18 Cara Agar Tidak Jet Lag Saat Penerbangan Jarak Jauh

0
jet lag

Jet lag merupakan gejala yang biasa terjadi ketika kita melakukan penerbangan jauh. Biasanya Jet lag terjadi akibat perbedaan waktu tempat tujuan. Jet lag akan terjadi jika anda mengalami insomnia, dan juga merasa kelelahan yang tidak biasanya.

Apa lagi buat kamu yang jarang naik pesawat, dan sekalinya bepergian dengan pesawat, langsung melakukan penerbangan jarak jauh. Agar kamu terhindar dari jet lag karena lamanya perjalanan, maka kamu harus mempersiapkan segala sesuatunya agar kamu tidak jet lag setibanya di negara atau tempat tujuan kamu.

Kelelahan tersebut hal yang biasa terjadi pada traveler, biasanya mereka akan merasa lelah dan enggan untuk melakukan aktivitas apa pun. Tetapi banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi jet lag secara alami. Anda bisa melakukannya sebelum melakukan perjalanan jauh.

1. Sesuaikan Jam Pribadi Anda

Lantaran jet lag yaitu satu keadaan yang terkait dengan permasalahan perbedaan zona saat pada tempat asal anda dengan Negara yang bakal anda kunjungi tidak sama. Karenanya, hal pertama yang baiknya anda kerjakan untuk menghindari jet lag saat sebelum pergi yaitu sesuaikan jam.

Awalilah cocokkan saat dengan destinasi maksud anda beberapa hari saat sebelum pergi, umpamanya saat tidur serta bangun tidur yang dipercepat. Bila perkiraan saat tiba ditempat maksud anda yaitu pagi hari, coba untuk tidur dipesawat. Begitu, saat anda hingga di sana, rasa kantuk tidak bakal sangat menyerang anda hingga anda dapat menyesuaikan secara perlahan-lahan dengan keadaan di Negara atau tempat yang anda kunjungi.

2. Sempatkan Istirahat Saat sebelum Pergi

Apabila perjalanan yang akan anda kerjakan tidaklah perjalanan usaha yang demikian menekan, anda tentu mempunyai saat sekurang-kurangnya dua hari untuk beristirahat saat sebelum pergi. Dengan meluangkan diri untuk beristirahat, bakal bikin tubuh anda tidak terasa sangat capek. Selain itu, tubuh yang fit sangat mungkin anda untuk hadapi masalah apa pun sepanjang perjalanan.

Well, mungkin saja ini terdengar amat klise. Tetapi, perjalanan apa pun itu, jelas rasa capek bakal menghinggapi siapa saja yang lakukan perjalanan, termasuk juga untuk mereka yang terbang dengan memakai moda pesawat terbang, terlebih untuk penerbangan jarak jauh (long haul flight).

Ada di pesawat kurun waktu yang amat lama dapat jadi hal yang sungguh melelahkan serta dapat menyebabkan beragam permasalahan kesehatan, seperti jetlag, dehidrasi, serta cepat terasa capek. Jelas Anda tidak ingin kan, perjalanan Anda berubah jadi perjalanan yang serupa seperti mimpi jelek?

So, pastikan dulu saat sebelum keberangkatan, Anda membagikan saat bekerja Anda dengan baik serta menyeimbanginya dengan istirahat yang cukup. Hal semacam ini butuh di perhatikan paling tidak dua atau tiga minggu saat sebelum perjalanan jauh Anda dikerjakan. Untuk Anda yang kerapkali tidur sampai larut malam, baiknya mulai kurangi deh rutinitas itu, serta menggantinya dengan tidur teratur dengan jumlah saat tidur 6 sampai 8 jam per hari.

3. Tambah Cairan Tubuh Anda

Ketika lakukan perjalanan dengan pesawat, terlebih perjalanan panjang, orang mungkin alami dehidrasi. Keadaan seperti ini dapat dipicu lantaran factor pengeringan hawa, ketinggian serta pendingin udara ketika ada pesawat.

Sedang dehidrasi bisa menyebabkan stress serta bikin seorang alami jet lag semakin besar atau bahkan juga lebih parah. Karenanya, minum banyak air saat sebelum serta sesudah pergi untuk hindari dehidrasi. Saat tubuh terhidrasi, anda bakal terlepas dari stress sepanjang perjalanan. Tidak hanya itu, ketika pasokan cairan dalam tubuh terpenuhi, hal semacam ini bakal memudahkan proses beradaptasi di zona saat baru.

