APA harta yang paling berharga menurutmu? Uang? Emas? Investasi? Pendidikan? Usia seseorang? Mobil? Rumah? Kebanyakan dari kita jawabannya pasti nggak jauh-jauh dari jawaban di atas. Yang paling berharga kalau bukan mobil, rumah, ya uang. Jawaban di atas justru bertentangan dengan jawaban orang-orang sukses.

Bagi mereka, harta yang paling berharga, tiada bandingannya, adalah WAKTU. Waktu manusia sudah ditentukan sejak ia lahir ke bumi. Tidak seperti harta yang jumlahnya bisa bertambah, waktu sama sekali tidak bisa bertambah. Sebaliknya, ia mengalami pengurangan terus-menerus. Bahasa akuntansinya, depresiasi, a.k.a penyusutan. Semakin bertambah usia kita artinya semakin pendek masa hidup kita tinggal di bumi.

kalau perempuan mengechat kamu pesan yang tidak jelas, itu tandanya dia sedang ingin kamu perhatikan. tak perlu bertanya-tanya apa artinya, cukup luangkan waktumu untuknya saja. gambar via: ciciliaputri09.blogspot.com
via: ciciliaputri09.blogspot.com

Nah, beberapa tahun lalu, Yale University di Amerika Serikat membuat suatu survei kepada seluruh mahasiswanya, dan didapati bahwa hanya 3% yang menuliskan tujuan hidup mereka dengan jelas.

Dua puluh tahun kemudian, mereka menindaklanjuti survei tersebut dan didapati bahwa 3% mahasiswa yang sedianya menuliskan tujuan hidup mereka telah emmiliki kekayaan, kebahagiaan, dan kesuksesan dalam karier dan pekerjaan. Hal ini kontras dengan 97% mahasiswa yang 20 tahun lalu tidak menuliskan tujuan hidup. Dengan menulis tujuan hidup, kita akan mengetahui arah hidup yang ingin kita jalani.

Apakah kita sudah menetapkan tujuan yang ingin kita capai ketika memasuki tahun yang baru? Apakah kita memikirkan masa depan sebaik kita memikirkan hari ini? Sebagian orang mungkin berkata, “Sejatinya, kita tidak perlu terlalu jauh melihat ke depan toh kita juga tidak akan tahu apa yang akan terjadi. Hidup mengalir saja. Jalani saja yang sekarang ini ada di hadapan kita.” Bagaimana dengan kita? Mari kita renungkan sejenak. Hidup hanya sekali, jadi sangat disayangkan bila kita menjalani hari demi hari dengan cara mengalir, lebih-lebih tanpa arah yang pasti.

alasan lain dia belum mengajakmu pergi berdua bisa saja karena dia masih menunggu waktu yang tepat. dia ingin kalau kamu tidak menolak ajakannya. gambar via: marketeers.com
gambar via: marketeers.com

Sebelum menyesal karena belum melakukan apa-apa, saat ini juga mari kita membuat target! Seorang bijak mengatakan bahwa tujuan memberi kita arah yang jelas. Tujuan memberi kita makna hidup, menantang kita untuk lebih maju, membuat hidup lebih menarik, berguna, dan lebih baik.

Tak ada jalan menuju kesuksesan kecuali tujuan yang jelas dan kuat. Sebuah tujuan akan menegaskan karakter, kesuksesan, dan prestasi.

Kita tidak akan mendapatkan apa-apa jika kita tidak mengetahui apa yang sesungguhnya kita inginkan. Jadi, jika kita ingin berhasil, mulailah dengan memiliki sebuah tujuan untuk dicapai, karena tujuan yang jelas akan membuat hidup kita lebih terarah.

Jangan biarkan waktu berjalan tanpa menghasilkan sesuatu yang berguna bagi kelangsungan masa depan kita. Mulai pikirkan apa yang benar-benar kita inginkan, karena dengan demikian kita akan termotivasi untuk selalu berbenah diri, mengasah kemampuan, dan berpikir bijak.

Lalu bagaimana agar waktumu tak sia-sia? Ini beberapa tipsnya

  1. Menjadi Diri sendiri

para lelaki juga bukan makhluk yang bisa membaca pikiran

Ini adalah hal terpenting di hidupmu. Tidak peduli apa dan siapa dirimu, dalam hidup sangatlah penting untuk menjadi diri sendiri setiap saat. Dan jangan pernah berpura-pura jadi orang lain demi menyenangkan banyak orang. Jadi lah dirimu yang apa adanya dan bukan ada apanya.

2. Lakukan Perencanaan hidup

alasan pertama kenapa lelaki itu ga peka, karena dari dasarnya memang lelaki itu tipe makhluk yang cuek. maka dari itu, buat para lelaki, untuk menjadi peka dan perduli dengan hal-hal yang sepele itu sangat susah. gambar via: Dagelan

Jadi pecinta list. Dengan begitu, pemanfaatan waktumu akan lebih maksimal karena sudah tahu akan melakukan apa-kapan-dimana. Perkiraan sebelumnya juga bisa bantu kamu merencanakan berbagai persiapan sebelum melakukan kegiatan di hari itu. 

Periksa list itu di pagi atau malam sebelumnya. Jadi, segala kegiatanmu sudah terjadwal dan kemungkinan telatnya akan berpindah ke titik yang paling minimal. Kalau cuma sekedar dibuat tanpa diperiksa kembali sih malah buang-buang waktu namanya.

3. Lakukan sesuatu yang kamu cintai

Fakta Tentang Pengguna Internet

Waktu begitu singkat untuk Hidup. Jika kamu menyukai sesuatu, tuliskan rencana dan mulai melakukannya hari ini. Besok adalah jalan panjang untuk pergi, jadi nikmatilah setiap saat dari hari ini untuk melakukan sesuatu yang sudah lama kamu inginkan. 

Fokus melakukan satu hal. Kalau kamu mudah teralih perhatiannya, itu akan berimbas pada kegiatan yang harus dilakukan setelahnya karena otomatis akan ada waktu tambahan.

4. Hadapilah sampai Akhir

missing-you-in-rain-sad-girlJika kamu sedang jatuh cinta dengan seseorang yang amat special bagimu, namun ada satu juta orang yang tidak ingin kalian untuk tetap bersama, maka tetaplah percaya pada cintamu, berjuanglah sampai akhir dan jangan pernah menyerah.

5. Memperdalam Ilmu Agama

Gambar via: www.hibamagazine.com
Gambar via: www.hibamagazine.com

Iya, ini sangat penting karena dalam perjalanan hidupmu. Memperdalam ilmu agama berguna untuk kehidupan yang kekal nanti. Jadi, dengan cara mempelajari Agama  masing-masing mampu membuat kamu sadar apa sebenarnya arti hidup ini. (DP)

LEAVE A REPLY