Ini 15 Tanda Orang yang Memiliki Kecerdasan Emosional

0

CERDAS secara emosional adalah sebuah kebutuhan dalam hidup. Kemampuan untuk tetap tenang menghadapi komplain, memaafkan dengan mudah, dan menyeimbangkan kehidupan pekerjaan, keluarga, dan hobi memiliki satu kesamaan, yakni kecerdasan emosi. Kemampuan ini sangat diperlukan sebagai pribadi yang dewasa.

Orang dengan kecerdasan emosi memiliki kontrol diri yang lebih baik, mampu membuat orang lain tersenyum, tetap tenang, dan mengatasi segala masalah dengan baik. Hidup mereka umumnya lebih teratur karena lebih mampu membuat keputusan.

Apa yang membuat seseorang bisa lebih sukses dalam pekerjaan dan kehidupan daripada orang lain? Meskipun IQ dan etos kerja dinilai penting, namun ada hal lain yang juga mempengaruhi, yaitu kecerdasan emosional. Apakah Anda memilikinya?

Berikut 14 tanda yang dimiliki oleh orang-orang yang cerdas secara emosional bagian pertama, seperti dilansir Huffington Post, Jumat (6/12/2013):

1. Penasaran terhadap orang-orang yang tak Anda kenal

melupakan-mantanApakah Anda suka bertemu dengan orang baru? Atau secara naluriah cenderung mengajukan banyak pertanyaan pada seseorang yang baru Anda kenal? Jika demikian, Anda termasuk memiliki Highly Empathetic People (HEPs). HEPs merupakan salah satu komponen utama kecerdasan emosional.

HEPS atau orang-orang yang sangat empatik diketahui sangat selaras dengan segala kebutuhan dan perasaan orang lain. Mereka juga selalu bertindak dengan cara yang sensitif terhadap kebutuhan tersebut dan benar-benar tertarik untuk belajar lebih banyak tentang orang lain.

Penasaran terhadap orang lain juga merupakan salah satu cara menumbuhkan empati. “Penasaran memperluas empati kita ketika berbicara dengan orang asing, sehingga mengubah pandangan kita terhadap dunia yang berbeda dari diri sendiri,” ungkap Roman Krznaric, penulis ‘Empathy: A Handbook For Revolution’.

2. Mampu menjadi pemimpin yang baik

gambar via: Fanart.tv
gambar via: Fanart.tv

Pemimpin yang luar biasa memiliki satu kesamaan. Di samping memiliki bakat, etos kerja yang kuat dan ambisi, mereka juga memiliki kecerdasan emosional tingkat tinggi. Dalam penelitiannya, seorang psikolog bernama Daniel Goleman membandingkan orang-orang yang unggul dalam peran kepemimpinan dengan mereka yang kemampuannya rata-rata. Ia kemudian menemukan bahwa hampir 90 persen dari perbedaan mereka adalah karena adanya kecerdasan emosional yang tinggi.

“Semakin tinggi pangkat seseorang, maka ia dianggap memiliki kecerdasan emosional yang lebih tinggi,” pungkas Goleman.

3. Mengenal kekuatan dan kelemahan diri sendiri

Menjadi Stalker sejati

Tak semua orang memiliki kesadaran diri yang jujur tentang dirinya sendiri. Orang yang memiliki kecerdasan emosional tahu bagaimana cara untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahannya sendiri, serta mampu menganalisis bagaimana cara bekerja paling efektif menghadapi keduanya. Menurut Goleman, kesadaran ini melahirkan kepercayaan diri yang kuat dan itulah faktor utama sebuah kecerdasan emosional.

4. Mampu fokus dan memperhatikan sesuatu

gambar via: Laksani
gambar via: Laksani

Apakah Anda mudah terganggu oleh hal lain saat sedang fokus terhadap sesuatu? Jika ya, maka Anda bisa semakin jauh dari pencapaian kecerdasan emosional diri Anda sendiri. Kemampuan untuk menahan gangguan dan tetap fokus menurut Goleman adalah rahasia besar kecerdasan emosional.

“Kemampuan Anda untuk berkonsentrasi pada pekerjaan yang sedang Anda lakukan, misalnya tak lantas membaca pesan teks saat sedang bekerja menunjukkan seberapa baik kecerdasan emosional Anda,” tuturnya.

5. Tahu alasan mengapa Anda merasa marah

Ketika Cewek marah, janganlah marah balik
Ketika Cewek marah, janganlah marah balik

Kita semua tentu mengalami sejumlah fluktuasi emosional sepanjang hari dan sebagian dari kita bahkan tidak tahu apa penyababnya. Aspek penting dari kecerdasan emosional dalam hal ini adalah kemampuan untuk mengenali darimana emosi Anda berasal dan untuk apa Anda merasa marah. Orang yang cerdas secara emosional akan mengambil langkah mundur dari emosi, ‘melihat’ apa yang mereka rasakan, dan memeriksa efek emosi mereka sendiri.

