Kalian Pasti Sering Gak Sadar Kalau 5 Kebiasaan ini Bisa Berdampak Buruk Bagi Kesehatan, lho!

0

Seruni – Dalam menjaga kebersihan dan perawatan diri sebenarnya tidaklah menjadi hal yang sulit untuk dilakukan. Namun, tanpa disadari sangat banyak diantara kita yang kerap melakukan kesalahan kecil hingga berdampak langsung terhadap kesehatan tubuh. Seperti kebiasaan yang sering dilakukan berikut ini:

Menutup hidung atau mulut dengan menggunakan tangan langsung ketika bersin

Image result for bersin
hellosehat.com

Saat menutup hidung maupun mulut dengan menggunakan tangan ketika bersin, secara otomatis virus dan bakteri tersebut akan menempel ditangan. Coba saja bayangkan jika kamu langsung mengambil makanan dengan tangan, nantinnya bakteri dan virus itu akan kembali lagi masuk ke dalam tubuh. Ada baiknya agar menggunakan tisu ketika bersin.

Membiarkan kuas makeup tanpa dicuci

Image result for kuas make up kotor
metropolitan.id

Saat kuas makeup bersentuhan langsung dengan wajah. Dan, jika kamu tidak rutin dalam mencucinya maka kotoran dan bakteri yang ada didalamnya dapat mengakibatkan timbulnya jerawat di wajah.

Memasukkan jari-jari langsung ke lubang hidung

Image result for ngupil
hipwee.com

Sering kali kita tanpa sadar memasukkan jari-jemari kita langsung ke dalam lubang hidung yang tujuannya untuk membersihkannya dari kotoran yang menempel. Tapi hal ini salah besar lho! Bisa-bisa bakteri yang tertempel pada jari- jari kamu masuk langsung ke hidung dan dapat menyebabkan penyakit sinusitis. Oleh sebab itu, hal yang sebaiknya kamu lakukan adalah gunakan cotton bud saat membersihkan kotoran yang ada pada rongga hidungmu.

Menggunakan terlalu banyak pasta gigi

Image result for terlalu banyak pasta gigi
indowarta.com

Menggunakan terlalu banyak pasta gigi hanya bisa merusak lapisan email pada gigi kamu lho. Karena itu, pakai pasta gigi secukupnya saja dalam menyikat gigi. Biasanya, orang dewasa direkomendasikan memakai jumlah pasta gigi sebesar biji kacang sedangkan bagi anak-anak hanya sebesar biji jagung.

Menggunakan hair balm terlalu banyak

Image result for terlalu banyak pakai hair balm
beauty.popbela.com

Hair balm mempunyai tekstur yang padat disebabkan karena adanya silikon dan komponen lainnya yang bertujuan dalam membuat rambut halus dan berkilau. Tapi, penggunaaan hair balm yang terlalu banyak hanya dapat mengakibatkan rambut mudah kotor dan juga lepek. Dan parahnya lagi, jika hair balm sampai pada kulit kepala akan memperlambat pertumbuhan rambut. Olehnya, kamu disarankan memakai hair balm yang secukupnya saja dan pada saat kondisi rambut yang sedang kering.

LEAVE A REPLY