Minum air putih sepanjang saat sebelum serta sepanjang perjalanan bakal kurangi stress yang bisa menyebabkan jet lag. Bila tubuh cukup air atau tidak dehidrasi, tubuh semakin lebih gampang sesuaikan zona saat yang baru serta bakal terasa lebih segar sepanjang perjalanan.

4. Mengkonsumsi Suplemen Apabila Perlu

Mengonsumsi suplemen yang kaya kandungan melatonin dapat dibuktikan ampuh kurangi jet lag. Suplemen ini dapat bantu seorang untuk terasa mengantuk. Jadi ketika anda alami kesusahan tidur dipesawat, anda dapat memakainya sebagai alat bantu untuk selekasnya terlelap. Tetapi baiknya mengkonsumsi suplemen ini ditanyakan terlebih dulu kepada pihak medis untuk hindari alergi pada tubuh.

5. Makan Dengan Baik

Ketika akan lakukan perjalanan jauh sebaiknya bila anda dapat melindungi pola makan anda dengan baik. Jauhi mengkonsumsi makanan pedas supaya anda tidak alami permasalahan pencernaan. Tidak hanya itu minuman kopi juga baiknya anda jauhi lantaran kaffein malah bakal mengganggu pola tidur anda. Coba makan pada zona saat yang baru. Hal semacam ini bakal bantu anda beradaptasi ke zona saat tidak sama dengan lebih gampang.

Seperti yang sudah dibicarakan di awal, nyaris semua maskapai dengan maksud jauh tawarkan beragam macam menu makanan didalam pesawat. Toh apabila nyatanya masakan yang disiapkan tidak dapat penuhi hasrat anda, contoh anda tengah diet dengan jumlah spesifik, sediakanlah makanan dari tempat tinggal. Packinglah makanan anda sedemikian rupa. Misalnya dengan memasukkan beberapa irislah buah serta sayuran kedalam wadah.

Makan jadi hal yang amat lumrah serta wajar. Jadi bila lapar jangan sampai tunda makan, lantaran malah menyebabkan pada kesehatan tubuh anda. Apabila perut anda kosong, anda dapat mual, yang berbuntut muntah serta masuk angin. Belum lagi banyak penyakit yang mengantri untuk masuk dalam tubuh anda. Alih-alih mau berlibur di negara maksud, jadi mendekam di hotel lantaran sakit. Bahaya kan?

6. Sesuaikan Saat Ketika Mendarat

Saat mendarat, baiknya selekasnya sesuaikan saat pada pukul tangan atau telephone seluler anda dengan saat setempat. Hal semacam ini mempunyai tujuan untuk memberitahukan tubuh kalau saat udah berubah serta sudah sesuai. Dengan begini, tubuh bakal mendapat pemberitahuan terlebih dulu hingga tidak kaget serta stress.

7. Biarlah Tubuh Terkena Sinar Matahari

Saat hingga di tempat maksud anda, terkecuali ketika itu yaitu saat malam atau cuaca ketika itu tengah tidak bersahabat. Cobalah biarlah cahaya matahari masuk ruang anda serta tentang kulit. Cahaya matahari sangat baik untuk kembali mengatur pola jam tubuh. Hingga tubuh anda bisa selekasnya sesuaikan dengan zona saat yang baru.

8. Seharusnya Janganlah Langsung Tidur

Baiknya jauhi langsung terlelap ketika baru tiba ditempat maksud anda, kecuali bila ketika itu, anda tiba saat malam hari. Coba untuk tetap terbangun dengan meluangkan mandi, mengobrol atau sebatas melihat-lihat ruang anda untuk beradaptasi dengan tempat serta saat yang baru. Baiknya tidur pada waktunya, dengan begini bakal bikin anda pulih lebih cepat dari jet lag.

9. Coba Gunakan Penerbangan Malam

Perjalanan jauh semakin lebih baik bila dikerjakan ketika saat malam. Dengan mengambil penerbangan malam anda dapat tidur sepanjang perjalanan hingga saat tidak bakal merasa lama. Tidak hanya itu, penerbangan malam condong lebih merasa tidak menjemukan lantaran nyaris beberapa saat anda dipakai untuk tidur.

Syndrome jet lag mungkin terjadi jangka waktu melebihi dari 3 hari bergantung seberapa jauh perjalanan yang anda kerjakan. Karenanya, menyiapkan diri dengan lakukan beberapa hal di atas bakal amat bantu anda dalam menghindari serta menangani munculnya syndrome jet lag yang dapat demikian mengganggu.

