terlihat identik dengan Nexus 6P. Tapi, dari sisi software membuatnya lebih baik lagi terutama dengan pemrosesan gambar yang lebih baik, tidak ada ‘lag’ saat memotret, mode HDR, meminimalisir noise, dan detail lebih baik. Namun, sayangnya Google Pixel tidak memiliki fitur OIS.
Untuk mengatasinya, Google menambahkan sistem stabilisasi video berbasis teknologi gyroscope untuk perekaman video yang lebih mulus dan bebas getaran.
6. HTC U11, Skor: 90
Ponsel premium HTC U11 berbagi skor yang sama dengan Google Pixel. Kamera dari HTC U11 memiliki resolusi 12 MP dengan bukaan f.1.7. Bedanya dengan Pixel, HTC U11 memiliki kemampuan OIS.
DxOMark menyatakan HTC U11 sukses menghasilkan foto berkualitas baik di semua kondisi cahaya, baik digenggam maupun pakai tripod. Kualitas itu terdiri exposure, detail tajam, dan juga pewarnaan yang baik.
Walau tak memiliki pengaturan kamera ganda, ponsel ini mampu mengambil gambar dengan baik saat zoom dan juga efek bokeh. Selain itu, HTC U11 juga memiliki kemampuan autofokus yang cepat dan pengurangan noise pada hasil gambar. Hanya saja, hasil gambarnya cenderung ‘dingin’ saat diambil di luar ruangan.
7. Apple iPhone 7 Plus, Skor: 88
iPhone 7 Plus tampil beda dengan iPhone 7 versi standar. Ponsel ini punya ukuran layar yang lebih besar dan juga sistem kamera ganda di bagian belakangnya.
Kamera belakang ganda dari iPhone 7 Plus terdiri dari kamera dengan sensor masing-masing 12 MP, dan bukaan f/1.8 serta f/2.8.
Model iPhone 7 Plus memiliki modul kamera kedua yang menggandakan jarak tangkapan gambar, membuat pengguna bisa mengambil foto dua kali zoom dan mode portrait atau bokeh. Dibanding iPhone 7 biasa, versi lebih besarnya ini juga hadir dengan kemampuan lensa yang lebih cepat dan pemrosesan gambar yang lebih baik.
Adanya fitur OIS dan empat elemen Flash membuat pengambilan gambar dari iPhone 7 Plus jadi lebih baik terutama untuk menghasilkan warna yang lebih kaya.
Berdasarkan hasil pengujian DxOMark, iPhone 7 Plus mampu mengambil gambar dengan white balance yang stabil dan umumnya baik, juga detail yang memuaskan di luar ruangan.

LEAVE A REPLY