Inilah Tips Untuk Mendesain Kamar Anak Yang Nyaman

0
442
gambar via: Desainrumahnya.com

Mempunyai anak adalah impian setiap pasangan yang telah menikah. Waktu masih sangat kecil, umumnya seorang anak akan tidur dengan orang tuanya. Tetapi, si anak telah semakin besar atau minimal memasuki usia lima tahun, mereka akan mulai di ajarkan untuk tidur sendiri. Tidur sendiri atau mengajarkan anak untuk mulai tidur di kamarnya, mungkin saja kedengarannya sepele. Tetapi, secara tidak langsung Anda sedang mengajarkan anak Anda untuk belajar mandiri. Walau kadang-kadang ada beberapa anak yang sedikit takut namun, lama kelamaan mereka akan terbiasa bahkan juga beberapa anak akan jadi sangat nyaman tidur sendirian di kamarnya.

Hal semacam itu memang terkadang sedikit susah karena, beberapa anak akan susah tidur di kamarnya karena merasa asing serta ketakutan. Nah, untuk membuat anak Anda senang di kamarnya, banyak langkah yang dapat dilakukan. Salah satunya adalah dengan mendesain kamar tidur yang mengasyikkan untuk anak. Untuk membuatnya jadi sangat nyaman, Anda dapat menentukan karakter kartun favorit anak Anda, atau warna favoritnya menjadi warna dominan di kamar itu sehingga ketika tidur sendirian pun, si anak akan merasa nyaman serta tidaklah terlalu asing dengan kamar barunya.

Membuat Kamar Anak Laki-Laki

Mempunyai anak laki-laki adalah sebuah kebanggaan untuk orangtua karena akan ada penerus nama keluarga. Anak laki-laki mempunyai perbedaan yang sangat besar dengan anak perempuan, sehingga saat Anda membuat sebuah kamar tidur untuk anak laki-laki Anda sebaiknya Anda memakai desain yang sesuai dengan karakter serta selera buah hati Anda. Hal itu akan berdampak pada kenyamanan anak Anda di kamar tidurnya itu. gambar via: Rooang.com

Mempunyai anak laki-laki adalah sebuah kebanggaan untuk orangtua karena akan ada penerus nama keluarga. Anak laki-laki mempunyai perbedaan yang sangat besar dengan anak perempuan, sehingga saat Anda membuat sebuah kamar tidur untuk anak laki-laki Anda sebaiknya Anda memakai desain yang sesuai dengan karakter serta selera buah hati Anda. Hal itu akan berdampak pada kenyamanan anak Anda di kamar tidurnya itu. Selain memperhatikan selera serta karakter anak, kenyamanan adalah kunci paling utama untuk sebuah kamar tidur baik dari pencahayaan ataupun pergantian udara yang keluar masuk.

Konsep Desain Kamar Tidur Minimalis Anak Laki-laki

Kamar anak laki-laki perlu disesuaikan dengan karakter anak. Anda dapat menemukan konsep untuk kamar tidur minimalis anak laki-laki Anda di internet atau di buku desain interior sebagai salah satu sumber referensi desain. Anda dapat membuatkan kamar tidur anak Anda berdasar pada tema tertentu yang disenangi anak Anda, seperti tema hutan serta petualangan, tema luar angkasa, tema bawah laut, tema kartun favorit mereka dan lain-lain. gambar via: Mstudiosolo

Kamar anak laki-laki perlu disesuaikan dengan karakter anak. Anda dapat menemukan konsep untuk kamar tidur minimalis anak laki-laki Anda di internet atau di buku desain interior sebagai salah satu sumber referensi desain. Anda dapat membuatkan kamar tidur anak Anda berdasar pada tema tertentu yang disenangi anak Anda, seperti tema hutan serta petualangan, tema luar angkasa, tema bawah laut, tema kartun favorit mereka dan lain-lain.

