Inilah Mengapa Kamu Harus Memilih Iphone

0
desain iphone 7 dan iphone 7 plus. gambar via: www.theverge.com

Samsung Galaxy Note 7 dan juga Iphone 7, saat ini memang sedang menjadi topik pembicaraan yang hangat di masyarakat. Karena, kedua telepon pintar ini baru saja dikeluarkan dengan segala fitur canggih yang di tawarkannya. Kedua vendor yang memang selalu mendominasi persaingan di pasar smartphone ini memang sering membuat para pecinta gadget kebingungan memilih.

Lalu bagaimanakah cara kamu para pecinta gadget untuk memilih kedua smartphone teranyar ini? Apa saja kelebihan yang keduanya tawarkan? Daripada bingung, yuk lihat perbandingan kedua smartphone ini.

1. Desain

samsung galaxy note 7 vs iphone 7. gambar via: www.thecountrycaller.com
samsung galaxy note 7 vs iphone 7. gambar via: www.thecountrycaller.com

Dari desainnya, Samsung Galaxy Note 7 memang tidak banyak berubah dari pendahulunya. Jadi kamu jangan terlalu berharap bahwa Samsung akan menghadirkan desain yang terbaru, karena yang membedakan Galaxy Note 7 dengan yang sebelumnya hanya bentuk layarnya yang sedikit melengkung. Dengan berat 169 g, Galaxy Note 7 ini hadir dengan empat pilihan warna, yaitu blue coral, gold platinum, silver titanium dan black onyx.

Lain halnya dengan Iphone 7, Apple sendiri merubah desain Iphone 7 menjadi lebih tipis dari pendahulunya, yaitu menjadi 7.1 mm, dan dengan berat hanya 138 g. Kemudian Apple sendiri mengubah desain antenna yang biasanya diletakkan di bagian belakang body Iphone, sehingga desainnya menjadi lebih sederhana namun tetap terlihat elegan. Bahkan yang menjadi kontrovesi, Apple menghilangkan headphone jack di Iphone 7. Dengan hilangnya headphone jack ini, Apple juga menawarkan airpods yang di desain tanpa kabel. Namun jika kamu mau memakai headphone yang menggunakan kabel, kamu bisa menggunakan adaptor yang nantinya di sambungkan di lighting port pada Iphonemu.

Iphone 7 ini dikeluarkan dengan berbagai macam pilihan warna, yaitu gold, silver, rose gold, hitam, dan jet black. Semua warna Iphone 7 ini di desain dengan body yang matte, kecuali untuk warna jet black yang memang di desain dengan body yang lebih glossy.

2. Spesifikasi

iphone 7 dan samsung galaxy note 7. gambar via: www.thecountrycaller.com
iphone 7 dan samsung galaxy note 7. gambar via: www.thecountrycaller.com

Samsung Galaxy Note 7 hadir menggunakan chipset Exynos 8 Octa 8890 dan Snapdragon 820, selain itu smartphone teranyar Samsung ini dibekali dengan RAM 4 GB, yang diharapkan bisa memiliki performa yang lebih baik dari smartphone Samsung yang terdahulu.

Sama seperti pendahulunya, Samsung Galaxy Note 7 ini keluarkan dengan water resistant dengan sertifikasi IP68, yang menjadikannya tahan air dan bisa bertahan di kedalaman air sampai 1.5 meter selama 30 menit. Galaxy Note 7 ini hadir dengan memori internal 64 GB, dengan memori eksternal MicroSD sampai dengan 256 GB.

Samsung Galaxy Note 7 dihadirkan dengan daya baterai 3,500 mAh. Smartphone ini juga sudah di lengkapi dengan Fingerprint Scanner dan Iris Scanner. Namun sayangnya, Galaxy Note 7 ini masih mengusung Android v6.0.1 atau Android Marshmallow, dan masih menunggu rilisnya Android terbaru yaitu Android Nougat.

