11 Tips Sahur Saat Traveling Buat Anda Yang Suka Jalan-Jalan

0
gambar via: TribunTravel.com - Tribunnews.com

Siapa sih yang tidak suka traveling? Semua orang pasti sangat suka dengan kegiatan jalan-jalan ini. Entah itu traveling ke dalam kota, luar kota, ataupun luar negeri. Biasanya kita akan menentukan waktu yang tepat sebelum traveling. Namun bagaimana jika kita harus traveling ketika sedang melaksanakan puasa?

Sebenarnya puasa juga tidak akan mengganggu kegiatan traveling yang akan Anda jalani. Namun kendalanya hanyalah bagaimana sahur ketika sedang traveling? Karena kebanyakan traveler akhirnya ketinggalan waktu sahur. Nah, berikut ini adalah beberapa tips untuk para traveler, tentang bagaimana langkah untuk sahur saat sedang traveling.

1. Siapkan Niat yang Kuat

Apapun ceritanya bila niatnya telah kuat untuk berpuasa, semua jenis godaan tentu dapat ditepis. Niat yang kuat juga membantu fisik untuk tetap semangat traveling sambil berpuasa. gambar via: Rimma.co

Apapun ceritanya bila niatnya telah kuat untuk berpuasa, semua jenis godaan tentu dapat ditepis. Niat yang kuat juga membantu fisik untuk tetap semangat traveling sambil berpuasa.

2. Jangan Sampai Telat Bangun Sahur

Melewatkan sahur merupakan langkah paling buruk melalui liburan ketika sedang puasa. Usahakan selalu meluangkan waktu untuk makan sahur. Pakai alarm handphone atau jam agar tak kebablasan tidur. gambar via: Cuculutus.com

Melewatkan sahur merupakan langkah paling buruk melalui liburan ketika sedang puasa. Usahakan selalu meluangkan waktu untuk makan sahur. Pakai alarm handphone atau jam agar tak kebablasan tidur.

Buat beberapa alarm untuk jaga-jaga Anda tidak dapat bangun dengan satu kali alarm. Letakkan alarm di tempat yang cukup jauh dari tempat tidur sehingga Anda harus bangun dari tempat tidur ketika ingin mematikan alarm. Pilih lagu yang berisik atau ramai agar Anda dapat bangun.

3. Pastikan Ada Restoran 24 Jam

Sesudah mengetahui waktu sahur serta subuh di tempat tujuan, saatnya mencari tempat makan. Kini telah ada banyak info yang ada di internet tentang tempat makan. Cari yang sekiranya ada di sekitar daerah tujuan atau di lokasi yang Anda lalui saat traveling. gambar via: ZEN Rooms Travel Blog

Sesudah mengetahui waktu sahur serta subuh di tempat tujuan, saatnya mencari tempat makan. Kini telah ada banyak info yang ada di internet tentang tempat makan. Cari yang sekiranya ada di sekitar daerah tujuan atau di lokasi yang Anda lalui saat traveling.

Agar tak kewalahan ketika ingin mencari makanan sahur, Anda dapat memastikan apakah ada restoran atau warung yang buka 24 jam. Jangan sampai Anda kehabisan waktu sahur dengan mencari makan serta malah melewatkan sahur tanpa mengkonsumsi apapun.

Selain itu, pastikan juga restoran itu tidak penuh ketika saat sahur tiba. Anda pasti tidak ingin mengantre lama-lama untuk memperoleh makanan. Malam sebelumnya, tanyakan terlebih dulu apakah restoran itu buka 24 jam.

4. Beli Makanan Sebelum Sahur

Bila malas keluar kamar ketika sahur, pesan lah makanan dari malam sebelumnya. Bila sekiranya Anda akan kesusahan mencari tempat makan, tidak ada salahnya untuk mempersiapkan makanan sahur sejak malam. Ini untuk mengantisipasi bila Anda tak menemukan warung makan namun waktu sahur sudah tiba. gambar via: WordPress.com

Bila malas keluar kamar ketika sahur, pesan lah makanan dari malam sebelumnya. Bila sekiranya Anda akan kesusahan mencari tempat makan, tidak ada salahnya untuk mempersiapkan makanan sahur sejak malam. Ini untuk mengantisipasi bila Anda tak menemukan warung makan namun waktu sahur sudah tiba. Tetapi pastikan makanan yang Anda pesan tidak basi sampai sahur tiba. Pilih makanan yang kering serta kalaupun Anda ingin makanan berkuah, pisahkan sayur dengan lauk serta nasi.

Anda juga dapat memesan makanan dari hotel. Namun berilah jeda waktu untuk datangnya makanan. Jangan sampai makanan sampai kamar tetapi saat sahur telah habis.

5. Minum Air Putih yang Cukup

Agar Anda tidak kehabisan cairan dalam tubuh, penuhi keperluan air tubuh ketika sahur. Minum banyak air secara langsung akan membuat Anda kembung, maka dari itu minumlah air putih sesaat Anda bangun tidur. Walau masih setengah sadar, minum air putih dapat memenuhi asupan cairan tubuh Anda. gambar via: SehatFresh.Com

Agar Anda tidak kehabisan cairan dalam tubuh, penuhi keperluan air tubuh ketika sahur. Minum banyak air secara langsung akan membuat Anda kembung, maka dari itu minumlah air putih sesaat Anda bangun tidur. Walau masih setengah sadar, minum air putih dapat memenuhi asupan cairan tubuh Anda.