Ikutsertakan anak Anda untuk memilih konsep kamar tidurnya sendiri, hal semacam ini akan membuat anak merasa mempunyai peran dalam membuat serta mendesain kamar tidurnya sehingga lebih menghargai kebersihan serta kenyamanan kamar tidurnya sendiri. Setelah mengetahui konsep kamar tidur minimalis anak laki-laki yang sesuai dengan keinginan serta seleranya, maka langkah selanjutnya yaitu mengeksekusi kamar tidur itu dengan beberapa panduan yang penting untuk diperhatikan.

Tips Mendesain Kamar Tidur Anak Laki-Laki

Yang perlu diperhatikan dalam mendesain kamar tidur anak laki-laki yaitu unsur kenyamanan buah hati Anda di dalam kamar itu. Terutama bila kamar tidur buah hati Anda tak memiliki cukup ruangan untuk mereka beraktifitas. Seperti yang diketahui, anak laki-laki memerlukan ruangan yang sedikit lebih lega untuk mereka beraktifitas, bermain serta melakukan berbagai macam hal. gambar via: Kompasiana

Yang perlu diperhatikan dalam mendesain kamar tidur anak laki-laki yaitu unsur kenyamanan buah hati Anda di dalam kamar itu. Terutama bila kamar tidur buah hati Anda tak memiliki cukup ruangan untuk mereka beraktifitas. Seperti yang diketahui, anak laki-laki memerlukan ruangan yang sedikit lebih lega untuk mereka beraktifitas, bermain serta melakukan berbagai macam hal. Anda dapat mengikuti tips berikut untuk membuat kamar tidur minimalis anak laki-laki Anda jadi lebih lega serta besar.

Tips yang dapat Anda jadikan ide yaitu dengan memakai tempat tidur di atas. Anda dapat membuat tempat tidur anak Anda di atas sehingga tempat kosong dibawahnya dapat dijadikan ruangan bermain yang lega. Tangga menuju tempat tidur dapat Anda rancang dengan bentuk laci yang dapat digunakan sebagai area untuk menyimpan barang. Dengan rancangan demikian kamar tidur minimalis anak laki-laki Anda akan mempunyai ruangan yang lebih lega tempat mereka beraktifitas.

Tempat tidur tingkat dapat juga Anda gunakan bila Anda mempunyai dua orang anak laki-laki, sedangkan Anda tak mempunyai cukup kamar untuk memberi mereka ruangan privasi lebih. Rancang tempat tidur tingkat anak Anda dengan laci di bagian bawahnya untuk tempat penyimpanan barang serta mainan mereka. Dengan tempat tidur tingkat multifungsi, Anda dapat menghemat ruangan sehingga menjadi lebih lega untuk mereka berkreativitas.

Pencahayaan cukup penting untuk kamar tidur minimalis anak laki-laki. Upayakan kamar anak Anda memperoleh cahaya matahari yang cukup untuk membunuh kuman, bakteri serta jamur di kamar tidur mereka agar mereka juga tak mudah jatuh sakit. Untuk malam hari, pakai pencahayaan yang redup agar istirahat mereka menjadi optimal, serta lebih fresh saat bangun pada pagi harinya. Berikanlah lampu belajar untuk setiap meja belajar mereka agar mereka dapat fokus untuk belajar.

Membuat Kamar Anak Perempuan

Mempunyai anak perempuan yang sudah beranjak besar mengharuskan kita sebagai orangtua untuk mengajarkan anak untuk belajar mandiri dengan tidur sendiri. Tetapi, bagaimana dengan anak yang belum ingin atau takut tidur sendiri? Anda dapat membujuk anak perempuan Anda untuk tidur sendiri dengan mendekorasi kamarnya dengan dekorasi impian ala anak perempuan saat ini. gambar via: DesainRumahMini.com

Mempunyai anak perempuan yang sudah beranjak besar mengharuskan kita sebagai orangtua untuk mengajarkan anak untuk belajar mandiri dengan tidur sendiri. Tetapi, bagaimana dengan anak yang belum ingin atau takut tidur sendiri? Anda dapat membujuk anak perempuan Anda untuk tidur sendiri dengan mendekorasi kamarnya dengan dekorasi impian ala anak perempuan saat ini. Semoga dengan trik ini akan membuat anak Anda senang dengan kamar barunya serta berani untuk mandiri dengan tidur sendiri.