Iphone sendiri yang sebelumnya setia dengan RAM 1 GB, kini di Iphone 7 mereka menggunakan RAM 2 GB, dan RAM 3 GB di Iphone 7 plus. Namun walaupun RAM yang ditawarkan lebih rendah dari Samsung, Iphone dikenal memiliki performa yang lebih baik daripada saingannya. Dengan chipset Quad-core A10 Fusion membuat Iphone terbaru ini 240 kali lebih cepat dari chip Iphone original. Iphone 7 sendiri juga sudah dibekali dengan kemampuan tahan air, dengan sertifikasi IP67. IOS yang digunakan di Iphone 7 ini sudah berada pada IOS 10.

Daya baterai untuk Iphone 7 sendiri sebesar 1,960 mAh dengan waktu bicara 14 jam, sedangkan Iphone 7 plus hadir dengan daya baterai sebesar 2,900 mAh. Iphone 7 dan 7 plus ini juga sudah di desain dengan Capacitive Touch Id Home Key, jadi kamu tidak perlu menekannya terlalu keras, hanya dengan menyentuhnya saja, tombol home Iphone tersebut sudah bisa bekerja.

3. Layar

iphone 7. gambar via: www.priceza.co.id
iphone 7. gambar via: www.priceza.co.id

Samsung Galaxy Note 7 dibekali dengan layar Super AMOLED 5.7 inch, dengan resolusi layar yaitu 1,440 x 2,560 pixel. Layar Samsung Galaxy S7 ini juga dibekali dengan Corning’s Gorilla Glass 5.

Sedangkan Apple sendiri mengeluarkan Iphone 7 dengan layar IPS LCD sebesar 4.7 inch, dan resolusi sebesar 1,334 x 750 pixel, dan Iphone 7 plus dengan layar 5.5 inch. Masih terbilang lebih kecil daripada Samsung Galaxy Note 7, namun hal ini juga malah akan membuat penggunanya leluasa untuk menggenggamnya.

4. Kamera

iphone 7 sudah mulai bisa di pesan sejak 9 september 2016. gambar via: www.itechpost.com
iphone 7 sudah mulai bisa di pesan sejak 9 september 2016. gambar via: www.itechpost.com

Untuk kamera sendiri, Samsung Galaxy Note 7 di desain dengan kamera utama sebesar 12 MP f/1.7, dan kamera depan 5 MP.

Sedangkan Iphone 7, menghadirkan kamera belakang sebesar 12 MP f/1.8, dan kamera depan 7 MP f/2.2. Sedangkan Iphone 7 plus di keluarkan dengan kamera utama yaitu dual kamera sebesar 12 MP, yang menjadikan hasil foto menjadi lebih fokus. Ini sudah bisa membuktikan bahwa kamera Iphone berada di atas Samsung.

5. Kontroversi

desain iphone 7 dan iphone 7 plus. gambar via: www.theverge.com
desain iphone 7 dan iphone 7 plus. gambar via: www.theverge.com

Kedua smartphone teranyar ini memang tidak pernah luput dari kontroversi. Baru-baru ini muncul sebuah berita yang mengabarkan bahwa Samsung Galaxy Note 7 meledak dan terbakar saat sedang diisi ulang. Hal ini tentu saja membuat masyarakat menjadi kaget dan bertanya-tanya, bagaimana bisa sekelas Samsung bisa menjual perangkat yang terkesan tidak di kontrol dengan baik?

Sama halnya dengan Iphone 7, yang mengeluarkan perangkat barunya dengan menghilangkan headphone jack dan menggantinya dengan airpods. Hal ini bahkan menjadi bahan becandaan di media sosial, karena inovasi tersebut terbilang lucu. Bahkan para pengguna Iphone sebelumnya lebih banyak meminta untuk Iphone memperbaiki accessories Iphonenya yang lain menjadi lebih baik, daripada harus membuat inovasi airpods tersebut. (MD)

LEAVE A REPLY