13 Jenis Buah Ini Punya Rasa Yang Unik Yang Pasti Ga Kamu Bayangin Sebelumnya

0
yuzu, buah asal jepang yang memiliki bentuk seperti jeruk dan juga lemon. gambar via: SheKnows

Buah-buahan memang sangat dikenal kaya akan vitamin. Selain itu, buah-buahan juga mempunyai kalori yang rendah sehingga cocok untuk dijadikan makanan pendamping ketika sedang melakukan diet. Buah juga sangat baik untuk anak-anak karena kandungan gula di buah alami daripada makanan lain yang memiliki kandungan gula yang tidak alami.

Buah yang mempunyai rasa manis serta menyegarkan ini memang beragam sekali jenisnya, yang paling sering kita konsumsi pasti adalah apel, jeruk, jambu dan pisang. Tetapi tahu kah kamu kalau ada buah-buahan yang mempunyai rasa tidak biasa alias unik? Ya, beberapa buah ini bahkan juga mempunyai rasa mirip dengan makanan lho! Bagaimana bisa ya buah-buahan ini memiliki rasa yang unik dari yang biasanya.

Perkembangan zaman saat ini ternyata juga mempengaruhi bidang perkebunan serta pertanian. Pastinya hal semacam ini membawa kabar baik untuk mereka yang menekuni bidang perkebunan dan pertanian ini. Dengan begitu hal semacam ini akan membantu meningkatkan sektor perkebunan serta pertanian ke arah yang lebih baik, apalagi khusunya di Indonesia.

Buah-buahan ternyata tidak hanya bisa dipanen dengan proses alami, tapi juga bisa dengan cara rekayasa (hibrida). Hibrida merupakan istilah yang mengarah pada generasi hasil persilangan antara dua atau lebih populasi tanaman yang berbeda, sehingga mengasilkan jenis tanaman baru yang pastinya lebih unik. Namun bukan hanya bisa dengan rekayasa genetika saja, buah-buah dengan rasa unik ini ada yang memang terjadi secara alami lho. Penasaran buah apa saja yang memiliki rasa yang unik? Kebanyakan dari kamu pasti belum pernah mendengar nama buah dan bentuknya berikut ini. Yuk simak yang berikut ini.

1. AusFestival, Buah Nanas Dengan Rasa Kelapa

ausfestival. gambar via: VIVAlog
buah ausfestival adalah buah yang mirip dengan nanas namun tidak memiliki rasa yang asam, karena rasa nanas ini adalah mirip seperti buah kelapa. buah ini diciptakan oleh ilmuwan Queensland, dan diberi nama nanas pinacolada seperti nama jenis cocktail asal spanyol yang memiliki bahan dasar nanas dan santan. gambar via: VIVAlog

Bentuk buah ini sekilas memang mirip dengan buah nanas biasanya. Ketika melihatnya juga kamu akan teringat dengan buah nanas yang mempunyai rasa yang biasanya asam. Tetapi, buah AusFestival yang berwujud nanas ini berbeda lho, karena nanas ini malah memiliki rasa yang mirip dengan buah kelapa lho!

Ternyata, ilmuwan Queensland, Australia, sudah menciptakan varietas baru buah-buahan yaitu buah nanas tanpa ada rasa asam ini. Buah ini dinamakan nanas pinacolada, hal ini dikarenakan nanas ini seperti nama cocktail asal Spanyol yang memiliki bahan dasar nanas dan santan. Nanas pinacolada ini mempunyai rasa manis khas kelapa dengan struktur yang lebih berair dari nanas biasanya. Bagaimana rasanya kalau nanas yang dipadukan dengan kelapa ya?

2. Yuzu, Buah Langka Asal Jepang Dengan Tiga Perpaduan Rasa

yuzu, buah asal jepang yang memiliki bentuk seperti jeruk dan juga lemon. gambar via: SheKnows
yuzu, buah asal jepang yang memiliki bentuk seperti jeruk dan juga lemon. buah yang berwarna kuning lemon ini termasuk dalam buah langka lho. rasa buah ini juga sangat unik, karena memiliki rasa lemon, jeruk mandarin, dan juga anggur, dalam satu buah tersebut. namun kalau kamu mau merasakan rasanya, kamu harus rela mengeluarkan uang yang tidak sedikit, karena harganya yang mahal. gambar via: SheKnows

Di Jepang, ada buah langka yang bernama yuzu. Namanya saja mungkin kamu belum pernah mendengar karena memang buah ini tidak begitu populer di dunia luar. Tetapi, di negara asalnya, yaitu Jepang, buah ini menjadi primadona koki-koki Jepang lho. Karena Yuzu yang mempunyai rasa seperti perpaduan lemon, jeruk mandarin serta anggur ini mempunyai rasa asam yang pas digunakan untuk makanan serta minuman.