10. Makan buah pisang

Pisang memiliki kandungan hormon melatoin alami yang dapat bantu tubuh lo beradaptasi dengan saat yang baru. Umpamanya tubuh lo mual, pusing atau bahkan juga hingga susah konsentrasi, itu memiliki arti lo alami tanda-tanda jet lag yang cukup kronis. Untuk menghindari serta menangani hal demikian, lo dapat makan pisang saat di pesawat serta saat hingga ditempat maksud. Kerjakan ini hingga 2-3 hari demikian hingga ditempat maksud ya Urbaners.

11. Tidur hingga di tempat tujuan

Meskipun anda udah tidur sepanjang hari didalam pesawat, upayakan anda demikian hingga di penginapan anda langsung tidur saja Urbaners. Pada ketika anda istirahat, tubuh anda bakal berupaya sesuaikan keadaan dengan saat kurang lebih. Tidur akan bikin badan anda yang di awal lelah maupun pusing bakal menyusut.

12. Dapatkan melatonin ketika berpergian

Melatonin yaitu hormon yang diketemukan secara alami dalam tubuh, namun juga ada berbentuk suplemen. Bakal amat bantu dalam mengatur system sirkadian tubuh anda. Satu riset di medical journal Travel and Infectious Disease mengambil keputusan kalau suplemen melatonin bisa memperingan tanda-tanda jet lag.

Walau pasca-penerbangan administrasi melatonin bekerja secara efektif dalam penerbangan transmeridian kurang dari tujuh hingga delapan zona saat, dalam masalah jarak yang lebih jauh, melatonin mesti diberikan dua hingga tiga hari di muka saat sebelum jadwal penerbangan, anjuran beberapa peneliti. Satu dosis yang pas mungkin saja 2-5 miligram sebentar saat sebelum tidur. Atau dapat pula anda mengkonsumsi pisang lantaran memiliki kandungan melatonin alami.

13. Irama Sirkadian

Irama Sirkadian yaitu jam biologis yang mengatur siklus tubuh sepanjang 24 jam.
Tubuh mempunyai tanggapan sendiri pada sinar serta kegelapan, yakni keadaan yang juga memastikan saat bangun serta tidur. Kebiasaan ini bakal terganggu saat seorang lakukan perjalanan jauh menuju zona saat yang tidak sama.

Beberapa hal yang perlu sesuai saat melancong :

Kemunculan cahaya.
Perbedaan datangnya gelap atau malam.
Perbedaan saat makan (lapar – kenyang).
Perbedaan suhu udara.
Pola pikir
Pengambilan Keputusan & Penampilan

14. Arah perjalanan

Arah perjalanan Anda akan memastikan tingkat keparahan jet lag yang dihadapi. Ketika melancong ke arah barat, tanda-tanda jet lag yang dihadapi umumnya juga lebih enteng. Hal semacam ini dikarenakan tubuh lebih gampang beradaptasi dengan hari yang lebih panjang. Dengan kata lain, saat yang ditempuh bakal jadi tambah ketika melancong ke barat serta demikian halnya demikian sebaliknya. Lebih gampang untuk tunda saat tidur beberapa jam dari pada memaksakan untuk tidur lebih cepat.

15. TIDUR SELAMA PERJALANAN

Ketika perjalanan jauh, anda bakal temukan fenomena lain waktu yang ketara. Contoh anda pergi ke New York. Dalam hitungan saat, New York jam 6 pagi Jakarta jam 6 sore. Hitung saat ini sangat perlu supaya anda tidak “kehilangan waktu” dalam perjalanan anda. Ini ada hubungan dengan keadaan jetlag. Lalu apa hubungan dengan tidur? Hitung saat amat perlu untuk tahu apakah anda bakal tiba di tempat maksud pagi siang atau malam. Apabila hingga ditempat maksud pagi hari, andapun bakal selekasnya mengawali kesibukan bukan? Nah tidur di pesawat bantu anda menghemat daya.

Tidur dalam perjalanan, dalam keadaan beberapa orang memanglah tidak mengasyikkan. Ada saja masalah contoh orang yang mengobrol sangat keras, anak kecil menangis, serta banyak masalah yang lain. Dalam bebrapa waktu seperti ini, keluarkanlah bantal ‘U magnet’ serta eyemask anda. Benda ini bakal amat bantu anda tidur sedikit tambah nyaman. Apabila nyatanya kedua benda itu kurang ampuh lantaran terlalu berisik, coba gunakan headphone anda, dengarkan musik-musik klasik supaya anda segere terlelap. Apabila usaha itu tetap tidak berhasil, jurus paling akhir yaitu dengan minum obat tidur.