Desain serta Dekorasi Kamar Tidur Minimalis Anak Perempuan

Mempunyai anak perempuan otomatis membuat Anda ingin melindungi privasi anak Anda dengan baik. Terutama saat beranjak dewasa, maka Anda lebih baik memberi anak perempuan Anda kamar yang bisa menjaga privasinya. Untuk mereka yang baru pertama kalinya belajar tidur sendiri pasti akan merasa takut serta tak berani tidur sendirian. gambar via: Jati Jepara Online Furniture

Mempunyai anak perempuan otomatis membuat Anda ingin melindungi privasi anak Anda dengan baik. Terutama saat beranjak dewasa, maka Anda lebih baik memberi anak perempuan Anda kamar yang bisa menjaga privasinya. Untuk mereka yang baru pertama kalinya belajar tidur sendiri pasti akan merasa takut serta tak berani tidur sendirian. Tetapi bila Anda mendekorasi kamar tidur minimalis anak perempuan Anda dengan dekorasi serta desain yang dia sukai, maka anak Anda akan betah di kamarnya dengan dekorasi sesuai dengan keinginannya.

Desain serta dekorasi minimalis sangat cocok untuk disematkan pada kamar tidur anak perempuan Anda. Tak perlu memakai desain dengan detail yang rumit, dekorasi yang membuat nyaman dengan desain sederhana akan membuat langkah pertama anak Anda untuk tidur sendiri akan jadi lebih mudah. Dengan tips serta trik berikut ini, semoga akan menolong Anda dalam menentukan desain serta dekorasi yang tepat.

Tips Dalam Mendekorasi Kamar Tidur Anak Perempuan

Tips pertama anak perempuan tak berarti warna pink. Warna pink selalu diidentikkan dengan anak perempuan, namun tak semua anak perempuan mempunyai selera warna yang sama. Cat dinding kamar tidur minimalis anak perempuan Anda dengan warna yang disenanginya, tetapi pastikan warna yang terang agar bisa memberi kesan luas pada kamar tidur anak Anda. gambar via: Desainrumahnya.com

Tips pertama anak perempuan tak berarti warna pink. Warna pink selalu diidentikkan dengan anak perempuan, namun tak semua anak perempuan mempunyai selera warna yang sama. Cat dinding kamar tidur minimalis anak perempuan Anda dengan warna yang disenanginya, tetapi pastikan warna yang terang agar bisa memberi kesan luas pada kamar tidur anak Anda. Dengan mendekorasi kamar sesuai dengan warna favorit mereka, diharapkan anak perempuan Anda akan senang bermain serta beristirahat di kamar mereka.

Tips yang kedua yaitu furniture yang sederhana. Saat ini sangat banyak dijual kamar set yang memanglah ditujukan untuk anak-anak perempuan dengan bermacam karakter. Furniture itu juga sangat sederhana terdiri dari tempat tidur, lemari bahkan meja belajar dengan desain yang sederhana. Anda dapat memakai kamar set untuk kamar tidur minimalis anak perempuan sesuai dengan karakter favorit anak Anda. Seperti karakter yang sedang booming yaitu karakter tokoh film Frozen atau Barbie. Dijamin kamar tidur minimalis untuk anak perempuan Anda semakin lebih berwarna.

Tips yang ketiga yaitu pencahayaan. Pakai pencahayaan yang tepat untuk kamar tidur minimalis anak perempuan Anda. Pakai lampu yang terang serta hemat energi, dan berikan lampu belajar pada meja belajar anak Anda agar ia bisa berkonsentrasi ketika belajar. Pencahayaan sinar matahari penting juga diperhatikan, agar kamar anak Anda memperoleh cahaya matahari yang cukup agar kamar tidur bebas dari jamur serta virus pemicu penyakit.