6. Mampu membaur dengan banyak orang

Persiapan Pekerjaan
Persiapan Pekerjaan

Menurut Goleman, mampu berteman dan membuat hubungan persahabatan yang efektif merupakan salah satu tanda seseorang memiliki kecerdasan emosional.

7. Selalu mau membantu dan memperhatikan orang lain

Financial Check Up Sebelum Menikah
Financial Check Up Sebelum Menikah

Jika Anda selalu memperhatikan orang lain, apakah dengan menyapa seseorang atau membantu lansia menyeberang jalan, Anda menunjukkan sebuah kecerdasan emosional. Sebab banyak dari kita, sebagian besar waktu benar-benar fokus hanya pada diri sendiri.

“Ada sesuatu dari diri sendiri yang mampu melakukan penyerapan lingkungan dan tahu kapan waktu untuk memperhatikan orang lain dengan empati dan kasih sayang,” kata Goleman.

Menjadi lebih sadar dan memperhatikan lingkungan dikatakan oleh Goleman termasuk dalam ciri sebuah kecerdasan emosional.

8. Pandai membaca ekspresi wajah orang lain

pasanganDinyatakan kembali oleh Goleman, mampu merasakan perasaan orang lain adalah salah satu bagian penting dari memiliki kecerdasan emosional yang baik.

9. Setelah gagal, mampu bangkit lagi dengan segera

Hujan Mengajarkan Kita Bangkit
Hujan Mengajarkan Kita Bangkit

Bagaimana Anda menerima kegagalan dan cepat bangkit kembali menunjukkan bagaimana kecerdasan Anda secara emosional. Mereka yang memiliki kecerdasan emosional tahu bahwa meskipun gagal, namun hidup harus terus berjalan. Dengan kata lain, ketika mereka mengalami kegagalan atau kemunduran, ia mampu bangkit kembali dengan cepat. Hal ini karena mereka memiliki kemampuan untuk mengalami emosi negatif dan mengontrolnya dengan baik.

10. Mampu menilai karakter orang lain

Suami Selingkuh

Orang dengan kecerdasan emosional yang baik selalu bisa mengenal karakter orang lain sekaligus menilainya. Mereka dianggap memiliki intuisi yang baik terhadap penampilan seseorang.

11. Mau mengikuti kata hati

gambar via: Madu Bina Apiari
gambar via: Madu Bina Apiari

Cerdas secara emosional berarti Anda merasa nyaman untuk mengikuti kata hati Anda sendiri. “Jika Anda yakin dan percaya terhadap intuisi Anda, maka Anda termasuk memiliki kecerdasan secara emosional,” tegas Goleman.

12. Memiliki kemampuan untuk memotivasi diri sendiri

Para Profesor yang masuk islam
Para Profesor yang masuk islam

Apakah Anda selalu ambisius dan pekerja keras? Jika Anda memiliki motivasi diri yang sangat baik, mampu memusatkan perhatian dan selalu fokus mengejar tujuan Anda, maka Anda bisa dikatakan memiliki EQ yang baik.

13. Tahu kapan harus berkata ‘tidak’

jodohMenurut Goleman, ini berarti Anda mampu mendisiplinkan diri sendiri dan menghindari kebiasaan yang tidak sehat. Orang yang cerdas secara emosional umumnya mampu menoleransi stres dan bahkan mampu mengendalikan keinginan mereka sendiri.

14. Tidak terlibat dalam drama orang lain

Cara Menghadapi Cewek yang Sedang Marah
Cara Menghadapi Cewek yang Sedang Marah

Memang lebih berempati, tetapi orang dengan kecerdasan emosional dapat membatasi diri. Ada perbedaan antara berempati dengan perasaan orang lain dan masuk ke dalam drama kehidupan orang lain. Orang dengan kecerdasan emosional lebih objektif dalam menilai masalah sehingga tidak tenggelam dalam penderitaan.

15. Tidak mengeluh

meditasiOrang yang cerdas emosional yang baik cenderung untuk mencari solusi dari kondisi yang dihadapi, bukan merasa menderita karenanya. Untuk meredakan emosi negatif, mereka cenderung untuk menenangkan diri dengan meditasi atau yoga. (DP)

 

 

loading...
SHARE
Suka nulis hal -hal unik seputar kehidupan sehari-hari, relationship, kuliner dan wisata.

LEAVE A REPLY