Jangan lupa untuk minum air putih di sela-sela makan serta sesudah makan. Hindari minuman berwarna, yang mempunyai kandungan gula sangat tinggi serta minuman bersoda. Minuman jenis itu dapat membuat Anda mudah haus.

6. Sahur Dengan Menu yang Sehat

Menu yang sehat ketika sahur menentukan liburan Anda. Jadi pilihlah makanan yang banyak serat agar dapat lebih lama dicerna. Jauhi makanan yang sangat banyak minyak serta pedas. Makanan seperti itu dapat membuat perut tak enak serta membuat Anda cepat haus. gambar via: Trivia.id

Menu yang sehat ketika sahur menentukan liburan Anda. Jadi pilihlah makanan yang banyak serat agar dapat lebih lama dicerna. Jauhi makanan yang sangat banyak minyak serta pedas. Makanan seperti itu dapat membuat perut tak enak serta membuat Anda cepat haus.

Janganlah lupa untuk konsumsi buah serta vitamin ketika sahur. Buah sangat membantu kelancaran puasa Anda. Tetapi hindari buah yang sangat asam karena dapat mengganggu pencernaan. Pilihlah buah yang mempunyai banyak serat atau yang memiliki kandungan banyak air seperti semangka, apel, melon serta pir.

7. Ketahui Waktu Sahur di Tempat Tujuan

Setiap kota pasti memiliki waktu sahur, subuh, atau magrib yang berbeda. Karenanya, jangan lupa untuk mencari tahu waktu sahur serta subuh di tempat tujuan. Hal ini ditujukan agar tidak terjadi kesalahan waktu sahur. gambar via: TribunTravel.com – Tribunnews.com

Setiap kota pasti memiliki waktu sahur, subuh, atau magrib yang berbeda. Karenanya, jangan lupa untuk mencari tahu waktu sahur serta subuh di tempat tujuan. Hal ini ditujukan agar tidak terjadi kesalahan waktu sahur.

8. Pilih Makanan yang Disukai Untuk Menu Sahur

Umumnya nafsu makan seseorang belum ada saat waktu sahur. Terutama ketika dalam perjalanan, jangankan untuk makan, untuk jalan ke rumah makan saja rasanya tidak bertenaga. Untuk menambah nafsu makan, sebaiknya pilih menu sahur yang disenangi atau menu favorit. gambar via: Perut Gendut

Umumnya nafsu makan seseorang belum ada saat waktu sahur. Terutama ketika dalam perjalanan, jangankan untuk makan, untuk jalan ke rumah makan saja rasanya tidak bertenaga.

Untuk menambah nafsu makan, sebaiknya pilih menu sahur yang disenangi atau menu favorit. Dengan menyantap menu favorit, otomatis keinginan makan semakin lebih tinggi daripada makan dengan menu biasa.

9. Membawa Bekal

Untuk mengantisipasi atau berjaga-jaga bila Anda tak menemukan tempat makan yang buka selama 24 jam maka membawa bekal makanan dan alat makan merupakan hal yang sangat penting. Atau misal dibutuhkan waktu lama untuk sampai ke tempat sahur maka bekal akan bermanfaat untuk santapan sahur. gambar via: Youthmanual

Untuk mengantisipasi atau berjaga-jaga bila Anda tak menemukan tempat makan yang buka selama 24 jam maka membawa bekal makanan dan alat makan merupakan hal yang sangat penting. Atau misal dibutuhkan waktu lama untuk sampai ke tempat sahur maka bekal akan bermanfaat untuk santapan sahur.

Makanan yang dapat dibawa contohnya beras merah, jeruk kacang merah dan sebagainya. Makanan itu sebaiknya memiliki kandungan karbohidrat kompleks agar bisa menimbulkan rasa kenyang lebih lama.

10. Siapkan Menu Makanan yang Memiliki Kandungan Karbohidrat Kompleks

Makanan yang memiliki kandungan karbohidrat kompleks sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah yang cukup saat sahur. Sebabnya, karbohidrat kompleks tak mudah dicerna tubuh serta bisa menyebabkan rasa kenyang lebih lama. Contoh makanannya diantaranya beras merah, jeruk, kol, lobak, kacang merah serta lain sebagainya. Dengan rasa kenyang yang lebih lama, traveling juga jadi semakin nyaman. gambar via: SehatFresh.Com

Makanan yang memiliki kandungan karbohidrat kompleks sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah yang cukup saat sahur. Sebabnya, karbohidrat kompleks tak mudah dicerna tubuh serta bisa menyebabkan rasa kenyang lebih lama. Contoh makanannya diantaranya beras merah, jeruk, kol, lobak, kacang merah serta lain sebagainya. Dengan rasa kenyang yang lebih lama, traveling juga jadi semakin nyaman.

11. Bawa Tisu

Tisu basah ataupun kering sebaiknya dibawa saat traveling karena memang berguna. Contohnya saat dalam perjalanan Anda tidak bisa menemukan restoran serta harus sahur di dalam mobil. Maka tisu akan bermanfaat untuk mengelap alat makan dan membersihkan noda, bila mendadak makanan Anda jatuh ke baju. gambar via: Tokopedia

Tisu basah ataupun kering sebaiknya dibawa saat traveling karena memang berguna. Contohnya saat dalam perjalanan Anda tidak bisa menemukan restoran serta harus sahur di dalam mobil. Maka tisu akan bermanfaat untuk mengelap alat makan dan membersihkan noda, bila mendadak makanan Anda jatuh ke baju.

Baca juga: Bagaimana Asal Mula Lampu Lalu Lintas? Ini Dia Sejarahnya..

LEAVE A REPLY