Fitur Tambahan Kamar Tidur Anak Perempuan

Untuk membuat situasi kamar tidur minimalis anak perempuan Anda makin menarik, Anda dapat menempelkan wall sticker yang banyak dijual di pasaran sesuai dengan tema kamar anak Anda. Ikut sertakan anak Anda untuk memilih wall sticker yang menurutnya menarik ditempatkan di kamarnya. gambar via: Rumah Minimalis

Untuk membuat situasi kamar tidur minimalis anak perempuan Anda makin menarik, Anda dapat menempelkan wall sticker yang banyak dijual di pasaran sesuai dengan tema kamar anak Anda. Ikut sertakan anak Anda untuk memilih wall sticker yang menurutnya menarik ditempatkan di kamarnya. Dengan mengikut sertakan anak Anda dalam mendekorasi kamar tidurnya, maka langkah ia untuk belajar mandiri akan semakin mudah karena ia sudah membayangkan begitu nyamannya kamar tidurnya.

Berkonsultasi Kepada Interior Desainer

Berkonsultasi tentang desain Kamar Tidur Minimalis Anak Laki-laki ataupun Perempuan pada interior desainer sebenarnya adalah pilihan yang bijak, karena selain bisa memperoleh desain yang apik, dapat juga mengurangi biaya yang dikarenakan oleh beragam hal. Banyak orang berpikir kalau mempekerjakan jasa interior desain dalam membangun Kamar Tidur Minimalis Anak malah akan menguras biaya semakin banyak, sebenarnya malah sebaliknya. gambar via: DesainRumahMini.com

Berkonsultasi tentang desain Kamar Tidur Minimalis Anak Laki-laki ataupun Perempuan pada interior desainer sebenarnya adalah pilihan yang bijak, karena selain bisa memperoleh desain yang apik, dapat juga mengurangi biaya yang dikarenakan oleh beragam hal. Banyak orang berpikir kalau mempekerjakan jasa interior desain dalam membangun Kamar Tidur Minimalis Anak malah akan menguras biaya semakin banyak, sebenarnya malah sebaliknya. Interior desainer akan memberi estimasi biaya yang dikeluarkan sesuai dengan Rancangan Anggaran Biaya yang disetujui sejak awal. Jadi tak ada biaya tak terduga, biaya kesalahan pembangunan, serta lain sebagainya. Interior desainer menjunjung tinggi profesionalitas jadi tak ada salahnya mencoba menggunakan jasa mereka.

Tips Untuk Menata Kamar Tidur Anak Agar Selalu Rapi Dan Bersih

Setelah membuat anak Anda nyaman dengan kamar barunya, maka Anda mulai dapat mengajarinya ke tingkat selanjutnya yakni mengurus kamarnya sendiri. Anda dapat memberinya sedikit tanggung jawab, mulanya dari hal kecil seperti merapihkan tempat tidurnya setiap pagi, lalu meja belajar serta mainannya. Tetapi, namanya anak kecil, walau telah diajari untuk merapihkan kamar, tetap saja kadang Anda akan temukan kamar anak Anda berantakan. gambar via: Inspirasi Rumah

Setelah membuat anak Anda nyaman dengan kamar barunya, maka Anda mulai dapat mengajarinya ke tingkat selanjutnya yakni mengurus kamarnya sendiri. Anda dapat memberinya sedikit tanggung jawab, mulanya dari hal kecil seperti merapihkan tempat tidurnya setiap pagi, lalu meja belajar serta mainannya. Tetapi, namanya anak kecil, walau telah diajari untuk merapihkan kamar, tetap saja kadang Anda akan temukan kamar anak Anda berantakan. Mainan dimana-mana, kertas gambar, dan crayon serta pesil warna bertebaran di lantai sampai tempat tidur yang masihlah berantakan. Nah agar menghindari kamar anak Anda berantakan, di bawah ini adalah tips menata kamar tidur anak agar selalu bersih.