Satu lagi panduan supaya dapat tidur didalam pesawat yaitu dengan merubah setting-an saat arloji atau jam dalam telephone seluler anda seperti saat destinasi saat anda udah masuk ke kabin pesawat. Biasanya telephone seluler sekarang udah memberi template saat kota-kota di dunia, jadi gampang saja, anda tinggal mengubahnya seperti saat kota destinasi anda. Dengan perubahan jam ini, andapun bakal ter-sugesti sesuai sama saat yang ada. Hingga saat waktunya tidur di kota maksud, anda akan berupaya tidur di pesawat.

16. Jaga Kesehatan Tubuh

Dalam penerbangan panjang, setidaknya ada tiga keadaan tubuh yang butuh diwaspadai. Yakni dehidrasi, terjadinya pembekuan darah dan masuk angin, flu juga bakteri.

1. Dehidrasi

Yaitu keadaan di mana tubuh kekurangan cairan lantaran kurang minum. Dehidrasi dapat terjadi setiap saat ketika tubuh kekurangan cairan. Nah ketika penerbangan panjang, udah dapat diperkirakan bukanlah kalau anda tengah jalan bebrapa begitu jauh. 12 jam ada dalam pesawat, contoh.

Dapat dipikirkan berapakah banyak air yang perlu anda bawa? Serta tentu tidak mungkin saja membawa air sejumlah yang dibutuhkan tubuh anda dalam penerbangan. Berkaitan hal semacam ini, Dr. Timothy Hosea, team physician and Chair of the Sports Medicine and Research Committee untuk rowing teams US merekomendasikan untuk meminum minuman yang memiliki kandungan elektrolit.

2. Pembekuan darah

DVT, formasi dalam darah yang amat berisiko apabila dalam penerbangan panjang. Bersumber pada National Institutes of Health (US), resiko pembentukan DVT bertambah saat ada dalam penerbangan yang melebihi dari empat jam. Lalu bagaimana mengatasinya apabila anda benar-benar mesti terbang melebihi dari empat jam? Tenang. Janganlah Cemas. Banyak-banyaklah bergerak. Sebatas jalan ke arah toilet, bakal sedikit merilekskan kaki-kaki anda. Hingga darah dalam tubuh mengalir lebih lancar.

Lantas pemakaian baju yang nyaman serta cukup longgar membuat darah dalam tubuh mengalir lebih lancar. Serta pastikan dulu juga untuk hindari alkohol. Dr. Hosea menyampaikan kalau resiko DVT bakal bertambah apabila tubuh dehidrasi, perlu untuk melindungi tubuh tetap terhidrasi. Dr. Hosea mereferensikan beberapa panduan berikut ini pada rowing teams US ketika bakal lakukan perjalanan panjang.

a. Malam saat sebelum penerbangan, minumlah sebanyak-banyaknya supaya tubuh terhidrasi. Terutama dengan minuman berelektrolit.
b. Malam saat sebelum penerbangan, janganlah minum alkohol, cafein, soft drinks, bahkan janganlah makan coklat.
c. Tentukan kursi yang mempermudah untuk keluar masuk hingga dapat berdiri serta jalan dalam kabin sepanjang keadaan sangat mungkin.

3. Masuk angin, flu juga bakteri

Ketika perjalanan jauh, tubuh amat rawan alami masuk angin, flu juga ada bakteri yang menyerang tubuh. Jadi sebaiknya waspada dengan melindungi kesehatan tubuh, makan sesuai sama jumlah serta janganlah meremehkan tanda tanda yang didapatkan dari tubuh.

17. PILIH TEMPAT DUDUK YANG NYAMAN

Ketika pergi jauh dengan pesawat, tempat duduk dalam kabin jadi satu diantara penentu kenyamanan sepanjang dalam penerbangan. Kenapa sekian? Pertama, anda perlu kursi yang tidak terlalu dekat juga terlalu jauh dari toilet. Argumen pertama ini jelas bakal menyebabkan anda kesusahan meraih toilet apabila sangat jauh, serta dapat terganggu apabila sangat dekat. Kedua, lantaran apabila space antar kursi sempit, kaki anda bakal tidak nyaman lantaran terus-terusan ada dalam posisi tertekuk.