Banyak juga produsen dari permen karet, es krim, bahkan juga minuman alkohol ada yang memakai buah langka ini sebagai bahan dasar perasa mereka. Bahkan disebut-sebut juga bahwa buah yuzu ini mempunyai kandungan vitamin C yang lebih besar dari buah lemon lho! Sayangnya, untuk menikmati buah yuzu ini, kamu harus merogoh kocek yang lumayan dalam, lantaran harganya yang mahal. Mau beli?

3. Pineberry, Berry Dengan Rasa Nanas

pineberry, adalah perpaduan antara pineapple dan juga strawberry. gambar via: Backyard Fruit
pineberry, adalah perpaduan antara buah nanas atau pineapple dan juga strawberry. tampilan luarnya memang seperti strawberry umumnya namun dengan warna yang lebih pucat dan ukuran yang lebih kecil dari strawberry biasanya. pineberry ini adalah varietas buah berry yang paling tua di dunia, namun kepopulerannya tenggelam oleh varietas buah berry yang lain. gambar via: Backyard Fruit

Bila sebelumnya sudah ada nanas pinacolada yang berwujud seperti nanas tetapi mempunyai rasa seperti kelapa, buah yang satu ini berwujud seperti buah berry tetapi mempunyai rasa seperti nanas. Nah lho? Ada-ada aja nih buah ya, bikin bingung aja nih.

Buah berry unik satu ini dinamakan pineberry yang merupakan paduan dari kata nanas atau “pineapple” dengan berry. Warnanya memang terlihat lebih pucat serta ukurannya lebih kecil dari strawberi biasanya. Namun jangan salah lho, bila nanas pinacolada adalah inovasi varietas buah-buahan, pineberry ini justru adalah varietas buah berry paling tua di dunia lho. Jadi buah ini sudah ada sejak lama. Namun sayang, nama dan kepopulerannya semakin tenggelam karena tersaingi oleh varietas buah berry yang lain, seperti strawberry, blackberry, ataupun blueberry. Sudah pernah coba pineberry belum?

4. Paradis Sparkling, Apel Rasa Soda Yang Unik

paradis sparkling. gambar via: Gongono
ingin mencoba apel dengan rasa soda? paradis sparkling ini jawabannya. paradis sparkling adalah jenis buah apel yang merupakan persilangan dari apel Resi dengan apel Pirroute. persilangan keduanya tersebut menghasilkan buah apel yang memiliki rasa seperti minuman bersoda. untuk menciptakan apel jenis ini, para ahli pembibitan di swiss harus menghabiskan waktu 10 tahun lho. gambar via: Gongono

Buah apel merupakan salah satu buah yang paling sering dikonsumsi oleh orang-orang. Buah apel juga memang sangat populer dengan rasa manisnya. Namun tidak dengan Paradis Sparkling ini. Paradis Sparkling adalah varietas apel hasil dari persilangan apel Resi yang manis dengan apel Pirroute Inggris. Persilangan varietas ini menghasilkan buah apel yang mempunyai rasa seperti minuman bersoda. Wow! Asal muasal Paradis Sparkling ini ditemukan oleh para ahli pembibitan buah di Swiss. Tidak tanggung-tanggung lho, dalam menciptakan apel ini mereka memerlukan waktu kurang lebih 10 tahun! Waktu yang termasuk lama ya untuk menghasilkan buah apel yang unik ini.