1. Loker

Lemari besar untuk pakaian telah ada, laci di meja belajarnya juga telah penuh, di mana lagi Anda harus menyediakan tempat untuk barangnya yang lain? Desain lah loker yang dibuat tertutup serta bertumpuk dapat menjadi tempat untuk menyimpan yang menyimpan banyak barang namun tetaplah rapi serta dapat dipisah-pisahkan menurut fungsinya. Ditambah lagi kesannya yang vintage serta warna yang mencolok, si kecil tentu suka.

2. Kantung Pintu

Pintu lemari juga dapat dipakai untuk tempat penyimpanan yang praktis.Langkahnya mudah saja cukup mencari kantung-kantung yang dapat digantung di balik pintu. Untuk si kecil yang centil, kantung ini dapat menyimpan aksesoris rambut lucunya.

3. Gunakan Tempat Serbaguna

Di bawah tempat tidur, di bawah kursi, di manapun yang Anda temukan. Sebaiknya saat memilih perabotan untuk kamar anak, tentukan perabotan yang dapat dipakai sekaligus sebagai tempat penyimpanan. Seperti ranjang dengan laci-laci di bawahnya yang dapat dipakai untuk menaruh cadangan sprei serta selimut.

4. Gantungan Dinding

Gantungan dinding selain dipakai untuk menggantung pakaian dapat juga dipakai untuk tempat menggantung bermacam-macam. Dapat untuk menggantung mainan, peluit, topi, tag nama keikut sertaannya dalam lomba untuk kenang-kenangan dan lain-lain.

5. Toples Cantik

Bila si kecil hobi menggambar serta mengoleksi banyak alat warna seperti crayon, spidol, pensil warna, tidak ada salahnya menempatkan semunya itu di satu toples yang dapat dijajar. Selain memberi tampilan yang berwarna-warni ceria pada kamar, si kecil juga lebih mudah mengambil warna sesuai jenis alat warnanya. Selain itu, toples dapat juga digunakan untuk menyimpan mainannya yang memiliki ukuran kecil.

6. Ranjang Di Tingkat Atas

Bila kamar si kecil termasuk sempit, pemakaian ranjang di atas sangat efektif karena dapat menghemat banyak tempat. Ruang kosong di bawahnya dapat dipakai sebagai meja belajar atau ruang bermain kecil. Cari ranjang yang memakai tangga yang kokoh serta memakai bahan yang tidak mudah melukai si kecil.

7. Lemari Penyimpanan Dengan Label

Bila si kecil mempunyai banyak mainan, agar lebih rapi siapkan lemari yang memakai rak kecil yang dapat diberi label untuk setiap isinya. Selain lebih mudah mencari, trik ini dapat membiasakan si kecil agar bisa mengembalikan barang sesuai dengan label serta tempatnya.

8. Rak Gantung

Rak gantung hampir serupa dengan gantungan dinding, namun bedanya rak gantung dapat memuat lebih banyak barang. Bentuk rak gantung juga dapat beraneka macam. Keranjang ini dapat dipakai untuk menyimpan boneka, mainan, atau bola sepak favorit si kecil.

9. Showcase

Jangan lupa untuk memberi satu tempat sebagai ruang pamer prestasi si kecil. Seabrek piala, piagam, atau bahkan juga foto sejak ia masih kecil harus dipajang sebagai kenang-kenangan. Siapkan tempat atau pojokan favorit yang rapi serta berisi barang-barang hasil pencapaiannya. Hal semacam ini dapat juga mendorong si kecil untuk selalu berprestasi serta memenuhi rak showcase ini.

Baca juga: Ciri-Ciri Dan Pandangan Medis Tentang Puber Kedua

loading...
SHARE

LEAVE A REPLY