Apabila argumen kedua itu terjadi jelas tidak baik untuk kesehatan. Sekurang-kurangnya dua hal itu jadi problema berkaitan penentuan tempat duduk sepanjang perjalanan jauh ini. Bagaimana pemecahannya? Pemecahannya jelas saja dengan mencari tahu lebih dahulu bagaimana tatanan kursi dalam kabin maskapai penerbangan yang bakal anda pakai saat sebelum beli tiket. Lantas pastikan kursi yang bila ada, masihlah kosong disampingnya. Ini bakal bermanfaat ketika perjalanan mulai melelahkan. Lantaran anda bakal dapat memonopoli kursi disamping anda bila tidak ada penumpangnya bukan?

18. HINDARI MAKANAN DAN MINUMAN INI SEBELUM NAIK PESAWAT

Ada beberapa bentuk makanan yang pantang dikonsumsi saat sebelum penerbangan berjalan. Salah pilih makanan bakal punya pengaruh pada keadaan tubuh Anda sepanjang penerbangan, seperti timbulnya rasa capek, dehidrasi, maupun sakit sesudah turun dari pesawat di kota maksud. Saat sebelum terbang, sebaiknya Anda hindari atau kurangi beberapa makanan serta minuman berikut ini untuk membuat situasi nyaman serta melindungi supaya keadaan tubuh tetap fit sepanjang serta setelah terbang :

1. MAKANAN RENDAH GARAM

Tahukah Anda kalau sangat banyak mengonsumsi garam bakal mengakibatkan volume gas didalam tubuh bertambah, hingga perut merasa kembung serta nyeri? Well, untuk hindari keluhan itu, baiknya Anda melakukan perbaikan pilihan makanan Anda dengan mengonsumsi camilan rendah garam, seperti sayuran atau buah-buahan fresh. Ditanggung, perjalanan Anda bakal merasa makin mengasyikkan, serta sehat pastinya!

2. PROTEIN TANPA LEMAK

Konsumsi protein tanpa lemak adalah sumber daya untuk tumbuh yang juga bertindak sebagai zat yang bantu pembentukan beberapa sel baru dalam tubuh, dan mengatur kemampuan enzim, hormon, kekebalan tubuh, serta keseimbangan cairan dalam organ tubuh. Sumber protein datang dari daging, ikan, susu, keju, serta telur memiliki kandungan 9 asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh supaya tetap fit sepanjang perjalanan.

3. MINUMAN SEGAR SMOOTHIE

Smoothie populer sebagai konsumsi pola hidup sehat untuk golongan urban di ibukota. Trend mengonsumsi smoothie ini keluar lantaran saat ini orang-orang urban makin mengerti utamanya mereka menyeimbangi mengkonsumsi makanan mereka dengan suatu hal yang lebih sehat di sela-sela aktivitas di ibukota yang penuh dengan polusi serta tingkat stres yang tinggi. Terbagi dalam bahan yogurt serta buah yang fresh, smoothie bantu tubuh supaya lebih fresh serta terlepas dari dehidrasi.

4. HINDARI FLU DENGAN JERUK DAN LEMON

Tempat umum seperti di bandara mempunyai sarana umum yang tidak luput dari bakteri yang bisa menyebabkan penyakit-penyakit seperti diare, flu, atau batuk. , saat sebelum pergi, sebaiknya Anda tingkatkan kekuatan tubuh Anda untuk menahan semua bakteri yang bakal masuk kedalam tubuh Anda dengan mengonsumsi vitamin C yang terdapat didalam buah jeruk atau multivitamin yang banyak di jual di toko obat-obatan di kurang lebih bandara. Untuk hindari dehidrasi, campur air lemon serta air putih yang mengantuk antibakteri untuk memperingan rasa capek serta sakit tenggorokan.

Beberapa Gejala Jet Lag

1. Gangguan tidur seperti insomnia, bangun tidur sangat cepat, atau bahkan juga tidur sangat lama

2. Lelah di siang hari

3. Susah berkonsentrasi seperti kondisi normal

4. Gangguan pencernaan, kram atau diare

5. Perasaan tidak nyaman

6. Otot ngilu serta kaku

7. Tanda-tanda menstruasi untuk perempuan yang kerap melancong dengan pesawat udara

Demikianlah cara menghindari jet lag ketika anda ingin melakukan perjalanan jauh dengan pesawat terbang. Jet lag bisa dihindari dengan menerapkan 18 cara diatas dengan baik sebelum melakukan perjalanan.

LEAVE A REPLY