5. Cotton Candy Grapes, Anggur Manis Seperti Rasa Permen Kapas

cotton candy grapes. gambar via: Bay Area Fun for Kids
cotton candy grapes ini merupakan jenis anggur hijau asal amerika serikat yang memiliki seperti permen kapas. untuk mendapatkan rasa ini, tidak digunakan bahan kimia di dalamnya, namun hanya hasil menyilangkan beragam varietas anggur lainnya. anggur ini merupakan hasil kreasi dari ahli holtikultura bernama David Caun dan timnya di International Fruit Genetics di California. Saat diluncurkan, buah ini lagsung menjadi populer di kalangan masyarakat. gambar via: Bay Area Fun for Kids

Kamu tentu heran, bagaimana bisa ada buah dengan rasa mirip permen kapas? Anggur hijau asal Amerika Serikat ini lah jawabannya. Namanya memang sesuai dengan rasanya, Cotton Candy Grapes yang merupakan hasil kreasi ahli holtikultura bernama David Cain bersama timnya di International Fruit Genetics di California.

Hebatnya, tak ada campuran bahan kimia dalam pembuatan anggur rasa permen kapas ini. Rasa manis seperti permen kapas ini dibuat lewat cara menyilangkan beragam varietas anggur lainnya, dan jadi lah rasa manis seperti permen kapas tersebut. Saat diluncurkan ke pasaran, buah ini langsung jadi buah bibir di kalangan masyarakat lantaran keunikannya.

6. Black Sapote, Puding Cokelat Dalam Buah

jenis buah dengan rasa unik yang satu ini bernama black sapote. gambar via: Info Gila
jenis buah dengan rasa unik yang satu ini bernama black sapote. nama latinnya adalah Diospyros diygna, dan rasanya seperti puding cokelat. Buah yang terlihat seperti buah sawo dan kesemek ini, memiliki daging buah hitam kecokelatan. buah ini asalnya dari wilayah amerika tengah dan meksiko, namun sekarang sudah dikembangbiakkan di wilayah florida, australia dan filipina. gambar via: Info Gila

Siapa yg tidak suka dengan puding cokelat? Semua kalangan, mulai dari muda sampai yang tua pasti suka makanan manis berbahan cokelat ini. Makanan manis yang umumnya dikonsumsi sebagai hidangan penutup ini mempunyai tekstur lembut serta rasa cokelat yang akan membuat siapapun ketagihan. Tapi ternyata, di Meksiko ada buah yang mempunyai rasa seperti puding cokelat lho. Jadi kamu bisa memakan buah sekaligus mendapatkan rasa seperti makan puding cokelat.

Buah unik ini mempunyai nama latin Diospyros diygna atau biasa disebut dengan black sapote ini masihlah bersaudara dengan buah sawo serta buah kesemek yang keduanya sama-sama mempunyai rasa yang manis. Bahkan daging buah kesemek cokelat mempunyai warna yang sama dengan puding cokelat.

Buah ini juga dikenal dengan nama Chocolate Pudding Fruit (buah puding cokelat) dan Chocolate Persimmon (kesemek cokelat). Walaupun asal buah ini adalah dari wilayah Amerika Tengah dan Meksiko, namun sekarang sudah banyak dikembangbiakkan di wilayah Florida, Australia, dan Filipina. Siapa yang mau coba rasa buah puding cokelat?

7. Grapple, Apel Dengan Rasa Anggur

grapple. gambar via: treeripened
grapple ini memang memiliki bentuk seperti apel fuji biasanya dengan kulit buah merah kekuningan, tak ada yang unik memang dari penampilannya, namun rasanya lah yang unik yaitu seperti layaknya buah anggur. buah ini merupakan hasil rekayasa Todd Snyder of C&O Nursery dengan menyuntikkan perasa anggur pada buah apel, agar rasanya unik. gambar via: treeripened

Kalau dilihat memang tidak ada yang unik dari buah satu ini. Buah yang satu ini adalah buah hasil dari persilangan anggur serta apel. Memiliki bentuk persis seperti buah apel fuji, dengan kulit buah merah kekuningan, namun rasanya lah yang unik, karena rasanya seperti buah anggur, bukan malah seperti rasa buah apel biasanya. Grapple ini adalah hasil dari rekayasa Todd Snyder of C&O Nursery. Mereka merekayasa buah ini dengan menyuntikkan perasa anggur ke dalam buah apel untuk memberi sensasi rasa yang berbeda dari apel biasanya. Wow!

