Inilah Ilmuwan Tuli yang Jadi Doodle Google

0

Google menampilkan doodle yang menarik hari ini. Seorang pria berkaca mata, gelas ukur, cawan penguap, dan reaksi kimia.

Dari gambar ini, kamu bisa menebak jika tokoh doodle hari ini adalah seorang ilmuwan kimia. Dialah Sir John Conforth.

Google memperingati hari ulang tahun dia yang ke-100 tahun.

Siapa Sir John Conforth?

Dikutip dari Telegraph, Kamis 7 September 2017, pria berdarah Inggris-Australia ini lahir di Sidney, Australia, pada 7 September 1917. John menghabiskan masa kecilnya di Australia. Di Negeri Kangguru ini, John jatuh cinta kepada kimia dan mulai bereksperimen di ruang cuci baju di rumahnya.

 Sir John Cornforth

Ketika berusia 16 tahun, John mengenyam pendidikan di Sidney University. Saat remaja, dia menjadi seorang yang tuli. Karena tak mampu mendengarkan dosen mengajar, dia memilih bidang studi yang fokus pada pekerjaan laboratorium di kimia organik. Pada tahun 1937, dia lulus, lalu pindah ke Inggris.

Di Inggris, John melanjutkan pendidikannya di University of Oxfotd dan bekerja sebagai seorang profesor di Univeristy of Warwick, Suffolk, dan California.

Pada tahun 1975, John memenangkan penghargaan Nobel di bidang kimia atas risetnya bersama Vladimir Prelog tentang stereokimia reaksi dikatalisis enzim. Dia juga turut bergabung dalam pengembangan antibiotik penisilin. Hasil penelitian tersebut turut membuka pintu bagi penemuan lain. Salah satunya adalah penemuan pengembangan obat penurun kolesterol.

Pada tahun 2014, John meninggal dunia pada usia 96 tahun.

LEAVE A REPLY