8. Bubbleberry, Si Kecil Yang Manis Seperti Permen Karet

bubbleberry. gambar via: Pinterest
bubbleberry atau yang biasa dikenal dengan musk strawberry ini memiliki nama latin Fragaria moschata. Tak ada yang spesial dari penampilannya, karena tampilannya seperti buah strawberry biasanya. Namun, bila kamu mencium baunya, akan ada aroma seperti perpaduan antara nanas, raspberry, dan strawberry. Rasanya juga unik, yaitu seperti permen karet yang manis. gambar via: Pinterest

Bila diperhatikan sepintas, buah ini terlihat seperti stroberi pada umumnya, dengan bentuk yang kecil dan berwarna merah. Buah unik ini mempunyai nama latin Fragaria moschata. Namun ia lebih populer dengan nama bubbleberry. Ada pula yang menyebutnya musk strawberry. Bila kamu mencium bau buah ini, buah ini memiliki aroma sangat berbeda dengan stroberi umumnya, karena buah ini aromanya seperti perpaduan nanas, raspberry, serta stroberi. Namun rasanya seperti permen karet, yang manis, bukannya seperti strawberry biasanya yang berasa asam. Mau mencoba buah strawberry rasa permen karet ini?

9. Lemato, Perpaduan Lemon Dan Tomat

lemato. gambar via: Fruit Names AZ With Pictures - Realistic Coloring Pages
jenis buah unik lainnya adalah lemato. buah ini merupakan rekayasa genetik antara lemon dan juga tomat, makanya diberi nama lemato. warna merah tomat ini memang tidak sepekat biasanya karena kandungan lycopenenya yang hanya setengah dari tomat biasanya. tampilan luarnya memang biasa saja, namun dalamnya tidak seperti lemon biasanya. Unik! gambar via: Fruit Names AZ With Pictures – Realistic Coloring Pages

Pernah terpikirkan bagaimana perpaduan antara buah lemon dan buah tomat? Buah berikut ini nih jawabannya. Peneliti Israel membuat tomat rekayasa genetika dengan rasa lemon serta mawar juga aroma geranium dan serai. Warna merah pada tomat ini memang tidak sepekat tomat pada umunya, sebab kandungan lycopene-nya hanya setengah dari tomat biasa. Namun, waktu simpannya lebih lama dan membutuhkan lebih sedikit pestisida saat ditanam. Unik banget ya.

10. Jerpaya, Jeruk Pepaya Asli Indonesia

jerpaya. gambar via: Dibawah Jendela Kaca
jerpaya ini ternyata merupakan buah dari negeri kita lho. tak kalah dengan buah luar yang unik, negara kita juga punya buah unik asli Indonesia. jenis buah ini merupakan jenis buah jeruk namun berwujud pepaya, makanya dinamakan jerpaya. kulit buah ini berpori seperti jeruk, isinya seperti jeruk dengan biji, tapi dagingnya padat seperti pepaya putih. selain unik, buah ini juga dipercaya bisa mengobati berbagai penyakit. gambar via: Dibawah Jendela Kaca

Buah dari negeri sendiri juga tak kalah hebat lho, yang satu ini adalah tanaman jeruk dengan buah berwujud pepaya dan diberi nama Jerpaya, dan ini asli Indonesia. Kulitnya berpori seperti jeruk, namun isinya berbentuk jeruk beserta dengan bijinya, tetapi daging buahnya padat seperti pepaya putih. Rasanya juga seperti jeruk. Dan hebatnya, katanya buah ini bisa mengobati beragam penyakit. Udah unik dan berguna juga ya. Hebat deh!

11. NonaSri, Srikaya Yang Unik Dengan Sedikit Biji

nonasri. gambar via: Buah Unggul
nonasri ini penampilannya memang seperti srikaya, dengan kulit merah tua namun tanpa bentol-bentol seperti srikaya biasanya, tapi permukaan kulitnya melesak ke dalam. tekstur dagingnya mirip sekali dengan srikaya, dengan warna dominan putih namun ada sedikit warna merah di bagian dekat kulit buahnya. buah ini hanya memiliki sedikit biji daripada srikaya pada umumnya. gambar via: Buah Unggul

Buah ini penampilannya memang seperti buah srikaya. Warna kulit buahnya merah tua, namun tanpa “bentol-bentol” seperti layaknya srikaya Annona squamosa, dan permukaan kulitnya melesak ke dalam. Tekstur daging buahnya juga mirip dengan buah srikaya, dengan warna yang dominan putih, namun ada warna merah pada bagian dekat kulit buah.

Ukuran buah ini termasuk dalam kategori yang besar, namun saat kamu menyantap buah ini, kamu tidak perlu repot-repot membuang biji buahnya. Karena dalam buah ini hanya terdapat 20-40 biji, berbeda dengan srikaya biasanya yang mencapai 90-100 biji.

Buah ini saat matang di pohon, tidak membuat buah ini jatuh dari pohonnya. Hal tersebut dikarenakan tangkai buah lebih pendek dan besar, sehingga tangkai tersebut sangat kokoh menopang buahnya.

12. NangkaDak, Manisnya Nangka Berpadu Dengan Buah Cempedak

nangkadak. gambar via: forest house
nangkadak ini adalah perpaduan antara nangka dan juga cempedak. inovasi buah ini digagas oleh Margianasari dan Gregori G. Hambali. Rasa buah ini relatif lebih manis karena mewarisi kelebihan daripada buah nangka. gambar via: forest house

NangkaDak diambil dari nama buah nangka dan juga cempedak yang memang buah ini adalah hasil dari persilangan keduanya. Inovasi ini digagaskan oleh Margianasari dan Gregori G. Hambali. NangkaDak ini mewariskan sifat-sifat unggul dari buah nangka dan cempedak. Cita rasanya juga relatif lebih manis, karena mewarisi kelebihan daripada buah nangka. Penampilannya sih terlihat seperti buah nangka biasanya ya? Tapi apakah kamu bisa membedakan mana nangka mana cempedak?

13. TomTato, Tomat-Kentang Yang Berasal Dari Satu Pohon

tomtato. gambar via: Thompson & Morgan
tomtato adalah jenis pohon yang menghasilkan dua buah yang berbeda dari satu pohon tersebut. buah yang dihasilkan adalah tomat dan juga kentang. sangat unik ketika kamu melihatnya, karena bagian atasnya akan tumbuh seperti tanaman tomat, namun saat akarnya di cabut akan ada kentang di bawahnya. gambar via: Thompson & Morgan

Yang satu ini bukan kombinasi antar buah seperti buah-buah yang sebelumnya. Karena yang satu ini adalah perpaduan dua buah berbeda yang dihasilkan dari satu pohon yang sama. Waduh, gimana ceritanya tuh bisa satu pohon dua buah berbeda?

Buah-buah tersebut adalah Tomat, dan Kentang, makanya tanaman ini diberi nama TomTato yang berarti Tomato-Potato. Jadi tanaman ini sangat unik lho, karena bagian atasnya seperti tanaman tomat biasa yang ditumbuhi tomat-tomat merah, dan ketika akarnya dicabut maka tampaklah kentang-kentang bergelantungan. Wow, kok bisa ya?

TomTomato ini bukan tanaman hasil dari rekayasa genetik, melainkan hasil dari teknik reproduksi vegetatif buatan, yaitu menyambung atau mengenten. Dua tanaman ini sama-sama dari genus solanum, dan hanya memiliki umur satu musim saja. Tanaman ini banyak di produksi di Inggris dan bisa dibeli secara online seharga 14.99 euro atau Rp. 279.000. Rasa yang dihasilkan juga tetap enak lho walaupun wujudnya yang unik.

Ternyata ada ya buah-buahan yang memiliki rasa, dan juga penampilan yang unik yang bahkan sebelumnya mungkin tidak pernah kita pikirkan. Bahkan ketika mengetahui buah-buah tersebut, kita pasti malah geleng-geleng kepala, karena bisa ada buah unik seperti itu. Namun buah-buah unik tersebut pasti sudah melalui penelitian yang cukup panjang, karena termasuk dalam buah-buah jenis baru di dunia ini.

Proses yang dibutuhkan untuk mendapatkan buah-buah unik dengan cara rekayasa pun pasti membutuhkan waktu yang lama. Namun ada juga memang buah yang dari dasarnya secara alami sudah ada dengan rasa yang unik. Adakah buah unik lainnya di daerahmu?

Kalau kamu menemukan buah-buah unik tersebut, apakah kamu mau mencobanya?

Baca juga: Ketika Kamu dan Dia Benar-Benar Saling Mencintai, 6 Hal Ini Akan Dengan Sendirinya Dia Berikan Dengan Tulus

LEAVE A REPLY